KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Segera Dipasangi Mesin dan Radar Baru, B-52 Stratofortress Bisa Terbang Sampai 2050
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6333ce631cb7233be74ce971/segera-dipasangi-mesin-dan-radar-baru-b-52-stratofortress-bisa-terbang-sampai-2050

Segera Dipasangi Mesin dan Radar Baru, B-52 Stratofortress Bisa Terbang Sampai 2050

Quote:


Meski usianya sudah sepuh, tetapi pesawat pembom B-52 Stratofortress dikabarkan telah memilih mesin dan sistem avionik baru, untuk membuat pesawat terbang sampai 2050. Melalui program Commercial Engine Replacement Program (CERP), mesin Rolls-Royce F130 dipilih tahun lalu untuk menggantikan mesin Pratt & Whitney TF33- PW-103 yang digunakan sejak tahun 1960-an.

Pada 20 September 2022, Boeing merilis Video pendek yang menunjukkan model skala 4 persen dari B-52 yang dipasang di dalam Boeing Transonic Wind Tunnel. Di mana model skala tersebut telah menjalani pengujian pada kecepatan maksimum Mach 0,92. Teks yang menyertai tweet menjelaskan bahwa, model skala ini mirip dengan yang digunakan oleh para insinyur Boeing pada 1950-an, digunakan untuk membantu mengumpulkan data guna uji coba penerbangan di masa depan. 

Empat engine pod yang masing-masing terdiri dari dua nacelles, akan menampung delapan mesin Rolls-Royce F130 secara total dan dapat dilihat dengan jelas dalam rekaman. Mengutip artikel indomiliter.com, nacelles adalah tempat terpisah dari badan pesawat yang digunakan untuk menahan mesin, bahan bakar serta peralatan pesawat terbang lainnya. Nacelles baru terlihat jelas dalam video yang dirilis oleh Boeing. Bentuk keseluruhannya masih sama, tetapi nacelles baru lebih besar dari yang asli. Nacelles baru untuk pesawat B-52 akan dibuat oleh Spirit AeroSystems, yang mendapat kontrak dari Boeing awal tahun ini.

Quote:


Meski mesin Pratt & Whitney TF33 telah membantu B-52 mencapai 68 tahun layanannya, tapi kini mereka menjadi terlalu mahal untuk dirawat. Aturan Angkatan Udara AS mengharuskan perbaikan mesin TF33 setiap 6.000 jam terbang, yang menghabiskan biaya US$2 juta per mesin. Pada 2019, faktor-faktor ini yang dipasangkan dengan kebutuhan bahan bakar telah membuat B-52 menelan biaya US$70.000 per jam untuk terbang, membuat Stratofortress sebagai salah satu pesawat paling mahal yang dioperasikan Angkatan Udara AS.

Lantaran termasuk mesin tua, TF33 diprediksi tidak lagi dapat digunakan setelah tahun 2030, sehingga proyek Commercial Engine Replacement Program untuk pesawat B-52 dimulai pada tahun 2018. Peserta tender mesin baru dalam proyek CERP waktu itu adalah untuk GE Aviation, Pratt & Whitney, dan Rolls-Royce.

Setelah hampir 3 tahun kompetisi, pada 2022 lalu pihak Rolls-Royce akhirnya dipilih dan dianugerahi kontrak US$500,8 juta; untuk memasok mesin baru B-52. Melalui kontrak itu, Rolls-Royce akan menyediakan Boeing 608 mesin komersial ditambah mesin cadangan, peralatan pendukung terkait, dan data teknik komersial untuk digunakan pada armada pembom B-52H. Rolls-Royce akan membangun mesin F130 di fasilitasnya di Indianapolis dan Boeing akan bertanggung jawab untuk integrasi mesin ke pesawat B-52H.

Quote:


Masing-masing mesin F130 yang akan dibuat di bawah kontrak akan menggantikan delapan mesin TF33 yang saat ini ada di masing-masing 76 unit B-52H Angkatan Udara AS. Rolls-Royce mengatakan jika mesin baru bisa menghemat bahan bakar hingga 30%, peningkatan jangkauan serta kinerja lapangan yang lebih baik. Mesin F130 buatan Rolls-Royce sebenarnya adalah varian militer dari mesin BR700 yang saat ini tidak hanya melengkapi jet bisnis Gulfstream GV/G550/G650 tetapi juga varian transportasi C-37 VIP Angkatan Udara AS dari GV/G550.

Selain nacelles dan mesin barunya, B-52H akan menjalani berbagai peningkatan dalam waktu dekat, salah satu yang paling menonjol adalah pemasangan radar AN/APG-79 active electronically scaned array (AESA); yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran situasional dan kapasitas penargetan pembom tetapi juga dapat digunakan untuk serangan elektronik dan komunikasi dari jarak jauh. Radar AESA khusus ini juga digunakan pada F/A-18E/F Super Hornet, pesawat yang sama sekali berbeda; yang berarti beberapa modifikasi akan diperlukan untuk menyesuaikannya dengan benar.

Jadwal pengujian untuk radar AN/APG-79 dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2025, dan kemampuan operasional awal diharapkan pada tahun 2027. Sementara pada Maret 2022, dua mesin uji F130 telah dibuat dan akan dievaluasi di fasilitas uji mesin Rolls-Royce di Pusat Antariksa John C. Stennis NASA di Mississippi. Pada akhir tahun 2025, Angkatan Udara AS mengharapkan bahwa, dua B-52H pertama akan dimodifikasi dan diintegrasikan dengan mesin F130 baru mereka untuk kemudian menjalani pengujian darat dan penerbangan.

