KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6330ebb519754b75833bd2fc/kasus-tewasnya-editor-metrotv-yang-masih-sebentuk-teka-teki-seninmisteri

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Quote:


Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri


Pada hari selasa tanggal 7 Juli 2020, jam 2.21 siang. Yodi Prabowo mendatangi sebuah toko perkakas yang bernama Ace Hardware, yang terletak di kawasan Rempoa, Tangerang Selatan, untuk membeli sebilah pisau. Setelahnya, Yodi menuju ke tempat dia bekerja, karena hari itu dia kebagian shiftsiang yang dimulai dari jam 3 sore hingga jam 10.30 malam.

Dan hari itu, adalah hari terakhir Yodi bekerja.

Keesokan harinya pada jam dua dini hari, motor milik Yodi ditemukan di jalan tol JORR Pesanggrahan, Jakarta Selatan, oleh para warga yang sedang melakukan ronda malam. Karena tidak diketahui pemiliknya, motor milik Yodi tersebut digelandang ke kantor polisi terdekat.

Dua hari kemudian pada tanggal 10 Juli 2020, jam 11 siang. Tiga orang anak kecil yang sedang bermain layangan, menemukan sesosok mayat dengan posisi tertelungkup di pinggir jalan tol JORR Pesanggrahan, Jakarta Selatan, tidak jauh dari tempat motor milik Yodi ditemukan. Sekitar sepuluh menit kemudian, polisi tiba di TKP dan mengidentifikasi mayat tersebut sebagai Yodi Prabowo, News Video Editor MetroTV.

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Mayat korban kemudian dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk menjalani proses otopsi. Dari proses otopsi tersebut diketahui bahwa korban diperkirakan meninggal antara jam 12 malam hingga jam dua dini hari. Korban mengalami lima luka tusukan, satu luka tusukan di bagian leher, dan empat luka tusukan di bagian dada sebelah kiri. Tiga luka tusukan yang terdapat di bagian dada sebelah kiri hanya sedalam sekitar 2 cm, dan satu tusukan sedalam 12 cm. Namun, luka di bagian leherlah yang menyebabkan korban meninggal. Selain itu, korban juga mengalami luka lebam di bagian tengkuk sebelah kiri. Dan dokter Spesialis Forensik yang bernama Arif Wahyono mengatakan bahwa korban ternyata mengkonsumsi narkoba berjenis Amphetamine.

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Pihak kepolisian sendiri kemudian melakukan penyelidikan di TKP. Mereka menemukan barang-barang milik korban seperti satu unit motor dengan nomor polisi B 6750 WHC, hape, tas, dompet, uang senilai 40 ribu rupiah, KTP, NPWP, ATM, tiga lembar STNK, helm, serta jaket. Dan dengan melibatkan anjing pelacak, sebilah pisau yang diduga digunakan untuk menghabisi nyawa korban, ditemukan di balik tubuhnya. Pihak kepolisian juga memeriksa rekaman CCTV yang terdapat di jalan tol JORR, namun sayangnya kualitas rekaman tersebut tidak terlalu bagus dan cenderung buram, karena diambil pada malam hari dan terlalu jauh dari TKP.

Selain itu, pihak kepolisian meminta keterangan dari 34 orang saksi yang terdiri dari keluarga korban, kekasih korban, teman-teman dekat korban, rekan kerja korban, dan bahkan warga yang tinggal di sekitar tempat mayat korban ditemukan. Salah seorang saksi mengatakan bahwa korban sempat berhalusinasi melihat makhluk halus. Dan salah seorang saksi lainnya mengaku bahwa dia mengetahui siapa yang menjadi pelaku pembunuhan terhadap korban, walaupun masih sebatas asumsi.

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Dan setelah mayat korban menjalani proses otopsi, keesokan harinya pada tanggal 11 Juli 2020, jenazah Yodi Prabowo dimakamkan di TPU Sandratex, Ciputat.
Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
Kekasih korban mengaku bahwa korban sering memberikan pertanyaan kepadanya,

Quote:


Pertanyaan tersebut mengindikasikan dua hal. Korban memang berniat untuk melakukan bunuh diri, atau korban seakan-akan sudah bisa memprediksi bahwa akan ada sesuatu hal yang buruk yang akan menimpanya, dibunuh oleh seseorang misalnya.

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Pihak kepolisian mengambil kesimpulan bahwa korban melakukan bunuh diri, mengingat adanya barang bukti sebilah pisau yang ditemukan di dekat korban yang diduga digunakan untuk melakukan bunuh diri, dan barang bukti sebuah rekaman CCTV yang memperlihatkan bahwa korban diketahui membeli sebilah pisau disalah satu toko perkakas.

