KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sahroni soal Tragedi Kanjuruhan: Penggunaan Gas Air Mata Telak Dilanggar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633940130d11dd085401c805/sahroni-soal-tragedi-kanjuruhan-penggunaan-gas-air-mata-telak-dilanggar

Sahroni soal Tragedi Kanjuruhan: Penggunaan Gas Air Mata Telak Dilanggar


Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, menewaskan 130 orang. Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyayangkan langkah aparat menggunakan gas air mata di dalam stadion untuk membubarkan ricuh suporter.

"Saya sebagai pimpinan komisi III secara khusus meminta Kapolri untuk memberikan atensi luar biasa terhadap kasus ini. Usut tuntas dan tindak pihak yang bertanggung jawab," kata Sahroni, dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).


Sahroni juga mengatakan kesalahan dalam kasus itu bukan dari satu pihak. Namun, menurutnya, yang mutlak dilanggar oleh aparat yakni penggunaan gas air mata.

"Kesalahan pasti ada di lebih dari 1 pihak, bisa suporter, panpel, dan klub, atau aparat. Semua harus diusut. Namun yang jelas dan telak sudah dilanggar adalah penggunaan gas air mata oleh aparat," ucapnya.

Menurutnya, penggunaan gas air mata di stadion dilarang oleh FIFA dan tidak masuk dalam SOP pengamanan pertandingan sepakbola. Sahroni menuturkan larangan gas air mata oleh FIFA sudah dipertimbangkan.

"Yaitu gas air mata bisa memicu kericuhan dan kepanikan yang sangat berbahaya bila terjadi di stadion. Dan terbukti bila dilanggar, tragedi inilah yang terjadi.
Ini jelas tertulis di pasal 9b peraturan FIFA terhadap pengamanan stadion," paparnya.


Sahroni meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menindak tegas oknum aparat yang bertanggung jawab atas penggunaan gas air mata ini. DPR, lanjut dia, akan memanggil pihak terkait buntut tragedi Kanjuruhan.

"Minta Kapolri tindak tegas oknum aparat yang bertanggung jawab atas penggunaan gas air mata ini. Di luar ada penyebab lain, tindakan sporadis, dll, itu juga mesti diusut. Kami di dpr akan segera menindaklanjuti ini dengan memanggil pihak2 terkait, dari polisi, panitia pelaksana (LIB dan PSSI), sampai pihak klub. Bukan mencari-cari kesalahan, namun untuk menjaga hal serupa tak terjadi," katanya.

Penjelasan Polisi Pakai Gas Air Mata

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta menjelaskan alasan anggotanya menggunakan gas air mata untuk mengendalikan suporter Arema FC yang turun ke tengah lapangan karena merasa kecewa usai timnya kalah. Nico menyebut suporter Arema telah bertindak anarkis dengan menyerang petugas, merusak stadion, hingga berusaha mencari para pemain dan ofisial Arema FC.

"Oleh karena pengamanan melakukan upaya-upaya pencegahan dan melakukan pengalihan supaya mereka tidak masuk ke dalam lapangan mengincar para pemain," kata Nico dalam konferensi pers di Polres Malang, Minggu (2/10).

"Dalam prosesnya itu, untuk melakukan upaya-upaya pencegahan sampai dilakukan (penembakan) gas air mata karena sudah anarkis, sudah menyerang petugas, merusak mobil, dan akhirnya kena gas air mata," tambahnya.

Setelah polisi menembakkan gas air mata, para suporter itu berhamburan ke satu titik keluar stadion. Saat itulah terjadi penumpukan suporter hingga kekurangan oksigen.


berita


saya mengerti sih brownies di Indonesia itu bodoh. itu sudah tercermin dari skenario drama murahan kasus Sambo yang terbongkar karena tekanan publik. tapi masak bodohnya kelewatan begini?

Penonton ada 40 ribu orang. yang turun ke lapangan 3 ribu orang. lalu suporter yg 3rb orang ini mau dibubarkan dengan menembak gas airmata ke tribun yang ada 37 ribu penonton yang sedang duduk disana? yang terjadi adalah kepanikan luar biasa akibat stadion yang sudah overcapacity tiba-tiba penontonnya tidak bisa bernafas dan tidak bisa melihat akibat kena gas airmata.

Kalau nanti pildun U20 polisi pakai metode gas airmata begini utk membubarkan massa di dalam stadion, misalnya rusuh antar suporter Tifosi, ultras latin vs Hooligan : jangankan cuma sepakbola, seluruh event olahraga di Indonesia bakal di banned permanen di event internasional.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lindungibali
Halaman 1 dari 2
Sahroni soal Tragedi Kanjuruhan: Penggunaan Gas Air Mata Telak Dilanggar

kalo di enggres suporter turun kok ga ada yang mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syahali dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 24 balasan
Trus DPR kagak ada rencana bikin komisi independen untuk menyelidiki ini?

