KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ade Armando Sebut Supporter Arema Sok Jagoan, Apakah ini Waktunya Saling Menyalahkan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633cb91c0aa95461e3674aa6/ade-armando-sebut-supporter-arema-sok-jagoan-apakah-ini-waktunya-saling-menyalahkan

Ade Armando Sebut Supporter Arema Sok Jagoan, Apakah ini Waktunya Saling Menyalahkan?

Ade Armando Sebut Supporter Arema Sok Jagoan, Apakah ini Waktunya Saling Menyalahkan?
Cuplikan video Ade Armando sebut supporter Arema sok jagoan dan petentengan tuai pro kontra, kritikan datang dari warganet


Ade Armando, mungkin Agan dan Sista disini sudah tidak asing lagi dengan nama tokoh publik tersebut.
Memiliki gelar Doktor, Ade Armando merupakan seorang pegiat media sosial sekaligus akademikus yang juga menjadi seorang dosen pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI).

Sebagai pegiat media sosial Ade Armando tidak luput ikut menyoroti tragedi Kanjuruhan yang memakan banyak korban terhitung sampai saat ini dilaporkan lebih dari 200 orang meninggal dunia menjadi korban kericuhan setelah laga pertandingan sepakbola yang mempertemukan Arema FC dengan Persebaya Surabaya.

Ade Armando memberikan statement atau pendapat mengenai tragedi Kanjuruhan, dimana Ade menilai bahwa pangkal masalah dari adanya kejadian tersebut adalah karena supporter Arema yang sok jagoan, melanggar semua peraturan dalam stadion dengan gaya preman masuk kelapangan, petentengan.

Menurut pandangan dari Ade Armando, Polisi sudah melaksanakan kewajibannya, yaitu meminta jam pertandingan dimulai lebih awal, dan pembatasan jumlah penonton sesuai kapasitas stadion. Ade Armando juga sangat menyayangkan bahwa ada yang memainkan narasi menyalahkan Polisi di dalam tragedi tersebut, terkait FIFA melarang penggunaan gas air mata di dalam stadion, dirinya juga mempertanyakan apakah Polisi Indonesia berada di bawah FIFA.

Polisi menggunakan gas air mata untuk mengendalikan kerusuhan yang mengancam jiwa itu sudah sesuai protap menurut pendapat Ade Armando.


Ade Armando Sebut Supporter Arema Sok Jagoan, Apakah ini Waktunya Saling Menyalahkan?


Adapun yang menjadi masalah disini, statement dan opini dari Ade Armando tersebut menuai pro kontra di tengah masyarakat termasuk warganet di media sosial. Meskipun Ade Armando meminta masyarakat untuk berpikir objektif ternyata menurut pendapat dari warganet statement dan opini Ade Armando juga dinilai kurang objektif.

Warganet melalui media sosial juga memberikan kritik terhadap Ade Armando terkait tragedi Kanjuruhan.

Kritik pedas warganet terkait statement Ade Armando yang menyebut supporter Arema menjadi penyebab masalah karena sok jagoan dan petentengan turun ke lapangan, dianggap bukan sebuah solusi yang baik di tengah keadaan dan kondisi duka mendalam bagi banyak pihak seperti sekarang.

Mungkin memang tidak luput bahwa adanya tragedi Kanjuruhan tersebut bisa terjadi karena oknum supporter yang tidak taat terhadap aturan, tetapi banyaknya supporter yang tidak tahu menahu apapun dan ikut menjadi korban seharusnya menjadi pertimbangan untuk memberikan statement lebih baik lagi.

Bukan hanya itu, warganet juga menilai statement Ade Armando terlalu berpihak pada Kepolisian. Sebab diakui atau tidak adanya kejadian tragedi Kanjuruhan tersebut juga disebabkan karena adanya keteledoran pihak Kepolisian yang bertugas dimana menyemprotkan gas air mata tidak sesuai perhitungan.

Namun, tentu saat ini bukan lagi waktunya untuk saling tunjuk menyalahkan antara satu sama lain, melainkan introspeksi dan saling memperbaiki kesalahan serta kekurangan agar tidak terjadi lagi terulang tragedi nahas yang menjadikan sejarah persepakbolaan Indonesia tercoreng di mata dunia.


Ade Armando Sebut Supporter Arema Sok Jagoan, Apakah ini Waktunya Saling Menyalahkan?


Mari GanSis kita introspeksi diri masing-masing, mendisiplinkan diri jika menjadi supporter, bijak dalam memberikan dukungan, dan tidak mudah terpancing adanya provokasi yang pasti tujuannya adalah untuk membenturkan satu pihak dengan pihak yang lain.

