KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tidak Sembarangan, Ini Dia Filosofi Hidup dari Permainan Tradisional Congklak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632e4b6e38cca85e9e7ad6fa/tidak-sembarangan-ini-dia-filosofi-hidup-dari-permainan-tradisional-congklak

Tidak Sembarangan, Ini Dia Filosofi Hidup dari Permainan Tradisional Congklak

Tidak Sembarangan, Ini Dia Filosofi Hidup dari Permainan Tradisional Congklak
Memiliki filosofi hidup dengan makna yang mendalam, ini dia sekilas tentang permainan tradisional Congklak


Congklak, Agan dan Sista tentu sedikit banyak sudah paham dengan jenis permainan yang satu ini. Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang menjadi warisan budaya Indonesia yang terpelihara dari zaman dulu sampai dengan saat ini.

Menurut beberapa sumber, permainan tradisional Congklak telah ada sejak zaman kerajaan dan terus diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi menjadi permainan tradisional rakyat.

Permainan tradisional Congklak dapat dikatakan merupakan jenis permainan yang sangat sederhana. Dimainkan oleh dua orang anak-anak, remaja, atau dewasa menggunakan alat berbentuk persegi panjang dengan tujuh lubang yang saling berhadapan serta dua lumbung di bagian kanan dan kiri.

Alat permainan tradisional Congklak bisa berbahan kayu atau plastik, tetapi jika tidak mampu untuk membeli alat permainannya maka bisa juga dengan hanya menggambar di tanah 7 lubang dengan satu lumbung.

Adapun selain alat utama adalah papan permainan, bermain Congklak juga membutuhkan alat lain, yaitu biji-bijian atau batu yang diperuntukkan untuk mengisi lubang-lubang Congklak.

Selain memiliki sejarah panjang, ternyata permainan Congklak ini juga memiliki filosofi hidup yang sangat mendalam GanSis.

Berikut ini sekilas tentang filosofi kehidupan yang dapat diambil dari permainan tradisional Congklak.


Gambar Sensitif
Tidak Sembarangan, Ini Dia Filosofi Hidup dari Permainan Tradisional Congklak


Dari permainan tradisional Congklak ada filosofi hidup yang mendalam, itu memang benar adanya GanSis.

Permainan tradisional Congklak dibuat bukan tanpa alasan melainkan untuk mengajarkan nilai-nilai luhur kehidupan yang bisa diambil oleh orang-orang yang mempermainkan permainan tradisional tersebut.

Filosofi permainan tradisional Congklak, sebagaimana Agan dan Sista ketahui bahwa di dalam permainan tradisional Congklak terdapat tujuh lubang yang dimiliki oleh setiap pemain yang itu diartikan setiap orang memiliki waktu yang sama di dalam satu Minggu yaitu hanya tujuh hari saja.

Begitupun dengan jumlah biji-bijian atau kerang yang harus ditabur di dalam setiap lubang, yaitu hanya satu biji yang itu tandanya setiap orang juga memiliki kebutuhan hidup yang sama. Selain itu juga mengajarkan bahwa apa yang kita lakukan hari ini akan berpengaruh dengan hari esok, juga berpengaruh dengan kehidupan orang-orang sekitar kita sebagaimana kita mengisi lubang permainan sendiri dan lubang milik orang lain.

Bukan hanya itu, permainan tradisional Congklak juga mengajarkan kita semua untuk berbagi dengan sesama. Manusia tidak boleh hanya berharap untuk menerima tanpa ada memberi orang lain karena manusia ditakdirkan untuk menjadi makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain.

Selain mengajarkan tentang hidup bersosial, permainan Congklak juga mengajarkan keluhuran sikap dan perilaku GanSis. Sebagaimana manusia kita harus bisa jujur pada diri sendiri dan tidak serakah, sebagaimana kita hanya menjatuhkan satu biji pada satu lubang dan tidak meraup semua biji untuk dimasukkan kedalam lumbung.


Tidak Sembarangan, Ini Dia Filosofi Hidup dari Permainan Tradisional Congklak


Itulah GanSis sekilas tentang filosofi hidup yang bisa diambil dari permainan tradisional Congklak. Ternyata permainan sederhana yang sudah kita kenal sejak lama ini memiliki filosofi yang sangat mendalam dan mengajarkan bagaimana cara hidup yang baik dengan sesama.

Fyi, permainan tradisional Congklak ini di beberapa daerah memiliki nama yang berbeda-beda GanSis. Ada yang menyebutnya dengan nama Dhakon, Maggaleceng, Makaotan, Nogarta, atau juga Aggalacang.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan Agan dan Sista tentang permainan tradisional warisan budaya Indonesia.


Tidak Sembarangan, Ini Dia Filosofi Hidup dari Permainan Tradisional Congklak


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thekexo dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Matabelo ternyata mempunyai filosofi hidup yang mendalam ya
profile-picture
provocator.3301 memberi reputasi
emoticon-Ngakak di tempat kalian namanya apa?
profile-picture
provocator.3301 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Ngakak dulu sering banget main ini
profile-picture
provocator.3301 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
mengambil hikmah dan pelajaran hidup bisa dari mana/apa/siapa aja gan, baik yang buruk atau pun yang baik.
emoticon-shakehand
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jadi orang tuh jangan congklak...






Ane belum pernah main ini gan
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nah anak ane pengen main beginian pas udah punya jarang dimainin emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sherrifpedro dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:
emoticon-Ngakakitu congkak

Quote:
emoticon-Matabelogak ada temennya?
Tapi pemenang dari game ini adalah lubang yg agak besar diujung kiri & kanan, mana yang terisi paling banyak itu artinya hidup harus serakah. Hahaha berjanda

emoticon-Hammer2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nambahin gan, dalam setiap lobang ada yg namanya lumbung dan masing masing pemain punya lumbungnya sendiri. Lumbung tidak bisa diambil oleh orang lain karena lumbung itu sebagai cerminan atau raport bagi pemain tersebut. Bisa jadi Karma (hukuman bagi yg perhitungannya kurang bagus sehingga isi lumbungnya sedikit) bisa juga adalah hadiah buat yang benar benar pintar dalam menjalankan prosesi kehidupan (isi lumbungnya banyak di akhir permainan)
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Main beginian jaman now mainnya di Hp gan jd kurang dapet gregetnya. Anak sekarang mainnaya digital smua. Ortu ortu sring pegang Hp. Anak umur batita aja udah paham apa itu hp. Ortu tdk mengedu anak dgn baik. jika anak di biasakan di perkenalkan mainan mainan tradisional padahal sarat akan makna dan filosofi. Seperti permainan congklak. Strategi dan bertahan...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Tapi bisa meraup isi lumbung orang buat menujin lumbung kita
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabelonah iya, bener. Izin ane masukan ke thread gan

Quote:
emoticon-Cape d...iya, kurang tersampaikan kalau lewat HP

Quote:
emoticon-Matabeloiya gan

Quote:
emoticon-Matabelokalau lumbung orang gak bisa kan gan?
profile-picture
bakingsoda11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Masih adakah yang memainkannya bre? Keknya udah jarangemoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Haha, game traditional yg banyak disukai anak2 jadul ya gan
Cara mainnya gimana?
Itu si pemain naruj biji satu satu atau gimana
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
agan dri kmren bnyk nulis tentang permainan tradisional, bgus gan jd nambah wawasan, dulu wktu kecil cm tau maennya doank, kdg lupa sm namanya
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di