KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
BERALIH KE KOMPOR LISTRIK, PARA IBU RUMAH TANGGA SUDAH SIAP KAH?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6330f1b17b716b635600f107/beralih-ke-kompor-listrik-para-ibu-rumah-tangga-sudah-siap-kah

BERALIH KE KOMPOR LISTRIK, PARA IBU RUMAH TANGGA SUDAH SIAP KAH?

Ramai netizen membahas wacana peralihan (konvensi) bahan bakar dari minyak bumi dan gas alam ke tenaga listrik. Pertanyaannya, sudah siapkah Indonesia?

Dilihat dari teknologinya; apakah ketersediaan listrik di Indonesia sudah mampu memenuhi kebutuhan listrik bagi penggunaan tenaga listrik terutama untuk keperluan domestik. Apakah PLN selaku pensupply listrik tunggal di Indonesia sudah memastikan, bahwa teknologi kelistrikan mereka tidak lagi byar pet alias sering mati listrik, yang bahkan untuk beberapa wilayah menjadi langganan mati listrik.
Dan jika dilihat dari daya ekonomi masyarakat Indonesia; apakah sudah mampu menambah alokasi dana bulanan untuk listrik.

Saya sebagai IRT, ga mau membahas tentang mobil listrik dulu; karena saya belum punya emoticon-Frown , jadi rasanya ga adil aja kan membahas sesuatu yang saya sendiri belum merasakan. Sudah setahunan saya punya kompor listrik di rumah. Ada 2 jenis kompor listrik; yang induksi dan yang infrared. Setelah cekricek; kompor induksi ditengarai mengeluarkan radiasi yang besar dan tidak baik untuk kesehatan. Makanya saya pilih yang infrared merk Modena
Kompor yang saya beli ini harganya 5 jutaan, ya agak lumayan memang harganya. Listriknya 1 tungku ketika dihidupkan dalam kondisi maksimal itu 2200 watt.
BERALIH KE KOMPOR LISTRIK, PARA IBU RUMAH TANGGA SUDAH SIAP KAH?

Kebayangkan jika 2 tungku dihidupkan berbarengan. Jadi ya memang hanya saya pakai untuk masak yang ringan karena memang saya tempatkan di dapur bersih. Misal masak mie instan, ceplok telur kalau pagi-pagi mau sarapan, mentok nasi goreng, masak air klo lagi mau seduh kopi atau teh saat ada tamu (noted: saya tidak punya dispenser). Kalau untuk keperluan masak sehari-hari saya masih menggunakan kompor gas. Karena saya suka masak rendang, pepes ikan mas sampe durinya lunak, dan aneka olahan khas Indonesia yang memakan waktu lama untuk memasak. Dan perlu dicatat, bahwa peralatan masaknya pun tidak sama, butuh peralatan masak yang menggunakan elemen tertentu, dan bentuk pantat alat masak yang melebar bukan cekung seperti wajan yang biasa digunakan selama ini. Dan harga peralatan masak ini pun tidak murah.

Lalu untuk biaya pemakaian listriknya, hmmm... Karena saya jarang menggunakannya, jadi ga terlalu signifikan melonjak. Beda kalau saya benar-benar sudah full menggunakan komplis ini. Jadi kompor listrik di rumah saya, masih sebagai gaya hidup yang gaguna keknya.

Balik lagi ke kesiapan pemerintah untuk ketersediaan pasokan listrik. Konon, justru karena kelebihan pasokan listrik
ESDM Akui Program Kompor Listrik Siasati Kelebihan Pasokan PLN

BERALIH KE KOMPOR LISTRIK, PARA IBU RUMAH TANGGA SUDAH SIAP KAH?

