KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Anime & Manga Haven /
Apakah Industri Anime Akan Mati?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633789046dc6ef74ef69fff0/apakah-industri-anime-akan-mati

Apakah Industri Anime Akan Mati?

Apakah Industri Anime Akan Mati?

Baru saja saya menonton video Youtube Guru Gembul. Dalam salah satu videonya dia membahas tentang anime, siaran animasi khas dari Jepang, yang kemungkinan tak akan bertahan lama lagi. Itu video yang bagus sekali jadi saya ingin meringkas poin-poin pentingnya di sini.

Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan negara yang mengalami revolusi industri amat besar pada tahun 1868 (Restorasi Meiji). Saat itu Jepang mengumpulkan begitu banyak peneliti demi mewujudkan sebuah negara asia yang bisa mengalahkan negara-negara barat. Dan berhasil, Jepang pun menjadi salah satu negara terkuat di dunia.

Apakah Industri Anime Akan Mati?

Seusai perang dunia kedua, Jepang mulai menyerang negara-negara lain dengan produk-produk mereka dan menyebabkan Jepang mendapatkan keuntungan yang amat luar biasa dari seluruh dunia. Jepang tampaknya tak dapat dihentikan, mereka benar-benar menjadi negara superpower yang mendominasi dunia.

Namun, pada tahun 1990-an, industri Jepang menemui titik buntu.

Sebagai informasi, orang-orang Jepang merupakan orang yang amat workaholic dan kebiasaan bekerja keras sampai batas sudah diterapkan sejak usia yang amat dini. Kerja, kerja, dan kerja tak peduli seperti apa penyakit maupun keadaan yang menimpamu. Mau orangtuamu meninggal atau rumahmu kebakaran kamu harus tetap kerja.

Apakah Industri Anime Akan Mati?

Kebiasaan ini memberikan tekanan yang amat besar bagi masyarakat yang menyebabkan mereka stress, bunuh diri, hingga menjadi hikikomori alias NEET. Banyak orang bekerja seumur hidup sehingga tak punya waktu maupun biaya untuk menikah dan membesarkan anak. Akhirnya Jepang pun mengalami Lost Decade. Ini adalah peristiwa di mana tak ada generasi baru menggantikan generasi lama.

Hasilnya, Jepang pun mundur. Kebanyakan industri mereka sangat bergantung pada orang-orang yang sudah berumur tanpa adanya generasi muda yang bisa memunculkan ide-ide baru. Dunia terus berevolusi tetapi Jepang tak bisa mengikuti kemajuan sehingga tertinggal sedikit demi sedikit. Hal ini jugalah yang terjadi pada industri anime.

Apakah Industri Anime Akan Mati?

Siapa sutradara anime kesukaan Anda? Miyazaki Hayao? Makoto Shinkai? Adachi Shingo? Hideaki Anno? Siapa di antara mereka yang masih berumur di bawah 40? Tidak ada. Bahkan mangaka-mangaka paling top pun sudah semakin berumur sekarang. Karena tak ada generasi penerus, industri anime pun menuju jurang kegelapan.

Dan siapa yang mengambil kesempatan di saat-saat seperti ini? China dan Korea. China dengan Manhua dan Korea dengan Manhwa. Saat ini mereka memang belum memiliki teknologi dan kualitas yang sejajar dengan anime Jepang, tetapi perlahan-lahan arah pergerakan mereka bisa kita lihat. Kita bisa melihat bahwa Korea sudah menjalin hubungan yang cukup baik dengan industri anime Jepang, buktinya mereka memberikan 3 manhwa top mereka untuk diadaptasi oleh studio Jepang.

Apakah Industri Anime Akan Mati?

Tentunya hal itu juga bukan sekedar kerjasama melainkan juga kesempatan bagi Korea untuk belajar dan meniru bagaimana orang Jepang membuat anime dengan harapan mereka bisa membuat animasi sekelas itu suatu saat nanti.

Sedangkan untuk China, tampaknya mereka tengah berlomba untuk memberikan ‘investasi’ pada perusahaan-perusahaan anime yang nyaris bangkrut. Mereka mengambil alih studio anime dengan seluruh staffnya, memasukkan pegawa-pegawai dari China, dan membawa pulang pengetahuan tersebut kembali ke China. Tahu sendiri kan sehebat apa China dalam meniru suatu karya dan menjadikannya Made in China?

