KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
'Bukan Pengamanan Tapi Pembantaian' Kesaksian Aremania Jalur Gazza: Usut Tuntas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633a7c1c93fcdf07a028d570/bukan-pengamanan-tapi-pembantaian-kesaksian-aremania-jalur-gazza-usut-tuntas

'Bukan Pengamanan Tapi Pembantaian' Kesaksian Aremania Jalur Gazza: Usut Tuntas

'Bukan Pengamanan Tapi Pembantaian' Kesaksian Aremania Jalur Gazza: Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan!
Senin, 3 Oktober 2022 08:12
'Bukan Pengamanan Tapi Pembantaian' Kesaksian Aremania Jalur Gazza: Usut TuntasMenanggapi ratusan nyawa yang melawang akibat kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, IPW mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencabut izin Liga 1 untuk sementara waktu. 


TRIBUNPALU.COM - Begini kesaksian salah satu Aremania terkait Ricuh di Stadion Kanjuruhan.
Diketahui Tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022), telah merenggut ratusan nyawa yang sebagian besar merupakan suporter Arema FC, Aremania.
Dari sekian banyak Aremania yang berhasil menyelamatkan diri saat kejadian, SURYAMALANG.COM berkesempatan mewawancarai salah satu Aremania yang selamat dari tembakan Gas air mata.
Korwil Aremania Jalur Gazza Sukorejo Pasuruan, Amin Fals menceritakan detik-detik kejadian nahas itu sehingga ia dan rombongan Aremania wilayahnya berhasil lolos dari maut.
"Pas kejadian saya berada di lokasi.
Tepatnya saya di shuttle ban stadion untuk mengambil bendera besar yang biasa kami bawa, karena saat itu pertandingan belum selesai," kata Amin Fals kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (2/10/2022).
Amin Fals dan Aremania rombongannya berhasil selamat karena sebelum pertandingan usai ia menyuruh rombongannya untuk keluar terlebih dahulu.
"Untuk jumlahnya saya kurang tahu pasti, yang jelas rombongan saya selamat semua karena saat itu ketika injury time babak kedua tujuh menit, kurang lima menit saya minta teman teman keluar."
Saya sudah membaca kalau kalah di kandang lawan Persebaya Surabaya takutnya ada apa apa.

Saya suruh rombongan saya keluar dulu dan saya mengambil bendera di shuttle ban. Jadi saya tahu bagaimana kondisi disana," jelasnya.
Amin mengaku menjadi saksi hidup tragedi itu.
Ia melihat langsung bagaimana Gas air mata pihak kepolisian merenggut nyawa satu per satu Aremania yang berada di tribun hingga ratusan nyawa melayang.
"Kalau menurut saya yang ngerti dan tahu kejadiannya pertandingan sebenarnya aman-aman saja."
Kelihatannya teman-teman Aremania sudah terima kalah 2-3. Begitu selesai pemain Persebaya sudah masuk ke lorong dan sudah aman."
"Setelah itu pemain Arema biasa berbaris di tengah lapangan, nah teman teman itu maunya protes ke pemain kita karena harga diri kalah dari Persebaya di kandang karena kalau kalah lawan Persebaya itu berat rasanya, kok tahu tahunya ada tembakan Gas air mata dari polisi yang mengarah ke tribun.
Padahal itu sangat dilarang di FIFA,” ujarnya.
Meski selamat dari tragedi Stadion Kanjuruhan, Amin sempat merasakan bagaimana sesaknya menghirup Gas air mata dan pedihnya ketika mengenai mata.
"Saya melihat sendiri dan saya juga kena efek Gas air mata itu. Kena efeknya saja seperti itu apalagi yang kena langsung di tribun mau keluar ke lorong itu dan pintu pintunya ditutup. Mau keluar tidak bisa."
"Menurut saya itu bukan Gas air mata, tapi gas beracun.
Saya mau pulang semalam itu mampir ke RS Wafa Kepanjen, saya lihat teman-teman yang meninggal wajahnya banyak yang biru mengarah ke hitam," bebernya.
Pihaknya berharap tragedi ini benar-benar diusut hingga tuntas karena ratusan nyawa Aremania melayang usai menghirup Gas air mata petugas kepolisian.
"Ini prosedur pengamanannya seperti apa? Kan waktu saya di luar juga bercengkerama sama polisi polisi, ternyata yang jaga itu polisi luar Malang, dari Ngawi, Madiun, Mojokerto, Sidoarjo, Probolinggo, Pasuruan, lah terus polisi Malang suruh jaga apa? Kok dikasih polisi penugasan dari luar."
"Ini harus diusut tuntas. Karena ini bukan pengamanan tapi justru pembantaian namanya. Ini sudah arogan, harusnya secara persuasif dulu prosedurnya. Apalagi anak-anak tidak merusak."
"Kalau yang ricuh di luar stadion itu karena anak anak tahu di dalam banyak meninggal makanya jadi ngamuk."
"Bukan saya membanding-bandingkan ya, kemarin Bonek buat rusuh di Sidoarjo lawan RANS FC, tidak ada Gas air mata karena pemain tim tamu sudah aman,” pungkas Amin Fals.

