KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Ikuti Jejak Indonesia dan Meksiko, Kolombia Pilih SIGMA 10514 Untuk Proyek Frigat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632e8df71317856c5e3661ae/ikuti-jejak-indonesia-dan-meksiko-kolombia-pilih-sigma-10514-untuk-proyek-frigat

Ikuti Jejak Indonesia dan Meksiko, Kolombia Pilih SIGMA 10514 Untuk Proyek Frigat

Quote:


Kabar baik datang dari Amerika Selatan, pasalnya Kolombia menyatakan telah memilih desain kapal SIGMA 10514 sebagai kapal frigat baru untuk Angkatan Laut Kolombia. Seajuh ini belum diketahui berapa banyak kapal yang akan dipesan Kolombia. Dipilihnya SIGMA 10514 oleh Kolombia, membuat negara tersebut pada akhirnya mengikuti jejak Indonesia dan Meksiko yang telah memilih desain kapal yang sama.

Mengutip artikel Naval News pada 23 September 2022, proses pembuatan kapal frigat tersebut akan melibatkan galangan kapal dalam negeri, yakni Cotecmar. Galangan kapal Cotecmar adalah sebuah perusahaan Grup Sosial dan Korporat Sektor Pertahanan GSED, selama 22 tahun mereka telah mengembangkan kemampuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Kolombia; untuk mendukung kegiatan maritim dan sungai melalui solusi teknologi yang termasuk desain dan konstruksi kapal yang mewakili manfaat industri dan teknologi penting bagi negara.

SIGMA 10514 adalah desain frigat modern yang memberikan keleluasan bagi para pembeli untuk membuat kapal sesuai kebutuhan angkatan laut masing-masing. Indonesia hanya memesan dua unit SIGMA 10514 sementara Meksiko memesan 8 unit. Dari spesifikasi ada perbedaan antara kapal pesanan Indonesia dan Meksiko, POLA Class Meksiko punya panjang 107 meter, lebar 14 meter, dan bobot 2.570 ton. Sementara Martadinata Class TNI AL panjang 105 meter, lebar 14 meter dan bobot 2.365 ton.

Quote:


Selain dari segi dimensi dan bobot yang berbeda, dari sisi persenjataan pun antara POLA (Patrulla Oceánica de Largo Alcance) Class dan Martadinata Class pun memiliki perbedaan. Mengutip artikel indomiliter.com untuk pilihan rudal pertahanan udara jarak dekat, POLA Class memakai rudal Raytheon RIM-116 RAM II sementara Martadinata Class memakai rudal VL Mica. Untuk rudal anti kapal, Martadinata Class mengandalkan Exocet MM40 Block 3, sementara POLA Class memilih rudal anti kapal Boeing RGM-84L Harpoon Block II.

Beralih ke meriam utama, Martadinata Class mempercayakannya pada meriam kapal sejuta umat Oto Melara 76 mm Super Rapid Gun, sementara POLA Class memilih Bofors 57 mm MK3. Untuk penangkis serangan udara reaksi cepat, Martadinata Class memilih Rheinmetall Oerlikon Millennium Gun kaliber 30 mm, sementara POLA Class memilih BAE Systems Mk38 Mod 3 kaliber 25 mm.

Meski banyak pilihan persenjataan yang berbeda, tetapi untuk kemampuan deck dan hanggar Martadinata Class dan POLA Class sama, yakni dirancang guna bisa membawa helikopter berbobot 10 ton. Jika TNI AL memakai helikopter AS565 MBe Panther, sebaliknya Angkatan Laut Meksiko memilih MH-60R Seahawk buatan tetangga mereka. Nah, menarik untuk dilihat, akan seperti apa frigat masa depan Kolombia ? Akankah mengikuti desain Indonesia atau Meksiko ? Atau mereka akan membuat desain kapalnya sendiri ?


Quote:



Referensi Tulisan: Naval News & indomiliter.com
Sumber Foto dan Ilustrasi: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 7 lainnya memberi reputasi
Indonesia hanya memesan dua unit SIGMA 10514 sementara Meksiko memesan 8 unit. Dari spesifikasi ada perbedaan antara kapal pesanan Indonesia dan Meksiko, POLA Class Meksiko punya panjang 107 meter, lebar 14 meter, dan bobot 2.570 ton. Sementara Martadinata Class TNI AL panjang 105 meter, lebar 14 meter dan bobot 2.365 ton.


