Kaskus

News

LordFaries4.0Avatar border
TS
LordFaries4.0
Sejarah Perkeretaapian di Indonesia
Sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Pembangunan dilaksanakan oleh perusahaan swasta Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) menggunakan lebar sepur 1435 mm.

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia
Suasana kesibukan pembangunan jaur kereta api Semarang-Tanggung. (Sumber: Koleksi Album NISM)

Sementara itu, pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api negara melalui Staatssporwegen (SS) pada tanggal 8 April 1875. Rute pertama SS meliputi Surabaya-Pasuruan-Malang. Keberhasilan NISM dan SS mendorong investor swasta membangun jalur kereta api seperti Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS), Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS), Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS), Oost Java Stoomtram Maatschappij (OJS), Pasoeroean Stoomtram Maatschappij (Ps.SM), Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM), Probolinggo Stoomtram Maatschappij (Pb.SM), Modjokerto Stoomtram Maatschappij (MSM), Malang Stoomtram Maatschappij (MS), Madoera Stoomtram Maatschappij (Mad.SM), Deli Spoorweg Maatschappij (DSM).

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia
Jalur kereta api Surabaya-Pasuruan sepanjang 63 km menjadi jalur kereta api pertama milik perusahaan Negara Staatssporwegen (SS). (Sumber: media-kitlv.nl)

Selain di Jawa, pembangunan jalur kereta api dilaksanakan di Aceh (1876), Sumatera Utara (1889), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), dan Sulawesi (1922). Sementara itu di Kalimantan, Bali, dan Lombok hanya dilakukan studi mengenai kemungkinan pemasangan jalan rel, belum sampai tahap pembangunan. Sampai akhir tahun 1928, panjang jalan kereta api dan trem di Indonesia mencapai 7.464 km dengan perincian rel milik pemerintah sepanjang 4.089 km dan swasta sepanjang 3.375 km.

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia
Staatssporwegen meresmikan jalur trem pertama di Sulawesi. Jalur yang menghubungkan Pasarbutung-Takalar sejauh 12 km.

Pada tahun 1942 Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Semenjak itu, perkeretaapian Indonesia diambil alih Jepang dan berubah nama menjadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api). Selama penguasaan Jepang, operasional kereta api hanya diutamakan untuk kepentingan perang. Salah satu pembangunan di era Jepang adalah lintas Saketi-Bayah dan Muaro-Pekanbaru untuk pengangkutan hasil tambang batu bara guna menjalankan mesin-mesin perang mereka. Namun, Jepang juga melakukan pembongkaran rel sepanjang 473 km yang diangkut ke Burma untuk pembangunan kereta api disana.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian dilakukan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang. Puncaknya adalah pengambil alihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung tanggal 28 September 1945 (kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia). Hal ini sekaligus menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI). Ketika Belanda kembali ke Indonesia tahun 1946, Belanda membentuk kembali perkeretaapian di Indonesia bernama Staatssporwegen/Verenigde Spoorwegbedrif (SS/VS), gabungan SS dan seluruh perusahaan kereta api swasta (kecuali DSM).

Berdasarkan perjanjian damai Konfrensi Meja Bundar (KMB) Desember 1949, dilaksanakan pengambilalihan aset-aset milik pemerintah Hindia Belanda. Pengalihan dalam bentuk penggabungan antara DKARI dan SS/VS menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) tahun 1950. Pada tanggal 25 Mei DKA berganti menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Pada tahun tersebut mulai diperkenalkan juga lambang Wahana Daya Pertiwi yang mencerminkan transformasi Perkeretaapian Indonesia sebagai sarana transportasi andalan guna mewujudkan kesejahteraan bangsa tanah air. Selanjutnya pemerintah mengubah struktur PNKA menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) tahun 1971. Dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa angkutan, PJKA berubah bentuk menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) tahun 1991. Perumka berubah menjadi Perseroan Terbatas, PT. Kereta Api (Persero) tahun 1998. Pada tahun 2011 nama perusahaan PT. Kereta Api (Persero) berubah menjadi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan meluncurkan logo baru.

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia
Logo Perusahaan dari masa ke masa. (Sumber: Lokomotif & Kereta Rel Diesel, Hartono)

Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki tujuh anak perusahaan yakni PT Reska Multi Usaha (2003), PT Railink (2006), PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (2008), PT Kereta Api Pariwisata (2009), PT Kereta Api Logistik (2009), PT Kereta Api Properti Manajemen (2009), PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (2015).


Ignasius Jonan, Sang Pembawa Perubahan PT KAI
Sejarah Perkeretaapian di Indonesia
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau yang biasa disingkat sebagai KAI adalah Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan, mengatur, dan mengelola seluruh jasa angkutan kereta api di Indonesia. PT KAI tidak hanya mengandalkan jasa angkutan kereta api sebagai pendapatannya. Namun PT KAI juga memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Diantaranya seperti pengelolaan properti yang berhubungan dengan jasa kereta api, restoran di kereta api, dan di stasiun, termasuk jasa catering dan distribusi logistic. Hal ini dilakukan dengan seiring berkembangnya tuntutan pasar serta dinamika dunia usaha.

