KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Iskander Turun Gunung Untuk Mempertahankan Kherson
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63400bd479e49d2ff7304fe3/iskander-turun-gunung-untuk-mempertahankan-kherson

Iskander Turun Gunung Untuk Mempertahankan Kherson

Quote:


Sebuah video yang diposting oleh akun bernama Ghost pada 1 Oktober 2022 lalu menunjukkan jika rudal balistik Iskander telah dikirim ke Kherson menggunakan kereta api, yang dikirim pun dalam jumlah besar. Di sisi lain, pengiriman Iskander ke Kherson tidak mengejutkan; pasalnya posisi Rusia sedang sulit karena pasukan Ukraina terus maju menuju ke garis depan. Kherson merupakan kota penting, karena merupakan pintu gerbang menuju ke Krimea. Jika Rusia gagal mempertahankan kota ini, Ukraina bisa saja mempersiapkan serangan balik lanjutan untuk merebut Krimea. Kherson adalah salah satu provinsi di sebelah selatan Ukraina, posisinya tepat berada di utara Krimea.

Sekilas tentang Iskander, dikategorikan sebagai rudal jelajah jarak pendek; Islnder memasuki layanan pada 2010. Baterai Isaknder terdiri dari kendaraan command and staff, kendaraan life support , transporter loader vehicle (TLV), mobile data processing center serta maintenance vehicle and Transporter Erector Launcher (TEL). Ada 4 versi dari sistem rudal balistik ini yang terdiri dari Iskander, Iskander-M, Iskander-E, dan Iskander-K.

Menurut artikel Army Recognition, Iskander-M dan Iskander-K telah dikerahkan oleh angkatan bersenjata Rusia guna melakukan operasi tempur di Ukraina. Iskander-M membawa dua rudal balistik 9M723 yang mampu mencapai target darat pada jarak 400 km. Rudal ini dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir hingga 700 kg dan menggunakan platform maneuverable re-entry vehicle (MaRV) yang dapat bermanuver dan dilengkapi decoy untuk menetralisir sistem pertahanan rudal.

Quote:


Sementara itu, Iskander-K dapat membawa berbagai jenis rudal jelajah termasuk 9M728 yang bisa menghajar target darat pada jarak hingga 500 km. Rudal tersebut membawa hulu ledak konvensional 500 kg atau hulu ledak nuklir sekitar 10-50 kT. Iskander-K juga dapat meluncurkan rudal jelajah 9M729 yang memiliki jarak tembak maksimum 500 km.

Rudal ini juga mampu membawa hulu ledak nuklir berdaya rendah sekitar 10-50 kT. Rudal juga dapat dilengkapi dengan hulu ledak konvensional dengan sekitar 500 kg bahan peledak, serta hulu ledak cluster, fuel-air explosive, dan hulu ledak bunker-busting.

Sebgai tambahan informasi, versi rudal 9M723 memiliki panjang 7,3 meter, serta diameter 0,92 meter. Menurut artikel CSIS Missile Defense Project, 9M723 memiliki hulu ledak terpisah yang dapat bermanuver secara independen di tahap terminal. Menggunakan kombinasi panduan radar korelasi medan, inersia dan GLONASS; rudal dapat menyerang target dengan kemungkinan circular error probable (CEP) sekitar 2 - 5 meter.

Quote:


Sementara untuk rudal versi ekspor disebut sebagai 9M720, menggunakan panduan inersia untuk penerbangan dan panduan terminal elektro optik dengan kemungkinan circular error probable (CEP) 5 - 10 meter. Untuk rudal versi ekspor dan yang digunakan Rusia juga dilengkapi digital scene matching area correlation (DSMAC), yang diuji pada 2011 dan mulai digunakan pada 2012.

Untuk kendaraan peluncur rudal Iskander diberi kode 9P78, setiap kendaraan peluncur bisa membawa dua rudal. Kendaraan ini punya sistem proteksi jempolan yang mencakup perlindungan terhadap bahaya kimia, biologi, radiologi, dan nuklir (CBRN) dan suhu ekstrem. Kendaraan ini juga punya kemampuan amfibi dan dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 70 km/jam dengan jarak jelajah 1.100 km.

Setiap kendaraan peluncur mampu beroperasi secara independen. Selain membawa dua rudal, 9P78 juga dilengkapi sebuah derek untuk isi ulang amunisi, memungkinkan operasi di medan perang yang berkepanjangan. Iskander sendiri dirancang untuk meggantikan versi rudal balistik sebelumnya, yakni SS-21 Tochka-U.

Quote:


Sementara itu situasi terkini di Ukraina, pada hari Minggu, 2 Oktober 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan bahwa, angkatan bersenjata Ukraina telah membebaskan pemukiman di Arkhanhelske dan Myrolyubivka di wilayah Kherson. Di sisi lain, Rusia terus berupaya mempertahankan wilayah Kherson dengan melakukan serangan menggunakan artileri.

Kedatangan Iskander tentu diharapkan bisa menghentikan gerak pasukan Ukraina, setelah kehilangan kota penting, yakni Lyman. Rusia kini mulai fokus mempertahankan Kherson. Selain Iskander, Rusia juga sedang mempersiapkan wajib militer untuk mempertahankan kota-kota yang telah mereka kuasai.


---------------



Referensi Tulisan: CSIS Missile Defense Project & Army Recognition
Sumber Foto: Twitter & Kementerian Pertahanan Rusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 16 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 9 lainnya memberi reputasi
Stok Iskander semakin menipis, secara industri alutsista rusia kena blokade oleh barat.

