KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633631f8ec76e03db416db65/perlukah-film-g30s-pki-di-remake-agar-lebih-kekinian

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI adalah film sejarah yang dibuat pada tahun 1984 dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Film yang berdurasi sekitar 4 jam lebih ini memakan anggaran hingga 800 juta rupiah pada saat itu.

Film ini juga kabarnya selalu diputar setiap tanggal 30 September di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Di saat ini pun, film ini masih suka diputar di televisi nasional walau tidak semua TV.

Namun, apakah film ini masih cocok dengan zaman sekarang ini? Perlukah di-remake supaya lebih cantik? emoticon-Bingung (S)

Sebenarnya wacana tentang remake film ini sudah pernah dibicarakan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017. Sejak pernyataannya itu, banyak masukan dan nasihat dari beberapa tokoh mengenai rencana pembuatan film ini. Ada semacam "titipan" yang meminta supaya beberapa hal dari film lama tidak diubah.

Namun, bagaimana kabar rencana remake itu sekarang? emoticon-Bingung (S)

Ya, belum ada kabar lebih lanjut mengenai rencana ini. Tidak pernah terdengar kabar mengenai PH mana yang akan menggarapnya, siapa pemerannya, siapa sutradaranya. Rencana ini pun seakan hilang begitu saja.

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Tapi, apakah masih perlu me-remake film ini? emoticon-Bingung (S)

Kalau kalian tanya TS, maka jawabannya adalah perlu. Tapi di sisi lain TS tidak terlalu berharap, kalau tidak jadi juga tidak apa-apa. Mungkin saja jika diperankan oleh aktor-aktor masa kini, banyak anak yang lebih tertarik untuk menonton. Lalu dari segi pace dan tempo cerira mungkin bisa agak dipercepat agar tidak makan durasi ya. Hehe.

Ngomong-ngomong soal durasi, bisa gak ya kalau durasinya dipersingkat gitu?
Menurut kalian, apakah bisa jika film remake nanti (kalau ada) lebih difokuskan sebagai hiburan. Bukan referensi sejarah. Kalau belajar sejarah kan bisa lewat buku yang lebih lengkap.

Semoga kalau ada remake-nya, film ini lebih mengedepankan sisi entertain dan estetikanya. Alur ceritanya mungkin bisa berdasarkan satu perspektif tokoh tertentu supaya lebih seru dan menantang. Tambahkan soundtrack yang menarik, efek-efek yang kece dan juga pergerakan kamera yang variatif supaya gak bosen nontonnya.

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Ya biar bagaimanapun film merupakan bagian dari seni, ada sedikit bagian yang rasanya butuh didramatisir supaya lebih seru dan tidak bikin ngantuk ketika ditonton. Apalagi teknologi di perfilman sekarang sudah berkembang.

Kalau kalian memang lebih suka menonton film yang benar-benar membahas sejarah secara keseluruhan, lebih baik tonton saja film lama yang durasinya sampai 4 jam lebih itu. Atau kalau TS boleh menyarankan, coba deh tonton film dokumenter berjudul Jagal dan Senyap yang menceritakan bagaimana kejadian G30S PKI dari sudut pandang yang berbeda.

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Film Jagal dan Senyap ini bisa kalian tonton gratis di YouTube ya gan. Dan dua film ini memiliki sisi emosional yang kuat, jauh lebih menarik ketimbang film yang 4 jam itu. emoticon-Ngacir

FYI, film Jagal dan Senyap sempat diputar di Toronto International Film Festival. Dan mendapatkan penghargaan Film Dokumenter Terbaik lho di British Academy Awards dan Television Arts Awards 2013. Bahkan masuk nominasi Academy Awards ke-86. Tapi di negara asalnya Indonesia, film ini dilarang tayang di bioskop.

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Ya kesimpulan, menurut TS akan sangat menarik bila film G30S PKI ini dibuat kembali dengan style yang berbeda dengan jalan cerita lebih mengalir dan bisa dinikmati sebagai sebuah karya seni yang menghibur. Bukan referensi sejarah.

Walaupun TS tahu, akan banyak pro dan kontra. Tapi bisalah diakalin, rencana remake ini kalau mau dibahas lebih lanjut pasti ada jalan keluarnya mengenai pro dan kontra yang mungkin nantinya akan muncul di masyarakat.

Penulis naskah, sutradara hingga produser harus tahu detail bagaimana sejarah ini terjadi. Minimalisir campur tangan pemerintah dan tokoh-tokoh tidak penting. Minta pendapat atau nasihat ketika dibutuhkan saja, selebihnya biarkan mereka berkarya dengan bebas.

emoticon-2 Jempol

Warkop aja udah banyak remake-nya, masa yang ini enggak.