PT KAI merupakan salah satu organisasi yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, PT KAI dapat semakin maju dan berkembang. Namun hal tersebut dapat terjadi karena adanya seorang pemimpin yang mampu memberi pengaruh dan menciptakan budaya yang positif dalam PT KAI. Salah satu pemimpin yang pernah sangat berpengaruh bagi PT KAI adalah Ignasius Jonan.

Ignasius Jonan merupakan seseorang yang lahir di Singapura pada tanggal 21 Juni 1961. Ia pernah menjalani pendidikan di beberapa universitas di Indonesia dan luar Indonesia seperti, Universitas Tufs, Universitas Harvard, Columbia Business School, Universitas Stanford, dan Universitas Airlangga. Ignasius Jonan menjabat sebagai Direktur Utama di PT KAI sejak tahun 2009. Namun jabatannya di PT KAI hanya berjalan sampai tahun 2014. Ia sempat dijadikan sebagai Menteri Perhubungan sampai tahun 2016, lalu tidak lama kemudian ia diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Oktober 2016.

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia

Selama masa kepemimpinannya di PT KAI, ia telah membawa banyak perubahan yang cukup signifikan terhadap PT KAI. Hal-hal yang mengalami perubahan adalah strategi, system, pola piker, budaya, dan penggunaan teknologi dari PT KAI. Contoh perubahan nyata yang sangat mudah dan mencolok untuk dilihat adalah adanya AC (pendingin ruangan) di dalam kereta ekonomi, menghilangkan budaya memperbolehkan penumpang naik di atap kereta api, menyingkirkan para pedagang kaki lima yang ada di dalam kereta, dan mengubah system tiket menjadi e-ticketing. Ketika hal tersebut dilakukan, wajah PT KAI yang dikenal oleh masyarakat umum langsung berubah. PT KAI menjadi memiliki transportasi umum yang lebih berkelas dibandingkan sebelumnya (S. dan Jerry 2016).

Leadership is a half of talent, a half of journey - Ignasius Jonan

Perubahan tidak hanya terjadi pada produk (kereta) yang dimiliki oleh PT KAI, namun perubahan juga terjadi pada budaya dalam organisasinya. Ignasius Jonan melakukan peningkatan kenaikan gaji pada beberapa pegawai, lalu perubahan pada system yang ada di dalam PT KAI yaitu dengan melakukan transparansi internal dengan adanya code of conduct. Ia juga menerapkan system reward dan punishment kepada para pegawai untuk memperbaiki seluruh kinerja yang ada.

Namun, penolakan terjadi dan sangat terlihat di masyarakat umum. Salah satu penolakannya adalah perubahan system tiket konvensional menjadi e-ticketing. Walaupun penolakan terjadi, Jonan tetap secara tegas menjalani perubahan tersebut. Ia memberikan penertiban dan sosialisasi kepada para masyarakat terkait dengan perubahan tersebut. Perubahan yang dilakukan berjalan cukup lancar. Hal itu dilihat dari kenaikan jumlah pengguna jasa transportasi tersebut. Kenaikan terjadi sebesar 20% yaitu 575.134 pengguna KRL per harinya (telkomsolution, 2013).

Perubahan-perubahan yang telah dilakukan Jonan tersebut membawa dampak positif bagi PT KAI itu sendiri. Banyak berita yang mengatakan bahwa, sebelum kepemimpinan Ignasius Jonan, anggaran di PT KAI sangat tidak teratur. Anggaran yang tidak teratur tersebut menyebabkan banyak kerugian bagi PT KAI. Pada tahun 2008, PT KAI mengalami kerugian sebesar Rp. 80 miliar. Namun Jonan berhasil membawa PT KAI untuk mencapai keuntungan di bawah kepemimpinannya. Hal ini dapat terjadi tentu karena adanya perubahan-perubahan dari yang buruk menjadi lebih baik.

Ignasius Jonan mampu membawa perubahan dalam PT KAI dikarenakan ia sangat konsisten terhadap visi dan misi yang ia miliki. Sehingga ia memberi pengaruh terhadap para karyawan yang ada di dalam PT KAI untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi yang dimilikinya. Keberhasilanya tersebut dianggap hebat oleh banyak orang, sehingga ia mendapatkan beberapa penghargaan. Penghargaan-penghargaan yang ia pernah dapat selama menjadi Direktur Utama PT KAI adalah:

The Best CEO (2014)
People of The Year (2013)
Marketeers of The Year (2013)
Best of the Best CEO BUMN (2013)

When you can not control what's happening, Challenge yourself to control the way you respond to what's happening - Ignasius Jonan

Kepemimpinan Ignasius Jonan diidentifikasi sebagai kepemimpinan transformasional. Karena segala yang ia lakukan bertujuan untuk membawa perubahan pada visi, misi, dan budaya dalam PT KAI. Menurut Daft (2018) kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang memiliki kekuatan untuk membawa suatu perubahan kepada bawahan ataupun organisasi secara signifikan.