Itulah sebabnya rusia "beralih" ke suicide drone Iran. Murah, banyak walau efektifitasnya dipertanyakan.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Rudal2 iskandar sdh lama di gunakan, sdh dr bbrp bulan yg lalu, tp slama ini mmg jarang di tembakkan sih..... Stok nya di gudang2 militer nya genk kremlin kini sdh sngt terbatas, gan......

Yg terpenting, jgn sampe di isi ama bom2 taktikal nuklir saja lah......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
kayaknya mau main pake nuklir, buat motong logistik ukraina. Gak butuh biaya besar juga, cuman sanksi dari barat menanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kagak paham soal rudal iskandaremoticon-Cape d...

Mungkin ejen multitasking tau @gagal.jadi.nabi emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
sudah terlihat sih kemampuan iskander waktu di konflik nagorno karabakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
UKRAIna semakin panik dan ketakutan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah pakde Putin dah mulai keluarin rudal2 balistik, mari kita tunggu gimana kelanjutan perang yg makin panjang ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Subahenol. emoticon-Kagets

Dari namanya, Iskander sepertinya beragama anu.... Cocok untuk perjuangan ngummat. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kherson lumayan strategis... Apalagi pasukan Ukraina sudah mulai merangsek masuk lagi..

Mobilisasi Iskander krusial... Kerusakan bakalan semakin berat kalo digunakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 6 lainnya memberi reputasi
Ada 2 jenis rudal yang paling sering digunakan oleh Russia Army dan Navy selama konflik Russia - Ukraine : land base SSBM 9K720 Iskander dan 2 variant sea base : submarine launch SSCM 3M14K Kalibr dan surface ship launch 3M14T Kalibr yang cukup sukses menghancurkan target strategisnya.
Iskander diproduksi sejak tahun 2005 dan Kalibr tahun 1994. Dengan masa produksi yang cukup panjang serta dipicu kewaspadaan tinggi Russia karena tingkat persaingan blok barat timur yang kembali memanas 5 tahun belakangan ini bisa dipastikan Russia mempunyai stok rudal 9K720 Iskander dan 3M14K / T Kalibr yang cukup banyak di angka ribuan unit untuk tiap jenisnya.
Dengan umur rata rata rudal 20 tahun bisa dibilang inilah cara extreme Russia menghabiskan stok rudal lawasnya yang hampir kadaluarsa.

Digunakannya rudal balistik dan jelajah di area konflik sejak konflik Syria sampai Ukraine memang cukup membuat banyak pihak bertanya tanya tentang seberapa jauh urgensinya mengingat konflik di Syria dan Ukraine bisa dibilang hanya konflik yang menjadi besar karena dukungan externalnya. Apakah konflik ini sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang real test bed dan salah satu cara alutsista modern meraih predikat battle proven ? Suka tidak suka cap battle proven adalah penting dan menjadi tolok ukur utama kualitas dan kehebatan sebuah alutsista.

Point plus 9K720 Iskander ballistic missile adalah :

1. Punya 3 pilihan platform launcher : mobile TEL, submarine and ship launcher.
2. Punya 2 pilihan targetting : land attack and anti ship.
3. Punya opsi pilihan warhead konvensional, thermobaric hingga nuklir.

Point plus 3M54 Kalibr cruise missile adalah :

1. Punya 3 pilihan platform launcher : air, submarine and ship launcher.
2. Punya 3 pilihan targetting : land attack and anti ship - anti submarine.
3. Punya opsi pilihan warhead konvensional dan nuklir.

Opsi warhead nuklir sendiri untuk sementara hanya akan digunakan oleh Russia dan kemungkinan besar Belarusia.

Bagi Russia walaupun terkena embargo CATSAA sejak tahun 2017 hingga sekarang yang sangat berpengaruh terhadap penjualan alutsistanya seperti tidak punya pilihan untuk terus berusaha membuktikan kualitas alutsista buatannya dengan menerjunkan langsung ke wilayah konflik untuk meraih predikat battle proven dan menarik minat akuisisi terutama bagi pelanggan setia alutsista Russia seperti Belarusia, India, China, Algeria, Mesir dan Vietnam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakde putin lagi bongkar stok lama kayaknya, sekalian latihan kesiapan kru rudal. Drone iran juga dipakai cenderung sebagai senjata teror tapi cukup efektif kl lihat hasilnya. Piye nato ini gak serius kl mbantu...... Goodluck aja buat paklik Zelenky
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
mengandalkan Iskandar...
sementara lawannya pake Tochka (di pertengahan taun katanya LST/LPD Rusia kena rudal ini yah...?emoticon-Big Grin)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Pelan² om nulisnya, jadi typo dehemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
udah aman anex wilayah timur Ukraina novorussiya lwt referendum knpa msh kurang aja lanjut perang? russia ga belajar dari serangan musim dingin mereka dulu ke finland 1938 dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cuangcoetz
Weh keliatan mulai habis2an ni russya, kemungkinan karena tentara baru dari mobilisasi parsial masih lama jadi mulai dikerahin brigade2 yang sudah terlatih. Jadi kemungkinan hasil mobilisasi itu kebanyakan buat ngisi tempat yang ditinggal sama brigade2 terlatih tsb.

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 69banditos memberi reputasi
ngeri anjir emoticon-Mewek emoticon-Mewek
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Cuci gudang again
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di