KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menagih Utang Tidak Sopan Dapat Dipidanakan, Apakah Adil Bagi Pemberi Pinjaman?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6330e169c8dea659d8139982/menagih-utang-tidak-sopan-dapat-dipidanakan-apakah-adil-bagi-pemberi-pinjaman

Menagih Utang Tidak Sopan Dapat Dipidanakan, Apakah Adil Bagi Pemberi Pinjaman?

Menagih Utang Tidak Sopan Dapat Dipidanakan, Apakah Adil Bagi Pemberi Pinjaman?
Menagih utang dapat berujung hukuman pidana jika dilakukan dengan tidak sopan, apakah ini adil bagi pemberi pinjaman?


Utang piutang, sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi banyak orang terutama orang-orang yang sering memberikan pinjaman kepada orang lain tetapi tidak kunjung dikembalikan atau dibayar.

Masalah utang piutang bisa membuat antara satu orang dengan orang lain saling bermusuhan, bahkan tidak jarang juga membuat sebuah hubungan pertemanan atau keluarga hancur berantakan.

Karakter orang yang berutang sendiri memang cukup beragam GanSis, ada orang-orang yang membayar utang sesuai perjanjian dan waktu yang ditentukan, ada pula orang yang sulit membayar utang bahkan sampai berani memaki-maki atau berbuat jahat kepada pemberi pinjaman saat ditagih untuk membayar utang.

Tidak jarang gara-gara urusan utang piutang terjadi percekcokan antara orang yang memiliki utang dengan penagih utang GanSis, entah itu yang menagih utang adalah yang memberikan pinjaman secara langsung, atau menggunakan jasa penagih utang yang sering disebut dengan dept collector karena orang yang memiliki utang sulit untuk ditagih.

Pandangan terhadap seseorang yang berprofesi sebagai debt collector yaitu bersifat tegas, tidak segan-segan untuk memberikan ancaman kepada orang yang sulit untuk membayar utang agar segera membayar utang GanSis. Itulah sebabnya banyak orang merasa ngeri jika harus berurusan dengan debt collector.


Menagih Utang Tidak Sopan Dapat Dipidanakan, Apakah Adil Bagi Pemberi Pinjaman?


Jasa debt collectorsendiri sebenarnya bisa dikatakan sangat membantu GanSis, dengan adanya debt collector diharapkan utang yang dipinjam bisa segera dibayarkan oleh pemilik utang.

Adapun yang menjadi masalah saat ini, menagih utang dengan cara tidak sopan seperti melakukan makian atau memberikan ancaman dapat terjerat kasus hukum pidana dengan hukuman penjara selama 6 tahun dan denda Rp. 1 milyar, sebagaimana dasar hukumnya yaitu Pasal 27 ayat 4 jo Pasal 45 ayat 4 UU ITE.

Bukan hanya itu, menagih utang dengan menyebarkan data pribadi pemilik utang juga bisa dihukum lebih berat, yaitu hukuman penjara 9 tahun dengan denda 3 miliar rupiah sebagaimana dasar hukumnya 32 ayat 2 jo pasal 48 ayat 2 UU ITE.

Menagih utang secara tidak sopan dengan dasar-dasar hukum di atas adalah bentuk hukuman bagi orang yang menagih utang di media sosial dengan tidak sopan seperti memaki, memgancam, atau bahkan menyebarkan data pribadi dari pemilik utang. Maka dari itu Agan dan Sista harus berhati-hati saat menagih utang.


Menagih Utang Tidak Sopan Dapat Dipidanakan, Apakah Adil Bagi Pemberi Pinjaman?


Adanya aturan hukum tersebut membuat banyak orang merasa pro dan kontra GanSis. Sebagian orang mengatakan bahwa aturan dan undang-undang tersebut tidak adil bagi pemberi pinjaman karena diketahui seringkali orang yang memiliki utang lebih galak dari orang yang memberikan pinjaman atau utang.

Fakta lain dari masalah utang piutang, diketahui bahwa biasanya orang yang memiliki utang lebih galak dari yang menagih utang, inilah yang membuat banyak warganet merasa bahwa aturan undang-undang tersebut kurang tepat jika isinya melarang orang yang menagih utang untuk memaki atau memberikan ancaman dan harus bersikap sopan saat menagih utang.

Jika menagih utang dengan menggunakan makian dan ancaman saja belum pasti utang akan dibayarkan, bagaimana jika menagih utang dilakukan dengan sopan. Pemikiran inilah yang membuat warganet mengambil kesimpulan terhadap adil atau tidaknya aturan hukum dan undang-undang tersebut di atas.


Menagih Utang Tidak Sopan Dapat Dipidanakan, Apakah Adil Bagi Pemberi Pinjaman?


Itulah GanSis pandangan warganet terhadap adil atau tidaknya aturan undang-undang yang mewajibkan pemberi utang bersikap sopan saat menagih utang.

Melihat adanya aturan yang dianggap merugikan pemberi pinjaman ini tentunya dapat dijadikan sebagai pelajaran bahwa alangkah lebih baik untuk tidak memberikan pinjaman dari pada Agan dan Sista harus mendapatkan balasan buruk atas niatan baik memberikan pinjaman kepada orang lain yang membutuhkan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai himbauan bagi Agan dan Sista semua.


Gambar Sensitif
Menagih Utang Tidak Sopan Dapat Dipidanakan, Apakah Adil Bagi Pemberi Pinjaman?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4, 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
verdandigr dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
emoticon-Matabelo menurut kalian gimana nih GanSis?
profile-picture
hasbi93 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Bingung kayaknya agak gak adil untuk yang memberi pinjaman utang ya, karena biasanya yang ditagih lebih galak
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
emoticon-Ngakak kalau nagihnya sopan banget pasti seabad gak dibayar
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Utang piutang lagi,,,, dibiasakan kalo utang pakai jaminan. Jamin in bini nya kek, kan mayan kalau jatuh tempo.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
yang hutang kalau tidak sopan ya harus bisa di pidanakan juga.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Makanya saya gk mau ngutangin orang emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
legian dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Matabeloiya, harusnya ada pidananya ya

Quote:
emoticon-Matabelolwbih baik gitu dari pada bermasalah gan
Kalau sdh dikasih tenggang bayar tapi gak maw bayar berarti ?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Harusnya bagi yg berhutang pun di berlakukan hukuman yg sama ... Ga mampu bayar, msuk penjara ... Itu baru adil.
profile-picture
profile-picture
wesly771 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Matabelogimana? Lunas?

Quote:
emoticon-Matabeloiya, bukannya malah dibebaskan buat gak bayar ya
serba salah yaa emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
ngutangin sodara sendiri aja pikir 10x karena bisa bikin hubungan renggang, tapi juga serba salah kalau gak ngutangin, lebih baik kalau ada rejeki lebih dikasih saja. Dan tentu saja ngutangin orang lain perlu mikir 1.000.000 x lipat dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
legian dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
pancing pemberi pinjaman marah2 kaga sopan biar hutangnya bisa lunas tanpa bayar bor
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Kalo teman pinjam, mending kasi seiklas nya kita dan gak usah di kembalikan ato di tagih
Itu lebih tenang buat ane
profile-picture
profile-picture
legian dan masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Quote:
emoticon-Matabelobwtul banget itu gan, dari pada nantinya repot ya

Quote:
emoticon-Cape d...heeeh malah kayak gitu

Quote:
emoticon-2 Jempolsetuju banget
Yaudah ane milih mending gk usah ngasih pinjem duit sama siapapun.
Emang gk ada hal lebih dan lebih penting lg sehingga harus didahulukan dibuat undang2nya daripada ngurusin utang piutang org lain??
profile-picture
profile-picture
legian dan masnukho memberi reputasi
Diubah oleh gvia
Ini memang sedang proses filtrasi debitur, Kedepannya bakal lebih mudah untuk seleksi debitur yang layak untuk diberikan pinjaman, Tinggal krediturnya kuat gak di pendanaannya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
pard0 dan masnukho memberi reputasi
harusnya sih minta baik baik
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Susah amat hidup klean. Kayak orang kismin aja.
Mereka butuh duit?
Kasih.... minta berapa...
Duit monopoli murah kok

emoticon-Traveller
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh capslock.on
Quote:
emoticon-Ngakakentahlah ane juga gak paham

Quote:
emoticon-Matabeloane gak paham gan
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di