Apakah Industri Anime Akan Mati?

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Jepang akan berhasil menciptakan bibit-bibit unggul yang dapat kembali memajukan industri mereka atau apakah Jepang akan kalah oleh inovasi-inovasi dari Korea dan China? Well, kita tunggu saja.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Anime memang benar menuju jurang kegelapan sejak 2019 keatas salah satunya ya gara-gara Isekai lagi Isekai lagi. Ane sejak 2019-fall 2022 anime yang ane tonton berkurang banyak.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
TERGANTUNG GAN
KALO TSUNAMI LAGI YA MUNGKIN BISA MATI

emoticon-Ngacir Tubrukan emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
anime bakal selalu hidup selama wibu masih hidup didunia ini emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Entah si. Aku juga gak update dan dengar anime lagi. Entah mengapa semuanya itu hambar dan membosankan. Mungkin karena udah tahu polanya itu-itu aja.
selama one piece lom tamat kaynya msh aman
Post ini telah dihapus
Kalau bisa jangan bosku.anime keren penuh fantasi
Udah lama ga baca manga dan novel jepang
karna menurut saya MC di manga n novel jepang terlalu naif, sok baik dan bodoh.

sekarang lebih banyak baca manhua manhwa novel cina dan korea.

Jangan lupakan beban kerja animator yang terlalu berat gan serta gaji yang underpaid, jadi banyak animator yang ditarik ke china
waaah susah sih kalok anime mati, dikarenakan media zaman sekarang serba digital jadi tambah gampang buat nonton anime
Klo original komik ke animasi atau sebaliknya kayaknya sudah mulai hilang. Sekarang animasi di sana patokannnya dari web novel dan light novel yg diadaptasi ke manga baru dehn ke animasi. Tp ada tren live action ke animasi macem Futo Tantei dari Kamen Rider W.
bisa dibilang anime jepang udah terlalu banyak dengan tema yg tidak begitu jauh dengan anime yg lain dan sudah jarang anime dengan karakter yg kuat, yg langsung nempel di ingatan
minima one piece tamat emoticon-Traveller
Apakah Industri Anime Akan Mati?
Sayang Gantz hak di beli hollywood.
jadi ga bakal ada animenya..
emoticon-Cape d...
Kalah lawan China itu wajar
Kalau kalah lawan Korea Selatan, itu keterlaluan
industri bergerak berdasarkan permintaan pasar juga,
pasar rame tsundere, produk tsundere bakal membanjiri pasar
pasar laku moe, semua bikin moe
isekai lagi cuan, ya semua bikin isekai
dari sisi bisnis, ya ini masuk akal, studio juga butuh cuan untuk hidup.
kyknya studio skr banyak yg ngambil subsidi silang,
mereka bikin produksi yg laku dulu di pasar buat modal bikin produksi2 yg hi risk

Kalau soal lost decade itu mah banyak faktornya. tapi yg sebenarnya biang keroknya adalah pola pikir masyarakat jepang itu sendiri yg jadi masalah

pola pikir masyarakat jepang yg menjunjung tinggi bushido itu yg bikin jepang maju seperti sekarang. tapi dilain pihak jadi boomerang buat jepang sendiri yg mengakibatkan angka bunuh diri tinggi dan pada nolak nikah

kalau mau dibahas bisa panjang dan bisa jadi trid sendiri ini mengenai gimana bushido way yg jadi ideologi bangsa jepang sejak ratusan tahun lalu dan sebenarnya sudah tdk relevan di zaman modern itu jadi penyebab hancurnya kehidupan sosial jepang saat ini
profile-picture
profile-picture
ih.sul dan pilot2isekai078 memberi reputasi
Diubah oleh LaserBreak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
kebanyakan halu sih....... cepetan sadar......


emoticon-Ngacir
profile-picture
pilot2isekai078 memberi reputasi
Anime buatan cina n korea?????

BAKAAARRRRR!!!!!

profile-picture
raccoonwilli612 memberi reputasi
Diubah oleh pilot2isekai078
Halaman 1 dari 3


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di