KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
120 Ribuan Laka Lantas di 2022 Melibatkan Motor, Kurang Edukasikah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633db7ef5aeeca59dc623e6b/120-ribuan-laka-lantas-di-2022-melibatkan-motor-kurang-edukasikah

120 Ribuan Laka Lantas di 2022 Melibatkan Motor, Kurang Edukasikah?

Gak terasa, 2022 sudah memasuki bulan Oktober, yang artinya kurang dari 100 hari lagi, kita akan menyambut tahun 2023. Namun, catatan kecelakaan motor di Indonesia sudah mencapai angka yang tinggi. Menurut data Korlantas Polri, ada 120.284 kasus laka lantas di Indonesia yang melibatkan sepeda motor pada periode Januari-September 2022. Sebanyak 85.691 kasus di antaranya, atau sekitar 81%, motor menjadi penyebab kecelakaan.

120 Ribuan Laka Lantas di 2022 Melibatkan Motor, Kurang Edukasikah? https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...lxiwg&usqp=CAU

Dengan jumlah kasus yang sangat tinggi, harusnya sih ada perubahan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang. Entah perubahan peraturan, sistem tes SIM-nya, teknis edukasi peraturan lantas, dll. Sebagai pengendara motor dan pengguna jalan, kita juga harus introspeksi. Jangan-jangan, cara berkendara kita juga berisiko menimbulkan kecelakaan. Atau, orang-orang terdekat kita masih sering salah dalam berkendara, tapi kita biarkan aja sehingga bisa menyebabkan celaka.

Kalo menurut gue, ada banyak faktor mengapa pengguna motor berisiko menyebabkan kecelakaan. Di antaranya:

Quote:


Di antara semua penyebab kecelakaan motor itu, menurut gue, penyebab terbesar adalah edukasi yang kurang. Jadi, mental masyarakat emang masih gak ngerti soal pentingnya aturan lalu lintas. Makanya, boro-boro taat aturan, ngerti rambu-rambu aja kayaknya cuma sebagian. Gue sih berharap pemerintah dan kepolisian bisa meningkatkan edukasi soal pentingnya aturan lalu lintas itu. Ngeri juga kalo banyak orang bawa kendaraan di jalan cuma asal bisa maju tanpa ngerti aturan, tanpa ngerti risiko kecelakaan. Kita yang berusaha taat aturan pun bisa jadi korban kecelakaan kalo di jalan raya didominasi oleh orang-orang yang gak paham aturan.

Menurut kalian gimana gan?

Sumber:
https://otomotif.kompas.com/read/202...-120.284-kasus
https://otomotif.kompas.com/read/202...dominasi-motor
https://www.liputan6.com/otomotif/re...an-lalu-lintas

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukhoipakfa dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beergembira.
Halaman 1 dari 3
Ternyata banyak juga kasus kecelakaan motor di Indonesia emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
goal481 dan s.c.a. memberi reputasi
Itu yg suka ugal2an naik motor, mana gak pake helm, cabut aja SIM nya emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
goal481 dan s.c.a. memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Beneremoticon-Kemana TSnya?ditambah kelebihan muatan buat emak2 ini kususnya anak kecilnya di taruh didepan jasi gak tau sen nyala apa enggak...salah satu seban sen kanan belok kiri emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
goal481 dan s.c.a. memberi reputasi
Pada gak sabaran jadi seenaknya ngebut di jalan. Kalo udah cilaka mah modyaar emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
goal481 dan s.c.a. memberi reputasi
Aturan klo tertulis..
Yang udah dilupain itu norma...
Kluar gang ga brenti sejenak buat liat kanan kiri dulu..
Jalan minggir tp lawan arah alasannya deket pindah gang aja..
Jalan sempit, 2 motor ngobrol berdua sebelahan..
Nganterin anak sekolah ga pake helm (ga heran klo anaknya ntar juga gitu gedenya)..
Yg pernah kecelakaan, ntah kesalahan sendiri atau emang sial pasti tau pentingnya helm, spion dll..
Dijalan hati2 aja ga cukup, perlu waspada juga..
Seumur2 ane ga pernah pake klakson, soalnya ane menikmati jalan pelan2, dan tentunya klakson ane rusakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Licin jalannya.

Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
bocil kematian banyak bawa motor
profile-picture
goal481 memberi reputasi
120 ribu itu berapa persen dari sekian puluh juta pengendara motor di indonesia? terus klo di negara lain yg kultur tranportasinya mirip disini berapa persen angkanya?
dari 120 ribu kecelakaan tadi bisa di pilah2 lagi, karna pasti ada kecelakaan akibat infrastruktur jalan yg kurang memadai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aluwungs dan 2 lainnya memberi reputasi
Kondisi rem sih ane liat rata2 pengendara motor banyak yg kurang merhatiin.
Terliahat ketika di setopan banyak pemotor yg handle remnya itu ketika ditekan sangat dalam salah satunya yg menandakan kalo kondisi remnya kurang baik.
Penggunaan kaca spion juga kurang diperhatikan.
Banyak pemotor yg pake spion kecil yg mana tentu mengurangi penglihatan ke belakang.
Dan kalopun spionnya besar itu banyak yg gk dipake.
Keliatan dari posisi spionnya itu gmana.
Buruknya maintenance waktu.
Keliatan di jalan kalo pagi banyak yg kebut kebutan untuk pergi kerja.
Artinya pengendara itu gk prepare waktu untuk pergi ke kantor,atau sering kesiangan yg membuat pengendara buru2.
Akhirnya ya bisa bikin celaka sendiri.
profile-picture
goal481 memberi reputasi
Menurut pengalaman ane, biasanya kaum emoticon-coffee naik motor cuma asal2an tanpa perhitungan
Kelihatan kalau dia beli sim, atau bahkan gak punya
Kurang edukas??? Kurang mikir! emoticon-Blue Guy Bata (S)
Pada belum training safety raiding. .
Jd belum tahu ilmunya. . emoticon-Big Grin
Diganti mobil tambah modyar.
Dengan meroketnya ekonomi (mudahnya akses ngutang), menimbulkan ilusi daya beli yang meningkat. Ditambah target2 para produsen dan dealer2 untuk menggenjot pemasaran membuat siapapun dari kalangan manapun, bahkan ibaratnya monyet pun bisa dan boleh menunggangi motor.
Gimana g banyak motor, perbandingan motor dan mobil aja dah keliatan.

Sebenernya mengendarai motor ama mobil lebih butuh konsentrasi tinggi pakai motor. Karena selain harus menganalisis jalanan, konsentrasi juga harus menjaga keseimbangan.

Tapi kalo ane liat di +62 pakai motor yg penting bisa pakai g peduli orang lain.
profile-picture
profile-picture
goal481 dan jlamp memberi reputasi
kurang edukasi??
yang bener kurang adab,
paling bener ajarin 1 hal simple, yaitu mau mengantri
dari 1 hal mau antri saja banyak hal bisa dipelajari
1. sabar
2. mengalah
3. tidak ambil yang bukan haknya
4. bisa merasa, bukan merasa bisa

contoh bila diterapkan dalam hal berkendara di jalan raya
1. sabar, berkendara tidak mudah emosi, keluar gang pasti noleh kanan dan kiri dulu tidak asal keluar macam tikut got
2. mengalah, mau mendahulukan kendaraan prioritas macam ambulan dan pemadam kebakaran, atau malah mendahulukan pejalan kaki
3. tidak ambil yang bukan haknya, seperti tidak ambil jalur lain ketika menunggu persilangan kereta api, tidak putar balik di rambu larangan
4. bisa merasa bukan merasa bisa, . kalau sudah lawan arah itu mbok ya jalan pelan , mendahulukan yang berhak, bukan malah ngebut petenteng petenteng, padahal disenggol mobil ya jatuh

tapi miris sekarang malah ibu ibu ngajari anaknya tidak mau antri, seperti di toko mart mart. ntar besarnya pasti lingkaran setan berlanjut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mental masyarakat kita itu masih tertinggal di abad pertengahan..jadi g usah sok2 naik motor..naik kambing aj paling masih nabrak2 emoticon-Cool
120 Ribuan Laka Lantas di 2022 Melibatkan Motor, Kurang Edukasikah?
Sepeda motor itu berdasarkan studi adalah salah satu moda transportasi paling berbahaya di dunia, ad alasan kenapa banyak negara maju melarang warganya naik sepeda motor dengan bebas seperti Korea Selatan, Jepang, Singapura.. kapan nih kita nyusul, Jakarta bebas motor pribadi (kecuali untuk niaga) itu SURGA.

#ComeAndDebateMe
Dari jumlah kendaraan juga sudah ketebak sih
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di