KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sering Disalah Artikan, Berikut Sekilas Tentang Istilah Kata "Sumbu Pendek"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63829c50215a5245225049dc/sering-disalah-artikan-berikut-sekilas-tentang-istilah-kata-quotsumbu-pendekquot

Sering Disalah Artikan, Berikut Sekilas Tentang Istilah Kata "Sumbu Pendek"

Sering Disalah Artikan, Berikut Sekilas Tentang Istilah Kata "Sumbu Pendek"
Masih sering disalahartikan oleh beberapa orang, berikut pengertian tentang istilah kata Sumbu Pendek yang perlu dipahami


Saat membahas tentang istilah kata "Sumbu Pendek", pasti akan banyak orang yang langsung menghubungkan istilah tersebut kepada sekelompok orang yang mudah terprovokasi terhadap beredarnya sebuah informasi tanpa mereka mau mencari tahu terlebih dahulu atas kebenaran dari informasi yang beredar.

Istilah sumbu pendek juga mengacu pada sumbu pada kompor minyak tanah yang memiliki ukuran pendek sehingga api sangat mudah sekali untuk membakar tanpa melalui proses kapilaritas yang memadai. Artinya, api dapat membakar sumbu dengan cepat tanpa perlu adanya proses kapilaritas yang seharusnya ada untuk meratakan minyak pada seluruh bagian sumbu.

Menyudutkan dan mengidentikan istilah tersebut kepada sekelompok orang tanpa mengetahui arti dan pengertian dari istilah Sumbu Pendek, ini juga tidak bisa dibenarkan GanSis. Sebab tidak semua orang mau untuk disebut dengan istilah sumbu pendek karena istilah sumbu pendek memang menggambarkan tentang sifat dan sikap kurang baik yang dimiliki oleh seseorang.

Lalu apa sebenarnya arti dari istilah sumbu pendek yang sebenarnya?
Berikut ini penjelasan singkat tentang arti dari istilah kata sumbu pendek.


Sering Disalah Artikan, Berikut Sekilas Tentang Istilah Kata "Sumbu Pendek"


Arti dari istilah kata "Sumbu Pendek"yaitu penggambaran sifat dan sikap untuk seseorang yang menyerap atau menerima informasi serta mempercayainya sebagai sebuah kebenaran sehingga mereka mudah terpancing untuk memberikan respon tertentu (marah atau emosi) tanpa mereka melakukan kroscek terhadap informasi yang didapatkan apakah informasi tersebut berupa fakta atau hanya informasi bohong yang dibuat untuk menggiring opini dan mempengaruhi orang yang menerimanya.

Sebagaimana telah digambarkan sebelumnya bahwa istilah sumbu pendek mengacu pada sumbu pada kompor minyak yang memiliki ukuran pendek, sehingga api mudah membakar sumbu tanpa melalui proses kapilaritas.

Pengandaian ini sangat tepat, api diibaratkan sebagai emosi sedangkan sumbu dianggap sebagai sebuah pemikiran. Ketika seseorang hanya berpikir singkat saat menerima informasi, maka mereka sangat mudah untuk terprovokasi atau emosi karena informasi yang didapatkan.

Bukan hanya itu GanSis, seseorang yang memiliki sifat atau karakter sumbu pendek mereka bukan hanya mudah terbakar emosi dan diperdaya oleh provokasi, melainkan juga mudah untuk menyebarkan informasi yang tidak jelas kebenarannya agar orang lain yang sefrekuensi dengan mereka yaitu yang juga bersumbu pendek untuk ikut mendukung kemarahan atau emosi atas sebuah informasi.

Buruknya dari orang yang memiliki sumbu pendek selain mudah emosi dan terprovokasi, mereka juga sangat gampang menyalahkan orang lain yang belum tentu bersalah.


Sering Disalah Artikan, Berikut Sekilas Tentang Istilah Kata "Sumbu Pendek"


Berikut tadi GanSis sekilas tentang istilah kata sumbu pendek yang masih sering disalahartikan oleh beberapa orang dan disematkan kepada sekelompok orang yang sebenarnya pengelompokan ini juga tidak bisa dibenarkan GanSis.

Tentu sebagai makhluk sosial yang baik kita tidak bisa begitu saja percaya terhadap informasi yang beredar tanpa melihat dan mencari tahu tentang kebenaran dan faktanya GanSis. Apa lagi jika sampai termakan emosi atau terprovokasi karena menanggapi sebuah informasi yang belum tentu kebenarannya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil bersama.


Sering Disalah Artikan, Berikut Sekilas Tentang Istilah Kata "Sumbu Pendek"


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutfigilang01 dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Halaman 1 dari 3
emoticon-Ngakak hayo siapa disini yang mudah emosi dan terprovokasi karena sebuah informasi yang nggak jelas kebenarannya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crank Master dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Matabelo saat mendapat informasi tertentu jangan langsung percaya gitu aja ya GanSis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Cape deeehh ada yang bangga jadi sumbu pendek?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Ngakak TS sumbu pendek bukan? Kayaknya sumbu pendek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
john..wick dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Bingung jadi orang yang sumbu pendek itu mereka nggak mencerna dan melakukan kroscek terhadap kebenaran informasi ya?
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Ngakak awas ente entar dimaki sama para sumbu pendekers
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gpp sumbu pendek yg penting zeiman emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak sering banget denger istilah ini, tapi ane baru baca maknanya sekarang
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan masnukho memberi reputasi
saetau gw sumbu pendek mengacu pd petasan gan, sedikit sulut meleduk.
apalagi petasan tnt.


emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Matabelonah kan, mungkin banyak juga yang seperti ente gan

Quote:
emoticon-Ngakakya antara petasan atau kompor minyak gan
profile-picture
s.c.a. memberi reputasi
Biasa terjadi sama buzzer bayaran di forum berita dan politik
Yuk yg merasa jadi buzzer, silakan muncul emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Soekarti dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo sumbu panjang yang kyk di film warkop itu yang sampe berbukit bukit tapi masih kena juga gmn gan 😂
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Kadrun = sumbu pendek.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Quote:
emoticon-Ngakakkalau buzzer mah sengaja bikin keributan

Quote:
emoticon-Matabeloane lupa film warkop yang mana itu gan

Quote:
emoticon-Ngakaknah gak boleh kayak gini

Quote:
emoticon-Cape d...walah
profile-picture
s.c.a. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan

TEMEN ANE SERING BENER TUH BIKIN SUMBU PENDEK OR JADI SUMBU PENDEK

emoticon-Traveller
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sama aja kaya berfikir pendek dan arogan.
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kirain artinya b o d o h
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Lha yg berseliweran kan sumbu pendek itu emosi yg kagak jelas tanpa argumen.

Misal ada yg buang sampah kita tegur, yg ditegur tiba2 marah kan sumbu pendek.

Beda cerita ada orang ngefitnah ente tukang mabok, terus ente ajak ngobrol baik2 dengan alasan kemudian emosi meningkat. Kayak gini ya bukan sumbu pendek.

Marah bukan berarti sumbu pendek
profile-picture
masnukho memberi reputasi
11/12 tukang kompor gan ? emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
zharki dan masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di