KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dampak dan Resiko Selesaikan Masalah Bullying dengan Kekeluargaan, Pahami Bahayanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6382abd148055674ba7eb1ef/dampak-dan-resiko-selesaikan-masalah-bullying-dengan-kekeluargaan-pahami-bahayanya

Dampak dan Resiko Selesaikan Masalah Bullying dengan Kekeluargaan, Pahami Bahayanya

Dampak dan Resiko Selesaikan Masalah Bullying dengan Kekeluargaan, Pahami Bahayanya
Stop menyelesaikan masalah aksi bullying dengan jalan damai kekeluargaan, ini dia dampak dan resikonya


Media sosial beberapa hari belakangan tengah dihebohkan dengan pemberitaan terkait aksi bullying yang terjadi di beberapa sekolah di Indonesia yang membuat korban mengalami luka fisik dan psikologis.

Beberapa waktu lalu setelah kejadian aksi bullying yang dilakukan oleh oknum siswa SMP Plus Baiturrahman Bandung, kembali viral aksi bullying yang terjadi di lingkungan sekolah dasar yang membuat seorang anak mengalami koma karena mendapat kekerasan fisik dari kakak kelasnya.

Membahas tentang aksi bullying sebenarnya ini bukan masalah yang baru di lingkungan sekolah GanSis.
Sejak TS sekolah beberapa belas tahun yang lalu, aksi bullying di lingkungan sekolah telah ada dan kurang perhatian baik dari lingkungan sekolah maupun orang tua wali murid.

Meskipun era telah modern, ternyata aksi bullying terus ada sampai saat ini. Bahkan tindakan dan aksi bullying yang sudah benar-benar terbukti memakan korban, hanya diselesaikan melalui perjanjian damai atau lebih sering disebut sebagai jalur kekeluargaan.

Apakah jalan penyelesaian aksi bullying dengan jalur damai dan kekeluargaan ini bisa memberikan efek jera terhadap pelaku?
Berikut ini beberapa dampak dan resiko dari menyelesaikan masalah aksi bullying melalui jalur damai.


Dampak dan Resiko Selesaikan Masalah Bullying dengan Kekeluargaan, Pahami Bahayanya


1. Trauma yang Berkepanjangan

Meskipun telah terjadi kesepakatan dan perjanjian untuk pelaku tidak melakukan aksi serupa kepada korban, tetapi dampak trauma yang dialami oleh korban akan berkepanjangan karena mereka merasa tidak aman sebab pelaku berada di sekitar mereka.

Keluarga dari korban harus memperhatikan dampak ini sebelum memutuskan untuk jalur damai atau kekeluargaan saat menyelesaikan permasalahan aksi bullying.

2. Pelaku Tidak Merasa Jera

Saat aksi bullying telah memakan korban dan pelaku hanya dikenakan sanksi untuk meminta maaf dan menandatangani perjanjian untuk tidak melakukan aksi serupa, maka untuk efek jera tidak akan pernah diterima oleh para pelaku karena mereka menganggap bahwa hukumannya hanya ringan dan bisa dilakukan kembali saat mereka melakukan kenakalan yang sama dilain waktu.

Di Indonesia sendiri para pelaku aksi bullying yang masih dibawah umur akan mendapatkan sanksi ringan yang dinilai oleh banyak orang tidak akan memberikan efek jera. Apa lagi jika masalah aksi bullying yang sampai memakan korban atau membuat korban trauma hanya diselesaikan dengan perdamaian antara keluarga korban dan pelaku.

3. Dicontoh oleh Anak-anak yang Lain

Tidak menutup kemungkinan ketika pelaku aksi bullying tidak mendapatkan sanksi yang berat maka akan membuat anak-anak lain yang memang nakal dan memiliki kegemaran untuk menyakiti atau menjahili temannya mereka juga akan meniru aksi bullying.

Berbeda kondisi jika pelaku bullying diberikan sanksi yang berat, maka secara otomatis akan membuat anak-anak yang lain takut untuk melakukan aksi bullying.

Dampak dan Resiko Selesaikan Masalah Bullying dengan Kekeluargaan, Pahami Bahayanya


Berikut tadi GanSis beberapa dampak dan resiko menyelesaikan masalah dari aksi bullying dengan jalan damai perjanjian kekeluargaan.

Tentu sebagai orang tua khususnya para orang tua korban harus berpikir panjang sebelum memutuskan untuk menyelesaikan masalah dengan jalur damai.
Pikirkan terlebih dahulu apa dampak dan resikonya bagi anak-anak dari Agan Sista saat kalian membiarkan pelaku tetap berkeliaran bebas.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa menjadi himbauan bagi Agan Sista semua.


Dampak dan Resiko Selesaikan Masalah Bullying dengan Kekeluargaan, Pahami Bahayanya


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutfigilang01 dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Cape d... yuk lah para orang tua korban jangan terlalu gampang terima jalur damai
profile-picture
provocator.3301 memberi reputasi
emoticon-Matabelo harus ada sanksi berat untuk pelaku bullying meskipun itu anak di bawah umur
profile-picture
provocator.3301 memberi reputasi
emoticon-Cape deeehh terlalu memaklumi kenakalan anak-anak akan membuat mental mereka menjadi mental penjahat
profile-picture
provocator.3301 memberi reputasi
Enak sih history para pelaku bullying mskpun udh masuk dunia kerja ttp di sanksi. Klo perlu dipecat dr kantornya. Mskpun dia udh berubah jd lbh baik tp trauma korban2ny blm tntu ilang 🤨.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Matabelo memaafkan adalah sebuah keharusan, tapi bukan berarti lepas dari tanggung jawab
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
emoticon-Ngakak ngapain pakai jalur kekeluargaan, emang kalian keluarga?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pokoknya tuntut ke meja hijau...
Camkan itu..
Dampak dan Resiko Selesaikan Masalah Bullying dengan Kekeluargaan, Pahami Bahayanya
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
apa enaknya ngebully? ingat karma itu ada
ane pengen liat yg dulu bully elon musk, pasti melaratemoticon-Leh Uga
Dampak dan Resiko Selesaikan Masalah Bullying dengan Kekeluargaan, Pahami Bahayanya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Quote:
emoticon-Ngakakcengar-cengir pasti mereka

Quote:
emoticon-Cape d...ini apa lagi
profile-picture
profile-picture
ushirota dan provocator.3301 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Cape d... setuju banget ini, pelaku bullying harus dapat sanksi berat
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Matabelo dilema juga sebenarnya, mau dihukum berat masih anak-anak, gak dihukum pada gak tau aturan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pelakunya bukan jera malah jumawa. Bakal bully lagi dia. Toh nggak dapet hukuman apa-apaemoticon-Matabelo
memang ada beberapa contoh kasus yg engga pas klo cuma diselesaikan dengan cara kekeluargaan mantap thread ini
Ngeri anak sekolah di zaman now bukannya belajar malah bully
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Memaafkan boleh tapi hukum tetep jalan.
Kalau cuma memaafkan,nanti bakalan terulang kembali.
Kalo bisa lewat jalur hukum konstitusional ngapain pake cara kekeluargaan
Kalo orang dewasa kekeluargaan paham, lah anak abg mana ada, karena udah mental preman pasti agak susah emoticon-Cool
Kayakny ane dulu sering membuly...
Eeeh...
Minta duit temen termasuk buly nggk ?

emoticon-Cool
Halaman 1 dari 2


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di