KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Sejarah dan Proses Pembuatan Es Puter yang Melegenda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6333d746d1c2a82f035059c5/sejarah-dan-proses-pembuatan-es-puter-yang-melegenda

Sejarah dan Proses Pembuatan Es Puter yang Melegenda




 Siapa yang tak kenal es puter? Agan dan Sista semua tentu telah familiar dengan jenis es yang satu ini. Rasa manis, gurih dengan tekstur lembutnya yang meleleh di mulut, bisa membuat kita seakan kembali bernostalgia ke masa kecil. Dapat dikatakan kalau es puter adalah es krimnya Indonesia, meskipun es puter ada juga di beberapa negara lain di dunia, tetapi bahan dan pembuatannya tentu berbeda.

 Es puter di Indonesia memiliki nama yang beragam tergantung daerahnya, seperti es kenong, dung-dung, es tong-tong, es tung-tung, tetapi bahan dan proses pembuatan tetap sama. Ada tiga bahan dasar dari es ini, yaitu santan, gula dan air, meskipun sering juga ditambah buah-buahan sebagai variasi rasa.



 Tiga bahan utama tadi dicampur dan dimasukkan ke dalam suatu wadah berbentuk tabung yang terbuat dari logam dan ada tutupnya, bagian tutup ini memiliki semacam pegangan. Wadah logam ini lalu "dipendam" dalam bongkahan es batu yang dicampur dengan garam. Fungsi dari garam adalah untuk mempertahankan es batu agar awet bekunya. Kemudian wadah logam ini diputar-putar selama sekitar 90 menit atau 1,5 jam.

 Bekunya es batu dicampur garam ini merasuk menembus wadah logam hingga adonan santan, gula dan air yang berada di dalamnya ikut membeku, maka jadilah es krim ala Indonesia. Para bule Amrik kadang terpukau oleh proses pembuatan es ini, darimana orang Indonesia bisa tahu kalau es batu campur garam bisa merasuk menembus ke dalam wadah tabung logam? Begitulah pertanyaan mereka.


Spoiler for pembuatan es puter:


 Penyajian es puter ini biasanya dengan memakai wadah berbentuk cone yang terbuat dari gandum yang bisa dimakan sekalian dengan esnya. Bentuk penyajian lain yaitu dengan memasukkan es puter ke dalam dua potong roti tawar, sehingga menyerupai apa yang disebut "ice cream sandwich". Pada jaman sekarang, wadah biasa diganti dengan gelas cup plastik untuk segi kepraktisan.

 Dalam perkembangannya, es puter kini memiliki banyak varian rasa, selain rasa buah, ada juga rasa coklat dan vanilla, ada juga yang ditambahi bubur mutiara atau ketan hitam, bahkan ada pula diberi toping yang beraneka macam, seperti misalnya taburan meses, siraman syrup, dan atau susu.



 Sejarah asal-usul es puter ini bisa kita telisik jauh sampai ke jaman penjajahan. Pada jaman itu, hanya orang menengah ke atas saja yang bisa mencicipi es krim. Warga kelas bawah tidak bisa ikut menikmatinya karena ketiadaan afford ke bahan susu dan juga freezer pendingin. Hal itu karena di jaman itu, susu dan freezer dianggap mewah dan termasuk barang mahal yang susah dimiliki.

 Jadi, dengan alasan keterbatasan itulah, penduduk Indonesia yang masuk dalam warga kelas bawah mulai memodifikasi es krim dari bahan yang tersedia dan juga tergolong murah, di mana susu diganti dengan santan, dan untuk freezernya, diganti dengan bongkahan es batu yang dicampur dengan garam. Dengan proses sederhana itu, menjadikan masyarakat kelas menengah ke bawah pun bisa membuat dan mencicipi es krim buatan sendiri yang tentu tidak kalah enak dengan rasa es krim yang asli.

