KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633f1158e4aff047f521b4c3/mengapa-israel-dibiarkan-curi-tanah-palestina-tapi-rusia-dikecam-caplok-ukraina

MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA?

Darah perjuangan takkan pernah habis dan kehancuran untuk penindas itu pasti
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA (keterangan gambar : keteguhan melawan penindas di palestina)
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA (keterangan gambar : keteguhan melawan penindas di china)
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA (keterangan gambar : keteguhan melawan penindas di jerman)







MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA (keterangan gambar : vladimir putin presiden rusia)
Presiden Rusia Vladimir Putin secara resmi mengumumkan pekan lalu bahwa negaranya akan mencaplok empat wilayah di Ukraina. Dia menyebutnya sebagai "wilayah baru" Rusia.

MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
"Saya ingin mengatakan ini kepada rezim Kiev dan penguasanya di Barat: orang-orang yang tinggal di Luhansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia menjadi warga negara kami selamanya," tegas Putin.

MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA (keterangan gambar : warga sipil duduk diantara reruntuhan di ukraina 2022+jerman1945)

Putin juga meminta Ukraina duduk bersamanya untuk pembicaraan guna mengakhiri perang yang sedang berlangsung.




MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Menanggapi pengumuman Putin, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk pencaplokan itu sebagai "pelanggaran" hukum internasional.

MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Guterres menganggap sebagai "eskalasi berbahaya" dalam perang tujuh bulan antara Rusia dan Ukraina.

MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
"Piagamnya jelas. Setiap pencaplokan wilayah suatu Negara oleh Negara lain yang diakibatkan oleh ancaman atau penggunaan kekuatan merupakan pelanggaran terhadap Prinsip-Prinsip Piagam PBB,” papar Guterres.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA (keterangan gambar : operasi desert strom)


Di Washington, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengutuk langkah Rusia sebagai "penipuan" dan bertentangan dengan hukum internasional.

MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
"Rusia melanggar hukum internasional, menginjak-injak Piagam PBB, dan menunjukkan penghinaannya terhadap negara-negara damai di mana-mana," ujar Biden.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA (keterangan gambar : yang satu masuk negara orang secara resmi,yang satunya lagi masuk negara orang seperti pencuri)


Amerika Serikat, menurut Biden, akan selalu menghormati perbatasan Ukraina yang diakui secara internasional.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA (keterangan gambar : yang satu masuk negara orang karena diundang tuan rumah,yang satunya lagi masuk negara orang lain tanpa izin tuan rumah)


"Kami akan terus mendukung upaya Ukraina mendapatkan kembali kendali atas wilayahnya dengan memperkuat tangannya secara militer dan diplomatik, termasuk melalui bantuan keamanan tambahan senilai USD1,1 miliar yang diumumkan Amerika Serikat pekan ini," ungkap Biden.


Akibat tindakan ini, para pejabat Rusia dan keluarga mereka dikenai sanksi AS.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Uni Eropa (UE) mengikuti langkah AS. "Kami dengan tegas menolak dan dengan tegas mengutuk pencaplokan ilegal oleh Rusia atas wilayah Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson Ukraina," papar pernyataan UE.


Dengan melakukan tindakan ini, negara-negara anggota UE mengklaim, Rusia membahayakan keamanan global.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
(membahayakan keamanan global)


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Mereka menuduh Moskow "dengan sengaja merusak tatanan internasional berbasis aturan dan secara terang-terangan melanggar hak-hak dasar Ukraina atas kemerdekaan, kedaulatan dan integritas teritorial, prinsip-prinsip inti sebagaimana diabadikan dalam Piagam PBB dan hukum internasional."


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen menambahkan, "Semua wilayah yang diduduki secara ilegal oleh penjajah Rusia adalah tanah Ukraina dan akan selalu menjadi bagian dari negara berdaulat (Ukraina) ini."


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
“Saya senang melihat komunitas internasional bersatu melawan negara yang menindas atau tindakan yang merugikan kepentingan orang lain, dan merusak kedaulatan, keamanan, keselamatan, kemerdekaan, dan hak-hak fundamental mereka,” ungkap Motasem A Dalloul, pengamat Timur Tengah dalam artikel Middle East Monitor.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
“Namun, menyedihkan dan munafik bahwa komunitas internasional mengutuk pelanggaran semacam itu oleh satu negara tetapi merayakan dan melindungi yang dilakukan oleh negara lain. Mengapa Israel diizinkan untuk mencaplok tanah yang diduduki, tetapi Rusia tidak?” tanya dia.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Pada tahun 1967, Israel menduduki Yerusalem Timur Palestina, Tepi Barat dan Jalur Gaza; Dataran Tinggi Golan Suriah; dan Semenanjung Sinai Mesir.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
"Pada Juni 1967, segera setelah menduduki Tepi Barat dan Jalur Gaza, Israel mencaplok sekitar 70.000 dunam tanah Tepi Barat ke perbatasan kota Yerusalem dan menerapkan hukum Israel di sana, yang melanggar hukum internasional," ungkap kelompok hak asasi Israel B'Tselem.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Satu-satunya hal yang dilakukan masyarakat internasional dalam menanggapi pendudukan dan aneksasi ini adalah membuat PBB mengeluarkan beberapa resolusi yang menyebut tindakan itu "tidak sah" dan menyerukan Israel untuk membatalkannya.


"Semua tindakan dan tindakan legislatif dan administratif yang diambil oleh Israel,termasuk perampasan tanah dan properti di atasnya, yang cenderung mengubah status hukum Yerusalem, tidak sah. Mereka tidak dapat mengubah status kota,” papar pernyataan Dewan Keamanan PBB ketika itu.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Tidak ada tindakan praktis yang pernah diambil terhadap Israel untuk mengakhiri pendudukan dan pencaplokannya atas wilayah Palestina.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Respon yang lemah dari komunitas internasional mendorong parlemen Israel untuk mencaplok Yerusalem Timur yang diduduki pada tanggal 29 Juli 1980 dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki pada tahun 1981.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Dewan Keamanan PBB mengutuk pencaplokan Dataran Tinggi Golan, tetapi sekali lagi tidak melakukan apa pun di lapangan untuk mendorong Israel membatalkan langkah tersebut.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Pencaplokan Israel memang memicu tanggapan internasional, tetapi itu hanya sementara.


“Posisi sebenarnya, saya percaya, disepakati di balik pintu tertutup, dan mendukung pencaplokan,” ujar Motasem A Dalloul.


Dia menambahkan, “AS di bawah Donald Trump, tentu saja, dengan terkenal memberikan pengakuan publik atas pencaplokan Israel atas tanah Suriah dan Palestina pada tahun 2018, dan dia dengan sepatutnya memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke ‘ibu kota abadi dan bersatu Israel’, Yerusalem.”



MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Bahkan ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat itu mengumumkan niatnya mencaplok Tepi Barat dan Lembah Yordan yang diduduki, di mana hukum Israel sudah diterapkan pada pemukim Yahudi ilegal, komunitas internasional hanya memperingatkan bahwa langkah seperti itu akan memicu gelombang kekerasan, tidak ada apa pun yang dilakukan komunitas internasional.


“Tidak ada ancaman sanksi dan sejenisnya. Tidak ada apa-apa,” tutur Motasem A Dalloul.


Dia menjelaskan, “Uni Eropa (UE) yang merupakan mitra komersial terbesar Israel, mengklaim kemungkinan besar akan menggunakan cara diplomatik untuk mencegah Israel melakukan pencaplokannya, tetapi kita belum pernah melihat sesuatu yang lebih konkret dan praktis untuk mencegah pelanggaran harian negara pendudukan terhadap hukum internasional, meskipun volume dan sifat hubungan UE-Israel memberi Brussels pengaruh untuk melakukan sesuatu yang lebih dari sekadar mengucapkan kata-kata.”


“Apakah ada negara yang memberlakukan sanksi terhadap Israel, atau memutuskan hubungan diplomatik sampai negara itu mengakhiri pendudukan dan pencaplokannya atas tanah Palestina?” tanya dia.


Sebaliknya, menurut dia, Barat terus memberikan negara apartheid dukungan diplomatik, politik, ekonomi dan militer tanpa syarat. “Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi yang damai terhadap Israel bahkan telah dikriminalisasi di beberapa negara,” papar dia.


MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Sementara Rusia tampaknya memberi penduduk berbahasa Rusia di daerah yang telah dicaploknya pilihan tentang langkah tersebut, dan dalam referendum mereka memilih Rusia.


“Adapun Israel telah mengambil jalan lain, melakukan segala upaya untuk membersihkan tanah yang diduduki dari penduduk asli Palestina dengan menghancurkan rumah mereka, mencabut izin tinggal dan, ketika semuanya gagal, hanya membunuh mereka,” ungkap dia.


Sendirian di antara semua negara anggota PBB, Israel tidak pernah menyatakan di mana perbatasannya terletak, dan diizinkan memperluas melalui aneksasi dengan impunitas.


“Sejak pencaplokan ilegal Yerusalem, Israel telah memperlakukan penduduk Palestina di kota itu sebagai imigran yang tidak diinginkan dan bekerja secara sistematis untuk mengusir mereka keluar dari daerah itu," ujar dia.


Namun, tidak ada sanksi yang dikenakan terhadap Israel dan tidak ada jutaan dolar dan senjata yang dicurahkan untuk membantu para korban Palestina membebaskan diri dari penjajahan Israel.


“Bukankah paradoks bahwa masyarakat internasional mendukung, mendanai, dan mempersenjatai negara yang setiap hari melanggar hukum internasional, sambil memotong dukungan nyata bagi para korban aneksasi dan kolonialisme?” tanya dia.


Dia menambahkan, “Ketika para korban menawarkan perlawanan yang sah terhadap pendudukan dan kolonisasi tanah mereka, mereka digambarkan sebagai teroris oleh orang yang sama yang sekarang menyatakan dengan sombong bahwa Rusia telah melanggar hukum internasional? Ironi terbesar adalah bahwa Israel juga mengutuk pencaplokan Rusia atas wilayah Ukraina. Anda tidak bisa melakukan hal ini.”



MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
“Saya yakin bahwa Putin benar untuk mengatakan bahwa Barat tidak memiliki landasan moral yang tinggi dalam hal-hal seperti itu, dan tentu saja tidak memiliki hak moral untuk berbicara tentang demokrasi. Dan bahwa negara-negara Barat hanya bertindak sebagai imperialis bahwa mereka ‘selalu begitu’,” pungkas dia.


https://www.google.com/url?q=https:/...kWvXGwFNPursAK


PENETRALISIR PENJAJAH TUDUH ORANG LAIN MENJAJAH
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA




ZALZIL AMNA ISRAEL
Gambar Sensitif
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Gambar Sensitif
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aioyups dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh amekachi
Halaman 1 dari 3
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
barat itu memang munafik sok suci
barat mengecam rusia caplok ukraina
tapi barat sendiri rampas tanah pribumi amerika,kanada,australia,selandia baru


fakta uni soviet dulu hancur dibuat barat
ukraina selaku negara bekas uni soviet seharusnya tak tunduk pada barat
rusia yg juga negara bekas uni soviet aja tak tunduk pada barat
pantaslah putin kasih pelajaran pada zelensky anjingnya barat yg tak tahu diri itu

barat terguncang keras
baguslah banyak wilayah ukraina yg mau refrendrum gabung rusia
banyak juga warga ukraina yg tidak pro barat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
capslock.on dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pelatih.mma
Itu namanya standar janda...



emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Palestine itu masih bangsa "bias" antara Ada dan tiada...

pemerintahnya sendiri gak berdaulat,satu di pimpin hamas satu di.pimpin fatah....

