KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/637c034a2a47c24bfa50c860/kekuatan-gempa-cianjur-tidak-besar-tapi-cukup-merusak-kok-bisa-ini-penyebabnya

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Seperti yang kita tahu, kemarin sempat terjadi musibah gempa yang melanda Cianjur dan sekitarnya. Akibat dari bencana alam tersebut, ada berbagai kerusakan infrastruktur ditemukan. Kejadian ini juga membuat warga Cianjur geger.

Sampai saat tulisan ini dibuat, terhitung sudah ada 62 korban jiwa dengan 40 orang diantaranya anak-anak. Sedangkan untuk korban luka sudah ada 700 orang. Menurut BPBD Cianjur, sudah ada 50 rusak akibat guncangan gempa tersebut.

Gempa ini sendiri disebut-sebut cukup merusak, padahal kekuatannya sendiri terbilang tidak terlalu kuat. Yaitu berkekuatan 5,6 magnitudo. Namun mengapa gempa ini terasa begitu kuat dan merusak bangunan di Cianjur.

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Berdasarkan penjelasan dari Teguh Rahayu yang menjabat sebagai Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, gempa yang terjadi di Cianjur termasuk gempa yang dangkal. Gempa tektonik ini terjadi di kedalaman 10-15 kilometer di bawah tanah. Sehingga meskipun kecil, guncangannya bersifat cukup destruktif.

Kekuatan 5,6 magnitudo itu dinilai sudah cukup untuk memberikan dampak kerusakan yang signifikan pada bangunan-bangunan di atasnya. Secara wilayah, kawasan Cianjur, Lembang hingga Bandung memang berada di kawasan seismik aktif dan rawan terjadi gempa.

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Tidak hanya menyebabkan bangunan roboh, gempa bumi ini juga mengakibatkan bencana lain yaitu tanah longsor yang menutup akses jalan.

Guncangan paling hebat memang terjadi di Cianjur, namun daerah-daerah sekitarnya turut merasakan dampaknya. Getaran gempa sendiri terasa di daerah lain seperti Sukabumi, Bogor, Bandung, Depok hingga Rangkasbitung.

Bahkan ada yang menyebut bahwa getaran ini juga terasa hingga Jakarta. Gempa ini terjadi sekitar jam 1 siang, jujur TS sendiri sama sekali tidak sadar apalagi merasakan guncangan gempa. Karena pada saat gempa, TS sedang berada di kendaraan umum yang sedang berjalan. TS baru tahu kabarnya setelah sampai rumah.

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

TS sempat dapat notifikasi dari salah satu platform berita kalau ada kemungkinan gempa susulan. Hal ini tentu membuat masyarakat tidak tenang termasuk TS. Tapi semoga saja tidak ada gempa yang terjadi lagi sehingga semuanya bias fokus membantu para warga yang terdampak.

emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka

Gimana gan? Apakah kalian merasakan gempa? Kalian lagi ngapain pas gempa? emoticon-Bingung (S)

Sumber / Link Referensi: 1, 2
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orbin039 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh harrywjyy
Halaman 1 dari 7
Apa yang kalian lakukan pas gempa?
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Lama gak gempanya?
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Masa si ente gk ngerasa apa2
profile-picture
dieq41 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ngeri bgt klo udah gempa
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan s.c.a. memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
kabur dong kalo ada gempa
profile-picture
s.c.a. memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Innalillahi.. Ane tau ada gempa liat dari story kakak ipar yg di jakarta gan.. Katanya cukup gede guncangannya sampai pada keluar gedung semua. Semoga gak ada gempa susulan lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
pas gempa ini, posisi ane ada di lantai 43, sudirman, jakarta .... goyangannya sangat terasa....

ane cuman bisa pasraah aja,
soalnya lift pasti bakalan mati saat gempa,
turun tangga manual ... ya mustahil juga dari 43 ke lt. dasar...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
hanamaru dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Musibah langganan indonesia... ring of fire


emoticon-Turut Berduka
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hikmah dari kejadian ini adalah...
Kita harus jadi Avatar pengendali bumi...

