KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
4 Kelakuan Seller Shopee yang Bikin Pembeli Naik Darah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/637de3e161e55f18561b7e82/4-kelakuan-seller-shopee-yang-bikin-pembeli-naik-darah

4 Kelakuan Seller Shopee yang Bikin Pembeli Naik Darah

4 Kelakuan Seller Shopee yang Bikin Pembeli Naik Darah


Meluncur pada 2015, Shopee sekarang menjadi rakasasa marketplace online di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Padahal, ketika pertama kali rilis di Indonesia, Shopee saat itu sudah dapat pesaing seperti Tokopedia dan Bukalapak. Meskipun menurut data saat ini Shopee ada di posisi dua setelah Tokopedia, namun ecommerce yang identik dengan warna oranye ini sepertinya lebih banyak digunakan oleh masyarakat di pelosok tanah air sampai ke perkampungan.

Kini, di Shopee semuanya berkumpul para seller dari berbagai bidang dan di dalamnya juga ada seller dengan berbagai sifat dan karakter. Seller besar yang omzetnya milyaran seperti official store mungkin melakukan semua hal dengan profesional seperti cara menghandle komplain pelanggan dan lain-lain.

Tapi, karena di Shopee siapa saja bebas berjualan, saking bebasnya ada beberapa kelakuan seller yang bikin geleng-geleng pembeli bahkan bikin naik darah.


1. Pesanan Sengaja Tidak diproses
4 Kelakuan Seller Shopee yang Bikin Pembeli Naik Darah

Ketika pembeli menanyakan stok ke penjual dan dijawab stoknya ada. Lalu pembeli segera melakukan checkout dan pembayaran. Tapi barang tidak kunjung dikirimkan. Pembeli mengirimkan chat ke seller tapi tidak dibalas. Pada akhirnya barang tidak dikirimkan sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh Shopee. Ini sih bikin kesal pembeli, karena walaupun uang kembali tapi pembeli merasa buang-buang waktu sampai berhari-hari. Sementara itu penjual seperti ini mungkin tidak mengirimkan barang karena stok barangnya belum ada.

2. Memaksa Pembeli Berikan Bintang 5
GIF

Memberikan rating dan ulasan adalah hak priogatif pembeli, tapi sayangnya ada seller yang seolah memaksa pembeli untuk menberikan bintang 5 dan tidak boleh memberikan feedback negatif, jika tidak maka garansi hilang. Misalkan saja ada pembeli yang tidak puas dengan barang yang tiba dan barang tersebut tidak sesuai atau rusak. Kemudian pembeli komplain tapi komplain itu tidak didengarkan dan chat tidak dibalas. Pembeli otomatis akan kecewa dan akan memberikan bintang 1.

3. Tidak Bisa Menerima Komplain dan Marah-Marah ke Pembeli

Ane pernah melihat satu produk di Shopee yaitu laptop bekas dan ane coba lihat ulasannya ada beberapa pembeli yang kecewa karena laptopnya rusak lalu memberikan bintang 1 dengan komentar kecewa. Tapi si seller membalas mereka dengan tuduhan ingin menjatuhkan nama toko, bukan minta maaf. Apakah ada yang berniat menjatuhkan toko demi persaingan dengan membeli banyak laptop? Terkadang "menjatuhkan toko" bisa jadi senjata para seller untuk tidak mau menerima komplain dari pembeli.

Dengan adanya komentar tersebut di kolom ulasan, malah membuat ane malas membeli di toko tersebut mengingat pelayanannya yang galak.

4. Penipu (Barang Tidak Sesuai)
4 Kelakuan Seller Shopee yang Bikin Pembeli Naik Darah

Beberapa waktu lalu, ane pernah lihat produk di Shopee. Sebuah STB TV Digital merk Apple Matrix, harganya tidak masuk akal di bawah Rp. 100.000. Bodohnya ada saja orang yang membeli dan isi ulasannya tentu saja negatif, setelah diunboxing ternyata isinya deterjen Rinso. Entah, toko tersebut masih ada atau tidak sampai sekarang. Yang jelas sih seller seperti ini mudah dikenali yaitu harga yang tidak masuk akal dan ulasan yang buruk.

Nah, ayo gan. Ada yang lain lagi? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 4 lainnya memberi reputasi
Buset, masih ada aja yg beli walaupun harganya gak.masuk akal emoticon-Hammer2
jangan konfirmasi terima harusnya, ajukan retur aja
Syukur nya ane ga pernah mengalami hal di atas selama belanja di sopmie...
Sedang menuju kebangkrutan si sopi gosipnya
Simple gan, tgl ajukan complaint ke shopeenya
Pihak shopee lebih memihak ke pembeli kok drpd ke sellernya
Post ini telah dihapus
bukan hanya di sopi mah, semua marketplace online ada kek gitu, ane pernah di toko ijo ketemu seller majang barang doang pas beli barang di tokonya nggak diproses, dichat nggak dibalas, memang sih uang kembali, eh tau2 setelah sekian lama ane lihat ada keterangan terjual 1 pada barang yg sama emoticon-Nohope

ada juga yg awalnya barang nggak ada keterangan harus preorder atau bukan, begitu ane pesan barangnya malah duit ane dibalikin dan keterangan dari seller "maaf kk barangnya PO dulu" ampun deh emoticon-Nohope
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Masih banyak aja yg tertipu, barang yg terjual udh 1300. Masuk rank penjualan top20 hp android.
Sudah saya bantu report 3 minggu lalu tapi tetap ada aja nih toko.
4 Kelakuan Seller Shopee yang Bikin Pembeli Naik Darah

Review para korban
4 Kelakuan Seller Shopee yang Bikin Pembeli Naik Darah
Buat yg mau beli2 shopol mending liat REVIEW dulu deh. Jangan kemakan nafsu beli. emoticon-Hammer
Lucu jugaemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

SAKING NAPSUNYA INI BUYER
SELLER MAH HOKI2AN
emoticon-Leh Uga

Emg ngeselin kalau ketemu no 4
Parah banget beli set top box tapi dikirimin rinso soklin wkwkwk bandar menang banyak emoticon-Leh Uga
harus lebih cermat memiliki seller dan tidak tergiur harga miring
profile-picture
zharki memberi reputasi
Pernah liat harga barang yang harganya beda jauh dengan harga dipasaran, sangat murah sekali untuk jenis barang tersebut. Penjualan udah ratusan tapi penilaiannya banyak yg kasih bintang 1 tapi anehnya barang masih tetep nangkring di aplikasi, tanpa ada kebijakan dari aplikator.
Itun mah emang niat Nipu
seller di tokooren mah galak-galak gan. banyak ga terima dikomplen emoticon-Leh Uga
Ane kurang sreg di toko oren dari dulu, sellernya bejibun dan banyak yg gw cek cek kek seller seller banyak yg kurang meyakinkan.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di