---- > waduh..... TNI AL kok hny bs pesan 2 frigate class saja sih, hrs nya sih bs 10 biji ya...

Lah, lautan NKRI lbih luas kini drpd kolombia dan mexico......

Tp, mmg sih.... Balik lg ke.... Wani piro...... Ato.... Yen....

Yen ono duite.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Pertalite
profile-picture
profile-picture
69banditos dan gabener.edan memberi reputasi
Order 2 utk negara kepulauan
Maw gratefull tp gmn gtu emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
Walaupun sama sama berbasis Belanda - Damen Ship Integrated Geometrical Modularity Approach / SIGMA 10514 class frigate tetapi antara INA - SIGMA 10514 RE Martadinata class frigate dan MEX - SIGMA 10514 POLA class frigate tentu saja memiliki perbedaan dimensi, sensor dan persenjataan utama karena menyesuaikan kebutuhan, keinginan dan anggaran di masing masing operatornya. Dengan karakteristik itu kini banyak produsen yang mengandalkan design modular dimana masing masing module dikerjakan secara terpisah secara bersamaan sehingga menghemat waktu dan biaya produksi serta mempercepat delivery time unitnya. Design modular ini juga memudahkan penyesuaian karakteristik SIGMA sesuai dengan kebutuhan dan keinginan operator.

Bagi Mexican Navy, meskipun puas dengan kualitas 1 unit SIGMA 10514 POLA class frigate ARM Benito Juarez hasil pengadaan tahun 2017 dan ada keinginan untuk menambah hingga 8 unit SIGMA 10514 POLA class frigate. Keinginan ini akan diakuisisi secara bertahap. Setidaknya ada rencana dalam 5 thn kedepan antara tahun 2021 - 2026 akan mencoba mengakuisisi setidaknya 3 unit SIGMA 10514 POLA class frigate.

Mexican Navy sendiri menggolongkan SIGMA 10514 sebagai Long Range Ocean Patrol Vessel / LROPV atau POLA dalam bahasa Mexico.
Dalam proses pembuatannya, SIGMA 10514 POLA class frigate akan dibagi menjadi 6 module, 2 module akan dibangun di Damen Schelde Naval Shipbuilding in Vlissingen - Belanda dan 4 module akan dibangun di Astimar Shipyard di Salina Cruz.

9 unit SIGMA 10514 Pola Class ini akan menggantikan 4 unit Allende class frigate ( ex USN Knox class frigate ) dan 2 unit Bravo Class ( ex USN Bronstein class frigate ).

TNI AL sendiri mengoperasikan 2 jenis kapal perang berbasis SIGMA :

1. 4 unit SIGMA 9113 Diponegoro class corvette ( 365 - 368 ) dan yang dibagi dalam 2 batch pengadaan tahun 2004 dan 2006.
2. 2 unit SIGMA 10514 RE Martadinata class frigate ( 331 dan 332 ) pengadaan tahun 2010.

4 unit SIGMA 9113 Diponegoro class corvette seluruhnya dibangun di Damen Schelde Naval Shipbuilding dan memicu kekecewaan Indonesia karena tidak sesuai dengan perjanjian awal bahwa module akan di buat bersama antara Damen dan PT PAL serta akan dirakit di PT PAL.
2 unit SIGMA 10514 RE Martadinata class frigate dibangun oleh PT PAL untuk menggantikan Ahmad Yani class frigate. Setelah melalui negoisasi yang alot, akhirnya disepakati bersama bahwa untuk unit pertama, 5 module dibuat oleh PT PAL dan 2 module dibuat oleh Damen. Untuk unit kedua, 6 module dibuat oleh PT PAL dan 1 module oleh Damen.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Kurang itu...indonesia negara maritim soaleemoticon-ridingsenja
profile-picture
profile-picture
69banditos dan gonugraha76 memberi reputasi
harpoon bor
Kenapa gak pesan lagi?
- offset nya / TOT gak menguntungkan
- hangar kekecilan buat panther
- kesiapan pt pal jg msh kedodoran
- pengerjaan lambat
- spek berubah-ubah padahal anggaran udah terkunci
- dll
profile-picture
69banditos memberi reputasi
Kalau bisa sih ditambahin lagi, lautan kita luas lho.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di