Adanya tragedi Kanjuruhan ini diharapkan dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita semua, untuk tidak fanatik terhadap sebuah permainan dengan membabi-buta jika team yang diidolakan mengalami kekalahan. Percayalah bahwa tidak ada sepakbola yang seberharga nyawa, sebab kemenangan bisa dicari dilain waktu, sedangkan keselamatan menjadi hak bagi semua orang tanpa pandang bulu.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat diambil hikmahnya bagi Agan Sista semua.


Ade Armando Sebut Supporter Arema Sok Jagoan, Apakah ini Waktunya Saling Menyalahkan?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4


profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Cape d... Yuk lah jangan saling menyalahkan, kalau salah-salahan terus, kapan ketemu solusinya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
emoticon-Matabelo gak mungkin dengan adanya tragedi sebesar ini yang salah cuma satu pihak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
flamboyan dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Matabelo belajar menjadi supporter yang dewasa, dan aparat yang bertanggung jawab terhadap wewenangnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak numpang naikin traffic kayaknya, mumpung lagi hangat dibahas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Matabelo ini orang yang ditelanjangi pas demo kan?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Cape d...11 12 sama Baim Wong

Quote:
emoticon-Matabeloiya gan, demo mahasiswa tolak RUU KUHP kalau gak salah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Cape d... dia lagi dia lagi
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan masnukho memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ade Armando juga sangat menyayangkan bahwa ada yang memainkan narasi menyalahkan Polisi di dalam tragedi tersebut, terkait FIFA melarang penggunaan gas air mata di dalam stadion, dirinya juga mempertanyakan apakah Polisi Indonesia berada di bawah FIFA.

Polisi menggunakan gas air mata untuk mengendalikan kerusuhan yang mengancam jiwa itu sudah sesuai protap menurut pendapat Ade Armando.


Memang posisi tidak di bawah FIFA. namun seolah juga tidak berkaca dari kasus kasus yang pernah terjadi dimana terbukti penggunaan gas air mata justru menimbulkan masalah di gelanggang olahraga seperti stadion yang lebih tertutup sifatnya ketimbang di jalanan dimana orang juga lebih leluasa melangkah dengan resiko lebih minim berdesakan dan terinjak kemudian. seharusnya dalam kapasitas latar pendidikan tinggi juga bisa membedakan penggunaan di tempat terbuka dan di tempat yang lebih tertutup sifatnya ya. kalau ga salah ada pelatih asing yang pernah menangani timnas bilang itu protap jadul dan seharusnya di jaman now ada lebih banyak hal bisa dilakukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 4 lainnya memberi reputasi
Dia berpihak pada pemerintah.. Dan polri berpihak pemerintah.. Jadi.. Wajar saja kan.. Kalau dia PRO POLRI dan menyalahkan SUPPORTER AREMA?? emoticon-Embarrassment
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ah ane nyimak aja...
BuzzeRp govlok vs supporter govlok

Jangan nanges ya kalo nanti digebukin supporter. Jaga celana baek2. Takutnya ditusbol rame2...emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
Ade Armando Sebut Supporter Arema Sok Jagoan, Apakah ini Waktunya Saling Menyalahkan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ytbjts
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


udah di pukulin dan hampir di telanjangi emoticon-Big Grin

mskipun saya pribadi nggk gitu suka sama dia,, lihat dia dipukulin dan hmpir ditelanjangi??? Nggk setuju dan kasihan jg sih.. sbnrnya!!!emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan sheff memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
habis ni orang muncul pasti si abu iblis sama denny coblek muncul jugaemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan masnukho memberi reputasi
Sudah ini salah gw dah karena ga nonton... Kelar ya... Udah ga usah tunjuk2 lagi y
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Saya sepakat dengan bung Ade Armando, jika tidak ada oknum penonton yang kelapangan mungkin kejadian ini tidak terjadi.
Dan kajadian turun ke lapangan dan merusak faailitas stadion pernah mereka lakukan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miroslavklose7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Gak kapok2 ini orang
profile-picture
profile-picture
awan.kegelapan dan masnukho memberi reputasi
Pelajaran buat polisi, supporter sama panitia stadion. emoticon-Nohope
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Buzzer tolol akut. Nggak usah ngurusin sepakbola anjim,ini bukan bidang elu !
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Udah paling bener dibanned 8 tahun.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Ormas bubarkan saja bikin onar (suporter termasuk ormas).
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan masnukho memberi reputasi
Orang sini demennya nyari kambing hitam mulu,jarang banget yg demen introspeksi diri.
Lu yg salah...
Ya elu lah...
Lu yg salah njeng udah blablabla...
Gitu aja seterusnya...
Miris...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di