KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633a37f67065fa42dd5c1c69/warga-korea-selatan-adalah-masyarakat-yang-tidak-beruntung

Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung

Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung

Kita tahu Korea Selatan adalah salah satu kekuatan yang tak bisa dianggap remeh di dunia. Kita tahu ada banyak perusahaan besar seperti Samsung, Hyundai, CJ, SK, LG dan lain-lain di sana. Ada juga grup-grup seperti BTS dan Blackpink yang menjadi fenomena di seluruh dunia. Ada juga komik-komik keren seperti Tower of God dan Lookism yang bahkan dibuatkan anime oleh studio Jepang.

Namun, yang kita lihat di televisi hanyalah kulit luarnya. Jika kita telusuri lebih jauh, sebenarnya orang-orang Korea Selatan adalah salah satu masyarakat yang paling tidak bahagia. Dalam survey yang dilakukan oleh PBB, masyarakat Korsel berada di urutan tiga terbawah dalam hal indeks kebahagiaan di antara negara-negara anggota OECD/ organisasi untuk kerja sama dan pembangunan ekonomi.

Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung

Korea Selatan adalah salah satu negara paling maju, tetapi penduduknya cenderung tidak bahagia. Kenapa?

Faktor pertamanya adalah para tetangga Korea Selatan. Di sisi utara ada Korea Utara, di timur ada Jepang, di barat ada China. Secara geografis, Korsel diapit oleh tiga negara yang amat berbahaya. Korea Utara selalu memberikan ancaman perang dan nuklir yang membuat masyarakat sulit untuk tidur nyenyak sedangkan Jepang dan China memberikan tekanan industri yang pastinya akan sulit membuat produk Korsel bersaing di pasar internasional.

Indonesia cukup beruntung karena kekayaan alamnya amat melimpah, tetapi Korsel tidak punya sumber daya alam sebesar itu. Dengan SDA yang seadanya, mereka cuma bisa bergantung pada sumber daya manusia dan inilah yang menyebabkan Korea Selatan menjadi salah satu negara paling workaholic di dunia.

Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung

Tingkat kebahagiaan rendah, tingkat bunuh diri tinggi, kesehatan mental buruk, tingkat pernikahan dan kelahiran rendah, kira-kira seperti itulah gambaran dari masyarakat Korea Selatan. Sejak kecil mereka terus ditekan untuk belajar dan belajar, saat dewasa mereka terus ditekan untuk bekerja dan bekerja. Tekanan seperti itu terkadang membuat mereka mencari pelampiasan dengan narkoba, seks bebas, atau bullying.

Para pria di Korea Selatan juga diwajibkan untuk mengikuti wajib militer. Konflik perbatasan dengan Korea Utara adalah alasan utamanya, dan cukup banyak orang yang tidak menyukai kewajiban ini. Mereka harus menghabiskan sekitar dua tahun mengikuti wajib militer dan hal itu terjadi di tengah-tengah masa di mana mereka seharusnya produktif untuk belajar maupun mencari kerja.

Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung

Setelah lulus sekolah, setelah selesai wamil, mereka pun harus dihadapkan pada dunia kerja yang amat keras. Mereka harus bekerja keras, apa pun pekerjaannya, karena jika mereka tidak bekerja maka mereka akan kalah digusur oleh tetangga-tetangga mereka yang merupakan raksasa industri. Memang benar kebiasaan bekerja keras ini pantas ditiru, tetapi jika sampai mengorbankan waktu bersama keluarga dan kebahagiaan lain, tentunya itu bukan sesuatu yang pantas.

Tapi seperti itulah di Korea Selatan. Mereka dipaksa bekerja dan melupakan hal lain yang akhirnya mengakibatkan banyak orang memilih single, rendahnya angka kelahiran, angka bunuh diri tinggi, dan ancaman dari Korea Utara yang semakin besar.

Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung

Jika saja Korsel tidak bertetangga dengan tiga negara ini dan tidak terlalu terobsesi menjadi negara maju, mungkin ceritanya akan berbeda. Kita mungkin tak akan pernah mengenal BTS dan Blackpink, tetapi mereka akan lebih bahagia dengan kehidupan seadanya. Tak akan ada oprasi plastik, tak akan ada pembullyan, tak akan ada yang bunuh diri. Hmm… Korsel yang seperti itu sungguh sulit dibayangkan.

Lalu bagaimana jika Indonesia seperti itu? Indonesia diberkahi dengan kekayaan alam sehingga meski SDM nya rendah tidak menjadi masalah yang terlalu besar. Produk-produk indo memang jarang menembus pasar dunia, tetapi setidaknya kebahagiaan warganya masih cukup tinggi dan memang kebahagiaan adalah alasan utama manusia menjalani hidup.
Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knightadde dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Post ini telah dihapus
pantas, ga sedikit orng korea numpang tenar di indo
Clickbait.. di yucup yang laku di indonesia emoticon-Cape d...

'Reaksi urang k0r3a melihat bocil bocil lokal pengen ke negara mereka'
Just example

No offense emoticon-No Hope
tapi faktanya banyak warga indo mau jadi warga korsel emoticon-No Hope
Kalo masih pengen nyantai, ya di Kroya.
Beda dikit.
masyarakat disana kalo sampo nya abis apakah botol nya juga dikasi air biar hemat
Sebenrnya klo ke -2 negara diplomatikmya bagus tidak saling mmenghalu ya aman saja. Klo ada wrga korut cari suaka sama korsel malah buat bikin panas di wilayahnya. Bukanya memberikan perlindungan kemanan
Enakan jadi orang indonesia ya, hidupnya nyantaiemoticon-Ngakak
warga korut lebih tidak beruntung
Negara terkenal karena plastik emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Di.joeAL dan yohanbonding memberi reputasi
Padahal korea kpop sama kdrama bagus2
Yang disini protes oplas2 padahal kalau mau tahu oplas disana kalau bagus minimal 500juta sama 1.5M . Kaum wakanda iri doang. Mereka tidak punya sda tapi dengan sdm mereka menguasai entertaiment sampai mendunia. Wakanda? Yang dibanggain mentri wisata cuma wisata halalemoticon-Cape deeehh kalau memang laku kenapa keluarga raja salman memilih bali dibanding acehemoticon-Cool

Btw sekarang tidak perlu jauh2 ke korsel karena ada klinik ternama korsel di Indonesia

Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung
Diubah oleh freedomjustice
di movie Hunt 2022 disebutin jokes, perang yg tidak pernah selesai itu perang korea huhu emoticon-flower

indonesia tetep sama aja masih yg terpenting itu fisik visual jadi mirip korean penampilan cantik dan ganteng itu mempermudah financial lewat jalur manapun

dituntut kesempurnaan di mata sosial yg bikin byk tekanan, depresi, bunuh diri itu kan kebanyakan artis korean

skrg selebgram minimal body kurus fitness
lebih bagus klo yg ototnya jadi

Quote:


profile-picture
jiresh memberi reputasi
sekolah pagi pulang malam ndak dibahas?
Dunia itu bulat.
Kalo masyarakat nya Korea tinggal di indo, pasti mereka sifatnya seperti orang indo sekarang.
Kalo org indo tinggal di korsel, pasti sifat mereka juga sama kayak org korsel sekarang.

Mbulet ae. Tergantung posisi. emoticon-Big Grin
Makanya enak tinggal di endo
Negaranya maju mundur cantik kerjaannya
Maju terlalu cepat juga gak bagus
Yah ane bersyukur lahir di indo emoticon-Malu (S)
jangan lupa bahagia......emoticon-Hai
Gmn mau bahagia kalau hidup nya penuh tuntutan dan selalu berlomba untuk selalu jd yg terbaik

Ini bagus, kalau dilakukan dgn keinginan sendiri..bukan krn terpaksa oleh lingkungan..

Pelajar di korea bisa belajar dari pagi sampe malam dgn bimbel2 nya..di Indonesia belajar sampe sore aja udah full bgt..
Pekerja korea pulang ke rumah jam 10-11 an itu udah biasa, di Indonesia kadang ada yg jam 5 udah di rumah emoticon-Big Grin

-Bata-
Diubah oleh la.decima
mereka pinter
gk bisa menang dari 3 pesaing nya
cari solusi
dunia entertaint yang d menangkan mereka
Halaman 1 dari 4


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di