Atau hanya berharap kepada Polri, yang sudah jelas-jelas melanggar peraturan.

Atau ente cuman bisa ngebacot aja?? emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mereka kan ga mau jadi korban, kalo dibiarin rusuh melebar aparatnya yg jadi tumbal jadi ya dibalik aja suporternya yg diacak acak soal nyawa orang bodo amat yg penting geng mereka selamatemoticon-Perancis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angga.cyber dan 4 lainnya memberi reputasi
Lw bayangin aj klw lw tiba2 diserbu ribuan zombie pakek bawa batu.

Gw kagak ada niat buat menghina para korban, yg pasti perusuh lh yg seharusnya disalahkan walaupun polisi juga berbuat kesalahan karena lengah dalam menjaga ketertiban.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Betul sekali Analisis nya..Jadi chaos itu ketika Gas Air mata di tembakkan ke Arah tribun penonton,Jadi panik semua...itu kalau pintu langsung di buka suporter yang masuk lapangan itu akan mudah di tangani..tetapi pintu terlambat di buka..terjadi penumpukan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
tentu semua kasus musti diusut hingga tuntas lha.
jangan sampe ada kasus yg berhenti di tengah jalan.

emoticon-Add Friend (S)
profile-picture
pilot2isekai078 memberi reputasi
Itu ada polisi dan tentara diserang gimana? Sop jadi penonton ap?

Dibiarkan, stadion dirusak salah siapa? Salah polisi lagi karena tdak bisa menjaga.

Bukan salah polisi saja, tapi penonton tolong sadar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pekok maksimal emang polkis dalam hal ini. Fatal ini apapun alasan mrk menggunakan gas air mata distadion. Emgnya massa demo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
kalau ngga bodoh ya bukan aparat +62
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
Penyebab kerusuhan adalah supporter arema

Sedangkan penyebab stampede adalah tear gas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[EDIT: ada info terbaru jikalau diluar stadion pun Aparat nembak gas air mata, jadi pintu keluar masih dikunci ketika terjadi chaos, nah ketika dibuka, langsung ditembak gas air mata"...] Jadi ada kemungkinan Polisi juga harus di usut juga....

awal awal gue nyalahin plokis karena pake gas air mata, tapi kan mereka pake itu karena terdesak juga dikejar2 ribuan suporter yg "kesurupan"...
andai ya
andai saja
suporter legowo, menerima kekalahan, tidak masuk kedalam lapangan,
mungkin musibah ini tidak akan terjadi....

sekarnang Ketum dan Sekjen PSSI harus tanggungjwab..
PT LIB juga karena menolak permintaan panpel untuk digelar sore hari
Panpel jga harus ikut tanggung jawab
Keamanan juga sama harus diselidiki, apakah ada unsur2 sengaja

Andai tahu akan terjadi tragedi, Persebaya pun pasti milih kalah....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jimmykimmel6545
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Udah jelas-jelas tidak diperbolehkan pake gas air mata.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Emang aturan FIFA harus dipenuhi aparat kepolisian.??
Ada gak rekomendasi fifa buat ngendaliiin suporter beringas dengan jumlah puluhan ribu tanpa mengorbankan aparat ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
SOP FIFA gak berlaku buat suppireter indonesia coy.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan pilot2isekai078 memberi reputasi
Menurut saya awal kesalahan itu yah membiarkan stadion over kapasitas, jgn cuma aparat yg disalahin disini, panitia juga hrs tanggung jawab, ada alasan event di luar sana gk pernah membiarkan hal itu terjadi, ada bbrp space yg dibiarin kosong walaupun bs digunakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
150 org tewas adalah PEMBANTAIAN.
pembunuhan tdk.berencana
.
.
Langsung pdth.pelaku.pelempar gas

Copot kapolres
Mutasi kapolda.
Periksa semua.aparat dilapangan.

Bawa ke semua aparat yg gobloque2 itu ke pengadilan
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
dukung polkis khusus yg satu ini
apapun bentuk akibatnya

standar penanganan suporter dimari mah
ga bisa disamakan org luar


kill or to be killed

emoticon-Cool



profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 7 lainnya memberi reputasi
Suruh si roni nenangin masa yg demo aja...biar tau rasanya urusan sama masa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giphytrelele dan 3 lainnya memberi reputasi
Sahroni ini cuman diem aja saat tahu lukas enembe pakai uang negara buat judi.

emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giphytrelele dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di