KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Tanpa Stiker Bendera Merah Putih, Prototype Kelima KF-21 Boramae Resmi Diluncurkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63845fb15c1c7a1ec54af741/tanpa-stiker-bendera-merah-putih-prototype-kelima-kf-21-boramae-resmi-diluncurkan

Tanpa Stiker Bendera Merah Putih, Prototype Kelima KF-21 Boramae Resmi Diluncurkan

Quote:


Kabar kurang mengenakkan kembali datang dari jet tempur KF-21 Boramae, pasalnya pada prototype kelima yang diluncurkan, tidak tampak lagi stiker bendera Indonesia tertempel di badan pesawat. Mengutip artikel savunmasanayist.com, prototype kelima diluncurkan pada 24 November lalu di fasilitas produksi KAI (Korea Aeraspace Industries). Peluncuran prototype KF-21 dengan nomor 005 itu juga dihadiri oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Sebagai pengingat bagi Agan, sesuai kesepakatan antara Korea dan Indonesia, Jakarta akan mendapat prototype KF-21 kelima. Dan rencana kedepannya akan diserahkan ke PT DI untuk dipelajari dan dikembangkan sendiri. Namun, disebutkan bahwa pesawat tersebut tidak akan dikirim ke Indonesia, karena negara itu belum membayar sejumlah tunggakan proyek KF-21 yang sudah jatuh tempo selama bertahun-tahun.

Artikel savunmasanayist.com yang mengutip media Korea Selatan menyebutkan jika, KF-21 005 sedang dievaluasi oleh Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF) untuk kelak dilakukan uji terbang sendiri. Kemungkinan pesawat ini baru akan diserahkan jika Indonesia sudah melunasi seluruh cicilan proyek KF-21 yang rencananya akan terus dicicil bertahap sampai tahun 2026.


Sebenarnya Sudah Mulai Dicicil


Kilas balik pada 1 November 2022, Indonesia sebenarnya telah mulai membayar cicilan proyek KF-21 senilai 9,4 miliar won (sekitar Rp 103,4 miliar) kepada Korea Selatan. Namun, cicilan itu tentu belum cukup untuk membawa pulang KF-21 005. Apalagi Indonesia pernah menunda pembayaran KF-21 selama kurang lebih 3 tahun. Tidak dikirimnya prototype kelima ini tentu menjadi sebuah cambukan untuk pemerintah Indonesia, agar mereka tetap bersedia membayar cicilan proyek yang tersisa.

Sesuai kesepakatan, Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan mengatakan jika Indonesia telah berkomitmen untuk mendanai 20% dari biaya pengembangan KF-21, yang akan dicicil hingga tahun 2026. Negara kepulauan tersebut telah menghentikan pembayaran sejak Januari 2019 dan memiliki pembayaran yang terlambat sekitar 800 miliar won (Rp 7,7 triliun).

Sempat ada isu jika Indonesia ingin meninggalkan proyek KF-21, tetapi setelah pesawat berhasil terbang perdana pada Juli 2022; Indonesia tampaknya kembali memantapkan komitmennya pada proyek KF-21. Sebelum pembayaran cicilan dilakukan pada awal November lalu, Indonesia telah menginvestasikan uang senilai 227,2 miliar won untuk program KF-21 atau setara dengan Rp 2,8 triliun.

Quote:


Meski prototype kelima tidak ditempeli stiker bendera merah putih, akan tetapi prototype pesawat lainnya (KF-21 001 sampai 004) masih memiliki stiker bendera merah putih di badannya. Sementara itu, meski stiker bendera merah putih tak terpasang, logo Kementerian Pertahanan RI masih ada di badan pesawat KF-21.

Sebagai pengingat bagi Agan, pihak KAI kini telah membuatkan prototype KF-21 versi kursi tandem sesuai permintaan TNI AU. Pesawat dengan nomor seri 004 itu kini tinggal menunggu jadwal uji coba penerbangan. Rencananya KAI akan membuat 8 prototype pesawat tempur KF-21, 6 unit untuk uji penerbangan dan 2 unit untuk uji darat.

Sesuai kesepakatan, PT DI akan mendapat satu prototype KF-21 (prototype ke-5). PT DI pun kini sudah mulai mempersiapkan hanggar untuk produksi KF-21 di Bandung, pasalnya Indonesia berkomitmen untuk membeli sekitar 50 unit KF-21 Boramae; yang rencananya sebagian akan dirakit di Kota Kembang.



----------------




Referensi Tulisan: savunmasanayist.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LordFaries4.0 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Yo wes lah..... Tuk kedepan nya..... moga2 jakarta akan bs selalu mmbayar cicilan bbrp skuadron new kf21 dgn sngt lancar, hingga nanti nya bs ada yg cepat lunas n segera terkirim ke RI, gan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Quote:

Quote:

..baru bayar seuprit...emoticon-Ngacir

jargon kemandirian sih oke...
tapi langsung melangkah ke teknologi yg rumit yaa butuh banyak biaya, tenaga & waktu...

mau mandiri soal UCAV aja mangkrak..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Gws aja deh emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Serba salah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 8 lainnya memberi reputasi
Ini kalau versi rakyat udah di telponin DC emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Untuk hal (cicilan) ini biarkan Menkeu yang mikirin.

Semoga tes purwarupanya lancar.

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 7 lainnya memberi reputasi
Kapan yaa Indonesia beneran mau komitemen sama industrinya.
Kasus KFX, sebelumnya Kasel yang mau bikin sendiri tapi ngga ada kabarnya lagi trus roketnya yang seolah jalan ditempat.
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 6 lainnya memberi reputasi
kenapa harus malu? negara gak tau malu aja kok, IQ 78 aja bangga, netijing tidak sopan. wakakaka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 5 lainnya memberi reputasi
Itu sudah ter sablon, sayang tukang nya kebanyakan soju jadi kebalik putih merah, karena dah mepet launching akhirnya di blok putih

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 6 lainnya memberi reputasi
Kalaupu n lanjut ane penasaran apa iya pihak korsel bakal kasih tau isi jeroan ni pesawat ke indo supaya indo bisa bikin sendiri???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
miris liat beginian malu gan emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kita fokus ke suicide bomber drone alias kdroneemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Karena apa?

Karena kita tidak punya uang !

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 4 lainnya memberi reputasi
Indonesia hanya jadi kacung sama negara lain wkwk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan 2 lainnya memberi reputasi
kesepakatan yang dibuat di era pemerintahan pak SBY dulu. sempat mangkrak pendanaannya selama beberapa tahun hingga hampir di depak. akhirnya dinegosiasikan kembali.

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
gunakan kpop dunk..biar dilema kpopers dsini😂
profile-picture
profile-picture
dmulyadi513 dan si.matamalaikat memberi reputasi
Pertanyaan si ngkat aja..


Klo di rakit di bsndung asumsi 50 pesawat ..

Uncle sam mao supply mesin pesawat ke indo








* blom bahas radar dll etc emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah, cancel aja emoticon-Ngacir emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di