KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Heboh Pembredelan Banner Tenda Bantuan dari Gereja Untuk Cianjur, Pahami Nonproletisi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6381dfdeb70c1c7f6d4622cf/heboh-pembredelan-banner-tenda-bantuan-dari-gereja-untuk-cianjur-pahami-nonproletisi

Heboh Pembredelan Banner Tenda Bantuan dari Gereja Untuk Cianjur, Pahami Nonproletisi

Heboh Pembredelan Banner Tenda Bantuan dari Gereja Untuk Cianjur, Pahami Nonproletisi
Heboh video pembredelan banner di tenda pengungsian bantuan dari gereja untuk korban gempa bumi Cianjur, pahami tentang istilah Nonproletisi


Media sosial Instagram tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video aksi pembredelan banner yang terpasang di tenda-tenda pengungsian yang bertuliskan "Aksi Kasih Gereja Reformed Injili Indonesia" oleh beberapa orang pria.

Di dalam video yang beredar tersebut terlihat beberapa orang pria tengah melepas banner-banner yang terpasang di atas tenda pengungsian korban gempa bumi Cianjur.

Tulisan berwarna hitam di atas kain warna putih yang dilepaskan dianggap menjadi identitas lembaga yang memasang tenda pengungsi, meskipun sampai saat ini belum diketahui dimana tepatnya tenda tersebut terpasang dan apa alasan kenapa banner tersebut dilepaskan.

Dari beredarnya video tersebut di media sosial, tidak sedikit warganet yang memberikan berbagai macam komentar tanggapan. Mulai dari tanggapan positif dengan alasan yang jelas dan mendamaikan komentar netizen yang lain, atau juga komentar negatif yang menyoroti aksi pembredelan banner yang terpasang di tenda pengungsian.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya terkait alasan kenapa banner tenda tersebut dilepaskan, sedangkan video pelepasan banner sudah viral di media sosial dan mendapatkan berbagai macam komentar tanggapan yang dapat mengakibatkan perpecahan.

Tidak sedikit netizen yang menyebutkan bahwa apa yang dilakukan oleh orang-orang yang melakukan pembredelan banner tersebut adalah bentuk penegakan nonproletisi yang memang sudah diatur di dalam perundang-undangan.

Apa itu nonproletisi yang dimaksud?
Berikut ini penjelasan singkatnya!


Heboh Pembredelan Banner Tenda Bantuan dari Gereja Untuk Cianjur, Pahami Nonproletisi


Dilansir dari website resmi Kementerian Keuangan dijelaskan bahwa segala macam peraturan terkait penanggulangan bencana semua telah diatur di dalam undang-undang khususnya yaitu Undang-Undang nomor 27 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Di dalam undang-undang tersebut dijelaskan secara terperinci tentang landasan hukum terkait mengatur tahapan bencana meliputi pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana.

Adapun diduga terkait pembredelan banner pada tenda bantuan korban bencana alam di Cianjur tersebut berhubungan dengan Undang-undang nomor 27 tahun 2007, tepatnya pasal 3 ayat 2 huruf i yaitu tentang Nonproletisi.

Bunyi dari pasal tersebut kurang lebih adalah sebagai berikut:

Quote:


Pasal tersebutlah yang diduga oleh warganet sejauh ini dijadikan sebagai alasan yang masuk akal kenapa banner yang terpasang di tenda pengungsian tersebut dibredel atau dilepaskan.

Tentu pelepasan banner ini bukan dengan maksud mengesampingkan siapa yang memberi ya GanSis, karena memang siapapun yang memiliki niat baik harus diapresiasi dengan apresiasi yang terbaik selama memang tidak melanggar aturan tertentu.


Heboh Pembredelan Banner Tenda Bantuan dari Gereja Untuk Cianjur, Pahami Nonproletisi


Diharapkan tidak ada kesalahpahaman atas beredarnya video pembredelan banner tenda pengungsian yang beredar di media sosial tersebut.

Di tengah kondisi yang seperti sekarang ini, memang rawan sekali beredar pemberitaan-pemberitaan yang dibumbui dengan narasi provokatif. Jangan sampai di tengah musibah yang melanda saudara-saudara kita, ada masalah lain yang nantinya dapat memecah konsentrasi.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan bagi Agan Sista semua.