Namun, kedua barang bukti tersebut tidak serta-merta menjadi bukti yang menyatakan bahwa korban memang melakukan bunuh diri. Karena terdapat beberapa kejanggalan yang sepertinya patut untuk dipertanyakan.

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Pihak kepolisian kemudian mengubah dugaan awal mereka dan menyimpulkan bahwa korban dibunuh oleh seseorang. Lantas, hal apa yang menunjukkan indikasi bahwa Yodi Prabowo adalah korban pembunuhan?

Quote:

Quote:
Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
Pembunuhan yang terjadi pada korban tentu saja bukan bermotif perampokan, karena barang-barang milik korban masih utuh, dan tetap pada tempatnya. Dari semua sumber yang digunakan, pihak kepolisian tidak menyebutkan tentang motif tertentu yang membuat korban kehilangan nyawanya. Namun, kita akan mencoba untuk sedikit mengulasnya disini.

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Jika pihak kepolisian menyimpulkan bahwa korban melakukan bunuh diri karena mengalami depresi, dan berdasarkan hasil otopsi bahwa korban diketahui mengkonsumsi narkoba berjenis Amphetamine, seorang Psikolog Forensik yang bernama Reza Indragiri Amriel mengatakan bahwa korban kemungkinan mengalami potensi komorbiditas. Dimana kondisi korban yang saat itu sedang mengalami depresi, kemudian mengkonsumsi Amphetamine, maka saat itu korban bisa saja memiliki keinginan yang kuat untuk melakukan bunuh diri.

Amphetamine merupakan obat stimulan sistem saraf pusat yang digunakan untuk menangani Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan narkolepsi. Amphetamine akan membuat penggunanya untuk bisa lebih fokus dalam melakukan aktifitasnya. Namun, dari berbagai efek samping yang akan muncul dalam penggunaan Amphetamine dan perlu untuk digarisbawahi adalah, Amphetamine bisa menyebabkan penggunanya merasa gugup, gelisah, mengalami perubahan suasana perasaan, halusinasi, dan muncul keinginan untuk menyakiti diri sendiri, atau bunuh diri.

Dari salah satu sumber dikatakan bahwa korban menjalani beberapa tes yang dilakukan atas keinginannya sendiri, dan salah satunya adalah tes HIV. Dari hasil pemeriksaan laboratorium menyatakan bahwa dalam tes HIV korban dinyatakan negatif, sedangkan dalam tes lainnya korban dinyatakan positif. Jika dikaitkan dengan Amphetamine yang dikonsumsi oleh korban sebelum dia meninggal, maka bisa saja korban menderita sebuah gangguan sistem saraf yang mengharuskannya untuk mengkonsumsi Amphetamine secara rutin, dan penggunaannya harus berdasarkan resep dokter dan tidak boleh sembarangan. Ini berarti, korban tidak mendapatkan narkoba berjenis Amphetamine tersebut secara ilegal.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa, ketika Amphetamin sedang bekerja dengan baik, maka korban bisa melakukan segala aktifitasnya juga dengan baik, termasuk mengedit empat program MetroTV seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya. Namun, ketika efek samping dari penggunaan Amphetamine muncul, maka adalah hal yang masuk akal jika korban benar-benar melakukan bunuh diri.

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Jika pada kenyataannya korban dibunuh oleh seseorang, maka hal yang mendasari pelaku untuk membunuh korban adalah pelaku kemungkinan memiliki dendam terhadap korban, atau pelaku merasa sakit hati dengan sikap dan/atau perkataan korban.

Beberapa rekan kerja korban mengakui bahwa korban memiliki kinerja yang baik, cekatan, kalem, tidak banyak bicara, baik, humble, ramah, produktif, memiliki semangat dalam bekerja. Kita akan bisa berpikir bahwa rasanya tidak mungkin jika korban yang memiliki pembawaan seperti itu, akan memiliki musuh. Tapi kita tetap tidak akan mengetahui seperti apa social circle yang dimiliki oleh korban sebenarnya, secara luas dan menyeluruh. Apalagi kekasih korban mengatakan bahwa korban sempat ingin meminta waktu untuk bercerita tentang masalah yang dihadapinya. Kita tidak akan tahu masalah apa yang sedang dihadapi oleh korban, namun hal tersebut bisa jadi merupakan masalah yang berasal dari social circle yang korban miliki.

Salah satunya, dan jika berdasarkan pemberitaan media tentang korban yang sering menyebutkan keberadaan dua orang wanita, yaitu seorang rekan korban berinisial "L" yang diketahui memiliki perasaan terhadap korban, dan kekasih korban itu sendiri. Maka, kita bisa mengambil sedikit kesimpulan bahwa salah satu dari kedua wanita tersebut bisa saja ada yang merasa sakit hati dengan korban. Wanita lain yang mungkin merasa sakit hati karena ditolak oleh korban, atau kekasih korban sendiri yang mungkin merasa sakit hati karena ada wanita lain selain dirinya yang mencintai korban.


bersambung ke #2....

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
Sekian, dan terimakasih.

*
*
*
*
*

sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5, sumber 6, sumber 6, sumber 7, sumber 8, sumber 9, sumber 10, sumber 11, sumber 12, sumber 13, sumber 14, sumber 15
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ianer dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Seorang kriminolog menilai bahwa pelaku yang diduga berjumlah lebih dari satu orang, merupakan orang dekat yang mengenal korban. Pelaku mengetahui aktifitas rutin yang dilakukan oleh korban, kebiasaan korban, dan profesi korban. Atau, bisa saja pelaku merupakan orang suruhan yang tidak mengenal korban, namun mereka mendapatkan informasi tentang korban dari orang dekat yang mengenal korban alias dalang atas pembunuhan yang terjadi terhadap korban. Menurut kriminolog tersebut, kasus pembunuhan terhadap korban bersifat sensitif atau emosional, yang berkaitan antara korban dan pelaku, yang pada akhirnya muncul rasa sakit hati.

Dengan begitu, pihak kepolisian akan dengan mudah menetapkan seseorang sebagai terduga pelaku pembunuh korban yang berada dalam social circle yang dimiliki oleh korban, dan terhubung dengan korban dalam waktu 30 hari terakhir misalnya.

Quote:

Quote:

Quote:
Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
Berdasarkan barang bukti dan keterangan yang didapatkan oleh pihak kepolisian, serta berdasarkan informasi yang disuguhkan oleh berbagai media, korban hanya diketahui mendatangi sebuah toko perkakas pada siang hari, dan tiga hari kemudian korban ditemukan sudah tidak bernyawa di jalan tol JORR Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Namun, berdasarkan pembahasan dari hal-hal di atas, maka kronologi secara singkatnya kira-kira bisa digambarkan seperti ini.

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri

Pada hari selasa tanggal 7 Juli 2020, jam 2.21 siang, korban mendatangi sebuah toko perkakas yang terletak di kawasan Rempoa, Tangerang Selatan, untuk membeli sebilah pisau. Setelahnya, korban pergi untuk bekerja.

Pada jam 10.30 malam, korban bisa dipastikan berencana untuk pulang ke rumah. Namun, para pelaku yang sudah menunggunya, kemudian membuntutinya begitu korban keluar dari kantor MetroTV. Korban mungkin diarahkan oleh pelaku menuju ke tempat dimana dia akan dihabisi oleh pelaku.

Setelah korban dihabisi dan dengan menggunakan motor milik korban, kedua pelaku membawa korban ke tempat dimana dia ditemukan oleh warga. Korban kemudian dibuang dengan cara ditelungkupkan, motornya digeletakkan di pinggir jalan tol, dan kedua pelaku kembali ke tempat mereka dengan berjalan kaki.

Dan dua hari kemudian pada tanggal 10 Juli 2020, jam 11 siang, mayat korban ditemukan oleh warga.
Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
Kasus pembunuhan terhadap Editor MetroTV ini sepertinya membuat bingung banyak pihak. Disatu sisi, banyak pihak yang meyakini bahwa korban melakukan bunuh diri. Tapi di sisi lain, juga banyak pihak yang meyakini bahwa korban dibunuh oleh seseorang. Kedua dugaan yang berbeda tersebut tentu saja berdasarkan barang-barang bukti yang ditemukan.

Apalagi pihak kepolisian pun sempat meralat dua hal. Pada awalnya, mereka menduga bahwa korban melakukan bunuh diri, namun dugaan tersebut kemudian diubah, bahwa korban merupakan korban pembunuhan. Kemudian tentang salah satu luka yang dialami oleh korban. Pada awalnya, mereka menduga bahwa luka lebam yang terdapat di bagian tengkuk sebelah kiri korban merupakan luka penganiayaan dengan senjata tumpul sebelum korban dibunuh dengan senjata tajam. Namun, dugaan tersebut kemudian diubah, bahwa luka lebam tersebut dikarenakan tubuh korban yang memang sudah membusuk. Namun, dibalik perubahan kedua hal tersebut, pihak kepolisian menemukan sedikit titik terang. Sidik jari terduga pelaku menempel pada sebilah pisau yang digunakan untuk menghabisi nyawa korban.

Hingga saat ini, belum ada kabar terbaru tentang kasus pembunuhan yang sudah berumur lebih dari dua tahun ini. Kita tidak tahu, apakah pihak kepolisian masih berusaha untuk mengusut kasus ini, atau kasus ini akan memiliki nasib yang sama dengan kasus-kasus pembunuhan lainnya, seperti kasus pembunuhan remaja di Bogor dan kasus pembunuhan bocah di Sukabumi misalnya?

Kita semua pastinya memiliki harapan yang sama. Setiap kasus kriminal pada umumnya, dan setiap kasus pembunuhan pada khususnya, bisa diusut hingga tuntas, hingga pelaku bisa menerima hukuman yang setimpal berdasarkan perbuatan yang dilakukannya, agar bentuk keadilan bisa ditegakkan. Namun, saat ini, kasus pembunuhan ini masih belum bisa terpecahkan.

Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
Kasus Tewasnya Editor MetroTV yang Masih Sebentuk Teka-teki #SeninMisteri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembogspeed dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Bukan requestan user manapun, cuma sekedar ide ketika nonton Mata Najwa di YT
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Mestinya gw banyakkin upload foto kasusnya ya, bukan cuma banyakkin tulisannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
yes masih abu2 bor
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Kyk kasus akseyna ya masih ga ada titik terang siapa pelakunya emoticon-Turut Berduka
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Masih abu abu
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Daripada bingung tanya Sambo aja napa?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hmmm begitu rupanya
profile-picture
apelblangsak memberi reputasi
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 31 balasan
olah tkp menemukan motor bukannya motornya sudah dibawa ke kantor polisi oleh masyarakat,
menemukan pisau dibalik tubuh dibantu anjing pelacak.buset dah tu mayat tinggal dibalik masuk harus pake anjjing
profile-picture
apelblangsak memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Motif cemburu

Coba tangkap mantan lelaki punya cew nya
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
"Jika korban melakukan bunuh diri, mengapa dia memilih pinggir jalan sebagai tempat untuk melakukan bunuh diri? Bagaimana jika seseorang yang sedang melintasi jalan tersebut melihatnya akan ataupun sedang melakukan bunuh diri? Dan mengapa dia harus repot-repot terlebih dahulu memasang helm dan sepatu, serta membawa tas selempang?" bahkan di tanah kusir, dipinggir jalan, ada orang gantung diri di pohon. jadi gak menutup kemungkinan orang bunuh diri di tempat keramaian
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebenarnya cukup 1 kejanggalan saja untuk menyatakan bahwa itu bukan kasus bunuh diri. Yg membuat kasus ini unsolved adalah tidak adanya saksi mata dan motifnya masih abu-abu. Rumit nih kasus sampai belum terpecahkan selama 2 tahun.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lengkap bener tritnya emoticon-Genit

Gw setuju sih kalau korban dibunuh di tempat lain, cuma nambahin aja, mungkin dibunuh dengan cara digorok lehernya di tempat lain, posisi mayat dipindahkan udah ga keluar darahnya, terus ditambah lagi luka tusuk di dada di lokasi penemuan mayat, entah apa motifnya, tapi kayaknya karena pelaku murka sama korban, jadi tusuknya membabi buta, terbukti ada luka yang cuma 2 cm.
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Apapun itu, semoga segera berhasil selesai proses pemeriksaannya.

Yg bersalah di adili, keluarga korban diberikan penghiburan.

emoticon-Toast
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dia habis ngedit berita apa?
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
luka akibat pembunuhan jalanan sangat berbeda dengan luka bunuh diri, luka pemberontakan pasti sangat berbeda, minimal di lengan dan telapak tanganya ada tanda tanda pergumulan, di tkp ada yang namanya jejak cipratan darah yang ga bisa boong, jika luka pergumulan pasti titik darahnya pasti ditemukan berbeda2 di lokasi, dan pasti ada teriakan yg otomatis akan mengundang orang ramai, apalgi dibunuhnya hanya dengan pisau, kalau darahnya hanya di satu titik besar kemungkinanya bunuh diri, lacak pisau yg ada di tkp dengan yg dia belanja di ace harware gampang, apalagi korba katanya baru beli itu piso, part numbernya gampang banget kelacak, jika pisau yg ditemukan di tkp klop dengan pisau yang dia belanja 100% pasti bunuh diri, entah bagaimana dia bisa 4 kali tikaman kalau dalam pengaruh aphetamin gw rasa ga sulit untuk menghilangkan rasa sakit dibawah pengaruh obat obatan
profile-picture
thedarka7x memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di