KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632d0c4eee7d5925ae04ab8f/tabrakan-maut-supirnya-usia-lanjut-bukti-pentingnya-update-point-sim-baru

Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?

Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?

Tabrakan maut terjadi Jalan RA Kosasih, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat pada 22 September 2022. Pelaku yang ternyata dikemudikan oleh EH seorang wanita usia lanjut 71 tahun hingga menyebabkan 3 orang tewas yaitu supir angkot, penumpang angkot dan seorang pedagang cakue.

Menurut sumber yang saya baca dan terekam dalam kamera CCTV mobil minibus Expander berplat polisi F 1349 OJ itu melaju dengan kecepatan tinggi dimana setelah keluar dari pintu gerbang Perumahan Pesona Cibeureum, dipertigaan jalan langsung menghantam mobil angkot yang sedang melintas pelan.

Saking kencangnya tabrakan itu membuat mobil angkot terpental kemudian menabrak warung pinggir jalan didekatnya termasuk gerobak cakue. Mobil angkot terguling rusak parah, warung hancur dan gerobak cakue rusak hingga dagangannya tumpah berceceran.

Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?

Membaca berita ini saya jadi kefikiran ternyata ada benarnya kalau Surat Izin Mengemudi itu memang perlu ada peremajaan atau perpanjangan SIM sebagai syarat pemilik SIM masih layak membawa kendaraan sesuai kategori kendaraannya.

Tapi mungkin yang harus menjadi perhatian disini menurut saya tentang pembatasan usia pengemudi harus dipertanyaan dan dipertimbangkan kembali, sebab faktor usia rentan menjadi salah satu penyebab kecelakaan seperti berita diatas.

Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?
Kondisi angkot, remuk

Ya, meski usia berapapun tidak menjamin tetap aman karena faktor kesiapan dan kejiwaan sangat berpengaruh saat membawa kendaraan tapi usia diatas 60 tahun harus mendapat perhatian khusus dalam Undang-Undang Lalulintas. Setidaknya; misal dicantumkan point bagi pengemudi usia lanjut harus ada pendamping disampingnya yang juga pengalaman berkendara.

Kasus pengemudi usia lanjut diatas bisa jadi karena faktor kesehatan, faktor kejiwaan, emosi atau masalah yang tidak kuat dihadapinya tapi si pengemudi tetap memaksakan diri untuk mengendarai sebuah mobil.

Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?
Kondisi expander tidak berbentuk

Untuk aman mengemudi tentu faktor mental dan fisik harus benar-benar sehat dan kuat. Akan sangat berbahaya jika usia lanjut dibiarkan membawa kendaraan tanpa didampingi orang berpengalaman. Ibarat seperti anak kecil berusia 3 tahun dibolehkan membawa kendaraan roda empat, akibatnya tentu sangat berbahaya bisa saja lepas kontrol dan menyebabkan kerugian nyawa dan harta.

Pelajaran dari kasus diatas untuk saya, kamu dan kita sudah sewajibnya mendampingi atau minimal mengingatkan ke pengemudi berusia lanjut apakah benar masih sanggup membawa kendaraan dan dalam kondisi sehat?

Jika kita melihat kondisinya cukup meragukan atau kurang meyakinkan sebaiknya kita menawarkan diri untuk menyopirinya saja atau meminta orang lain yang usianya lebih muda dan pengalaman karena pasti keamanan dan keselamatan hingga sampai tujuan bisa terjaga.

Saya sendiri sewaktu membawa motor pernah nyaris disenggol oleh mobil yang ternyata disupiri oleh seorang bapak tua yang mobilnya berjalan lambat lalu mendadak bermanuver tanpa memberi tanda lampu sein menyala. Untung saya sigap dan reflek mengerem disisi kiri mobilnya.

Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?

Saya, antara kesal dan kasihan mencoba berfikir positif, karena saat itu terlihat didalam mobil hanya sibapak mungkin dalam keadaan terdesak sampai dia harus memaksakan diri membawa kendaraan itu, dan beliau pergi begitu saja, jangankan memberi tanda membuka jendela pun tidak, apalagi turun melihat keadaan. Cuek bebek.

Semoga kita selalu mendapat Perlindungan dari Tuhan YME dimanapun kita berada. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum menghidupkan mesin kendaraan.


Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?

Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Kompas, Gugel


Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?
Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
septcember dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 4
Tabrakan Maut, Supirnya Usia Lanjut, Bukti Pentingnya Update Point SIM Baru?

..,
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan provocator3301 memberi reputasi
waduh mau kemane tuh si nenek emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
kejadian ini persis di kota saya (Sukabumi), sampai macet parah.
tapi setuju seeh kalau untuk diatas 60 tahun harus ada pendamping.
karena menurut kepolisian kemarin, si Ibu itu katanya belajar,
truz mau injak rem, malah keinjek pedal gas.
tapi gak tau juga seeh mana yg bener,
karena ada penjelasan lain, remnya blong (padahal mobil baru)
emoticon-Bingung emoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Ane dah liat vidionya, tu mobil semua pedalnya gas semua ye kliatannyaemoticon-Betty
Hand rem jd nitro meluncur jd roketemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
siapa yg ngasi kunci mobil?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Mau update sim model bagaimanapun ya tetap tergantung sdm dan birokrasi dimari gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
iya gan..usia segitu berbahaya mengemudi sendirian
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Quote:

Usia 71 belajar mobil? Keluarganya sehat???

Quote:


Serem ya...
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
kecepatannya brp smpe angkotnya remuk gtu
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ngeri dengan gaya emak-emak saat mengemudi apalagi dengan usia yang terlalu tua dimana banyak faktor yang bisa mempengaruhui kecepatan dalam pengambilan keputusan. Terkadang mereka juga sudah dilarang sama anak-anak nya namun yang namanya orang tua dimana sifat mereka akan kembali seperti anak-anak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo menurut ane, perpanjangan semua type sim wajib test ulang macem sim B
profile-picture
profile-picture
bucek5451 dan iskrim memberi reputasi
Buset 71 masig kelayapan sendiri
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan iskrim memberi reputasi
Quote:


Quote:


Yoi gan...
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Siklus manusia kan dari anak2 sampai tua...
Nah uniknya ketika sudah fase tua itu secara fisik dan mental dah seperti anak2 lagi..

Memang betul perlu ada kebijakan pembatasan usia maksimal di SIM..
emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Poto nene-nene nya ga ada bre?
Pasti keluar duit banyak keluarga nya itu.
Kalo udah piral gini asuransi juga ati2.. ga mau sembarang ganti emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan iskrim memberi reputasi
Liat videonya nie, satpamnya juga bingung + kaget pas liat eh koq ngebut tuh mobil emoticon-Hammer (S)
Katanya ada korban tuh tukang cakwe, angkot, toko emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
duh sikakek bukanya ngopi aja di teras sambil ngerokok, malah nyupir emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Wktu ny mati y mati,nm ny di jln,kt hati2,iy orang yg nabrak,jngn kn di jln,drmh pun wktuny celaka atau kena musibah ttp akan kena
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mau kemane si mbaaaaah... elahh
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan iskrim memberi reputasi
Gue liat videonya, kenceng amat itu mobilnya si nenek emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di