 Es puter seakan menjadi jajanan yang tak lekang oleh waktu. Hingga sekarang, masih bisa kita jumpai penjual es puter keliling. Dengan gerobak yang didorong, lengkap dengan "kenong" yang digantung pada pegangan gerobak. Kenong ini dipukul dengan alat yang terbuat dari tongkat kayu berukuran kecil, di mana ujungnya dilapisi dengan karet ban. Ketika kenong dipukul  akan mengeluarkan bunyi nyaring "dung-dung" atau "tong-tong" untuk menandakan kalau penjual sedang lewat di tempat itu. "Kenong" adalah nama alat musik yang merupakan salah satu bagian di dalam gamelan.



 Dari sinilah asal dari nama es puter, yaitu mengikuti suara dari kenong yang dipukul, es dung-dung, es tongtong. Sedangkan nama es puter sendiri diambil dari proses pembuatannya, yaitu wadah logamnya yang diputar-putar. Di daerah Madura punya nama lain dari es puter ini, yaitu es podeng, yang diambil dari bahasa Madura yang berarti puter juga. 

 Apa pun namanya, es puter tetap melekat di hati penggemarnya, mulai orang tua, remaja, anak-anak, semua menyukainya  dan yang pasti, es puter adalah salah satu jajanan warisan turun temurun yang harus dilestarikan.

 Bagaimana dengan daerah Agan dan Sista sendiri? Apakah punya nama tersendiri untuk es puter ini? Tuliskan di kolom komentar yaa.

Source





profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Tempat ane namanya Es thung thung
es puter ini emang enak bahkan di padu dengan makan lain juga masuk. Beda sama es krim pabrikan dicampur ma makanan lain malah kurang nikmat.
kalo ane suka campur sama tape ketan kalo ada qeqeqe...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Es tung tung emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan 2 lainnya memberi reputasi
Es tongtong ini laris manis jadi dagangan di daerahku, dengan harga yang murce, es krim tradisional ini pasti bakal laris apalagi jika diberi toping yang sesuai selera pembeli. Kadang juga es tongtong dicampur dengan buah-buahan jika musimnya. Aku sukanya rasa durian atau nangka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan 3 lainnya memberi reputasi
Jadi begitu sejarahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
tempat sayah namanya Es Nong Nong
dan masih eksis ditengah gempuran Es2 bermerk dan berbungkus
harga cukup seribu perak
emoticon-Mewek emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan evywahyuni memberi reputasi
Waktu kecil kyknya ane dulu pernah makan, trus ane jadi sakit
Akhirnya sampe skrg blm pernah makan lagi
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan evywahyuni memberi reputasi
Kangen makan es krim yang ada diatas roti.
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan evywahyuni memberi reputasi
oh es tung-tung tho, pantes ane bingung orang2 pada bilang es puter, ternyata es yang sudah familiar sama masa kecil ane emoticon-Big Grin btw jadi pengen buat es puter rasa nutella atau macha gitu
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan evywahyuni memberi reputasi
yoi, mantep nih, dia gapake susu/krim aslinya, tapi pake santan kalo ga salah

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan 2 lainnya memberi reputasi
Jadi kangen ama es tong tong yang dulu selalu lewat ...di masa kecil.
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan evywahyuni memberi reputasi
Jadi kangen sama es puter gans, sekarang sudah agak jarang sih ada yang beginian, kegerus sama zaman dan kalah sama yg ada di maret2
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan evywahyuni memberi reputasi
paling demen
yg campur tape ketan ato buah nangka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan 2 lainnya memberi reputasi
Tempat ane nyebutnya es tong tong, dulu jaman kanak kanak belinya pake mangkok cuma 3000 rb perak.
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan evywahyuni memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jajanan yg bikin nyengir
babeh beliin buat anak
tapi si Babeh pasti ikutan beli,"emoticon-Thinking


Spoiler for :
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Baru tauu
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
Idenya kreatif, ga ada susu santanpun jadi. Ga ada frezzer es batu plus garampun jadi. Kerenemoticon-Jempol

Kalau awal mula penggunaan kenong itu ada sejarah atau filisofinya juga nggak Mbah?
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
Thanks gan, jadi kangen es tung tung yang duliu sering lewat... dimana ya pak tua nya skrg
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
Legend dimasanya emoticon-Smilie

Quote:
Quote:


Biasanya campur tape ketan hitam atau diwarnai ijo gan.. emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di