Fatah hamas di "satu"kan dulu baru bisa loby dunia inter ngakuin Palestine itu negara yang berdaulat penuh...

Fyi barat yang di bilang munafik itu penyumbang donasi terbesar kesana..

11% us canada,53% dari uni eropa 20%negara2 arab,sisa dll...

Anda ngomong org muna tapi menerima donasi uang mereka bahkan "hidup" dari donasi mereka ? Jadi yang muna yang di katain atau yang menerima?

Beda dengan Ukraine ? Ukraine itu negara berdaulat penuh,Palestine ? Antara ada dan tiada..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devil_bur dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zaaxion.7k
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Hopenk lama mereka tu emoticon-Ngakak (S)

Mana ada cerita barat kontra israel? emoticon-Embarrassment
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Karena israel itu bestie nya amerika dan juga sekutunya, begitu sebaliknya dengan rusia, kadang suka heran dengan apa yang amerika lakukan, apakah mereka itu tidak berkaca kepada diri mereka sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Dibahas berjilid² pun jawabannya sama: karena ada kesamaan dan atau ketidaksamaan kepentingan ples keuntungan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

Yang ngecam siapa bre? Bukannya nitizen Indonesia komen2nya pada dukung Rusia, pemerintah juga dukung lewat pernyataan minyak murah sikaaat, media2 juga dukung lewat pemberitaan kemenangan pasukan Rusia (kalau pasukan Ukraina menang kaga diberitain).

MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
Palestina itu kaga ada bre. Itu cuma Inggris menghajar penjajah Ottoman dan balikin wilayah Israel ke Israel. Waktu itu Israel kosong melompong, org2 Arabnya diimpor sama Inggris. Plus sudah ada penelitian modern ttg DNA kalau org2 Palestina itu bukan penduduk asli tp penyerbu abad ke-7. Masa penjajah klaim wilayah, baliklah ke afrika ma arab sono.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh albert.123.456
Bukannya rakyat di wilayah itu yang memilih bergabung dengan rusia? Kok jadi caplok mencaplok?

Jangan memanfaatkan penderitaan orang lain buat kepentingan politik golongan.

Itu putin dari dulu buka pintu komunikasi buat menghentikan perang tanggapannya malah dengan mengirimkan senjata ke ukraina maunya apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dxbike
Kalau sudah teman sendiri terus mau gimana lagi gans? Sepertinya memang ada rasa pertemanan yang membuatnya tidak diserang dan dibiarkan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan calonaktuaris memberi reputasi
tiap hari ada puluhan rudal meluncur ke israel, tapi ga pernah masuk berita wakanda

jadi mereka saling ngerudal selama ini
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
bentuk rudalnya itu sekarang udah musnah karena teknologi baru israel yg hancurin rudal sebelum mendarat

ga pernah ikutin berita dalam bahasa Inggris ya? cuma bisa bahasa wakanda, kasian hahaha

biarin ajalah, ane ga ngurus gituan juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Semakin didalami, Palestina vs Israel makin sangat rumit, Bahkan sudah rumit sebelum mbahnya TS lahir. Rusia vs Ukraina terjadi saat kaskuser sudah lahir, kecuali yang umurnya baru beberapa bulan.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan awanitugue memberi reputasi
us dan sekutu emang bajingan ya gimana donk
hipokrit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
sanksi aja rusia, makin kelaparan rakyatlu biden
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
siapa bilang palestina milik sendiri?, nih guru sekolah yg jg guru muslim bilang sendiri: https://m.youtube.com/watch?v=b_84LyDvJz4&feature=youtu.be

sumber: https://m.youtube.com/c/gurugembul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kenapa?
Karena ini :
MENGAPA ISRAEL DIBIARKAN CURI TANAH PALESTINA TAPI RUSIA DIKECAM CAPLOK UKRAINA
1 foto aja udah ngerti kan?
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Exorcizm
Salahkan liga arab bahlul yg udah main keroyokan masih aja kalah ama israelemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aioyups dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di