KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Mountain Light Tank - Mengenal Varian Tank yang Sedang Dikembangkan India
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63367f62ff814148bb22ca73/mountain-light-tank---mengenal-varian-tank-yang-sedang-dikembangkan-india

Mountain Light Tank - Mengenal Varian Tank yang Sedang Dikembangkan India

Quote:


Agan tentu sudah familiar dengan istilah light tank, ini adalah jenis tank dengan tonase yang lebih ringan dibandingkan main battle tank.Tetapi India pada 3 Maret 2022 telah mengumumkan akan meluncurkan prototype tank ringan yang diberi nama mountain light tank pada tahun 2023. Karena ada kata mountain di sini, maka dipastikan jika tank tersebut bakal beroperasi di wilayah pegununungan (dataran tinggi).

Sementara itu, pihak Angkatan Darat India sendiri melalui Project Zorawar; sedang berupaya mencari tank ringan dengan bobot 25 ton dan punya kemampuan seperti tank tradisional untuk kebutuhan mereka di wilayah dataran tinggi. Lantas mengapa India menginginkan tank dengan spesfiikasi untuk beroperasi di dataran tinggi ? Jawabannya adalah untuk melawan ancamn China di area perbatasan, salah satunya adalah di Ladakh; perbatasan kedua negara yang merupakan wilayah dataran tinggi.

Sejak konflik di wilayah perbatasan memanas pada musim panas 2020, Angkatan Darat India telah berupaya untuk mencari tank yang berukuran lebih ringan. Menurut Request for Information (RFI), Angkatan Darat India menginginkan untuk membeli 350 tank ringan dalam kategori berat 25 ton, hal tersebut dirilis oleh Direktorat Jenderal Pasukan Mekanik pada April 2021 atas nama Kementerian Pertahanan.

Namun, negara tersebut kini telah memutuskan untuk mengembangkan tank ringan sendiri daripada mengimpornya. Tetapi produksi dan pemeliharaan armada tank impor India telah terhambat oleh gangguan dalam rantai pasokan dunia untuk komponen terkait pertahanan yang disebabkan oleh perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung. Maka dari itu mereka memilih membuat tank sendiri, padahal awalnya India ingin membeli tank ringan Sprut SDM1 buatan Rusia.

Quote:


Sementara itu mantan pejabat Angkatan Darat India Letnan Kolonel JS Sodhi mengatakan kepada eurasiantimes.com, “Tank ringan dapat meningkatkan potensi tempur di High Altitude Areas (HAA) karena mereka dapat dibuat khusus untuk infrastruktur yang ada seperti jembatan dan jalan dan akan memiliki kekuatan besar serta kemampuan manuver untuk memberikan keunggulan tempur yang lebih baik bagi Angkatan Darat India."

Sementara itu perusahaan lokal asal India L&T telah ditunjuk untuk mengembangkan prototype tank ringan untuk India, di mana perusahaan itu akan bekerja sama dengan kementerian pertahanan. Sementara itu, persyaratan tank ringan yang diinginkan Angkatan Darat India juga sangat ketat. Pasalnya tank tersebut harus dilengkapi loitering munition, artificial intelligence (AI), drone taktis yang terintegrasi untuk misi pengintaian, dan juga pemasangan active defense system untuk pertahanan diri.



India Tidak Memiliki Tank Ringan


India memang tidak memiliki tank ringan untuk beroperasi di dataran tinggi untuk saat ini, mereka memang punya T-90S Bhisma dan T-72M1 Ajeya; tetapi bobot kedua tank itu sekitar 46 ton. Sementara tank Arjun Mk1.1A punya bobot 68 ton. Dengan bobot yang berat, sangat tidak memungkinkan bagi ketiga tank di atas untuk dioperasikan di wilayah dataran tinggi.

Di sisi lain, China justru telah bergerak maju dengan memproduksi berbagai jenis kendaraan tempur berbobot medium hingga ringan. Salah satunya adalah ZTQ-15 (Type 15), tank ringan yang memiliki bobot sekitar 33 ton dan telah disiagakan di Ladakh; dekat perbatasan India. Type 15 sendiri dibuat oleh Norinco dan pertama kali tampil di Zhuhai Air Show pada November 2016.

Persenjataan utamanya adalah meriam kaliber 105 mm dengan jarak tembak maksimum 3.000 meter. Total ada 38 amunisi yang bisa dibawa Type 15, beberapa diantaranya adalah Armour-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot (APFSDS), High-Explosive Anti-Tank (HEAT) dan High Explosive (HE). Jika memakai amunisi HEAT (High Explosive Anti-Tank) dengan hulu ledak tandem, maka jangkauan tembaknya bisa tembus sampai 5.000 m. Sementara itu, hulu ledak dari munisi ini juga efektiv untuk menembus armor ERA (reactive armor) milik tank lawan. Untuk senjata sekunder adalah satu senapan mesin berat 12.7 mm dan sebuah peluncur granat.

