KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633631f8ec76e03db416db65/perlukah-film-g30s-pki-di-remake-agar-lebih-kekinian

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI adalah film sejarah yang dibuat pada tahun 1984 dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Film yang berdurasi sekitar 4 jam lebih ini memakan anggaran hingga 800 juta rupiah pada saat itu.

Film ini juga kabarnya selalu diputar setiap tanggal 30 September di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Di saat ini pun, film ini masih suka diputar di televisi nasional walau tidak semua TV.

Namun, apakah film ini masih cocok dengan zaman sekarang ini? Perlukah di-remake supaya lebih cantik? emoticon-Bingung (S)

Sebenarnya wacana tentang remake film ini sudah pernah dibicarakan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017. Sejak pernyataannya itu, banyak masukan dan nasihat dari beberapa tokoh mengenai rencana pembuatan film ini. Ada semacam "titipan" yang meminta supaya beberapa hal dari film lama tidak diubah.

Namun, bagaimana kabar rencana remake itu sekarang? emoticon-Bingung (S)

Ya, belum ada kabar lebih lanjut mengenai rencana ini. Tidak pernah terdengar kabar mengenai PH mana yang akan menggarapnya, siapa pemerannya, siapa sutradaranya. Rencana ini pun seakan hilang begitu saja.

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Tapi, apakah masih perlu me-remake film ini? emoticon-Bingung (S)

Kalau kalian tanya TS, maka jawabannya adalah perlu. Tapi di sisi lain TS tidak terlalu berharap, kalau tidak jadi juga tidak apa-apa. Mungkin saja jika diperankan oleh aktor-aktor masa kini, banyak anak yang lebih tertarik untuk menonton. Lalu dari segi pace dan tempo cerira mungkin bisa agak dipercepat agar tidak makan durasi ya. Hehe.

Ngomong-ngomong soal durasi, bisa gak ya kalau durasinya dipersingkat gitu?
Menurut kalian, apakah bisa jika film remake nanti (kalau ada) lebih difokuskan sebagai hiburan. Bukan referensi sejarah. Kalau belajar sejarah kan bisa lewat buku yang lebih lengkap.

Semoga kalau ada remake-nya, film ini lebih mengedepankan sisi entertain dan estetikanya. Alur ceritanya mungkin bisa berdasarkan satu perspektif tokoh tertentu supaya lebih seru dan menantang. Tambahkan soundtrack yang menarik, efek-efek yang kece dan juga pergerakan kamera yang variatif supaya gak bosen nontonnya.

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Ya biar bagaimanapun film merupakan bagian dari seni, ada sedikit bagian yang rasanya butuh didramatisir supaya lebih seru dan tidak bikin ngantuk ketika ditonton. Apalagi teknologi di perfilman sekarang sudah berkembang.

Kalau kalian memang lebih suka menonton film yang benar-benar membahas sejarah secara keseluruhan, lebih baik tonton saja film lama yang durasinya sampai 4 jam lebih itu. Atau kalau TS boleh menyarankan, coba deh tonton film dokumenter berjudul Jagal dan Senyap yang menceritakan bagaimana kejadian G30S PKI dari sudut pandang yang berbeda.

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Film Jagal dan Senyap ini bisa kalian tonton gratis di YouTube ya gan. Dan dua film ini memiliki sisi emosional yang kuat, jauh lebih menarik ketimbang film yang 4 jam itu. emoticon-Ngacir

FYI, film Jagal dan Senyap sempat diputar di Toronto International Film Festival. Dan mendapatkan penghargaan Film Dokumenter Terbaik lho di British Academy Awards dan Television Arts Awards 2013. Bahkan masuk nominasi Academy Awards ke-86. Tapi di negara asalnya Indonesia, film ini dilarang tayang di bioskop.

Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
Sumber Gambar

Ya kesimpulan, menurut TS akan sangat menarik bila film G30S PKI ini dibuat kembali dengan style yang berbeda dengan jalan cerita lebih mengalir dan bisa dinikmati sebagai sebuah karya seni yang menghibur. Bukan referensi sejarah.

Walaupun TS tahu, akan banyak pro dan kontra. Tapi bisalah diakalin, rencana remake ini kalau mau dibahas lebih lanjut pasti ada jalan keluarnya mengenai pro dan kontra yang mungkin nantinya akan muncul di masyarakat.

Penulis naskah, sutradara hingga produser harus tahu detail bagaimana sejarah ini terjadi. Minimalisir campur tangan pemerintah dan tokoh-tokoh tidak penting. Minta pendapat atau nasihat ketika dibutuhkan saja, selebihnya biarkan mereka berkarya dengan bebas.

emoticon-2 Jempol

Warkop aja udah banyak remake-nya, masa yang ini enggak.

