KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Mau Jadi Peternak Kambing? Ini Dia Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6330df0a3cbbb1424172efff/mau-jadi-peternak-kambing-ini-dia-beberapa-hal-yang-harus-dipersiapkan-terlebih-dulu

Mau Jadi Peternak Kambing? Ini Dia Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dulu

Mau Jadi Peternak Kambing? Ini Dia Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dulu
Punya keinginan untuk menjadi peternak kambing?
Persiapkan terlebih dahulu beberapa hal ini sebelumnya


Menjadi peternak kambing, mungkin bagi sebagian orang merupakan sebuah profesi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya karena satu dan lain alasan.

Meskipun beternak kambing menjadi salah satu profesi yang cukup anti mainstream khususnya bagi para anak-anak muda zaman sekarang, karena memang menjadi seorang peternak lebih dianggap sebagai profesi kuno, tidak keren, dan kurang menjanjikan.

Anggapan peternak kambing sebagai profesi yang tidak keren dan kurang menjanjikan tentu itu tidak sepenuhnya benar GanSis, sebab banyak peternak-peternak kambing yang hidupnya berkecukupan hanya dari mengandalkan profesinya dari mempelihara dan melakukan jual beli kambing saja.

Kambing sendiri merupakan salah satu jenis hewan ternak yang dapat dikatakan selalu banyak peminatnya, mulai dari digunakan sebagai bahan beberapa makanan khas Indonesia, dikhususkan untuk acara aqiqah, atau juga diburu saat momen idul Adha untuk berkurban.

Melihat masih dibutuhkannya hewan ternak kambing tentu menjadi peternak kambing masih menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ditambah berternak kambing juga tidak terlalu sulit selagi memang Agan dan Sista memiliki ilmu untuk merawat ternak.

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang peternak kambing alangkah lebih baik jika Agan dan Sista mempersiapkan beberapa hal ini.


Mau Jadi Peternak Kambing? Ini Dia Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dulu


1. Ilmu dan Informasi

Pertama yang harus dipersiapkan saat akan menjadi seorang peternak entah itu beternak kambing atau jenis ternak apapun adalah niat, ilmu, dan informasi GanSis. Sebelum memutuskan untuk beternak maka alangkah lebih baik jika Agan dan Sista paham tentang ilmu cara merawat ternak, mengetahui tentang banyak informasi tentang peternakan mulai dari mendapatkan bibit hewan ternak, pakan ternak terbaik bisa dicari atau dibeli dimana, dan dijual kemana jika panen ternak.

2. Kandang Ternak

Sebelum membeli hewan ternak untuk dipelihara maka Agan dan Sista harus membuat kandangnya terlebih dahulu. Persiapkan kandang ternak sesuai dengan kebutuhan dan standar kandang yang bagus untuk ternak yaitu kandang yang menjamin kebersihan ternak, biasanya kandang yang bagus dan baik adalah kandang yang dapat memisahkan antara tempat untuk pakan, ternak, dan kotoran, karena jika ternak berada di satu tempat dengan kotorannya maka akan dapat mengakibatkan ternak mengalami penyakit kulit atau terkena virus yang disebabkan oleh kotorannya sendiri.

3. Memilih Ternak yang Bagus

Untuk menjadi peternak kambing tentu Agan dan Sista harus memiliki beberapa ekor kambing untuk dipelihara GanSis. Memilih kambing untuk dipelihara pun juga tidak bisa sembarangan, Agan dan Sista harus bisa memilih mana kambing betina yang sedang dalam masa produktif dan juga bisa melihat mana kambing yang sudah tidak masa produktif. Kambing yang masih dalam masa produktif bisa digunakan sebagai indukan, sedangkan yang sudah tidak produktif bisa dipelihara untuk digemukkan untuk dijadikan sebagai pedaging.

4. Memastikan Pakan dan Perawatan Baik

Memastikan pakan dan perawatan untuk ternak yang terbaik juga penting untuk Agan dan Sista lakukan saat menjadi seorang peternak. GanSis harus memastikan bahwa pakan ternak yang diberikan tidak berbahaya bagi ternak dan perawatan apa yang harus diberikan untuk ternak juga penting untuk diperhatikan.

Ada beberapa penyakit yang rawan menjangkiti hewan ternak GanSis, mulai dari penyakit kulit, penyakit flu ternak, atau yang akhir-akhir ini sedang heboh adalah virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Beberapa penyakit hewan ternak ini harus diperhatikan agar Agan dan Sista bisa mencegah atau mengobati jika ada ternak yang sakit.

Mau Jadi Peternak Kambing? Ini Dia Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dulu


Itulah GanSis beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat ingin menjadi seorang peternak kambing.

Beternak kambing sendiri tentu tidak bisa dianggap mudah GanSis, karena untuk merawat kambing juga membutuhkan perawatan dan penanganan khusus.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.


Mau Jadi Peternak Kambing? Ini Dia Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dulu


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dasiemsidas dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Ngakak kalau anak sekarang pasti gengsi lah ya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-Matabelo persiapkan semuanya terlebih dahulu sebelum jadi peternak kambing
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Matabelo cuannya lumayan kalau jelang idul Adha, tapi sayang tahun ini harga anjlok karena PMK
Retina kambing kenapa persegi panjang gan? Gak bulet kek sapi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hmmm

Ane sering liat gan, ada yg punya kambing tapi dilepasin gitu aja gan
sampe2 ke jalan2 warga dah tuh kambing

lebih gokielznya lagi , tuh kambing kok makan di tempat sampah, buset dan ngeri bgt, mana perutnya buncit bgt lagi


Awkowkwokwokwokwow


#SalamSehat#
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Menjadi peternak kalau berhasil juga bisa untuk membiayai kebutuhan hidup.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabelowalah dimana itu gan?

Quote:
emoticon-2 Jempolbetul banget itu gan
lokasiny strategis bor
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
baunya pasti prengus bre emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Di jaman sekarang yang paling laku ternak kambing hitam gan...

Ternak buaya darat masih banyak peminatnya...

Ternak kelinci percobaan gak terlalu rame...

Kayaknya ternak kupu-kupu malam bakal booming ke depan nya...

Yang stabil ternak lintah darat bisnis yang ga bakal sepi...
emoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
gitu ye gan
nice sharenya gan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
mimin jadi peternak kambing
pengen banget usaha peternakan tapi masih bingung pemasarannya.
adakah ilmunya gan?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Wah juragan kambing ini
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Harga kambing kalau menjelang lebaran menjadi bagus....
profile-picture
masnukho memberi reputasi
lahan juga perlu disiapkan. modalnya besar.

karena tidak bisa sembarang menaruh hewan ternak. ada kriteria dan aturannya juga.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-2 Jempolterima kasih

Quote:
emoticon-Matabelountuk pemasaran baiknya kerjasama sama orang yang masok kebutuhan daging di rumah makan atau peternakan lain gan

Quote:
emoticon-Maluaamiin Ya Allah
profile-picture
danQe memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabeloiya gab, lebaran idul Adha terutama

Quote:
emoticon-2 Jempolbetul, gak bisa di tengah pemukiman penduduk
Modal sih yang penting yak emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waktu kecil dulu sempet pelihara kambing.. Abis pulang sekolah nyari rumput di sawah.
Berisik banget kalo makanannya abis..emoticon-Wakaka
Paling ribet kalo dia kabur dari kandang, susah masukinnya.

Kalo hujan deres dan kedinginan biasanya masuk angin, harus disembeleh kalo masuk angin.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tambahin imunisasi emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di