Kaskus

Entertainment

kaskus.infoforumAvatar border
TS
kaskus.infoforum
Sekarang Jamannya Kolaborasi Penting dan Ternyata Menguntungkan
Sekarang Jamannya Kolaborasi Penting dan Ternyata Menguntungkan

Berkolaborasi dalam dunia marketing hari gini sudah menjadi hal yang tidak asing lagi lho. Kolaborasi antar brand dari waktu ke waktu masih dianggap menjadi salah satu strategi yang jitu untuk memasarkan produk maupun jasa. 

Beberapa tahun terakhir kolaborasi antar brand semakin inovatif dan juga terbuka. Terutama di industri kreatif maupun Food & Beverages.Contohnya seperti brand Lego yang berkolaborasi dengan Adidas. Tahun 2021 lalu, LEGO dan Adidas meluncurkan Adidas Originals X LEGO Superstar yang uniknya adalah konsumen bisa menyusun dan membentuk seperti sepatu Adidas Originals dengan menggunakan LEGO blok sesuai dengan keinginan mereka.

Masih di Industri kreatif, Atmos Indonesia juga cukup dikenal sebagai brand yang mengadakan kolaborasi dengan sesama industrinya. Contohnya berkolaborasi dengan Karafuru, proyek NFT yang digagas antara Museum of Toys dan seniman Indonesia bernama Willy Wede. Mereka berkolaborasi untuk menghasilkan koleksi NFT dalam bentuk 3D.

 Di industriFood & Beverages, Kokumi cukup sering berkolaborasi dengan berbagai brand. Salah satunya Kokumi pernah berkolaborasi dengan salah satu brand kosmetik yaitu Jarte Beauty untuk meluncurkan Lipstik dengan Rasa Boba. Rasa minuman Boba Kokumi memang terbilang unik. 2 menu yang dijadikan Lipstick adalah Okinawa Creamy dan Unicorn Creamy.

Dari contoh diatas dapat dilihat bahwa inovasi sangat penting dalam menentukan sebuah brand berkolaborasi. Apa sih tujuan brand berkolaborasi? Tentu para pelaku bisnis memiliki tujuan tersendiri dalam melakukan kolaborasi. Manfaatnya, kedua brand dapat meningkatkan eksposur dari masing-masing target pasar yang belum terjangkau sebelumnya sehingga membuka peluang untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan profit lebih besar.

Satu hal yang nggak kalah penting dalam melakukan kolaborasi pastinya harus saling menguntungkan kedua belah pihak jangan sampai terjadi ketimpangan. Untuk itu, para brand sebaiknya juga bisa mengamati, meneliti dan melakukan kurasi kolaborator terlebih dahulu.

Di bulan Oktober mendatang, tepatnya tanggal 6 Oktober 2022jam 10.00 di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Hype Brand Kolaborator Rohan Mathur, Marketing Director SEA at LEGO Group, Jacqueline Karina, Founder & CEO at KOKUMI dan Marcel Lukman, President Director at Atmos Indonesia akan memberikan insight terkait bagaimana brand mereka terus melakukan kolaborasi di acara konferensi ICON 2022 dari GDP Venture. Sesi “THE POWER OF COLLABORATION” ini akan dipandu oleh Samira Shihab, Co-founder & CEO Tinkerlust.

Pada konferensi yang akan diadakan selama 2 hari, 6-7 Oktober di Ritz Carlton Pacific Place ini akan membahas bagaimana menjalankan bisnis maupun gaya hidup dengan banyaknya perubahan baru setelah pandemi. Puluhan pembicara akan hadir untuk membahas topik-topik terkini seperti Web 3.0, NFT, Creating IP, Content Entertainment dan lainnya. Gimana, tertarik nggak Agan Sista?  Informasi terkait konferensi ICON2022, ada di websitehttps://www.gdpventureicon.com/.

 

 


Diubah oleh kaskus.infoforum 19-09-2022 19:56
User telah dihapus
User telah dihapus memberi reputasi
1
1.7K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan