KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Bingung Mau Gabung dan Pilih Komunitas? Perhatikan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6334d4360643ab04b05c918d/bingung-mau-gabung-dan-pilih-komunitas-perhatikan-beberapa-hal-ini-terlebih-dahulu

Bingung Mau Gabung dan Pilih Komunitas? Perhatikan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu

Bingung Mau Gabung dan Pilih Komunitas? Perhatikan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu
Mau berkomunitas tapi bingung mau bergabung di komunitas apa?
Begini cara memilih komunitas yang baik dan benar


Komunitas, merupakan perkumpulan atau sebuah kelompok sosial yang terdiri atas beberapa orang atau individu yang memiliki visi misi tertentu dan bekerjasama untuk mewujudkan sebuah visi misi yang menjadi tujuan dari dibentuknya sebuah komunitas itu sendiri.

Di dalam sebuah komunitas terdapat interaksi antar anggota atau membernya, memiliki agenda-agenda tertentu tetapi dapat dikatakan bahwa komunitas berbeda dengan organisasi karena di dalam sebuah komunitas tidak selalu ada yang namanya struktur kepemimpinan.

Dalam membentuk sebuah komunitas biasanya berdasarkan pada minat, kegemaran, ketertarikan, atau bahkan juga kebutuhan. Itulah mengapa di dalam sebuah komunitas semua anggota atau membernya memiliki kesamaan kesukaan.

Membahas tentang komunitas tentu saja dapat dikatakan cukup bermanfaat dan bisa dibilang penting. Dengan berkomunitas seseorang dapat memiliki banyak relasi, bisa bersosialisasi, bahkan juga bertukar pikiran dan membuka peluang usaha atau bisnis tertentu.

Meskipun banyak orang paham tentang apa itu komunitas dan manfaatnya, ternyata masih banyak orang yang ingin bergabung di sebuah komunitas tetapi bingung menentukan komunitas apa yang cocok dan tepat. Jika muncul pertanyaan seperti ini, lantas bagaimana cara memilih komunitas yang baik?

Untuk memilih komunitas yang baik dan sesuai dengan harapan maka Agan dan Sista bisa memperhatikan beberapa hal ini.


Bingung Mau Gabung dan Pilih Komunitas? Perhatikan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu


1. Pahami Minat dan Bakat

Sebelum bergabung kedalam sebuah komunitas maka akan sangat lebih baik jika Agan dan Sista memahami diri sendiri terlebih dahulu terutama tentang minat serta bakat yang dimiliki.

Jika GanSis sudah paham apa minat dan bakat kalian maka akan lebih mudah untuk memutuskan akan bergabung di komunitas apa yang sekiranya cocok.

2. Memilih dan Memilah

Setelah paham terhadap minat dan bakat yang dimiliki maka Agan dan Sista bisa mulai untuk mencari informasi tentang komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat kalian, kemudian pilih dan pilah komunitas mana yang sekiranya aktif dan memiliki agenda yang jelas agar kalian tidak merasa kecewa karena komunitas yang kalian ikuti tidak memiliki aktivitas alias beku.

3. Perhatikan Siapa Anggota Komunitas

Melihat siapa yang tergabung di dalam komunitas tertentu juga perlu untuk Agan dan Sista lakukan. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah komunitas yang akan kalian ikuti cukup diminati oleh orang-orang penting atau hanya sebuah komunitas yang berisi orang-orang gabut dan butuh teman ngobrol saja.

4. Mempertimbangkan

Pertimbangan, ini juga perlu untuk Agan dan Sista lakukan beberapa kali untuk mengetahui apa manfaat dan kerugian jika kalian tergabung di dalam sebuah komunitas. Perhatikan jangan sampai komunitas yang kalian ikuti hanya akan menyita waktu tanpa memberikan manfaat bagi kehidupan kalian entah sekecil apapun itu.

Bingung Mau Gabung dan Pilih Komunitas? Perhatikan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu


Berikut tadi GanSis beberapa hal yang bisa membuat kalian yang sebelumnya bingung untuk bergabung di komunitas apa menjadi yakin untuk bergabung.

Berkomunitas itu dapat dikatakan cukup penting karena dari berkomunitas kalian akan bertambah teman, relasi, pengalaman, pengetahuan, bahkan juga kesempatan dan peluang yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan akan didapatkan.

Oke, semoga thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.


Bingung Mau Gabung dan Pilih Komunitas? Perhatikan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Matabelo jangan gabung ke komunitas yang kalian sendiri gak antusias sama aktivitasnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakak kalau sukanya rebahan bisa gabung atau bikin komunitas khusus rebahan bareng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloish dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Cape d... yang penting aktivitasnya yang positif ya GanSis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
emoticon-Matabelo ane tergabung di komunitas sepeda ontel gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kpopluckynumb dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jadi kepikiran pengen punya komunitas baca gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
pengen gabung sama komunitas yg isinya orang2 yg pernah cedera ACL biar bisa sharing info serta tips agar bisa pulih sediakala.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Di jaman covid cocok nya gabung komunitas kaum rebahan...

Bingung Mau Gabung dan Pilih Komunitas? Perhatikan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu
profile-picture
profile-picture
masnukho dan provocator.3301 memberi reputasi
Diubah oleh ytbjts
"KOMUNITAS FIGHT CLUB"
emoticon-doremoticon-doremoticon-doremoticon-dor


#Bagi Bata
profile-picture
armedd22 memberi reputasi
Diubah oleh provocator.3301
Quote:
emoticon-Ngakak keren slogannya

Quote:
emoticon-Matabeloweleh Nikita Mirzani tuh yang pertama gabung
Kakean melok komunitas, tonggo kiwo tengen tibakno gak kenal.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
lastpanji dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perhatikan juga kesanggupan budget kita Gan emoticon-Ngakak (S) entah itu budget buat perintilan mcm beli baju-sepatu-aksesoris yg berkaitan lgsg sama hobinya maupun duit buat aktivitasnya (pas ktmu pan makan bareng lah apa lah) kalo malah cekak mah jgn emoticon-Cape d... (S)


Kalo ane pnh ikut komunitas fanbase kPop (2PM, zaman 2015), Bayern Munchen (baru nemu fansclub resminya awal taun ini) sama komunitas dance workout (sejak 2015an jg). Seruuu deh, pnh ikut sampe gathering internasional di Singapur segala emoticon-Malu (S)

profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Ngakaknah ini sih kacau, padahal harusnya sama tetangga kanan kiri tahu dan kenal karena kalau sewaktu-waktu ada apa-apa pasti mereka yang dimintai tolong

Quote:
emoticon-Matabelonah bener, apa lagi kalau sampai gathering nya keluar negeri begitu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh kasihudin
komunitas pecinta istri orang lain, ada gan ?😎
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabeloweleh

Quote:
emoticon-Ngakakkurang ajar
profile-picture
hengkidermawan memberi reputasi
Ane gabung komunitas kalo mau like artikel, gabung dulu baru boleh
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
ane gak usah gabung komunitas juga udah banyak yg suka
profile-picture
masnukho memberi reputasi
yang banyak cewe cantiknya lah dah pasti..... apalagi emoticon-Betty
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Selama komunitas nya sehat dan tdk toxic, harusnya nyaman gan gabung situ
profile-picture
masnukho memberi reputasi
gitu ue gan
nice aharenya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di