KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
AKU ADALAH DOKTER BAGI ANAKKU
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/632a5218c8455917de17e093/aku-adalah-dokter-bagi-anakku

AKU ADALAH DOKTER BAGI ANAKKU

Saya seorang ibu dari adorables children. Dan sebagai ibu saya multi peran; sebagai guru, pengasuh, teman bermain, jura masak, tukang cuci, bahkan dokterbagi anak saya. Sebagai guru, karena saya lah yang pertama mengajarkan dan mendidik anak saya tentang banyak hal. Sebagai pengasuh, karena saya juga yang berperan dalam pola asah asih asuh dalam tumbuh kembang mereka. Sebagai teman bermain, karena saya yang mendampingi sebagian besar waktu mereka. Sebagai juru masak, tentu saja karena saya yang selalu menghidangkan makanan sehat bergizi serta lezat untuk mereka. Sebagai tukang cuci, ya walau saya tidak mencucinya sendiri tapi saya memastikan mereka selalu berpakaian rapi dan bersih. Dan sebagai dokter bagi anak-anak saya, karena setiap ada masalah kesehatan dengan anak saya, saya adalah orang pertama yang akan menyadarinya dengan diagnosa awal. Saya rasa semua ibu juga seperti itu.

Memiliki anak itu keberkahan bagi saya, karena dipercaya untuk menjaga amanah paling istimewa. Dan menjaga amanah istimewa ini membuat saya selalu belajar dan belajar setiap saat. Itu sebabnya, sejak menjadi ibu saya semakin memahami banyak hal karena saya selalu menggali dari berbagai sumber; membaca dan bertanya kepada orang yang memiliki kompetensi. Termasuk terkait ilmu kesehatan tubuh manusia. Apalagi saat Covid19 menjadi wabah 2 tahun kemarin.

Dari belajar dan belajar itulah, banyak pengetahuan terkait kesehatan yang saya terapkan ketika anak saya mengalami gangguan kesehatan; demam dan radang misalnya. Jujur, dulu saat anak-anak balita saya akan panik kalau anak saya demam. Langsung aja kasih pereda demam yang bisa langsung menurunkan panas demamnya. Kalau radang langsung aja kasih antibiotik karena pasti berpikir ini akibat bakteri. Tapi, ternyata itu membuat anak saya jadi gampang sakit. Dikit dikit demam, dikit dikit radang. Dan untuk mengatasi demam, yang biasanya cukup pakai paracetamol akhirnya ga mempan, naik level ke ibuprofen.

Dan setelah belajar, akhirnya saya paham bahwa demam dan radang adalah bijaksana tubuh. Pada thread ini saya akan berbagi apa yang sudah saya pelajari, yang selama ini berguna bagi saya dan ternyata juga berguna untuk teman-teman saya di dunia nyata. Karena memiliki ilmu pengetahuan kesehatan bukan hanya hak seseorang bergelar dokter, justru ini adalah hak kita semua untuk mengenali dan memahami tubuh kita.

PERADANGAN ( INFLAMASI ) & DEMAM ( THE MOM )

1. PERADANGAN ( INFLAMASI ) SEBAGAI BIJAKSANA TUBUH

"Tujuan dari Peradangan adalah untuk mempercepat penyembuhan. Jangan berpikir bahwa peradangan itu sendiri buruk. Itu adalah bijaksana tubuh.

Inilah yang dilakukan tubuh kita untuk bertahan hidup, menjadi lebih baik. Beginilah cara tubuh kita bekerja, untuk menyembuhkan. Demam juga memiliki manfaat penyembuhan.” [1]•
___

2. DEMAM > SEL-T > HEAT-SHOCK PROTEIN ( Hsps ) > MELINDUNGI SEL DARI STRES

JianFeng Chen di Institut Biokimia dan Biologi Sel Shanghai di China dan rekan-rekannya menumbuhkan sel kekebalan yang disebut sel T dari tikus, dan menaikkan suhu sel-sel ini dari suhu tubuh normal tikus 37° C menjadi 40° C - setara dengan demam tinggi.

Panas ini memicu sel T untuk mulai memproduksi heat-shock protein ( Hsps ), yang melindungi sel dari STRES. [2]•

Hsps melakukan perjalanan ke permukaan bagian dalam membran luar sel, di mana mereka terikat pada ekor protein membran yang dikenal sebagai integrin.

