KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Musibah Bukan Untuk Cari Untung, Stop Lakukan Aksi Galang Dana Jika Tidak Bisa Amanah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6384864534716253537e46b4/musibah-bukan-untuk-cari-untung-stop-lakukan-aksi-galang-dana-jika-tidak-bisa-amanah

Musibah Bukan Untuk Cari Untung, Stop Lakukan Aksi Galang Dana Jika Tidak Bisa Amanah

Musibah Bukan Untuk Cari Untung, Stop Lakukan Aksi Galang Dana Jika Tidak Bisa Amanah
Stop mengambil keuntungan dari musibah yang sedang terjadi, jangan galang dana jika tidak bisa berlaku jujur


Menggalang dana di tengah kondisi musibah yang terjadi di sebuah daerah, tengah menjadi fenomena yang sedang banyak ditemui dan dilakukan oleh orang-orang dengan berbagai macam latar belakang mulai dari artis, selebgram, konten kreator, atau profesi-profesi yang lainnya.

Tentu fenomena menggalang dana untuk membantu korban bencana alam ini tidak salah GanSis, malah justru bersyukur dengan banyaknya orang yang memberikan bantuan itu tandanya akan semakin banyak korban bencana alam atau musibah tertentu yang bisa mendapatkan uluran tangan pertolongan, entah itu dalam bentuk makanan, pakaian, uang, dan bantuan yang lainnya.

Hanya saja ternyata di tengah kondisi musibah yang melanda sebuah daerah, tidak semua orang yang menggalang dana dan dititipi amanah dari orang-orang yang dermawan menyisihkan sebagian rezekinya itu bisa dipercaya jujur dan menyampaikan apa yang telah dititipkan kepada target bantuan.

Diketahui ada orang-orang yang dengan tega menggunakan atau mengkorupsi uang bantuan untuk korban bencana alam atau musibah yang lainnya, dengan tanpa perasaan bersalah.

Mulai dari oknum Menteri mengkorupsi dana bantuan sosial, pendamping program keluarga harapan mengambil pungutan liar, penggalang dana menggelapkan uang bantuan, dan masih banyak lagi kejadian serupa yang pernah diberitakan dan membuat geram masyarakat.


Musibah Bukan Untuk Cari Untung, Stop Lakukan Aksi Galang Dana Jika Tidak Bisa Amanah


Dari adanya kejadian orang-orang jahat yang dengan tega memakan uang bantuan untuk korban bencana alam dan musibah tertentu ini, tentu saja sedikit banyak membuat masyarakat merasa khawatir saat ingin memberikan sedikit bantuan untuk meringankan beban dari saudara-saudara yang sedang membutuhkan GanSis.

Tidak sedikit masyarakat yang khawatir apakah bantuannya sampai kepada yang membutuhkan atau diambil alih untuk dimanfaatkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi mereka.

Diharapkan untuk manusia-manusia yang memiliki sifat tamak dan rakus untuk tidak melakukan penggalangan dana atau mengumpulkan bantuan dari masyarakat jika memang kalian tidak memiliki keihklasan untuk menyalurkan bantuan kepada orang-orang yang memang membutuhkan.

Masyarakat mulai saat ini juga harus mulai pandai dalam menyikapi kondisi yang semacam ini. Tidak mudah memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang belum tentu kredibilitasnya dalam menyalurkan bantuan, dan lebih baik memilih lembaga atau pihak-pihak tertentu yang memang memiliki tugas untuk mengumpulkan dan menyalurkan bantuan tanpa mengambil keuntungan atau memanfaatkan empati orang lain untuk kepentingan pribadi.


Musibah Bukan Untuk Cari Untung, Stop Lakukan Aksi Galang Dana Jika Tidak Bisa Amanah


Mungkin keresahan terkait kondisi ini bukan hanya dirasakan oleh TS saja. Bukan masalah seberapa besar bantuan yang kita berikan atau titipkan, melainkan sejauh mana bantuan-bantuan tersebut sampai ketangan orang-orang yang membutuhkan karena bantuan yang dikeluarkan adalah bentuk rasa empati atas musibah yang dirasakan oleh saudara setanah air.

Jangan sampai rasa empati untuk membantu sesama ini dimanfaatkan oleh orang-orang tamak, memperkaya diri sendiri dengan mengumpulkan harta yang bukan hak mereka.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan sekaligus menjadi himbauan bagi Agan Sista semua untuk lebih berhati-hati dalam menitipkan bantuan untuk saudara yang sedang mengalami musibah dam membutuhkan pertolongan.


Musibah Bukan Untuk Cari Untung, Stop Lakukan Aksi Galang Dana Jika Tidak Bisa Amanah


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CoZiA dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
emoticon-Matabelo yuk salurkan dana bantuan benar-benar untuk korban yang membutuhkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Cape d... jangan mengambil yang bukan hak milik kita ya GanSis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CoZiA dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Mewek ada loh orang-orang yang tega memakan uang bantuan
profile-picture
profile-picture
samsol... dan s.c.a. memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Itulah pentingnya dokumentasi, serah terima, dan pemberian label atau identitas bantuan yang diberikan.

Sebagai laporan pertanggungjawaban kepada donatur.
Juga untuk bukti aliran dan pengelolaan dana bantuan yang terkumpul.





Sampai sini harusnya semua paham,
Kecuali bupati dan Kapolres Cianjur.
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegashin_ryu dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
emoticon-Cape d... iya, jangan cari untung dari musibah yang dialami oleh orang lah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Ngakak kenapa gambarnya si Batubara sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Matabelo tikus got ya begitu gan, nyari makannya dengan cara culas
profile-picture
profile-picture
samsol... dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Mewek gak ada hati kalau sampai makan duit bantuan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sayangnya setiap lembaga amal atau penggalangan dana, panitia di perbolehkan mengambil beberapa persen dari dana yang terkumpul sebagai dana operasional. (kalo ga salah untuk organisasi berbasis islam bisa ambil sampai 12,5%). (itu untuk yang tercatat)

sayangnya pada banyak kasus, banyak ketua organisasi itu memang sengaja mendirikan lembaga untuk memperkaya diri.
profile-picture
profile-picture
samsol... dan masnukho memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Matabelo susahnya ya itu, masih banyak orang tamak yang memanfaatkan wewenang mereka
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Emang kalo pengelola dana bantuan itu gak dipantau BPK atay OJK (mungkin) yah, itu ACT aja ampe glosor² gitu aja, seperti badan amal juga, takutnya jadi wadah para pencuci uang juga kan ata disalahgunakan smacam ACT.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 48 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 48 balasan
Rakyat belajar dari kelakuan Mensos....

profile-picture
profile-picture
profile-picture
stiv8785 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Matabeloiya gan, sangat disayangkan

Quote:
emoticon-Matabelonah itulah yang ditakutkan gan, dimanfaatkan sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab

Quote:
emoticon-Matabelobukan begitu gan, tujuan memberi bantuan pastinya ya biar ada yang terbantu. Kalau bantuannya dikorupsi ya jelas ada orang-orang yang tetap tidak mendapatkan haknya kan
profile-picture
nouah memberi reputasi
Lihat 38 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 38 balasan
Harusnya cukup lembaga resmi aja yg ngurus bantuan di tiap daerah provinsi.
Org lain diluar itu dilarang menggalang dana.
Rakyat yg memberikan usul dan info jikalau ada rakyat lain yg terkena musibah atau membutuhkan bantuan sosial.
Jika sudah terkonfirmasi,lanjut salurkan bansosnya.
Cuman yaaahhh..ttep aja sih sulit dipercaya nantinya seperti yg udah2.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sangat disayangkan dengan kondisi yang sedang memprihatinkan disisi lain malah mengambil keuntangan, jelas ini sangat merugikan emoticon-Marah semoga yang demikian mendapatkan balasannya.
profile-picture
profile-picture
nouah dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siapa yg bisa melarang, polisi razia ya ga mungkin juga, kembali lagi ke masing2 individu mau ngasih atau ga, tapi kemarin gw liat yg minta dari ormas ga ngasih bisa di tandain emoticon-Ngakak
Serba salah emang tinggal di negara +62 emoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
nipu pake embel2 agama mmg paling gampang

tadi pas lg di depan villa, ada ibu2 kerudung bawa bayi panas2 minta duit, badan segar bugar gitu, manfaatin anak utk sbg rasa kasihan , sorry aja gak mempan buat gw, harusnya otak lu dipake tuh anak kecil ga usah dilibatkan dan lu msh sehat utk bs cari duit dgn cr lain (jd tukang cuci baju kek, pembantu kek,apa kek asal ga minta2), dan otak lu jg harusnya jalan, klo diri lu aja ga mampu menghidupi diri lu , ya gausah punya anak njing. apa ? klo ga mau bantu yaudah? persetan lu ngomong amal. klo dikadalin manusia pemalas dan nipu pake embel2 atribut agama gitu masa bodo... lbh prifer bantu yg cacat fisik dr pada ngasi yg kek contoh ibu2 kudungan tadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 6 lainnya memberi reputasi
tidak semudah itu kisanak. lha motto negeri +62-kan " bencana bagimu, rejeki bagiku " ............... emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
hewan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di