KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Wow! Mobil Listrik Buatan ITS Ini Bisa Melaju 100 KM/Jam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6387982b3a059a171579ca42/wow-mobil-listrik-buatan-its-ini-bisa-melaju-100-km-jam

Wow! Mobil Listrik Buatan ITS Ini Bisa Melaju 100 KM/Jam

Wow! Mobil Listrik Buatan ITS Ini Bisa Melaju 100 KM/JamMobil listrik ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) akhirnya muncul. Mobil listrik ini diberi nama MEvITS, singkatan dari Multipurpose Electric Vehicle ITS.

Mobil listrik pikap ini bisa melaju jauh hanya dengan sekali ngecas. ITS Surabaya merilis mobil listrik multiguna, Minggu (27/11/2022).

Menurut Ketua Tim Pengembangan MEvITS Prof Dr Eng Harus Laksana Guntur ST MEng, MEvITS dirancang dan dikembangkan sepenuhnya oleh ITS.

Ia mengklaim desainnya elegan dan menarik dengan hanya waktu 6 bulan pembuatan.

Bagi dia hal tersebut yang membuat MEvITS tak hanya cocok mengangkut barang, melainkan juga digunakan sebagai mobil penumpang.

“Kami bekerja sama dengan beberapa startup ITS, MEvITS menjadi suatu mobil listrik berkonsep pickup yang tangguh, hemat energi, elegan, serta stylish,” kata Eng mengutip keterangan ITS, Senin (28/11/2022).

ITS baru mengurai jika mobil listrik ini didesain berpenggerak motor listrik 10 kW, kapasitas baterai 20 kWh serta mampu melaju hingga 100 kilometer per jam. Mobil ini diakui dapat menempuh jarak hingga 200 kilometer dengan satu kali pengisian baterai.

MEvITS diharapkan dapat dijangkau masyarakat luas karena akan dijual dengan harga “murah” atau di bawah mobil listrik lain di Indonesia.“Agar harganya terjangkau, kami berusaha menginovasikan mobil dengan daya yang tak terlalu besar,” kata Eng.

Dengan bobot total 850 kilogram, mobil listrik ITS ini mampu mengangkut muatan hingga 500 Kg. Memakan biaya produksi berkisar 350 juta, Harus mengaku masih melakukan impor beberapa komponen seperti baterai.

MOBIL BEKAS DIJUAL:

HONDA CR-V

TOYOTA AGYA

SUZUKI ERTIGA

“Struktur dan body ini kita desain khusus pakai struktur ringan rangka atap gitu. Kita desain sedemikian rupa sehingga dia kuat,” ujar Prof Harus.

“Semuanya produk lokal, tapi ada impor seperti baterai kita masih ambil, kita bisa bikin tapi tidak bisa berfungsi maksimal dan ongkos produksinya mahal, budgetnya minim ini terbatas habis Rp 350 jutaan, di luar jasa analis, reset, dan lain-lain. Mobil listrik ini yang mahal di motor listrik dan baterai. Motor listriknya 15-20 juta, baterainya 60 jutaan,” tambahnya.

Mobil Listrik ITS Masih Disempurnakan

Kepala Departemen Teknik Mesin ITS Atok Setyawan menambahkan saat ini mobil yang memiliki daya 20 kWh tersebut masih dalam tahap penyempurnaan. Belum terdengar rencana perusahaan ingin memproduksi massal agar mobil dapat dijual.

“Dengan semangat real innovation, kami berharap mobil ini dapat menjadi terobosan yang berguna bagi masyarakat,” tutup Atok.

Peluncuran mobil listrik ITS MPV MEvITS karya sivitas akademika ITS tersebut dilakukan bersamaan dengan perhelatan tahunan temu alumni Teknik Mesin ITS yang bertajuk “Pulang Bengkel”. Peluncuran pun disaksikan oleh alumni Teknik Mesin dari berbagai angkatan.


LINK ARTIKEL ASLINYA GAN
Wow! Mobil Listrik Buatan ITS Ini Bisa Melaju 100 KM/Jam



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tinusklaten dan 3 lainnya memberi reputasi
13 hp setara tenaga elektrik 10 kilowatt... Dengan tongkrongan seperti SUV dan bobot 850 kg (belom barang atau penumpang) ane rasa bakalan nyampe tujuan seperti lari lari kecil.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
.vtg. dan bang.toyip memberi reputasi
Baguss juga nih bentuknya kek Mobil mobil penculik emoticon-Traveller
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
batrenya 60 juta, ya itu masalahnya batreai...
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi

WEW BAGUS BANGET INI MOBIL YE

emoticon-Matabelo
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Kok keren nih bentuknya, suka gw
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
jadiin mobnas aja dah..
mobnas yg lama anggap angin lalu aja.. warga dah pada lupa ini

emoticon-Malu emoticon-Jempol
profile-picture
jlamp memberi reputasi
SuV rasanya untuk explor, atau expedisi, masuk rimba, hutan, pedalaman.. dll..lha kl baterw habis mau charge dimana? Misale ketemu rmuah penduduk, di pelosok, apa watt rumahnya 5000 up? Syukur-syukur 1300, tapi apa ya bisa charge dengan watt rumah 1300 va. Kl buat kota kota desainnya gak cocok..
Cuma yang pasti biaya perawatan nya pasti mahal ini.
seperti biasa, desainnya kacrut banget, ..ni gak ada kerjasama dengan fakultas desain produk apa yak?
buat touring ke gunung seru sih keknya
keren kali sih ini hehe
Perawatan nya pasti mahal sih ini.
Bentuknya maling itu bisa ngatain China jiplak lah ini jiplak asli bahkan jelek pula emoticon-Big Grin
Dari jauh mirip Jeep berbentuk kardus emoticon-Ngakak (S) cuman concept pula ini gak bakalan launch ini saja sudah gagal, belum dari mesin dan bobot kira-kira seimbang gak hahahaha jangan bisa bilang mobil kaleng
Post ini telah dihapus
Sebuah karya yang bagus dan sepertinya hanya aken menjadi sebuah ptototipe dan nggak akan dijual dan di produksi massal, seperti halnya motor listrik si gesit yang sampai sekarang juga belum nongol batang hidungnya, apalagi mobil SMK.


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di