Sementara itu Angkatan Udara AS berharap untuk menyelesaikan proses integrasi dan mengirimkan set pertama pesawat B-52 yang telah dimodifikasi dengan mesin baru akan beroperasi pada akhir tahun 2028, dan seluruh armada diproyeksikan telah memakai mesin baru pada tahun 2035. Dengan peningkatan terbaru ini, B-52 akan mengalami evolusi yang cukup besar selama beberapa tahun ke depan, yang berpotensi membuat pembom gaek ini tetap terbang selama satu abad penuh.

Quote:


Referensi Tulisan: TheDrive.com & indomiliter.com
Sumber Foto: USAF & Boeing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Segera Dipasangi Mesin dan Radar Baru, B-52 Stratofortress Bisa Terbang Sampai 2050

Long live Mbah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Omg.... Usianya jet pembom masif, b52 stf, sdh hmpir 70tahun, serta msh bs di panjangkan hingga 2050.... Edan..... Tampak nya USAF kini gak pny jet pembom terbaru yg non siluman, yg lbih sakti drpd b52 ini, gan......

Tp, biasa nya, semakin tua malah makin mnjadi jadi.....

Semakin sesepuh, semakin veteran bngt tuh skill kesaktian nya di medan tempur yg sesungguh nya.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Dilahirkan kembali si embah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 5 lainnya memberi reputasi
Si kakek dikasih jamu awet muda mulu, lama2 menolak tua dia. Pdhl yg muda2 banyak yg mau dipensiunkan eh dia malah makin panjang masa dinasnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
imo sih next gen kyknya emank bakal tipe pesawat gede
bukan berarti bakal segede b-52 sih
tapi tinggal diganti dalemnya bakal terus bisa operasi sampe cukup lama

kalo tipe small fighter ganti dalemannya mungkin lebih ribet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Sepeetinya kalau senjata laser sudah teruji dan berhasil.Akan dipasang di tail belakang B-52 sebagai pertahanan pembom masa depan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
benteng langit tua amrik masih dirawat choi, tapi ya alasan masih dipelihara karena peran nya masih belum tergantikan bahkan oleh pesawat yang baru sekalipun

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 5 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Pesawat itu gtu y
Misalny awalny mesiny brand A
Nnti update bsa dr brand B or C
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
waktu operasi Linebacker banyak yg dihajar SAM, dipikir jamannya pembom berat bakal berakhir. Tapi buat AS, Rusia, RRC masi dianggap perlu tukang gotong kelas berat jarak jauh..

Inggris aja yg punya trio V-Bomber sekarang udah pensiun semua, Tu22 Irak udah tamat, Tu16 Mesir juga pensiun, Tu16 AURI udah masuk museum,...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
Mantap sih ini pesawat nya,old but gold.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Kenapa rata2 pake model lama ya. Cuma diperbarui mesin dan teknologi doang. Apa model lama udah paling efisien?
Atau insinyur jaman dulu lebih pro dalam mendesain pesawat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


awet muda nih gan si mbah emoticon-Big Grin


Quote:


menolak tua gan emoticon-Angkat Beer


Quote:


jadi ingat F-22 setelah baca komen agan emoticon-Big Grin


Quote:


bisa jadi juga gan, tapi next gen sepertinya akan lebih rumit karena punya kemampuan terbang otonom. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


untuk ke tahap itu masih panjang gan, btw jadi ingat PD2; dimana setiap pesawat pembom punya senjata pertahanan di ekornya. kalau sekarang sudah jarang ada.


Quote:


merasa masih perlu punya pesawat dengan kemampuan angkut berat gan, dibanding B-1B dan B-2 yang agak ribet perawatannya. mempertahankan B-52 adalah pilihan tepat emoticon-Big Grin



Quote:


Indonesia udah kena bom tik tok gan


Quote:


bisa gan, tapi untuk kasus B-52 harus ada pembuatan tempat mesin baru untuk pemasangan mesin Roll-Royce.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


padahal Avro Vulcan Inggris desainnya bagus, salah satu desain favorit, sayangnya udah pensiun gan emoticon-Berduka (S)


Quote:


awet muda gan emoticon-Big Grin


Quote:


efisien bisa jadi faktornya gan, dibanding pembom B-1B dan B-2; untuk perawatan B-52 tidak terlalu rumit. karena desainnya tidak jauh beda dengan pesawat komersial.

alasan insinyur zaman dulu lebih pro juga ada benarnya, karena sudah beberapa kali USAF menghidupkan kembali B-52 dari kuburan pesawat Boneyard. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
Paling ujung ujung nya 2040an dihibahinemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Segera Dipasangi Mesin dan Radar Baru, B-52 Stratofortress Bisa Terbang Sampai 2050

Alkisah pada saat acara seremonial pensiunnya B-2 Sprit terganggu dengan latihan rutin B-52 ...

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
jadi ditugaskan sbagai truck hioersonic rupanya ...krena kmaren ujicoba peluncuran AGM-158 JASSM dan AGM-183A kduanya belum sukses ...mungkin stelah upgrade bisa ...mungkin ...

selfie eh ...pose dulu deh ...emoticon-Big Grin

Segera Dipasangi Mesin dan Radar Baru, B-52 Stratofortress Bisa Terbang Sampai 2050
profile-picture
profile-picture
69banditos dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


perih tapi tak berdarah gan liat pic nya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gepyan dan 69banditos memberi reputasi
Buat ngelawan china di Pasifik katanya.
Mana bisa terbang jauh, coverage areanya bisa ribuan mil persegi
Tinggal bawa rudal jelajah aja buat hit kapal perang china.
Mana ni si mbah bisa gotong banyak lg.
Satu mbah paling gak bs tu nenggelamin 2 kapal china.
profile-picture
gepyan memberi reputasi


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di