Bagaimana menurut kalian, masih perlukah film ini di-remake? Kalau masih, kalian mau remake yang seperti apa? Silakan berkomentar!

Kalau bisa berkomentarlah sebagai penikmat film ya, bukan ahli sejarah! emoticon-Ngacir

Sumber:
Referensi 1
Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shinwjy dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh harrywjyy
Halaman 1 dari 9
Terlepas dari isi film, tp kesan setelah remake biasanya kurang greget feel natural nya, kualitas gambar memang lebih jernih tp tingkat kelusuhan atribut kurang kena,, mlh mirip karnaval agustusan yg difilm kan emoticon-Big Grin
Emang udah ada yg tau kebenaran kejadian tsb?
Infonya dilarang krn banyak adegan yg menyesatkan sejarah..CMIIW

-Bata-
Perlu gan tapi ceritanya yang bener-bener sesuai fakta yang ada bukan sebagai film propaganda dan durasinya juga normal-normal aja cukup 90-120 menit lah.
kalo ada budget gw gandeng Netflix buat series film dokumenter sejarah Indonesia senetral mungkin (menjelaskan keterlibatan Amerika dan Soviet) dari pasca proklamasi, agresi militer belanda, mulai perpecahan tokoh dan partai, pemberontakan madiun, prri/permesta, di tii terakhir zaman orba g30s
Diubah oleh cuangcoetz
tidak perlu buang² uang
kecuali bikin versi sejarah yang lain
karena film tersebut bias, dibuat oleh orang yg merebut kekuasaan scr tdk jelas.

apalagi belakangan banyak fakta-fakta sejarah yang ternyata melenceng jauh.
.
cm karena orang udh pd kesurupan,
jd takut sm hantu komunisme,
yg belum pernah keliatan wujud nya kaya apa sbnernya
Buat apa? Itukan propaganda soeharto.. Negeri ini telah dibohongi oleh seorang soeharto hingga berpuluh2 dekade, dan bahkan hasil dari brainwash nya masi menyisakan residu yang sangat besar.. Kasian bagi para korban PKI.. PKI itu jelas hasil dari kerjaan soeharto dkk.
Jagal dan Senyap... udah nonton semua emoticon-Takut
Post ini telah dihapus
seru ga si kalo diremake modelan dari sudut pandang lain yg bukan dari kedua kubu?
jadi ceritanya ada bumbu2 kisah cintanya gitu kek pelem2 jaman now.
Trus ternyata ortu dari salahsatu pihak itu ternyata partisipan PKI, akhirnya mereka harus berpisah pas partisipan PKI lagi dibantai2in... gitugitulah ceritanya
Diubah oleh Luthfi98
Film Indonesia terbaik secara sinematograpi, belum ada yang sanggup menyainginya
Nggak perlu. Nanti malah dikaburkan sejarahnya sama pro PKI. Keturunannya masih banyak yg hidup, gan. Mungkin ada yang kerja di industri perfilman.
Entah kenapa, belum pernah ada yang ngebahas kalau babak sejarah ini mirip dengan film Seven Days in May, yang dirilis tahun 1964.
Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?
bisa juga dijadikan film komedi, dark comedy gitu. film lawak yg berlatar kejadian serius.
Diubah oleh ksatriaplastic
vino dan reza rahadian dapat peran apa kira2
indonesia ini punya sejarah banyak kan?
peristiwa penting yang perlu dikenang juga banyak. ambil contoh peristiwa proklamasi. itu lebih layak dijadikan film "wajib" yang tayang setiap tahun ketimbang peristiwa yang kebenarannya ga jelas dan cenderung dimonopoli satu pihak.

film propaganda versi sepihak dan zaman orba setiap tahun kudu ditayangkan di tipi nasional tiap malem? mending turu.. emoticon-Traveller
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Boleh di remake, tapi setelah cerita aslinya terungkapkan
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Bikin film Horror aja
Klo mo di remake hrs ambil dr dua sisi toh film g 30 s pki propaganda orba
profile-picture
seojoon memberi reputasi
ya elah kekinian
ente mau ada jenderal dibunuh bunuhin lagi ya??
Gausa gan, smua juga sudah tau itu film buatan soeharto..
Yg penting bkn masa lali, tapi masa depan, kapan kita bisa bikin roket sendiri buat touring ke bulan.. kapan indo bisa bikin komponen elektronik sendiri.. dll...
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di