Saya yang hanya makemak bau kunyit, cukup heran dengan cara "mensiasati" kelebihan pasokan listrik, kenapa tidak dimaksimal untuk daerah terpencil. Atau turunkan produksi, bukan malah terus membangun PLTU di tengah kelebihan pasokan listrik yang dianggap membebani negara. Tapi, ya saya hanya bisa menyuarakan "rintihan" para mak.di dapur kalau harus menggunakan kompor listrik, biaya hidup akan semakin bertambah menghimpit kami.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Mmm anu... yg belum siap pedagang makanan keliling spt bakso, nasigoreng, mie ayam dan sate. Selain bawa dagangan harus siap juga upgrade gerobaknya buat bawa tiang listrik keliling emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drkhntr3ss dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 43 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 43 balasan
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi

Kompor yang saya beli ini harganya 5 jutaan, ya agak lumayan memang harganya. Listriknya 1 tungku ketika dihidupkan dalam kondisi maksimal itu 2200 watt

Apa dayaku yang UMR 2 jt dan listrik 900
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
kwkwkw sekarang kelebihan listrik kata nya... entar klo udah migrasi ke kompor listrik jadi kekurangan listrik..... kenapa si.. ko kita ini kaya buat bercanda aja sama pembuat kebijakan... dulu tungku kayu d ganti kompor minyak/sumbu, trus karena gas elpiji berlebih d suruhlah kita konversi ke gas, trus skrg listrik berlebih di suruh lah pake kompor listrik, sampe bagi2 gratis sgala..... gajelas...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drkhntr3ss dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Harga alat mahal, listrik besar (watt kecil, lama panas), ga cocok sebagian alat dapur (kuali, teflon, marble, dll), nanti TDL (pasti) naik.. emoticon-Ngakak (S)

Bakal butuh naik daya. Mau ganti pk kompor listrik, pake kendaraan listrik, pas ud ngikut, TDL (disesuaikan) naik. Alasan: subsidi listrik membebani APBN

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drkhntr3ss dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Waw siap2 tagihan listrik bakalan membengkak nih kalo pake komvor listrick
emoticon-Ngakak
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
harus dikaji ulang untuk penggunaan kompor listrik ini,, kasihan rakya kecil, sdh susah ditambah biaya lebih utk bayar listrik
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Quote:


Apakah situasi akan sama seperti saat peralihan minyak tanah ke gas ? Mulanya harga gas murah tapi sekarang jadi mahalll
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan hatiyanghancur memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Apakah ini tanda - tanda LPG akan dihapus ?
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan hatiyanghancur memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bener bun...mmng lebih bersih..tp daya listriknyq gede bgt..sy pake daya dirmh 1200w..kl pake yg beginian bisa2 jepret trs mcb dirmh krn ga kuat dayanya..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
listrik siap2 naek bor
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Waedan pake pulsa bkalan nyala terus alarm e
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan 2 lainnya memberi reputasi
gak untuk kaum yang token listriknya masih sering bunyi taaat tuuut taaat tuuut.....

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan JenarGering memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pertanyaan nya adalah jenis kompor listrik yang gimana dari pemerintah?
Klo modena sih ga mungkin deh baik dari sisi pemerintah maupun rakyat..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan indrastrid memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
alamat marak maling listrik enih klo ngg di persiapkan dengan matang emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan indrastrid memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Instalasi rumah tangga banyak yg masih pake kabel kecil, dibawah standar. Pengalaman bbrp tahun pake kompor induksi, minimal pake kabel 2.5mm, atau siap2 kebakaran..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalo mau ngasih kompor, sekalian dong kasih penci sama wajan khusus kompor listrik..
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan indrastrid memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
masak kompor listrik yg udah punya bisa ditaeikin kagak ya suhunya misal pengen api kecil atau sedang gitu, trs klo masak mie lebih lama apa sama aja sma kompor gas, ters tagihan listrik membengkak kagak ya, klo tukang servisnya ada kagak klo kompor listrik rusak, itu kalo mati lamu ya kagak bisa masak juga ya, tambah ribet atau gak kalo kenceng yg bulet pasti goyang2 harus beli kenceng yg datar, lah kalo masak rendang daging atau bikin kupat pake kenceng gede ya repot kalo gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
bijimane jadinya bagi yang listiknya masih 900...???
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di