KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Permainan Tradisional Gobak Sodor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632ba9283ab5141afa073f62/jarang-ada-yang-tahu-ternyata-ini-asal-usul-nama-permainan-tradisional-gobak-sodor

Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Permainan Tradisional Gobak Sodor

Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Permainan Tradisional Gobak Sodor
Asal usul nama permainan tradisional Gobak Sodor, jarang ada orang yang tahu


Permainan tradisional, di tengah canggihnya teknologi saat ini keberadaan beragam permainan-permainan lama ini sudah tersingkirkan atau banyak anak-anak yang tidak mengenali dan memainkannya.

Saat ini banyak anak yang lebih untuk memilih permainan elektronik di handphone yang menurut mereka lebih seru dan tidak perlu lelah atau capek panas-panasan di luar rumah atau di lapangan.

Berbeda dengan anak zaman dulu yang mana permainan tradisional adalah aktivitas untuk mengisi waktu luang bersama teman. Entah itu saat istirahat sekolah ataupun ketika sepulang sekolah.

Jenis-jenis permainan tradisional sendiri dapat dikatakan cukup banyak GanSis, jika kalian masih ingat jumlah permainan tradisional tidak kalah banyak dengan jumlah permainan modern atau games mobile.

Salah satu permainan tradisional yang paling sering dimainkan oleh anak-anak zaman dulu dan dimainkan secara berkelompok adalah permainan Gobak Sodor, yang mungkin Agan dan Sista juga masih ingat dengan permainan tradisional yang satu ini.


Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Permainan Tradisional Gobak Sodor


Permainan Gobak Sodor adalah permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok GanSis, terdiri dari tiga sampai lima orang di setiap kelompoknya dan dimainkan antara dua kelompok.

Di dalam permainan Gobak Sodor yang perlu untuk dipersiapkan sebelum bermain adalah lapangan permainan yang berbentuk persegi panjang, dibagi menjadi 6 bagian menggunakan garis vertikal dan horizontal yang mana setiap lajur garis dijaga oleh anggota kelompok yang mendapatkan tugas berjaga.

Cara bermainnya pun sangat mudah, team atau kelompok yang berjaga bertugas menghalangi lawan agar tidak mencapai ujung lapangan dengan menghadang dan menyentuh pemain lawan. Lawan yang tersentuh otomatis berubah tuga menjadi penjaga bersama teman kelompoknya.

Mungkin Agan dan Sista sudah sedikit paham dengan penjelasan permainan Gobak Sodor karena rata-rata pernah memainkan permainan ini. Tapi apakah GanSis tahu asal muasal nama Gobak Sodor permainan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun ini?

Menurut beberapa sumber yang TS baca, permainan Gobak Sodor bukanlah permainan tradisional yang asli datang dari Indonesia GanSis, melainkan permainan yang dibawa oleh orang Belanda di zaman penjajahan dulu.

Begitupun dengan nama awal permainan ini, Belanda memberikannya nama "Go Back Through The Door" yang artinya adalah menembus pintu, sebagaimana permainan Gobak Sodor yang memang melaju menembus pintu atau garis.

Memiliki nama yang cukup sulit untuk dilafalkan oleh lidah orang Indonesia, akhirnya nama permainan ini pun dirubah dalam bahasa Indonesia oleh masyarakat terdahulu dengan nama Gobak Sodor.

Di beberapa daerah permainan Gobak Sodor juga memiliki nama lain, yaitu Galasin atau Gala Asin.


Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Permainan Tradisional Gobak Sodor


Itulah GanSis sekilas tentang permainan Gobak Sodor yang memiliki nama asli "Go Back Through The Door". Mungkin banyak dari Agan dan Sista yang beranggapan bahwa permainan ini berasal dari Indonesia, ternyata permainan ini adalah bentuk permainan warisan jajahan Belanda yang dimainkan oleh anak-anak Indonesia dari zaman dulu sampai sekarang.

Permainan ini selain memiliki sejarah yang cukup panjang dan dimainkan dari masa kemasa, juga memiliki manfaat bagi anak-anak GanSis. Selain mengajarkan anak untuk aktif bergerak juga mengajarkan kedisiplinan, kejujuran, kerjasama, dan ketangkasan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan dari Agan dan Sista semua.


Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Permainan Tradisional Gobak Sodor


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeviMp dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Ngakak siapa yang pernah main gobak sodor?
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-Matabelo ternyata nama awalnya Go Back Through the Door
profile-picture
cahlenong memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
emoticon-Ngakak selalu meleset kalau pakai hahasa Inggris
Game yg bukan cuma bikin duduk, tp juga olahraga ya gan emoticon-Ngakak

Quote:



profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
welehh.. namanya ternyata berasal dari londho.. emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
orang belanda ngomong inggris??????
profile-picture
profile-picture
anxiousyads dan masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
wkwk dulu ane pikir dari go back to door..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lidah orang indonesia Go Back Through the Door jadi gobak sodor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Smarf dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:
emoticon-Ngakakternyata lebih panjang

Quote:
emoticon-Ngakaklebih gampang
Emang lidah orang indo gampang kepleset...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Baru nyaho istilah nya dari Belanda pake bahasa Inggris emoticon-Bingung

Jangan2 bentengan, gatrik, lompat tali dari Belanda juga gan...

Waktu kecil ane suka mainin bareng temen habis taraweh di jalan kampung..

Btw, Jangan2 nanti dibikin film squid game ala Indonesia...?

emoticon-Ngacir2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Jaman jaman SD ane suka banget main ini, seru sampe gak inget makan.

Anak jaman sekarang boro boro deh, gadget truss
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Satu-satunya permainan yg tidak pernah ane mainkan sejak ane kecil. Kayaknya teman2 ane waktu kecil juga tidak ada yg tahu ini permainan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Ngakakiya gan

Quote:
emoticon-Matabeloiya gan, istilah dari Belanda dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sama dulu ane juga sering main ini waktu kecil
Quote:
emoticon-Ngakakiya, baju sampai lecek dan kotor.

emoticon-Cape d... anak sekarang games online

Quote:
emoticon-Matabelowalah mosok gak pernah main gobak sodor gan?
profile-picture
j.16 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
go back through the door kan bahasa inggris

bahasa belandanya apa ? yg jadinya diserap ke bahasa sini jd gobak sodor ?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
oh gitu, baru tahu ane
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Permainan yang sudah jarang sekali di lihat.....tergerus dengan game digital.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
waduh
sodog kendor
sodog smp kendor

@gigapediagaul
dasar penikmat ena ena jalur pantat

emoticon-Betty
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Ane lebih suka main di rumahemoticon-Malu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di