Bagaimana menurut kalian, masih perlukah film ini di-remake? Kalau masih, kalian mau remake yang seperti apa? Silakan berkomentar!

Kalau bisa berkomentarlah sebagai penikmat film ya, bukan ahli sejarah! emoticon-Ngacir

Sumber:
Referensi 1
Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shinwjy dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh harrywjyy
Kalau jalan ceritanya tetap sama mending ngga dulu deh...film propaganda orba 🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kalau bisa yang versi asli Mbah Harso dipanggil/dihubungi CIA untuk melaksanakan operasi rahasia G30S, gan..

Plus ending akhirnya sampai Mbah Harso jadi presiden dan disahkan undang-undang untuk legalitas eksploitasi fripot. emoticon-Traveller



Duh.. Ane takut dikarungin. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Film satu pandang buat apa di lestarikan....

Film dungu alat doktrin, mending bikin film Soeharto ala jenderal aladeen the dictator
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dari segi artistik dan perfilman, gw pengen banget liat remake dari film ini, atau versi2 lain tentang apa yang terjadi seputaran g30s PKI, misalnya dari sisi si Aidit, atau Bung Karno, atau Pak Harto, etc etc.

Gw pribadi sebetulnya nggak setuju sama versi yg ada di film, dan gw juga ga suka sama alasan kenapa film itu dibuat dan dijadikan acara wajib tonton, tapi gw suka banget karena film itu (paling nggak di first half) sukses banget bikin penonton merasakan apa yg ingin disampaikan film itu. 9.5/10. Dan ini termasuk salah satu film Indonesia yg sering gw puter ulang.

Tapi... gw nggak yakin orang kita kebanyakan bisa bersikap kayak gw. Misalnya aja dibuat lagi nih film dengan teori yg lain, kalo itu semua buat2annya Pak Harto. Atau yg teori kalo AD sama PKI sama2 dikhianatin Sjam Kamaruzzaman atas perintah CIA, dan Pak Harto kebetulan dapet durennya. Pasti bakal ada banyak banget ricuh dan maki memaki dari netizen, mungkin bakal ada yg sampe turun ke jalan. Jadi demi kenyamanan hidup gw, lebih baik ga usah lah bikin apa2 lagi soal PKI ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
ane pernah ikuti cerita bersambungnya di majalah intisari. gimana pergulatan batin Cathrine Panjaitan setelah peristiwa. membawa beban amarah berpuluh tahun dan tidak mau kembali ke Indonesia. membuat remake berarti meriset ulang. meriset ulang berarti kembali menggali fakta. dan menggali fakta sama dengan kembali membuka luka. dua pihak terluka kok, PKI pun habis dibantai setelahnya kan? hancur lebur hidup anak cucunya yg gak tau apa2. saat ini lebih baik islah..supaya tidak ada dendam yang diwariskan. jangan sampai menjadi peristiwa karbala jilid dua yang dendamnya masih diwarisi. mudah2an nanti setelah lewat dari 10 generasi, sudah tidak ada lagi sebutan bahaya laten dan sebagainya itu.. dan kita sebagai bangsa sudah cukup kuat dan saling percaya untuk bisa melepas tap mpr tentang PKI. btw film lama itu udah cukup mewakili. atau kalau bisa di rombak gambar dan audio boleh aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mending remake pilm nya Sally Marcelina, Kiki Fatmala, Inneke Koesherawati, Malvin Shayna, Febby Lawrence, dkk yang jelas pilm pemersatu bangsa.

Daripada bikin PKI rebon yang berpotensi memecah belah bangsa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fathur394 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Jujur isu khalifah lebih berbahaya dari isu pki di jaman skarang...

Knp lebih berbahaya PKI udah ada hitam di atas putihnya gak bakal bisa di bangkitkan lagi...

Isu khilafah udah meresap dari anak sampai orang mau mati dan jelas2 pahamnya,tujuanya berbahaya tapi di "biarkan bebas"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nouah dan 2 lainnya memberi reputasi
Gak bisa selama generasi boomer ada...

Eh lagian ini sensitif banget, semuanya sama sama bejatnya dan setannya.

Yang jadi imbas korbannya banyak, padahal ini politik semata. Dan menyingkirkan lawan politik dengan cara kejam. Ya 11 : 12 kaya cara raja raja jawa kepengen lengsering raja yang sedang berkuasa gitu dan buat pemerintahan baru emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan 2 lainnya memberi reputasi
sekali lagi saya tekanken emoticon-Cool

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di