emoticon-Traveller💨🪨⛰️


RIP bagi korban yang terkena musibah
emoticon-Nyepi
profile-picture
ajicipta memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
wkt gempa, pertama cm ky pusing
dlm hati, wah gempa
pas kedua, rak2 di sktr bergetar kencang, sampe gw tahan takut roboh

stlh reda, gw cek cctv
di kolam ikan, airnya bergoyang2 ky dimaenin ma raksasa
kmd lampu gantung di atas meja mkn jg bergoyang2
anehnya lampu gantung di lt 3, aman2 aja
pdhl dl gempa yg di laut, mlh lampu gantung di lt 3 bergoyang2
dl getarannya ga begitu kencang, tp berasa sampe 3 lt
skrg getarannya kencang bgt, tp cm berasa sampe lt 3 doank
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
kalo bangun rumah daerah rawan gempa, struktur dan besinya yang gedean dikit pake, rasanya lbih nyaman aja, daerah ane rawan gempa juga, bangunannya otomatis ane pake yg lbih kokoh.
mencegah lbih baik deipada sdh kejadian.
RIP buat para korban
profile-picture
mudokons memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Sebelumnya ane cerita dikit ye, ruangan kantor ane berada di lantai 2 posisinya berada di tengah2 depan ane itu runagan HRM di mana kebanyakan emak2. Nah ruangan ane ini agak sensitif kalau ada orang lari atau jalannya kaya paskibra jadi kerasa goyang jadi kaya gempa aja. Nah lanjit sama kejadian ini, pas gempa ane sama temen kantor ngerasa koq ada goyang2, kita ampe ngeliat ada yg lagi lewatin runagan kita apa enggak, terus liatin emak2yg di HRM (biasanya kalau gempa tuh HRM pada heboh) tp HRMnya gak heboh. Terus ane juga pantau di HP (ane ada aplikasi BMKG) tp aplikasinya gak nongol alert gempa. Tp akhirnya ane cek di google ternyata beneran gempa emoticon-Hammer

BTW temen kantor ane ini kampungnya di cianjur. Ane ampe nanya "Soadara bapak gimana??" Katanya si selamat gak kenapa2 (syukur deh) , tp rumah tetangganya pada hancur katanya ada kali 20 rumah hancur (untungnya rumah orang tuanya kgk ancur). emoticon-Sorry
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Turut berduka buat keluarga korban...emoticon-Berduka (S)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inalillahi

Turut berdukacita
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
ngerasain banget gempa apalagi lokasi titik gempa deket ama tempat kerja sayah...
langsung karyawan pada berhamburan keluar...
sekarang pun masih kerasa ada gempa susulan...
emoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
semoga yg terkena musibah dikuatkan emoticon-Nyepi
ane lagi di kantor kmrn pas gempa, berasa bgt gan emoticon-Belo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jadi inget 2006 Gempa Jogja. Juga kisaran 5.9-6 SR, dangkal juga 10km.
Tapi semenit lama goyangnyaemoticon-Mewek
Dan Cianjur cuman itungan detik tapi udah bikin ambruk sana sini juga. Mudah2 Cianjur cepat recover dan bagi yang kehilangan saudara, kerabat, sahabat diberi ketabahan..
profile-picture
dieq41 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Innalillahi semoga semuanya cepat pulih ya. stay safe juragan semuanya emoticon-Turut Berduka
profile-picture
dieq41 memberi reputasi
lagi zoom sama orang2 PLN lah mereka panik terus minta tunda. sorenya lanjut isinya bpbd segala macem bahas tanggap darurat.
profile-picture
dieq41 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
turut prihatin gan,
semoga semakin ditabahkan dan diberi kesabaran,
emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh anvalz
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di