KOMUNITAS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633980931e733e018120984c/nasi-berkat

Nasi Berkat

NASI BERKAT


Nasi Berkat

Seorang anak kecil berumur 6 tahun duduk di ruang keluarga yang tak terlalu besar, dia termenung seperti menunggu sesuatu.

" Aya gak makan? " Tanya sang Ibu pada anak bungsunya.

" Aya gak suka sayur tempe, Aya mau makan ayam.. " jawabnya pelan.

Sang ibu menghela nafas, keadaan ekonomi keluarga mereka yang pas pasan atau kadang kurang membuat beliau harus pandai mengelola keuangan untuk kebutuhan sehari - hari. Hanya lauk tempe atau tahu yang sering ia masak untuk keluarga mereka. Karena jika untuk membeli daging atau ikan, uang mereka tidak cukup.

Suaminya hanya buruh yang penghasilannya tak banyak, dan ia juga hanya buruh cuci yang upahnya juga tak seberapa. Belum lagi mereka punya 3 anak yang masih sekolah.

" Besok kalo kita ada rejeki lebih, ibu masakin ayam yaa.. " bujuknya pada sang putri.

" Ibu selalu bilang gitu, tapi bohong.. " kata Aya mencebik, orang tuanya selalu berkata seperti itu agar ia mau makan. Padahal ia sangat ingin makan daging ayam, karena sejak kemarin dia melihat temannya makan ayam goreng dan terlihat enak sekali.

" Ibu gorengin telur yaa.. " sang ibu masih terus mencoba membujuk agar anaknya mau makan.

" Nggak mau, pasti nanti telurnya di bagi 3 sama kakak juga. " tolak Aya.

" Iyalah, emangnya kamu doang yang bosen makan tempe. " sahut Abi si anak kedua. " Aku juga bosen tiap hari makan tahu tempe.. " keluhnya. Dia juga sering iri pada teman - temannya yang suka makan enak, sementara dia uang saku sekolah saja sedikit.

Mendengar itu sang ibu semakin terenyuh, dia sedih karena tidak bisa memberikan makanan yang enak untuk anak - anaknya. Sepertinya besok dia harus berhutang pada warung bu Wati karena anak - anaknya sangat ingin makan ayam goreng. Atau dia harus bekerja lebih keras agar mendapat uang lebih banyak.

" Yaudah, nanti jatah telur kakak buat Aya aja deh. Sini makan, kamu kan belum makan dari siang, ini udah malem loh. " Tak tega melihat ibunya sedih, Ani sebagai anak pertama mengalah dan mencoba ikut membujuk sang adik.

Dia tau, adik - adiknya itu belom paham dan mengerti bagaimana sulitnya keadaan ekonomi keluarga mereka. Jadi kadang mereka rewel soal makanan atau minta dibelikan mainan atau sesuatu padahal kedua orang tuanya tak punya banyak uang.

Ani yang sudah remaja sedikit demi sedikit mengerti bagaimana kedua orangtuanya bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan mereka sehari - hari.

" Nggak mau, Aya mau ayam goreng... " Aya menggeleng kuat, dan mulai menangis. " Mau ayam goreng... "

Melihat adiknya menangis, Abi mendengus dan memilih untuk makan meski dengan sayur tempe saja karena dia sudah sangat lapar. Sementara Ani dan ibunya mencoba untuk menenangkan Aya.

" Assalamualaikum... " Terdengar suara pintu yang dibuka, " loh Aya kenapa nangis? Nih lihat bapak bawa nasi berkat.. " Bapak memperlihatkan bungkusan kresek hitam yang ia bawa.

Beliau baru saja pulang dari acara syukuran tetangga di desanya, dan alhamdulillah setiap orang yang ikut mengaji pasti dibawakan nasi berkat.

" Yey bapak bawa nasi berkat.. " Abi langsung berlari menghampiri dan cepat - cepat membuka bungkusan tersebut. " Wah ada ayam gorengnya juga, enak nih.. " serunya senang begitu melihat isi dari nasi berkat tersebut, ada sayur bihun, sayur kentang, capcay dan ayam goreng lengkap dengan sambel, krupuk dan lalapan.

Mendengar ayam goreng, Aya menyudahi tangisannya. " Aya mau makan... "

" Ya sudah, sana kalian makan bareng - bareng.. " kata Bapak sambil tersenyum, ia sempat berpandangan dengan istrinya dan mengerti mengapa anak bungsunya menangis.

Menuruti kata bapak, ketiganya pun makan dengan sangat lahap dan perasaan senang. Apalagi Aya yang tek henti - hentinya bilang enak.

" Hemm ayam gorengnya enak banget. " Aya sangat menikmati ayam goreng itu, meskipun tetap harus dibagi dengan kakak - kakaknya.

" Bapak sama ibu gak makan? " Tanya Ani.

Sang ibu menggeleng, " Buat kalian aja, biar kenyang yaa..."

" Besok - besok, bapak bawa nasi berkat lagi ya, biar kita bisa makan enak lagi.. " cletuk Aya

Mendengar itu, kedua orang tuanya tersenyum namun tidak bisa menutupi kesedihannya saat melihat anak - anaknya lahap makan nasi berkat. Keduanya berdoa semoga mereka mendapatkan rejeki yang lebih banyak agar anak - anaknya bisa makan enak selain dari nasi berkat.


***


sumber: pemikira ts pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
whitehair876 dan 37 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Nasi berkat paporit ts, babeh cerita tentang betapa sulitnya masa kecilnya dan bisa makan enak dari nasi berkat ini emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johny251976 dan 8 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Duit pas pas an
kok anaknya 3 biji
mudah2an kagak nambah lagi

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kok mirip banget seperti jalan hidupku ini, serius.
Tetep semangat & berjuang demi kesejahteraan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johny251976 dan 4 lainnya memberi reputasi
Wah thread terbaru




#bagi BATA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grandiscreamo dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Banyak anak banyak kebutuhan ya gan emoticon-Frown

Quote:


Semangat gan, semoga dimudahkan rejekinya aamiin..

Quote:


Makasih sudah mampir om
profile-picture
joyanwoto memberi reputasi
Nasi berkat

barusan nonton tahlilan diaspora jawa yg tinggal di suriname

emoticon-Frown

Nasi BerkatNasi BerkatNasi Berkat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pic nya ngingetin ane pas kecil dulu masih pakek wadah gituan zaman dulu... Sekarang yg namanya berkat pakek wadah plastik berongga
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan j.16 memberi reputasi
Quote:


Quote:


Buset gede banget nasi berkatnya itu emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Iya gan, sekarang wadahnya lebih bagus dan modern,
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 10mountainflat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Memang selalu ada cerita tersendiri dg nasi berkat,betapa senangnya mendapat nasi berkat ketika lg sulit emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan j.16 memberi reputasi
Quote:

Inget kenangan masa kecil, pasti suka rebutan sama kakak atau adek kalo ada nasi berkat
profile-picture
profile-picture
69banditos dan makola memberi reputasi
Pulang dari mesjid .....
Ini u kamu dari mesjid ...
Bapak yang rela ga makan di mesjid ...
Kami antarkan shalatkan di mesjid favorite bapak... terakhir kali tahun lalu
Yang nyaman pa .... doa kami cuma yang bisa menyalakan lampu di dalam tanah...

Semoga baik - baik di sana kami rindu nasi berkatnya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Kl dulu wadah nya seperti ini gan

Nasi Berkat

emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
makola dan j.16 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Bener kadang, bapak rela gak makan karena inget anak anaknya dirumah
Doa terbaik untuk bapak ya sist

Quote:


Iya bener ahh jadi kanget berkat yang wadahnya dari piti gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Jadi inget dulu pada saat terpuruk... Saya,istri dan anak saya yang masih bayi. Anak baru satu saat itu ga ada uang sama sekali.. belum makan seharian ketika malam ada maulid nabi berharap dapat nasi kotak satu untuk dibagi berdua ( karena bayi masih nyusu). Ketika malam selesai maulid dan kami buka... Ternyata nasi dan tempe orek aja, ayamnya ga ada (mungkin ketinggalan ga dimasukkan kekotaknya) kami tertawa karena berharap lebih tapi tetap kami syukuri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kayaknya terlalu berharap memang gak baik yaa, ane juga pernah, berharap dapet lauk yg enak eh malah gak dapet.
Tapi tetap bersyukur ya gan apapun itu, semangats emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 4 lainnya memberi reputasi
TS are you okay? Despite all the troubles in the world, I hope you are doing well sista emoticon-Kiss (S)

btw itu nasik ramesnya menggoda banget yak emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Quote:


Hi gan, i'm okeyy
Cuma keinget cerita babeh aja jaman dulu..

Behh enak tuh apalagi kalo lg ga punya duit terus dapet makan gratis wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sabar ya, nak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Duit ga punya anak 3 ekor


Govlog akut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
misi.paket dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di