Proses ini menarik integrin bersama-sama, dan bagian integrin yang menonjol dari permukaan luar sel membentuk kompleks yang menempel pada dinding pembuluh darah.
Pembentukan kompleks integrin juga memicu migrasi sel T ke tempat infeksi. [2]•
___

3. DEMAM =
• Kontributor yang SIGNIFIKAN terhadap PATOGENESIS
• TANDA bahwa tubuh anda sedang mencoba MELAWAN penyakit atau INFEKSI.
• BERFUNGSI MEMBUNUH bakteri/ virus.
• Mengaktifkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Respon demam adalah ciri khas dari infeksi dan penyakit inflamasi dan telah dibentuk melalui seleksi alam selama ratusan juta tahun. [3]•

Demam adalah penanda penting sejak jaman dahulu. Respon demam diatur oleh sistem saraf pusat melalui mekanisme endokrin, neurologis, imunologis dan perilaku.

Selain peningkatan suhu tubuh yang diatur, demam sering kali disertai dengan berbagai perilaku sakit, perubahan karakteristik metabolisme dan fisiologis sistem tubuh, dan perubahan respons imun.

Oleh karena itu, demam dan respon demam tetap menjadi kontributor yang signifikan terhadap patogenesis, presentasi klinis dan gambaran akan banyak sakit penyakit menular. [4]•

Demam bukanlah penyakit. Umumnya demam adalah tanda bahwa tubuh anda sedang mencoba melawan penyakit atau Infeksi.

Infeksi menyebabkan sebagian besar demam. Anda demam terjadi karena tubuh Anda mencoba membunuh virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi.

Sebagian besar bakteri dan virus tersebut bekerja dengan baik saat tubuh anda berada pada suhu normal. Tetapi jika anda demam, lebih sulit bagi mereka untuk bertahan hidup. Demam juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh anda. [5]•


__________
REFERENCES :

[1] • Prof. Steven A. Fink
[
]

Saya sudah translatekan videonya agar lebih mudah dipahami

{thread_title}


[ http://www.professorfink.com/site/mo...Y_GU.html#2835 ]
___

[2] • How a fever helps the immune system to battle infection

[ https://www.nature.com/articles/d41586-019-00175-0 ]

AKU ADALAH DOKTER BAGI ANAKKU
___

[3] • Fever and the thermal regulation of immunity: the immune system feels the heat

[ https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/art...es/PMC4786079/ ]

AKU ADALAH DOKTER BAGI ANAKKU
___

[4] • Fever, fever patterns and diseases called ‘fever’ – A review

[ https://www.sciencedirect.com/scienc...76034111000256 ]
___

[5] • Fever | Also called: Pyrexia

[ https://medlineplus.gov/fever.html ]

AKU ADALAH DOKTER BAGI ANAKKU
___

[6] • 101 Etimologi: Asal mula penamaan setiap penyakit

[ https://today.mims.com/asal-mula-nama-penyakit ]
___

LALU BAGAIMANA MENGATASI DEMAM?
Apakah kita tidak memerlukan obat penurun demam?
Tidak begitu juga Fulgoso!


Bersambung di post komen ya, biar memberi jeda pada Agan Sista. Karena tulisan yang terlalu panjang, bikin males membacanya emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
Demam adalah cara tubuh merespon ketika ada virus/bakteri/mikroba/ patogen asing masuk dan menyerang tubuh. Demam merupakan reaksi sel tubuh mengirim sinyal ke otak agar mengirim bantuan berupa sel imun untuk melawan pengganggu yang datang.

Tapi perlu diingat; ada batas suhu tertentu dan waktu tertentu. Karena bila demam berkepanjangan dan suhu yang meningkat terlalu tinggi, akan banyak organ tubuh yang terganggu, terutama otak. Itu yang terjadi sampai kejang.

Jadi bagaimana penanganan demam tinggi?
Kita bisa melebarkan saluran penguapan kita; pori-pori dengan mengaktifkan kelenjar keringat.
Itu sebabnya ketika kita demam, langkah penting adalah dengan membuat tubuh kita berkeringat; pakai selimut bukan malah mendinginkan suhu ruangan (suhu AC), karena itu justru akan menutup pori-pori.

