KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Guru Datang Terlambat Gerbang Ditutup oleh Murid, Apakah Itu Pantas Untuk Dilakukan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63250ee6311b891f5079d75f/guru-datang-terlambat-gerbang-ditutup-oleh-murid-apakah-itu-pantas-untuk-dilakukan

Guru Datang Terlambat Gerbang Ditutup oleh Murid, Apakah Itu Pantas Untuk Dilakukan?

Guru Datang Terlambat Gerbang Ditutup oleh Murid, Apakah Itu Pantas Untuk Dilakukan?
Beredar di media sosial Guru terlambat datang ke sekolah dan murid kunci gerbang untuk menertibkan, apakah itu pantas untuk dilakukan?


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang menunjukkan beberapa orang Guru dan staf terlambat datang ke sekolah dan menunggu di depan gerbang karena gerbang dikunci oleh murid-murid yang bertugas untuk piket penertiban pagi.

Di dalam video yang beredar di media sosial tersebut terlihat Guru-guru tampak malu karena murid yang bertugas untuk piket penertiban pagi tidak hanya mengunci gerbang melainkan juga menanyakan alasan datang terlambat, mencatat nama, dan merekam para Guru dan staf yang terlambat datang ke sekolah.

Beredarnya video tersebut pun berhasil mengundang tanggapan dari warganet, yang ternyata timbul pro kontra, ada yang menganggap apa yang dilakukan murid petugas piket sudah sangat tepat, dan ada pula yang menganggap murid tersebut kurang sopan terhadap Gurunya.

Melihat adanya pro kontra di tengah warganet tentang kepatutan atau kepantasan, mari kita bahas apakah yang dilakukan oleh murid petugas piket tersebut pantas ataukah tidak.


Guru Datang Terlambat Gerbang Ditutup oleh Murid, Apakah Itu Pantas Untuk Dilakukan?


Jika membahas tentang pantas tidak pantas dan layak tidak layak seorang murid memberikan hukuman kepada Guru sebenarnya semua orang yang bersalah dan melanggar aturan sudah resikonya mendapatkan hukuman dan memang sudah sepatutnya penegak hukum yang dimana di sekolah adalah hak petugas piket untuk menutup gerbang setelah jam kelas dimulai, maka sudah tepat apa yang dilakukan oleh petugas piket tersebut untuk menutup pintu gerbang meskipun ada Guru yang datang terlambat.

Bukan hanya itu, status Guru di sekolah adalah sebagai tenaga pendidik dimana setiap tindak tanduk dan perilakunya dicontoh oleh murid baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Melihat tugas dan peran Guru yang sangat mulia karena menjadi teladan, maka saat mereka melakukan kesalahan hukuman juga harus diberlakukan agar menjadi contoh untuk para murid bahwa hukuman tidak pandang bulu atau tebang pilih diberlakukan untuk seseorang atau sekelompok orang saja.

Seringkali kepantasan dan ketidak pantasan, kelayakan dan tidak layakan diberlakukan hanya untuk orang-orang yang memiliki titel atau jabatan tertentu sehingga keadilan tidak diberlakukan setegak-tegaknya dan seadil-adilnya melainkan hanya untuk golongan tertentu saja.

Saat Guru pun mendapatkan hukuman yang sama dengan murid untuk pelanggaran atas aturan yang berlaku maka disinilah kedisiplinan tersebut diajarkan agar menjadi sebuah kebiasaan yang baik.


Guru Datang Terlambat Gerbang Ditutup oleh Murid, Apakah Itu Pantas Untuk Dilakukan?


Itulah GanSis sekilas tentang kelayakan atau kepantasan terhadap viralnya Guru mendapatkan hukuman dari murid karena datang terlambat ke sekolah, mudah-mudahan menjadi penengah atas munculnya pro kontra warganet di media sosial.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil oleh Agan dan Sista semua.


Guru Datang Terlambat Gerbang Ditutup oleh Murid, Apakah Itu Pantas Untuk Dilakukan?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dasiemsidas dan 37 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
emoticon-Matabelo menurut kalian pantas atau tidak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
emoticon-Ngakak Guru = Digugu dan ditiru, so apakah kalau datang terlambat tidak dihukum itu tandanya murid mendapatkan hak yang sama?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
menurut sayah seeeh sah2 saja...
masa murid yg kesiangan dihukum terus2an
harus adil donk...
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Cape d... yok lah belajar disiplin sedari dini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Menurut ane sih gpp, aturan tetap aturan, biar guru belajar disiplin juga
Berani membuat aturan, harus berani melaksanakan dan mematuhi aturan yg dibuat itu
Guru bukan berarti raja yg bebas dari kesalahan dan hukuman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Pan muridnye emang sedang tugas jaga penegak disiplin..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
sangat pantas lah, guru harusnya bisa jadi role model
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:
emoticon-2 Jempolsetuju banget. Kalau gurunya gak disiplin pasti muridnya juga akan mencontoh ya

Quote:
emoticon-Matabelobetul, jangan sampai Guru ngotot masuk karena nantinya murid bakal merekam di otak mereka kalau yang bertitel boleh tidak disiplin

Quote:
emoticon-2 Jempolsetuju banget ane gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Murid goblok, bisa aja guru honorer. Klo guru honorer masuknya ketika pas jamnya mengajar aja. Bs aja dia ngajar di beberapa sekolah sekaligus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hilmiazizi19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Patut lah.. Bukankah aturan itu berlaku sama?

Ap lg guru itu panutan, klo dia nyontohin yg ga baik psti ad konsekuensi nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau gurunya ga boleh masuk tar siape yang ngajar dong emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chakim dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Matabeloya gak peduli dong, kan jam ngajar dia pagi di sekolah tsb

Quote:
emoticon-2 Jempolsetuju banget ane mah

Quote:
emoticon-Matabelojam kosong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Sesuai dengan sila Pancasila yang kelima gan,gue rasa itu sah2 saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gw tersenyum baca nih berita emoticon-Malu (S)

Bukan masalah pantas atau tidak. Lbh krn disiplin waktu. Byk guru2 yg datang telat masuk kls, ujungnya ngasih tugas doang. Muridnya dituntut dpt nilai Bgs tapi gaya ngajar gurunya kaya gak niat ngajar emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
udynym672 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
sangat pantas sekali kaka emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Zaman gw sekolah dulu, biasanya Kepala Sekolah yg paling awal hadir. Kalau ada siswa atau Guru yg datang terlambat, yg menertibkan Kepala Sekolah. Guru yg sering terlambat, jarang masuk kelas atau melanggar aturan sekolah, bisa langsung kena mutasi ke luar Provinsi(luar pulau) atau diberhentikan. Sekolah tempat gw belajar dulu Sekolah Negeri.

*Sikap siswa yg ada dalam thread,tidak salah. Yang menjadi pertanyaan Kepala sekolahnya kemana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kalau guru2 terlambat gak boleh masuk, itu anak2 mau di didik pelajaran sama siapa? Bu kantin? Pak satpam?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Idealnya guru datang sebelum jam pelajaran dimulai, entah gerbang sudah ditutup atau pintu di konci, tetap ngk ngaruh harusnya. Kalo datang tepat waktu lebih diutamakan sebagai contoh.

Tapi kalo sampe ditutup gerbang olah si murid, kui ngelamak bin durhaka namanya, ngk etis banget, sepandai2 nya si murid, atau semulia mulia nya dia, tetap nama nya murid harus hormat thd guru, jangan egois dan angkuh spt itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
guru kencing berdiri....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
wajarlah menurut ane. Guru sebagai figur yang ditinggikan di sekolah harus kasih contoh yang baik ke murid murid. ini justru contoh tepat penertiban yang adil emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di