KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Socially Awkward Berbeda Dengan Introvert! Berikut Ciri-cirinya Yang Perlu Kamu Tahu!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633781ec5160ea5eae159451/socially-awkward-berbeda-dengan-introvert-berikut-ciri-cirinya-yang-perlu-kamu-tahu

Socially Awkward Berbeda Dengan Introvert! Berikut Ciri-cirinya Yang Perlu Kamu Tahu!

Socially Awkward Berbeda Dengan Introvert! Berikut Ciri-cirinya Yang Perlu Kamu Tahu!
Sumber Gambar

Socially Awkward adalah kondisi di mana seseorang merasa canggung ketika sedang dalam lingkup pergaulan tertentu. Hal ini membuat seseorang menjadi kesulitan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Dan ya, TS sendiri adalah orang yang termasuk dalam golongan socially awkward.

TS sendiri sadar kenapa TS sulit sekali bergaul dan bersosialisasi, apakah karena introvert? Tidak juga, rasanya kurang tepat kalau TS disebut introvert karena orang introvert biasanya masih bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan nyaman, walau sebenarnya mereka lebih suka sendiri.

Sampai akhirnya, TS menemukan istilah ini yang ciri-cirinya mirip dengan yang sering TS rasakan. Bagaimana ciri-ciri socially awkward? emoticon-Bingung (S)

Socially Awkward Berbeda Dengan Introvert! Berikut Ciri-cirinya Yang Perlu Kamu Tahu!

Berasa Canggung Saat Bersama Orang Baru

Ketika mulai bergaul dengan orang baru atau kenalan baru. Si socially awkward sendiri merasa kaku saat berada dengan orang baru. Ada perasaan takut tidak diterima, takut dipandang aneh, buruk dan sejenisnya. Pikiran-pikiran itu membuat TS menjadi berusaha menjaga sikap sebaik mungkin, tapi pada akhirnya malah tidak terlihat natural.

Malu Untuk Memulai Percakapan

Kalau sudah canggung dan kaku, maka biasanya akan sulit untuk memulai percakapan. Kenapa? Karena takut salah ucap, salah ngomong, atau ketika ngomong suara yang keluar terdengar gemetar yang menandakan kalau sedang gugup.

Socially Awkward Berbeda Dengan Introvert! Berikut Ciri-cirinya Yang Perlu Kamu Tahu!
Sumber Gambar

Jujur, saat sedang bersama orang baru TS ingin sekali diajak bicara duluan. Bukan karena sombong, tapi dengan adanya orang yang mengajak bicara duluan itu bisa meningkatkan kepercayaan diri dan menandakan bahwa saya diterima oleh mereka (tapi tergantung jenis pertanyaannya ya).

Berusaha Terlihat Sibuk

Ini salah satu pertandanya. Orang socially awkward akan mencoba terlihat sibuk di tengah keramaian. Entah itu buka dan scroll sosmed, buka botol minum, beresin isi tas dll. Alasannya ya supaya gak ada yang melempar topik obrolan ke TS.

Karena jika seandainya topik obrolan mengarah ke TS dan semua mata menatap ke TS, maka itu akan jadi pressure yang cukup tinggi. Kalau obrolan sudah lanjut, baru deh bisa tenang. emoticon-Cape d... (S)

Menghindar

Pada akhirnya karena pengalaman dan kesan yang kurang bagus ketika bertemu orang, maka menghindar jadi jalan terakhir. Ini bukan hal yang bagus untuk dilakukan, karena artinya ini sama saja seperti kita lari dari hal yang seharusnya kita hadapi. Hal ini pula yang membuat lara socially awkward menjadi tak punya teman bahkan dicap sombong.

Socially Awkward Berbeda Dengan Introvert! Berikut Ciri-cirinya Yang Perlu Kamu Tahu!
Sumber Gambar

Pada dasarnya, socially awkward adalah sesuatu yang harus dihilangkan dalam diri seseorang. Jika kalian merasa kalian merasakan hal-hal yang TS sebutkan di atas, tidak apa-apa. Yang terpenting adalah kalian sadar dan tahu harus merubahnya dari mana.

Dan tenang saja, socially awkward bukanlah penyakit atau gangguan mental. Jadi kalian tak perlu ke psikolog.

Sekian thread kali ini. Semoga bermanfaat yang TS sampaikan.

Kalau kalian, apakah ada yang merasakan hal sama seperti yang TS sampaikan di atas? emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shinwjy dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Gimana, adakah socially awkward di sini?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan nyantaiwaelah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Biasanya socially awkward juga lebih suka menulis daripada bicara
profile-picture
ianer memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ane kyknya sama kyk yg disebutin ts emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vickysan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cara menentukannya gmana? Kalo cuma merasa aja tanpa ada diagnosa mah sama aja boong
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ngerokok gan solusinya biar ga bingung mau sibuk ngapain kalo lagi nongkrong
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Walopun nubi ane biasa2 aja kok.. Gak merasa canggung emoticon-Cool
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ooh begitu...
Kadang gw suka di posisi seperti itu, tapi nggak terus"an sih emoticon-Malu
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
nice inpo gan emoticon-thumbsup
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semenjak pake masker ane malah nyaman kemana2 kalo dulu kemana2 kek takut berasa ada yg kenal aneemoticon-Ngakak, apa itu introvert yak??emoticon-Ngakak
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Diubah oleh wonxintinxxx
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kok ane banget ya gan. Tapi sekarang udah mendingan sih gara2 kerja di tempat yg tiap hari ada briefing dan diharuskan ngomong di depan umum. Awalnya emang susah banget, gemeter kalo mau ngomong. Tapi sekarang udah mendingan lah emoticon-Malu (S)
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
ansos
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau saya lebih ke nyaman ketika sendirian atau ngobrol dgn beberapa orang saja,tapi kalau kumpul dgn banyak orang pusing😁
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Adalah ane gan, dulu waktu masih nganggur 3 tahun yang lalu. Sekarang karna sudah bekerja dan bertemu banyak orang, Alhamdulillah sudah tidak socially awkward dan bisa berinteraksi dengan normal, jangan lupa selalu tingkatkan rasa percaya diri anda
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecanggungan itu hal yang biasa bre...
Artis juga yang dah terbiasa manggung masih aja merasakan gugup dan canggung...
Cuma mereka karena dah berpengalaman mereka tau gimana caranya ngatasin itu...

Intinya memang harus ada jam terbang untuk berkomunikasi bareng yang lain.. nanti percaya diri akan naik..
Bagi ekstrovert menutupi kecanggungan malah ngajak ngobrol, diselingi guyon, sok2an rame, asik berisik...

Begitu kira-kira...
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
azhuramasda dan pakisal212 memberi reputasi
Diubah oleh ytbjts
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
lah ko ane banget itu semuanya
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ane ga suka keramaian
kecuali acara bagi2 amplop
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan wahyudi.88 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Keknya ane jg breeemoticon-Bingung ane nyaman² aja sm yg namanya keramean,tp suka awkward dan ada rasa kurang PD klo bertindak dan berinteraksi dg dunia luar
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
jadi bingung apakah ane introvert apa socially awkward emoticon-Embarrassment
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Post ini telah dihapus
itu masuk gangguan kesehatan mental
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di