Kepemimpinan transformasional akan lebih berfokus pada kualitas visi, nilai, dan ide-ide dalam membangun hubungan, serta menginspirasi orang-orang dalam berpatisipasi organisasi. Oleh karena itu, kepemimpinan ini akan kurang menggunakan aturan-aturan yang sudah ada sebelumnya. Kepemimpinan ini wajib memiliki kemampuan untuk memahami setiap orang yang ada di dalam organisasi agar dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga dapat melakukan pendekatan kepada bawahannya.

Dapat disimpulkan bahwa, kepemimpinan transformasional yang dimiliki oleh Ignasius Jonan menghasilkan perubahan untuk jangka panjang. Perubahan jangka panjang tersebut dikatakan sukses karena membawa dampak positif atau keuntungan kepada PT KAI secara berkelanjutan. Oleh karena itu tidak heran kalau Ignasius Jonan memperoleh begitu banyak penghargaan dalam waktu yang singkat.


2 Revolusi Penting di Sejarah Kereta Api Indonesia
Sejarah Perkeretaapian di Indonesia
Sektor perkeretaapian di Indonesia terus berupaya menunjukkan adanya perbaikan pelayanan ke masyarakat.

Harus diakui, salah satu orang yang berhasil mengubah wajah perkeretaapian adalah Ignasius Jonan saat dia menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Mulai dari penerapan kebijakan toilet stasiun yang harus bersih dan gratis, pembatasan orang yang bisa masuk stasiun, lalu pelarangan pedagang kaki lima untuk berjualan di stasiun hingga memperbaiki pelayanan di dalam kereta.

Pada 12 juni 2018, KAI kembali melahirkan inovasi baru yakni layanan kereta dengan fasilitas kursi penumpang yang bisa direbahkan layaknya di kelas pesawat first-class.

Pencetus ide ini adalah Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. Dia merupakan orang yang direkomendasikan oleh Jonan untuk duduk di tampuk pimpinan tertinggi KAI.

Secara umum, ada dua peristiwa penting revolusi perkeretaapian yang melayani rute jarak jauh, yakni:

1. Inovasi layanan Kereta Ekonomi
Dari semua inovasi yang dilakukan, maka perubahan pada pelayanan kereta api jenis ekonomi yang dilakukan Jonan bisa jadi paling mencolok. Seperti yang diketahui, kereta ekonomi merupakan favorit utama bagi sebagian orang yang karena harga tiket yang murah.

Inovasi pertama adalah seluruh kereta ekonomi kini harus menggunakan pendingin udara atau AC, setelah sebelumnya pelayanan di kereta itu seakan apa adanya.

Seiring berjalannya waktu, KAI pun kembali berinovasi dengan menciptakan layanan yang menggabungkan kelas ekonomi dan eksekutif.

Memang terdengar unik, namun inovasi ini ternyata disambut baik oleh masyarakat. Harga yang ditawarkan di bawah kelas eksekutif, tapi pelayanannya hampir mirip eksekutif. Rute yang dilayani dari Jakarta menuju Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta, dan sebaliknya.

Untuk fasilitas yang ditawarkan sedikit berbeda seperti desain satu kursi untuk satu orang, hingga kehadiran tv layar datar yang bisa mengatasi rasa kebosanan selama perjalanan. Sementara harga tiket yang ditawarkan cukup bervariasi dengan harga termurah yang ditawarkan yaitu Rp 120.000.

2.Kelahiran First Class
Pada tahun 2018 KAI meluncurkan kereta dengan jenis baru yaitu first class. Dari namanya saja tentu kita membayangkan pelayanan yang didapatkan jauh lebih banyak dibandingkan kelas eksekutif. Benar saja, fasilitas yang didapatkan setiap penumpang betul-betul privat. Mulai dari desain kursi yang bisa ditidurkan (sleeper), TV pribadi, USB Charging hingga fasilitas makan dan minum gratis.

Kehadiran kereta ini seakan memberikan sedikit bayangan seperti apa fasilitas first class seperti yang ada di pesawat terbang. Di sisi lain, peluncuran kereta ini untuk mengakomodir keinginan masyarakat umum yang ingin merasakan sensasi lebih dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api disamping kelas eksekutif yang telah ada sebelumnya.

Tiket yang ditawarkan tentu jauh lebih mahal dibandingkan harga termahal untuk kelas eksekutif. KAI saat ini memberikan tarif promo yang ingin mencoba layanan kereta tersebut sebesar Rp 900.000 (di tahun 2018)

Dengan harga tersebut nyatanya antusiame masyarakat cukup tinggi. Bahkan untuk keberangkatan di masa mudik ini khususnya sebelum lebaran, tiket telah habis terjual.

Inovasi yang dilakukan oleh KAI nampaknya mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Spoiler for sumber::


Gegara nostalgia game Open TTD sekalian di update gamenya versi terbaru, jadi pingin bikin thread transportasi. emoticon-Ultah

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia
Diubah oleh LordFaries4.0 18-11-2022 19:41
0
1.1K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan