KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
apakah hal yang wajar berhutang hanya untuk modal menikah dijaman sekarang????
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633943aeecd1451b3716d0dd/apakah-hal-yang-wajar-berhutang-hanya-untuk-modal-menikah-dijaman-sekarang

apakah hal yang wajar berhutang hanya untuk modal menikah dijaman sekarang????

mau tanya gan buat agan dan Aganwati dulu pas nikah modal sendiri/orangtua atau modal ngutang ya gan?

disini ane cuma ngerasa kepo dan miris, apa iya buat menuhin kebutuhan seperti nikah harus berhutang dijaman sekarang ya.
awalnya ane ngerasa aneh sama fenomena anak muda -25thn mereka pada bisa nikah gitu duit dari mana atau punya usaha/kerja kek gimana. karena ane tau biaya kehidupan rt itu gak mudah tp di Indonesia raya ini kok nikah itu kek gampang banget ya.
dikorea aja kalo masalah nikah orang2nya pada umur 30-40thn karena mereka pengen ngumpulin uang yg banyak dulu.
banyak temen ane yg kerja serabutan tp tiba2 nikah seakan2 nikah itu perkara gampang dan acara nya besar, ane pikir duit dari mana dia ya.
ane tau penghasilan temen2 ane yg nikah muda gitu gak seberapa karena mereka temen nongkrong ane cuma gak enak aja kalo nyablak langsung nanya.
yang ane tau ada temen ane emang bener2 gak ada duit, gak ada sejuta lah dan dia nikah modal nekat dibiayain ortu + punya cicilan motor gede (sekarang udah ditarik motornya).

semenjak ane kerja jadi ane banyak tau ternyata banyak orang yg nikah modalnya berhutang, ntah berhutang ke bank atau finance. atasan saya sendiri yg punya gaji besar ternyata buat lamaran pacarnya aja gadein sk pak de nya dan ane tau beberapa orang yg punya gaji besar juga gadein bpkb mobilnya buat modal menikah.

kalo ngutang buat modal usaha sih wajar dan sangat bagus tp kalo buat nikah aja harus ngutang keknya gak masuk di akal krn nikah pake modal besar itu bukan hal yg wajib dilakukan.

apa berhutang buat modal nikah dijaman sekarang itu hal yang sangat wajar kah???
emangnya kedua calon itu gada tabungan atau gak dibantu ortu ya biar gak ngutang???

mungkin agan dan aganwati disini yg udah nikah bisa share dulu nikahnya modal sendiri, orang tua atau berhutang biar jadi masukan dan motivasi.

jaman sekarang keknya ane sulit banget nemuin orang yg gak punya hutang/cicilan deh.
yang bisa ke luar negeri aja ternyata punya cicilan di finance dan pada nunggak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vkry.fikri dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh maizsa
Halaman 1 dari 2
Carik binik rumenia aj gan emoticon-Leh Uga
Murah nantik nikah nya di sana, para undangan dicharge 5jt per orang bisak cepet sukses. Kek di tiktok...
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah itu mudah, tinggal hadirkan wali, saksi dan penghulu. Kalo kalian berdua saling memahami kondisi masing, ya sebaiknya menikah dengan sederhana. Gak usah muluk2, cukup penuhi syarat yang tadi.
Kalo kalian maunya pesta, ya silahkan yang penting jangan berhutang. Kalo bisa kumpulin uang dulu, karena hidup setelah menikah itu jauh lebih komplex.
profile-picture
profile-picture
signus dan bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Sangat wajar apalagi kl ngutangnya ke pinjol yg ilegal
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
kimpoi gratis buat apaan biaya banyak2 bray

lu mikut ae kimpoi masal bray

kalo kismin jangan maksain utang2an bray

kalo babe lu juragan kagak ape2 lu undang sepropinsi bray

gue cepol jugak nih

ah elah emoticon-Traveller

profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
Jujur y, gan. Dulu ak nikah jg modal ngutang. Ini pengakuan suami sih emoticon-Big Grin. Bukan dr pinjol, tp dr bank. Jd bayarny kreditan. Selama sanggup bayar dn bisa ngaturny sbnrny fine2 aj sih. Disesuaikan dgn tabungan dn pendapatan.

profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Biar tekor,asal kesohor. . . .
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
wajar kok gan,
sudah lama itu,
temen2 atau sodara ane utk biaya nikahnya ya banyak yg ngutang.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
sama gan gue juga bingung, temen ane umur 21 22 udah pada ngegas nikah semua, ya walau ada staterpack nikah yg mulai dr 9jt aja udah lengkap+cakep.
tapi mbok ya ga cuma itu doang kan..
justru kedepanya lebih butuh duit, apalagi yang financialnya masih ga stabil.

gw sih lebih milih telat nikah tapi semua matang di waktu yg tepat.

ya bener sih kata TS, kayaknya dari hutang atauuuuu bantuan dari ibu bapaknya
profile-picture
profile-picture
theresiaeguchi dan penyukabiru memberi reputasi
Makanya jangan percaya ama postingan socmed wah.. atau bahkan yang di TV beli rumah wow..
Hutang sekarang jadi gaya hidup. Orang berusaha dapat KTA terbesar u keliatan tamasya keluar negeri ga aneh.... Cara bayarnya di cicil ke belakang, bahkan umroh juga ada.
Soal nikah apalagi , semua pengen seperti disney hapily ever after dengan bertemu prince charming. Segala cara ditempuh termasuk berhutang. Kalau kepaksa pun kita harus pinter bersiasat sama hutang bukan dikendalikan sama hutang. Iya ga mudah .... Tapi kalau satu - satunya cara bikin keungan kita tetap stabil.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gue juga gatau yaahh..
Kek skrng tuh nikah kek jadi tujuan utama dalam hidup.
Padahal kan bukan ituuu lagi.
Terus juga kaya nikah tuh udah jadi ajang pencapaian tertentu.

Nikah tuh gaaaa semudah itu ..
After life nikah tuh gaaa seindah lo resepsi.

Jadi kalo ada orang udah nikah terus nanyain mulu kapan lo nikah.

Percayalah pernikahan mereka tidak bahagia.
Jadi dia ngajak temennya buat ada dalam kesengsaraan yg samaaa dengannya.

Terserah lo mau setuju atau engga.
...

Dari jaman baheulaaa ngutang itu biasaa.
Skrng ajaaa beli motor gabisa cash ceunah.bisanya kredit.
Kalo cash dipersyulit.
Kalo kredit dipercepat.
Zaman sknrg mah suka aya aya wae.
profile-picture
littlevan memberi reputasi
Diubah oleh penyukabiru
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kalo pengalaman adik saya sih :
Dari penganten laki 10jt
Adik sendiri 15
Bapak 15
Saya mungkin 10
Ibu kisaran 10

Total 60 pada awalnya dikira cm 30. Alasan banyak yg pasti mantu pertama dan anak putri 1-1nya. Bersyukur gak hutang namun tukeran dari tabungan emas namun sudah kembali. Kadang saya ketawa sendiri klo inget nikahan adek boros banget kwkw.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan

Ngomongin nikah malah jadi inget mantan ane .
Diubah oleh mahendr.pst
Kebanyakan seperti itu, jadi menurutku biasa aja emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
Di.joeAL dan yohanbonding memberi reputasi
Biaya nikah di KUA itu murah,yg mahal itu gengsinya....
gue pernah nih berantem sama temen gue gara2 gue katain "halah nikah ngutang aja sok sokan lu ngatain gue"

tapi dia pertama sih yg mulai sering ngatain2 gue gara2 gue belum nikah2 emoticon-Big Grin
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Gimana ya gan, orang-orang sekitar ane juga begitu. Banyak yg ngutang. Soalnya mereka mengharap pas kondangan banyak yg kasih amplop. Sehingga balik modal. Kalau di daerah ane gitu. Ada yg balik modal and untung, banyak juga yg enggak. Mending jangan hutang kalau bisa, nanti kebutuhan setelah menikah besar.
Jangan berhutang untuk nikah, kalau kurang sedikit masih ok. Terbayar dari sumbangan, ane dulu dapat banyak hampir nutup separuh biaya resepsi
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
Ane dulu nikah udah punya tabungan, tp buat jaga2 kalo kurang ane pinjem sama temen, ane berani utang juga alhamdulilah udah punya usaha sendiri, jadi ane ukur kemampuan ane, alhamdulilah abis nikah bisa bayat utang, sampe sekarang bisa bikin rumah dan ada mobil walau tua. Udah nikah rejeki di kasih dobel gan, yang penting kita ada usaha/kerja, udah nikah masalah kompleks gan, apalagi kalo masalah ekonomi ruwet kalo sampe nganggur.
Saran gw jangan ngutang. Buat apa ngutang kalo udh nikah malah punya cicilan. Kalo gaji pas2an trus punya cicilan juga, nanti anak bini bisa kurang gizi, ga bisa piknik, stres, ujung2nya ribut. Gw perhatiin 70% masalah rumah tangga dimulai dari masalah ekonomi (penghasilan kurang, ga terbuka ke pasangan, boros/pelit, dll). jangan demi gengsi/alasan martabat keluarga jadi nyusahin. Yang paling penting adalah kehidupan setelah pernikahan, bukan acara resepsinya.

Nanti pasti ada aja keluarga kasih alesan buat adain resepsi dgn buget diluar kemampuan. Kasian si eneng anak pertama masa ga resepsi. Tega banget, kakaknya ga resepsi adiknya masa ga resepsi juga. Anak bungsu buat penutupan, ga resesi. Kakaknya ada resepsi, masa adeknya nggak. Ga resepsi? Udeh lo buntungin anak orang? Ada miliaran alesan.

Kalo mampu silahkan, kalo ga mampu, tau diri aja. Yang ngejalanin diri sendiri, bukan orang lain. Biaya nikah bisa murah, bisa mahal. Jangan ketipu oknum kua juga. Biaya nikah di kua 32.500, kalo penghulunya dateng ke lokasi biayanya 82.500 (cmiiww). Kalo mau kasih lebih gapapa, yapi jangan karena terpaksa. Liat peraturan uu nya. Kadang di palak sampe jutaan.

Selama ada niat baik pasti ada jalan. Minta pertolongan dan petunjuk dari Tuhan supaya diberikan jalan terbaik.

(Agak melebar)Menjelang nikah godaannya makin gede aja. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Kehidupan setelah pernikahan adalah masa yang sangat menyenangkan (setidaknya menurut saya begitu). Makanya ucapan jaman dulu ketika pernikahan: selamat menempuh hidup baru.

Mudah2an bermanfaat
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di