Heboh Pembredelan Banner Tenda Bantuan dari Gereja Untuk Cianjur, Pahami Nonproletisi


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutfigilang01 dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
emoticon-Matabelo jangan ada yang terpancing ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaycaem dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Cape d... di Instagram udah banyak yang menggiring opini publik
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan s.c.a. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Matabelo cari tahu dulu yuk alasannya apa
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan s.c.a. memberi reputasi
@masnukho coba main2 ke forum bp... komentarnya ngeri emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
emoticon-Cape d... lagi rame di Instagram
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
kalau sdh terkait agama, pada hilang akal semua.

tuh di bp contohnya.


emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Matabeloiya gan

Quote:
emoticon-Matabelodi bp kenapa gan?
profile-picture
s.c.a. memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
susah kalau urusan nya beginian dah emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bossburung dan 5 lainnya memberi reputasi
Tumben tritnya sepi emoticon-Sorry
Biasanya klw bahas sara, pasti rame gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fuck you very much kadrun sampai kiamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danieljuve dan 2 lainnya memberi reputasi
Bantuannya diambil, tp identitas donaturnya disomplakin 😑 badut amat
profile-picture
profile-picture
lovve dan masnukho memberi reputasi
Bukannya yang pakaian putih-putih sering juga bawa-bawa identitasnya ketika ngasih bantuan?emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lovve dan 9 lainnya memberi reputasi
Jangan2 ini oknum kadal gurun emoticon-Wow
profile-picture
masnukho memberi reputasi
lebih menarik baca adu argumen & komen nya daripada berita nya itu sendiri 🤣
profile-picture
profile-picture
lovve dan masnukho memberi reputasi
Baru tau ane istilah nonproletisi, berarti yg dilarang disini menyebarkan agama di agama mayoritas? Apa gimana sih?

Tu ada thread yg umat budha ngasih bantuan, ane cek google juga ada bantuan DKM masjid kota lain yg donasi ke Cianjur.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
lovve dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Emang susah sih ngilangin kebanggaan jadi bagian sebuah grup/kelompok/aliran termasuk agama dari Org indonesia. Ditambah lagi sikap narsis yg udah mendarah daging. Pokoknya klo ada acara/tempat/kejadian yg menarik perhatian org banyak (gak peduli bencana, musibah ampe cuman kumpul2 aja), mrk harus eksis.
profile-picture
profile-picture
masnukho dan ridonculous memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Klo bantuan dari masjid atau dkm aman ya?
Ngakak aja deh UU kok ngaret.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mungkin alasannya supaya tenda bisa digunakan warga, karena klo ada label dadi gereja mungkin agak waswas warga sana yg mayoritas muslim dan kota santri. Jadi jgn digiring opini, saya tinggal di cianjur dan saya salahsatu korban gempa jg dan sedang mengungsi di tenda bnpb kadudampit rancagoong cilaku. Jadi semua bantuan diterima, kemungkinan besar bukan sentimen sama satu negara, hanya saja korban banyak masyarakat biasa yg masih menganut klo dari kristen takut ada b2 dll jadi utk supaya dpt digunakan khalayak memang di copot label, dan pihak kristen nya jg memaklumi yg penting bantuan bermanfaat
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kaum2 tolol di IG sudah terpancing emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
TS, kalo keberadaan banner tersebut melanggar UU, yang seharusnya mempreteli ya polisi pamong praja atau petugas terkait dari pemerintah; bukan dari ormas gitu.

Kalo dari Ormas ya berarti itu intoleransi. Karena pihak yang mempreteli juga membawa atribut kelompok. Lihat itu para pelakunya pake kaos yang ada logo apa hayo.

Selain itu, tulisan di tenda juga bisa bertujuan untuk memberi tanda KEPEMILIKAN tenda. Entar saat sudah pada dibongkar, para petugas bisa tahu tenda milik siapa karena ada atribut dari pemilik. Kalo dilepas entar diaku milik orang lain kan ga tau pihak panitia. Padahal harga beli / buat tenda itu ngak murah loh. Jutaan. Apalagi kalo pihak gereja menyewa tenda dari pihak lain. Nanti pertanggung-jawaban saat mau mengembalikan barang bagaimana, kalo sudah dibongkar dan diambil orang lain?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eskacangpecel dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Yuwen
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di