KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cianjur Tengah Berduka, Sekelompok Orang Copot Label Gereja Di Tenda Bantuan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63837ced98b72718b4342020/cianjur-tengah-berduka-sekelompok-orang-copot-label-gereja-di-tenda-bantuan

Cianjur Tengah Berduka, Sekelompok Orang Copot Label Gereja Di Tenda Bantuan

Cianjur Tengah Berduka, Sekelompok Orang Copot Label Gereja Di Tenda Bantuan
Cianjur Tengah Berduka, Sekelompok Orang Copot Label Gereja Di Tenda Bantuan
Masyarakat Cianjur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya sedang berduka. Gempa berkekuatan magnitudo 5.6 dengan kedalaman 10 KM telah meluluh lantahkan bangunan, rumah dan fasilitas umum. Banyak kerugian yang terjadi akibat bencana alam ini. Kerugian tidak hanya berupa korban jiwa dan harta, tetapi juga trauma psikologis yang dialami oleh warga yang selamat.

Di tengah suasana duka itu, ada sebuah kejadian yang bikin geleng-geleng kepala terjadi. Sekelompok Ormas yang entah dari mana asalnya melakukan aksi sepihak mencopoti label yang melekat pada tenda yang digunakan untuk tempat berlindung di lokasi pengungsian warga yang terdampak bencana tersebut. Sontak hal tersebut memicu kontroversi.

Sebuah video pendek yang menunjukkan aksi pencopotan label pada tenda tersebut tiba-tiba saja menjadi viral dan memicu banyak tanggapan. Label dimaksud adalah label sebuah organisasi kemanusiaan berbasis gereja yang bertuliskan "Tim Aksi Kasih Gereja Reformed Injili Indonesia" yang ikut memberikan sumbangan berupa tenda untuk digunakan para korban gempa Cianjur. Tagar 'gereja' kemudian menjadi trending di media sosial twitter dan dibanjiri berbagai macam komentar dan reaksi dari netizen.

Menyikapi kontroversi diatas setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, bantuan kemanusiaan adalah wujud dari kepedulian sosial dari setiap orang terhadap orang atau masyarakat lainnya yang terkena musibah atau sedang ditimpa kemalangan. Kepedulian itu tentu saja berangkat dari rasa solidaritas dan empati yang kuat. Betapa kita juga sebagai sesama warga bangsa memiliki tanggungjawab untuk meringkankan beban saudara-saudara kita yang sedang berduka akibat terkena musibah. Jelas tindakan itu adalah tindakan spontan. Tidak harus banyak pertimbangan kalau ingin membantu orang. Apalagi jika pertimbangan itu soal SARA.

Kedua, menyambung soal yang pertama bahwa bantuan kemanusiaan sejatinya dilakukan dengan tulus tanpa embel-embel menonjolkan komunitas atau label agama tertentu. Jelas itu sangatlah tidak elok dan kesannya bantuan yang kita berikan adalah bentuk pencitraan untuk mendapat imej tertentu dari masyarakat atau publik. Seyogianya segala bantuan yang kita berikan cukuplah hanya kita dan orang yang dibantu yang tau. Bukankah ada ungkapan "jika tangan kanan memberi, tangan kiri tidak boleh tahu". Itu ungkapan yang sangat baik untuk diterapkan saat kita ingin membantu orang lain dengan tulus.

Ketiga, tindakan sekelompok oknum dari ormas tertentu yang melakukan pencopotan label tersebut tidak dapat dibenarkan. Di satu sisi, mereka tidak menerima ada embel-embel agama di tenda bantuan itu. Namun di sisi lain mereka tetap menggunakan tenda-tenda tersebut. Apalagi pencopotan terhadap label tersebut tanpa sepengetahuan dari pemilik. Itu tindakan yang munafik dan tidak punya etika.

Apapun kontroversinya, cobalah untuk tidak melakukan hal-hal tidak senonoh. Seharusnya kita bahu membahu membantu para korban gempa dengan segenap tenaga, materi dan pikiran dengan ikhlas. Para korban sedang mengalami trauma dan duka yang mendalam. Jangan tambah lagi kesulitan mereka dengan memperkeruh suasana dan menimbulkan kontroversi.

Menurut pendapat saya sih seperti itu. Kalau agan dan sista bagaimana nih menyikapi hal ini?

Sumber :

Ulasan pribadi diolah dari berbagai referensi

?s=20&t=0fM8G0_uk3odnF69Kr9k-w

https://www.google.com/amp/s/www.cnn...pa-cianjur/amp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tumiskecap dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Aneh sih orangΒ² ini. Kek gada otak emg emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
WHY.....WHY WHY WHYYYYNESIAemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ini yg melakukan penyobekan ormas garis temen nya 212 ternyata emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Yaaa..begitulah adanya..namanya jg mayoritas emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
jd inget slogan
"robek labelnya ambil bantuannya".......
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Viral di medsos apalagi tiktok tuh emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Itu yang nyopot ormas lokal cianjur apa ormas luar kota yang dateng?

I see human but not humanity.
Kata kata yang tak pernah lekang dalam kemunafikan........
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Bingung πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜•
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan dieq41 memberi reputasi
Entahlah mo komen takut salah.. harusnya kalu uda terpasang udah setuju'yg nerima.. n kalo yg bantu hrs ada tulisan gitu hrsnya juga uda bilang sebelumnya.. mgkin kurang koordinasi atau gimana gitu sampe ksyak gitu jadinya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kunjuii dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kelakuan org mabokk agamaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hawkerr dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Besok gantian kalo ada bencana di mayoritas wilayah non islam. Kalo ada tenda bantuan dengan tulisan dari masjid copot juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pontyro dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Penjarain aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 2 lainnya memberi reputasi
Nyebelin bgt orang kaya gt emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Sebagai orang nonis agak gimana gitu kalo liat berita kayak giniemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
princessnanina dan pesulap.merah memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Bangsa dgn rata2 IQ 78.... Mau ngomong ape?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
besok-besok kalau ada bencana alam, harus lihat agamanya apa? kalo beda agama jangan dibantu ya, hanya yang sesama agama saja boleh dibantu.

langsung bikin negara agama aja biar lebih bagus, indonesia wajib bikin negara 5 agama, antara 5 agama itu gak boleh saling bantu, gak boleh saling berhubungan dan memiliki presiden masing-masing.

misalnya pulau jawa jadi negara islam, bali jadi negara hindu, papua jadi negara katolik, sulawesi jadi negara kristen.

kalo gak dipisahkan bisa hancur negaralah.

makin beragama, makin hancur negara......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Terafim dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ahelaaahhh..cuma gitu doang udh ngerasa imannya terancam.
emoticon-Cape d...

Ini kan maksudnya bantuan kemanusiaan.
Ya terima lah.
Kecuali dr tim gereja itu bikin kesepakatan kalo mau terima bantuan dr mereka harus pindah agama dulu.
Itu baru pilih gk boleh.


Ane heran sama org2 kek gitu.
Ane sendiri muslim pernah jd korban diskriminasi karna gk ikut madzhab tertentu seperti mereka.

Stop lah berpikir mengerucut seperti itu.
Ngaku islam ya berislam lah secara baik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pontyro dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gvia
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Halaman 1 dari 5


×
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di