Definisi demam adalah suhu tubuh 37,5. Dan apa yang harus dilakukan jika tubuh kita atau anak kita di atas itu.
Pertama, JANGAN PANIK! Karena panik benar-benar mengganggu proses berpikir kita.
Kedua, cek wajahnya; kesakitan kah? Lemes kah? Sesak kah? Ada bercak merah kah? Karena gejala yang menyertai demam sangat krusial.
Ketiga, selimut tebal, pakai kaos kaki, pakai sweater, kompres air biasa atau untuk bayi ada yang sudah tinggal tempel.
Keempat, dinginkan dari dalam dengan cara banyak minum, kalau bayi harus sering disusui sambil didekap agar bayi merasa nyaman dan keluar keringat. Jangan sampai dehidrasi, karena akan memperburuk kondisi demam.
Kelima, kalau panas tidak turun juga sudah sampai 38° minum obat paracetamol (jenis antipiretik ini yang paling aman), dan kenapa harus menunggu sampai 38°; kalau bisa turun dengan cara 1-4 kan lebih aman.

Kalau mual sampai muntah dan ga bisa diberi minum, artinya harus dibawa ke RS untuk diinfus.
Tapi biasanya, tubuh yang daya tahannya kuat, akan melewati proses demam ini dalam semalam. Itu sebabnya yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh, dengan makan yang cukup, tidur teratur, aktifitas fisik yang seimbang, dan manajemen fikiran yang baik.

So GanSis, pelajari pengobatan dasar agar ga mudah panik. Karena panik, penyakit ringan malah jadi berbahaya karena ketidakingintahuan kita.
profile-picture
vickytej2301 memberi reputasi
Diubah oleh hatiyanghancur
Agan @viensi mampir sini Gan, kita sharing di sini
profile-picture
vickytej2301 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
menjadi seorang ibu memang harus serba bisa.....
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
salam kenal! aku suka dengan threadnya kak 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hatiyanghancur dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Thread yang bagus nih, thank you sis sudah sharing.
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Seandainya semua ibu punya kesadaran untuk belajar ilmu kesehatan, bukannya tidak mungkin negara ini akan menghasilkan penduduk yang lebih sehat, panjang umur dan berbahagia. Saya ingat sekali nasehat mantan bos saya yang kebetulan orang Korea, kesehatan tergantung dari apa yang kita makan, oleh mulut dan oleh pikiran. Dan untuk beliau, semua obat farmasi adalah racun. Selalu ada racun yang ikut terbawa bersama benda bernama obat tersebut. Saat anak saya sakit demam, dia menganjurkan kompres hangat pada perut, dan kompres dingin pada dahi.
Saya lupa di negara mana, tapi sebelum seseorang diangkat menjadi dokter dia harus menjadi sukarelawan untuk penyuluhan nutrisi pada masyarakat dengan waktu tertentu.Sehingga fokus dokter bukan hanya mengobati, tapi juga pencegahan penyakit.
Jadi ingat kasus ibu dan ibu mertua saya, dokter jantung dari ibu menginstruksikan diet rendah lemak, makan hanya dari sayur dan buah segar, terapi air putih dan berjalan rutin setiap hari selama 30 menit. Sementara dokter dari ibu mertua tidak melarang mertua makan apapun. Sehingga obat kolesterol adalah hal wajib yg harus dikonsumsi ibu mertua.
Saya pribadi sampai anak-anak masuk usia sekolah tidak pernah membawa mereka ke dokter, bukan karena saya tidak percaya ilmu medis. Tapi semua sakit yang di derita anak-anak bisa saya tangani dengan bekal belajar sebelumnya. Dan untungnya seorang teman saya yang juga adalah dokter, yang jika dimintai saran tidak pernah sekalipun meresepkan atau menganjurkan obat. Mungkin pasiennya yang menerima resep obat hanyalah mereka yang berada pada kondisi darurat... Semoga dia selalu sehat dan makin banyak menyembuhkan orang lain. emoticon-heart
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Post ini telah dihapus
jadi tau nih, trimakasih
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Quote:

Nice quote,
Dan jika yang paham, bahwa dunia mulai menyadari sejak pandemi kemaren.
berawal dari orang tua lah anak memiliki niat sebagai dokter nantinya hahah .....
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
Mama.. aku sakit... mandiin ma..
emoticon-Hammer2
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
bener banget ini


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di