KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6336226c63ebcf2c96174a68/masalah-ini-sering-muncul-dalam-komunitas-wajib-diselesaikan-dengan-kepala-dingin

Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin

Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin
Seringkali muncul masalah ini dalam berkomunitas, wajib diselesaikan dengan kepala dingin atau akan bubar jalan


Berkomunitas, meskipun dijalani atas dasar kegemaran, hobi, visi misi yang sama dan disetujui oleh semua orang yang tergabung sebagai anggota komunitas tetapi tidak menutup kemungkinan akan muncul masalah entah itu kecil atau besar.

Tentu saja munculnya masalah di dalam komunitas ini sangat wajar terjadi GanSis, sebab untuk menyatukan banyak orang di dalam satu wadah yang sama itu tidak mudah karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda antara satu anggota dengan anggota komunitas yang lainnya.

Semakin banyak anggota member di dalam sebuah komunitas maka kemungkinan terjadinya clash antar anggota juga cukup besar GanSis, hanya saja permasalahan atau perselisihan apapun yang ada di dalam sebuah komunitas akan dapat ditenangkan atau diselesaikan jika antar anggota bisa saling memahami, mengalah, dan tidak saling memprovokasi antara dua orang atau lebih yang sedang bersiteru di dalam komunitas tertentu.

Berpikir dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dituntut untuk dapat dilakukan oleh anggota komunitas karena sebelum bergabung di dalam sebuah komunitas maka Agan dan Sista sudah harus bersikap dewasa menghadapi banyak orang.

Lantas permasalahan apa sih yang sering muncul di dalam sebuah komunitas?
Berikut ini beberapa diantaranya.


Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin


1. Perbedaan Pendapat

Berbeda pendapat antara satu member anggota dengan anggota lainnya seringkali menjadi masalah yang sering terjadi di dalam sebuah komunitas GanSis.
Meskipun sebenarnya perbedaan pendapat itu seharusnya wajar, tetapi saat ada salah satu anggota komunitas yang ngeyel dengan pendapatnya sendiri maka akan membuat geramnya anggota komunitas yang lain.

Jika perbedaan ini dibiarkan begitu saja maka akan membuat perpecahan di dalam berkomunitas.

2. Kesalahpahaman

Menyampaikan sesuatu kepada banyak orang di dalam sebuah komunitas dengan karakter yang berbeda-beda memiliki peluang besar untuk memantik kesalahpahaman GanSis. Daya tangkap setiap satu orang dengan orang yang lain berbeda-beda dan orang yang daya tangkapnya rendah maka akan lebih besar kemungkinan untuk mereka salah paham.

3. Adu Domba

Adu domba, meskipun ini cukup jarang terjadi tetapi beberapa kali menurut pengalaman TS ada anggota komunitas tertentu yang hobi untuk mengadu domba antar anggota yang lain.

Entah tujuannya hanya untuk membenturkan satu orang dengan orang yang lain atau memang sengaja untuk merusak komunitas orang-orang yang seperti ini sangat perlu untuk diwaspadai.

Bagi leader komunitas harus tegas untuk memberikan peringatan, mengarahkan, atau bahkan juga mengeluarkan jika ada anggota yang keterlaluan dan mengancam keberlangsungan komunitas.

Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin


Itulah GanSis beberapa masalah yang sering muncul di dalam berkomunitas dan membuat sebuah perkumpulan hancur berantakan karena antara yang bermusuhan tidak bisa mencari solusi dan jalan keluar terbaik dengan kepala dingin.

Saat Agan dan Sista merasa ada kejanggalan di dalam berkomunitas entah itu hadirnya anggota yang toxic maka kalian bisa mengalah dan tetap berada di dalam komunitas atau keluar untuk mengindari perselisihan atau keributan yang nantinya mengancam keberlangsungan komunitas yang sudah ada.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.


Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Ngakak kalau di komunitas maunya menang sendiri ya gak bener
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Matabelo kalau berkomunitas dilarang mau mendang sendiri ya GanSis
emoticon-Cape d... kebanyakan orang belum paham gimana cara berkomunitas yang baik
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Drama Cinlok, awalnya Sehat malama toxic dah putus makin parah emoticon-Cape d...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Selama gak toxic sih gpp
profile-picture
masnukho memberi reputasi
semua bagian dari hidup sosial
selesaikan dgn hukum rimba yg berlaku emoticon-thumbsup
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabeloudah individualis plus toxic pula, lengkap

Quote:
emoticon-Ngakakgak gitu lah
Tergantung komunitasnya sih, kalau berdasarkan hobby atau kesenangan jarang terjadi. Mereka saling dukung dan sharing ilmu.
Kalau komunitas diskusi politik justru harus ada 3 di atas. Biar rame dan seru. Tinggal kita saja cara menyikapi itu.. kalau dibawa santuy mah santuy aja...

emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
gak pernah masuk komunitas yg real
kalo komunitas di dumay sih suka ikut
yg pasti rule grup harus dipatuhi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pengen adu domba, ada ngga domba yg mau diadu?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

Nah itulah bre kenapa konflik itu harus dipelihara, supaya leadernya ada kerjaan. Coba kalau adem ayem, ngga perlu ada leader, semua diselesaikan dgn voting. Oleh sebab itu leader perlu management konflik supaya bisa ngomong ke anggota kalau jd leader itu sulit karena harus menangani konflik
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Masalah Utama Orang Indonesia itu : "Beda pendapat berarti musuh"

Debat itu ga harus ada yang menag atau kalah.
Debat itu penyampaian pendapat menurut perspektif tertentu, dan terjadi debat karena perspektif yang beda.
Ga harus memaksakan ideologi ke orang lain, kita bisa berbeda pendapat/perspektif.

Kecuali untuk pengambilan keputusan kelompok, memang harus di ambil 1 keputusan yang paling solutif dari semua pendapat, tapi bukan berarti yang ga dipilih salah.
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Ngakakada di Madura

Quote:
emoticon-Ngakakcapek banget jadi leader

Quote:
emoticon-2 Jempolsetuju banget gan, tepat sekali pendapat ente
Di dalam komunitas / organisasi tidak ada namanya kepentingan individu / pribadi , kepentingan komunitas di atas segala nya ,kalo ini sudah jalan maka organisasi itu akan mencapai tujuan dengan sendirinya.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
sering perbedaan pendapat mah, apalagi kalo si a bikin kesalahan, b, c, d langsung keroyok si a, ga usah ikut campur
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
awal mula debat beda pendapat lanjut jadi dendam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chakim dan 3 lainnya memberi reputasi
Ane sarankan buatlah komunitas baku hantam. Cocok utk para sumbu pendek yg gabisa diatur.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Rebutan istri

emoticon-Hammer2
Spoiler for istri:
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Masalah Ego bor
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabelobisa terjadi gan

Quote:
emoticon-Ngakakbuset
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di