KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Saab Bangun Pabrik Untuk Produksi Carl Gustaf M4 di India, Siap Beroperasi 2024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63369e3fdccaa366722aead3/saab-bangun-pabrik-untuk-produksi-carl-gustaf-m4-di-india-siap-beroperasi-2024

Saab Bangun Pabrik Untuk Produksi Carl Gustaf M4 di India, Siap Beroperasi 2024

Quote:


Selain Turki yang kini sudah mandiri memproduksi alutsista sendiri, India pun kini juga terus berupaya meningkatkan kemampuan untuk memproduksi alutsista di dalam negeri. Salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama dengan manufaktur senjata Saab dari Swedia, menurut artikel Army Recognition; India dan Swedia sedang bernegosiasi untuk memproduksi senjata anti tank Carl Gustaf M4 di India.

Saat ini pihak Saab sedang menunggu persetujuan pemerintah Swedia untuk membuat fasilitas produksi M4 di India, jika disetujui maka Saab untuk pertama kalinya akan memiliki lini produksi senjata di luar negeri. Dan untuk mendukung kampanye Make in India, Saab akan menyertakan opsi 74 sampai 100 persen penyertaan saham. Saab kedepannya juga akan mengekspor M4 yang diproduksi di India, produk yang sudah jadi kemudian akan dibawa kembali ke perusahaan induk Saab di Swedia; sebelum nantinya dikirim ke pelanggan.

Sampai saat ini belum diketahui berapa nilai investasi dari pabrik baru tersebut, sebagai gambaran; masuknya investasi asing biasanya bersamaan dengan kontrak pembelian senjata oleh suatu negara. Tetapi, sampai saat ini belum ada kontrak pembelian M4 oleh India.

Sementara untuk saat ini, sudah ada perusahaan Saab FFV India Pvt Ltd yang sedang dalam proses pendaftaran di India, perusahaan itu kelak akan memproduksi Carl Gustaf M4, yang disebut akan 30 persen lebih ringan dibandingkan versi saat ini. Untuk kebutuhan amunisi akan tetap dibuat oleh pabrik Saab di Swedia. Saab sendiri menargetkan produksi M4 di India bisa dimulai pada 2024.

Quote:


Sekilas tentang senjata anti tank Carl Gustaf M4, senjata ini dioperasikan oleh dua orang; serta punya jarak tembak 1,5 km. Senjata ini punya bobot 7.5 kg (sudah termasuk perangkat alat bidik), sementara versi M3 punya berat sekitar 11 kg. Senjata ini termasuk tipe reusable, artinya dapat dipakai berulang-ulang; di mana peluncur roketnya dapat diisi ulang dengan proyektil kembali.

Carl Gustaf sendiri punya kecepatan luncur proyektil 290 meter per detik pada jarak 400 meter pada sasaran bergerak dan jarak 700 hingga 1.000 meter untuk sasaran statis. Sebagai tambahan informasi, India sendiri sudah tak asing dengan nama Carl Gustaf; pasalnya mereka sudah memakai varian Carl Gustaf M3. Di mana senjata itu diproduksi secara lokal oleh Ordnance Factory Board (OFB). Sementara Saab sendiri sudah hadir di India sejak 1976, dan dengan kesepakatan baru untuk produksi Carl Gustaf M4 di dalam negeri; akan membuka banyak lapangan pekerjaan baru hingga menambah pengalaman bagi industri militer India dalam membuat senjata anti tank secara mandiri.


Quote:



Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
India diatas jauh sama wakanda ya ternyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gepyan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Wah, keren bngt..... AD india mau bikin versi KW1 nya atgm karl gustav m4 dr swedia......semoga sukses slalu, india....

Kalo RI, jk bikin atgm sendiri, mau kerjasama ama siapa saja, ya......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 6 lainnya memberi reputasi
Mantep ..

Senjata multirole.
Mungkin Saab percaya karena India termasuk yang loyalis mereka.. makanya dibuat lokal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Salut tuk indiaemoticon-Cool

Di sini sibuk belajar panah dan berkuda aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Indonesia punya pabrik senjata apa nih wkwk?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gepyan dan 2 lainnya memberi reputasi
PT Pindad seharusnya sdh bisa bikin yg beginian. Toh bukan jenis guide missile yg perlu alat pemandu canggih.
profile-picture
profile-picture
gepyan dan jagotorpedo memberi reputasi
trit TS dulu yg bahas senjata panggul disposable banyak yg komen "sekali pake bikin boros buang duit..."

...noh sekarang coba bawa Carl Gustav, mantep gotong M3 11kg apa gak ngos-ngosan..emoticon-Big Grin
tabungnya jangan ditinggal, masi bisa diisi ulang..

Tiap jenis (disposable & reusable) punya kelebihan & kekurangan, dan itu saling melengkapi tergantung situasi di lapangan.. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Setelah jadi dikirim lagi ke swedia... Artinya buat diinspect ulang, belum percaya sepenuhnya, kalau dari beberapa peralatan, elektronik dll non-militer, made in india kualitas masih di bawah china.

Harapannya sih negara yang paling mencolok di khatulistiwa bisa mengikuti, dan bisa produksi sendiri semua alutsista. Sdm dan sda ane yakin mampu, hanya terbentur (dan selalu) masalah politik, dan kelompok yang menomor terakhirkan kepentingan negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
gustaf recoiless riffle reusable tp ada lifespan-nya ...m4 2x lebih awet dr m3 ,skitar 1000rounds ...klo pendahulunya m1 ,m2 full baja ..asal di rawat ja bakal bisa dipake ...emoticon-Big Grin

Saab Bangun Pabrik Untuk Produksi Carl Gustaf M4 di India, Siap Beroperasi 2024
profile-picture
profile-picture
69banditos dan jagotorpedo memberi reputasi
Jangan dibandingkan sama suatu negara kepulauan di equator sana, yang msh suka berbelit2 dan suka yg rumit2.
profile-picture
gepyan memberi reputasi
Udh dpt trust


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di