Quote:


Lambung dan turret tank telah dibuat dengan baja yang dilas dan memberikan perlindungan terhadap tembakan senjata ringan dan serpihan proyektil artileri. Untuk perlindungan tambahan, Type 15 bisa dipasangi armor komposit atau explosive reactive armor (ERA).

Tank ringan buatan China ini ditenagai mesin diesel berkekuatan 1.000 hp, yang bisa digeber di jalan aspal sampai kecepatan 70 km/jam. Sementara di medan off road kecepataannya adalah 35 hingga 40 km/jam, untuk jarak jelajahnya 450 km. Tank yang hanya diawaki 3 kru ini punya panjang 9.20 m; lebar 3.30 m; dan tinggi 2.50 m.



----------------------



Referensi Tulisan: Army Recognition & eurasiantimes.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 8 lainnya memberi reputasi
India iki soal alustista terbukti masih strong pengadaannya padahal banyak koruptor macam negara wikindiemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
lho, AD india butuh bnyk LT.... lah ini, TNI AD skrg msh ada bnyk 400 LT amx 13 105 dan Fv scorpion.... di expor saja ke india...... lalu, duit hasile xpor nya, buat TNI AD tuk bs beli baru lg, MT harimau 400 biji..... ohohoho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Gsssken
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
Gunung ?

Oh iya.... sebelahan sama koh Jinping yak..
Perlu tank yang sanggup nanjak ini mah


Sip.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 5 lainnya memberi reputasi
Prindapan ini sayangnya masih kasta²an. Coba jd negara sekuler, gada lawan di Asia
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Secara teknis hanya tinggal 3 unit light tank modern yang masih operasional :

1. Russia - VTP 2S25 Sprut SD.
Berat 18 ton, airborne n amphibious capability, speed 72 kmh, canon smoothbore 2A75 125 mm, autoloader 6 - 8 rof dengan amunisi konvensional atau guided munition, bahan hull dan turet armoured aluminium welded dengan lapisan proteksi armoured composite untuk memenuhi standar proteksi STANAG 4569 level 3. Dapat dilengkapi dengan sistem proteksi tambahan.

2. Austria Spanyol - GDELS ASCOD 105 LT.
Berat 28.5 ton, speed 70 h, canon 105 atau 120 mm, bahan hull armoured steel welded untuk memenuhi standar proteksi STANAG 4560 level 3. Dapat dilengkapi dengan sistem proteksi tambahan.
GDELS ASCOD 105 LT menjadi basis bagi 2 unit light tank lain : US - GDLS Griffin II dan Israel - Elbit Systems Sabrah.

3. China - Norinco ZTQ 15.
Variant export dari Norinco - VT 5 ini mempunyai berat 33 ton, speed 70 kmh, canon 105 mm, bahan hull armoured steel welded dan dapat dilengkapi dengan sistem proteksi tambahan.

Keinginan India untuk memiliki light tank canggih yang dapat beroperasi di daerah pegunungan tinggi ini cukup beralasan karena China sudah mempunyai Norinco type 15 yang sudah digelar di daerah perbatasan Ladakh di pegunungan Tibet yang berbatasan dengan India. Ketegangan semakin meningkat setelah China sering menggelar latihan militer di kawasan high altitude tersebut.

Dengan spesifikasi dasar berat max 25 ton, punya autoloader kanon yang mampu menembakkan amunisi konvensional dan guided munition, sistem proteksi aktif dan pasif serta dilengkapi dengan drone intai.
Light tank India ini akan dikembangkan oleh perusahaan lokal Larsen & Toubro Ltd dibawah program Zarowar Project dengan komposisi berbasis Mobile Artillery Gun System / MAGS K9 Vajra ( India version of Korsel - Hanwa Defense K9 Thunder ), mesin diesel dari German - MTU, turet dan kanon Belgia - CMI 105 mm, dan sistem lain akan dikembangkan secara indigenous oleh Larsen & Toubro dan Tata. Direncanakan prototypenya akan dirilis tahun 2023 mendatang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan

Quote:


Setahu ane, secara hukum negaranya, India itu termasuk negara sekuler.

Meskipun sebagian warganya masih senang main kasta2an, kayak di Wakanda ( terutama kasta ksatria dan kasta brahmana emoticon-Embarrassment).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh qavir
ada klasifikasi baku gak sih soal bobot tank ringan & medium..?

kalo Harimau/Kaplan kan masuk kelas medium (di atas 30 ton), berarti Marder-105 sama CV-90-120T masuk medium juga..emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ga cuma industri film nya aj yg maju, industri persenjataanya juga maju. Boleh lah kita belajar sama India
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Udh pny kapal induk
Skrg tank emoticon-thumbsup
profile-picture
jlamp memberi reputasi


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di