https://palu.tribunnews.com/2022/10/...ruhan?page=all

profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
ngeri bre, teriak jancok-bunuh-jancok-bunuh.
yang ngebiarin anak ke stadion itu pasti bukan orang tua yang baik bre.
emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 39 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 39 balasan
Kalo ga mau kalah main sendiri aja emoticon-Wakaka
Suporternya masuk lapangan bakar mobil tapi minta di amankan baik2 emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan gabener.edan memberi reputasi
Nt siaap2 berhadapan bajer laknat
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Minta kesaksian sama pelaku kerusuhan, ya gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
kalo keamanannya PP sama banser purun? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cutecoconut dan 3 lainnya memberi reputasi
dari video
pintu ditutup
gas air mata ditembak
berhamburan ke arah pintu keluar
berdesakan stampede
brengggsek!!
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
klub arema harus sadar diri dan bubar

karena ente indonesia calon di ban fifa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


jadi yakin kalo ini settingan dari partaik yang sedang bermasalah....supporter disusupin ma perusuh dan terjadilah semua iniemoticon-Big Grin


tuduhannya khas banget pemfitnahemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:
gas air mata dilarang fifa, suporter turun ke lapangan dilarang fifa ga? di inggris udah masuk tindakan kriminal tuh field invasion
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
"Setelah itu pemain Arema biasa berbaris di tengah lapangan, nah teman teman itu maunya protes ke pemain kita karena harga diri kalah dari Persebaya di kandang karena kalau kalah lawan Persebaya itu berat rasanya,

Ngapain masuk lapangan protes ke pemain? Memang bakal dpt jawaban memuaskan dan auto +3pts setelah protes emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh a.dirnt
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kesalahan Kumulatif lah PSSI, Panpel, Indosiar, Supporter, dan Polisi, Lain soal kalo Polisi tiba2 ngeluarin gas air mata sedangkan supporter baik2 aja, baru bisa dituduh kesalahan sepihak, lah ini supporternya ajah anarkis,

profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenktaywonk dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
turut berduka aja. semua salah
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan gabener.edan memberi reputasi
kebarbaran aremania mau dikambingtamakan ke polisi emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
lenktaywonk dan gabener.edan memberi reputasi
Quote:


Lha.. Kalo itu gas beracun.. Artinya ga melanggar aturan FIFA dong.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Saya sudah membaca kalau kalah di kandang lawan Persebaya Surabaya takutnya ada apa apa.

cari pembenaran si bungul ngini, pake acara ngeles aremania menghampiri pemain arema buat ngasih nasehat.

sok iye bener.. pdhl udah jelas banget massa makin banyak yg merengsek masuk ke lapangan sampai mau menuju ke lorong menggerumuni pemain entah arema atau persebaya, polisi begok pun secara insting akan melakukan pengamanan sesuai tugasnya.

iya polisi salah nembak gas air mata ke tribun tapi lu lu pada salah juga lah jngan play victim.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 10 lainnya memberi reputasi
Dahlah lu kaum jamet diem aja. Udah macem bangsa Filistin aja lu, lempar batu, dibales, ngerengek nangis-nangis bilang dizolimin.



Look at those faces and tell me they don't deserve to die like goddamn swines emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kali ini gua bela wereng deh walau agak salah
Kalau bisa tembak gas air matanya langsung di congor mereka biar rata.

Tenang aja seribu sampah mati juga ga ngaruh bikin indo miskin emoticon-Embarrassment

Gembel gembel yg tiap match rusuh, konvoi, nyetopin bus dll buat arak arakan wajar dihabisi kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gw belum nemu aremania yang nyesel dan minta maaf
Semua isinya paly victim, merasa paling korban, yang lain adalah penjahat

Padahal kalo mereka ga masuk kelapangan dan merusuh, ga bakal ada kejadian ini

Dan tim hore hore bilang dengan entengnya "suporter rusuh itu wajar"
Bangsad goblok, kerusuhan kok diwajarkan
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di