KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/633401d46efcac5d9a062690/ini-alasan-sebenarnya-kenapa-ban-belakang-motor-ukurannya-harus-lebih-besar

Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar



Menyambung cerita thread kemarin disini tentang motor teman saya yang sedang turun mesin dan masih di bengkel ternyata ban belakang juga harus ikut diganti karena sudah mulai retak termakan usia pakai.

Dijam istirahat saya menemaninya ke bengkel yang menurut info sang mekanik motornya sudah bisa diambil. Sebetulnya ukuran ban depan dan belakang memang berbeda saya sudah tahu tapi tentang alasannya mengapa akhirnya saya dapatkan dari penjelasan mekanik yang memperbaiki motor teman saya.

"Ya, mas untuk pemakaian motor sehari-hari ukuran ban belakang memang di desain lebih besar (bukan lebih lebar) dari depannya karena untuk keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara," kata mekanik pak Eman singkat.

Namun dari obrolan saya dengan pak Eman bisa didapat informasi lebih lengkap dengan modal sebatang rokok dan segelas kopi (karena saat itu pak Eman sedang di jam istirahat juga maka saya ajak sekalian kewarung terdekat).

Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar

Beberapa poin yang saya dapatkan dari informasi pak Eman mengapa ukuran ban belakang harus selalu lebih besar dari ukuran ban depannya karena ban belakang lebih sering menerima beban lebih berat dan pastinya akan bekerja ekstra keras ketika motor sedang jalan menanjak.

Selain menopang berat ban belakang juga harus mendorong motor maju akibat perintah dari mesin dan rantai, ukuran ban belakang lebih besar membuat motor berjalan lebih stabil dan karena tapak ban yang lebih lebar (standar pabrik) membuat motor tidak mudah tergelincir di kecepatan tertentu bahkan cenderung membantu kerja pengereman.

Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar

Tapi akan berbeda ceritanya kalau posisinya dibalik, ban depan ukurannya lebih besar daripada ban yang dibelakang ataupun dipasang dengan ukuran yang sama, maka pengendara akan mudah kelelahan karena manuver kurang nyaman, manuver tidak lincah terlebih jalan menikung atau dikecepatan tinggi.

Menggunakan ukuran ban lebih besar daripada ukuran ban belakangnya bisa saja dilakukan tapi untuk penggunaan atau medan yang berbeda contohnya ada pada motor off road dimana tujuannya agar pengendara lebih mudah mengendalikan laju dan menyeimbangkan motor saat bermanuver dijalan rusak, berpasir, becek atau berbatuan, begitu selesai posisi ban bisa ditukar kembali. Oh.. gitu yak!


Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar

Sebuah opini
Ref. Mekanik pak Eman A*ASS
Img. Gugel


Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar
Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 2
Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar

..,
bener tuh gan, ane pake 100/80-14 belakang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sherrifpedro dan 2 lainnya memberi reputasi
Tambahan info gan ane pernah kerja di pabrik ban..
Ban itu ada expired nya hati hati kalo beli ban murah itu stol ban lama biasa nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajicipta dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bukan buat penggemar ban cacing dan drag Thai look.

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
yang utama karena beban mesin biasanya condong dibelakang dan ban belakang biasanya ditambahi beban penumpang jadi ya mesti agak besar.

namun hal ini ga berlaku di vespa terutama yang tua, pake ukuran ban yang sama...vespaku aman aman aja
profile-picture
septcember memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
ban mobil.kok sama ya...
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Lah emang enak pake F** Hover yang belakang mantull depan mah yang biasa aja alur nya ane pake Yamahmud Sol Get
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
Ane pernah karna belum paham maslah ukuran..yg pnting ring sama..ban belakang pakai 80/90..depan 90/90...motor enteng bgt..tp klo lepas 1 tangan misal lagi bawa barang atau apa..stang jadi oleng2..kirain velgy maslah,, ternyata aman..ganti bearing roda sama ring stang jg masih masalah...bahaya gan kalo kecepatan tinggi..akhirnya cm nunggu ban habis ganti dengan yg gede 100/90...jd stabil lagi...
profile-picture
profile-picture
iskrim dan pulaukapok memberi reputasi
Mantap gan,nice thread.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Harley ban belakang diameter lebih kecil, tapak lebar supaya dapat traksi dan tenaga..ban depan lebih besar diameter dan lebih kecil tapak nya supaya lebih gampang dikemudikan..

Yang belakang diameter lebih besar dan tapak lebih lebar, kemungkinan supaya dpt traksi jg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
razgrizero dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Madthink
Pasangin ban mobil sekalian aja dah emoticon-Big Grin
Ane nggak pernah ngrubah bawaan pabrik, selain perlu biaya yang banyak, apa yang menjadi bawaan pabrik pasti sudah melalui proses penelitian yang panjang dan bukan sekedar asal-asal an. Heran kadang sama anak-anak muda yang mengganti ban bawaan pabrik dengan yang lebih kecil atau istilahnya diganti dengan ban cacing.
profile-picture
profile-picture
pard0 dan iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
gitu tah
nice sharenya gan
Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Ninja ayam
Ini Alasan Sebenarnya, Kenapa Ban Belakang Motor Ukurannya Harus Lebih Besar
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
vesva ane ban depan dan belakang sama ukurannya !!
jangan jangan salah pasang di pabriknya😁😁😁
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Emang gitu sih..
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di