KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6323c095888399520d63e222/kenapa-orang-tua-lebih-suka-zaman-soeharto-ternyata-ini-penyebabnya

Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Suatu hari, TS duduk bersama kakek di halaman rumah. Sambil melihat sekitar, kakek mulai bercerita tentang masa lalu. Yang paling sering kakek bicarakan adalah tentang kehebatan Soeharto.

Ya, presiden kedua itu punya reputasi sebagai pemimpin hebat di keluarga TS. Kakek, nenek sampai beberapa kerabat menyanjung masa-masa orde baru ketika Soeharto memimpin. Di tempat lain pun sama saja, di kampung bapak TS pun menyatakan hal yang sama.

"Pak Harto itu hebat, lebih enak zaman Pak Harto."

Apa iya? Kalau dibandingkan dengan zaman sekarang, mungkin iya. Mungkin juga tidak. Tergantung dari mana kita melihatnya. Ada yang menganggap Soeharto itu memakmurkan rakyat, ada juga yang anggap Soeharto itu penjahat.

Tapi mengapa orang tua seperti kakek TS begitu menyanjung era Seoharto? emoticon-Bingung (S)

Pertama, menurut TS karena kakek dan orang-orang tua lainnya sempat merasakan era Seokarno. Orde Lama. Di saat itu ekonomi Indonesia memang sedang anjlok, bahkan keadaan politiknya pun tidak stabil.

Kelaparan, kemiskinan jadi hal yang biasa terlihat di mana-mana. Kemudian masuk era Soeharto, di mana perlahan-lahan ekonomi bangkit. Bahan pangan mulai mudah didapatkan, harga-harga murah, intinya ekonomi jauh lebih baik saat memasuki orde baru.

Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Mungkin dari sini, kakek TS merasakan dua zaman yang berbeda antara orde lama dan orde baru. Kakek TS merasakan dua zaman yang terasa kontras, melarat di era Seokarno lalu tiba-tiba mulai bangkit di era Soeharto. Wajarlah kalau dia bilang Soeharto hebat.

Kedua, faktor ekonomi yang memang cukup berkembang di zaman itu. Soeharto banyak membuat pembangunan yang produktif. Harga-harga kebutuhan pokok pun murah, rakyat bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan cukup mudah.

Bahkan menurut kakek TS, dahulu orang dengan gelar sarjana itu udah hebat sekali. Pasti bakal dapat pekerjaan di posisi yang bagus. Sedangkan sekarang? Boro-boro mau dapat posisi bagus, gak nganggur aja udah bersyukur. emoticon-Frown

Ya, pekerjaan cukup mudah didapatkan di zaman itu asal kita punya kemauan. Sehingga jumlah pengangguran sedikit. "Zaman Pak Harto cuma pemalas aja yang nganggur," begitu kata beliau.

Jika kita melihat kehebatan zaman Orde Baru, memang banyak catatan bagus seperti swasembada pangan misalnya. Lalu pendapatan ekspor juga meningkat pesat.

Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Tapi biar begitu, ini Soeharto, gan. Meski makmur ada juga kebobrokannya seperti korupsi, pelanggaran HAM dan diskriminasi terhadap warga Tionghoa.

Meski begitu, alasan para orang tua yang menyanjung era Soeharto karena mereka merasakan sendiri bagaimana mudahnya hidup di era itu. Mereka mungkin tidak tahu apa-apa soal KKN dan pelanggaran HAM yang terjadi. Jadi, jangan anggap mereka mengabaikan HAM ya gan wkwk. Gak semudah itu. Ini orang tua gan.

emoticon-2 Jempol

Ya segitu saja sharing dari TS. Kalau kalian, apakah orang tua kalian juga menyanjung era orde baru? emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drkhntr3ss dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Siapa yang pernah ngerasain orde baru?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
R8486.Jr dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 38 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 38 balasan
Otw ke rumah ts:

Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukhoipakfa dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan

Mytique Quote

Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!

emoticon-Takut








Nasib itu anak selamat sampai di rumah kah? emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rudigatot dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
Alasannya bnr semua emoticon-Malu (S)

Tapi yg nikmati kehidupan mewah cuma segelintir. Klo rakyat biasa mknan memang terjamin, tapi ya jgn harap bisa rame itu McD atau KFC kaya sekarang.

Jaman mbah kekayaan itu barang yg bnr2 langka dibandingkan jaman sekarang. Klo sekarang gak jelas mana yg kaya mana yg miskin. Krn dri yg kaya sampe miskin bisa punya hp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Ane merasakan jaman suharto..
Bila dibandingkan dg presiden2 setelahnya... Ane tetap lebih suka jaman dia.
Rakyat hanya butuh enak cari makan.. Aman dan tentram..
Yg nuduh dia korupsi dll... Coba ngaca dg jaman skrg... Sudah korupsi jg banyak.. Rakyat tetap aja ga enak cari kerja.. Tdk aman dan tdk tentram.

Suharto presiden terbaik indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
semangathidup88 dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 31 balasan
Sayang ane gk ngalamin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bisa jadi sih gan
Sayangnya ane gak ngalamin, jadi ane gak bisa komentar banyak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gw sih paham nya gini,
Orang kita itu kalo di bebasin ngapain aja, jatuhnya berlebihan/melewati batas.
Nah pada masa itu, pemerintah yg tegas itu bikin warga tenang.
Sebagai contoh, yg sering emak gw cerita, pada masa itu tren preman meningkat, semua orang jadi gangsters. Bikin was2.
Nah seperti yg udah kalian sering denger tentang petrus2 itu, tiba2 kalo udah waktu nya, semua gangster di kampung Auto hilang tak berbekas.
Warga jadi tenang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh a2team
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jaman Soeharto ada enaknya...

Enaknya, Politik lebih tekendali, ga ada ekstrimis yang berani macem macem...

Ga ada kaum fanatik agama yang berani muncul ke permukaan, Ormas yang ngelarang Natalan lah, Sekolah Negri yang wajibin Jilbablah, Agama diteguk sesuai dengan Dosisnya...

Ga ada yang berani tereak Khilafah, langsung kena Bredeel...

Tiap malem nonton berita wajib TVRi abis itu Kelompen Capir buat ngasih tau kegiatan Presiden...

Apa lagi??

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 31 balasan
+ keamanan
- kemiskinan

terlalu jomplang pada masa itu kehidupannya
profile-picture
profile-picture
itkgid dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
lha ts sendiri seberapa tau tentang orba , bukan cm katanya 2X

emoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jaman petrus masih berkeliaran, dan juga pers yg ngak disukai sama pemerintah di bredel pakai peluru bray emoticon-Leh Uga

Quote:
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
klo kata orang dulu sih tentram.
tp klo masalah "penjahat" kyknya semua zaman ada "penjahat" emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan atmajazone memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Karna jaman pak harto, orang tua masih muda, masih pada enak hidupnya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Seperti bisul yang pecahnya sekarang 😃😃😃
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Selama elo bukan penjahat dan nggak ikut gerakan yang aneh-aneh hidup Lo pasti aman. Itu sih yg ane tahu. Ane masih kecil soalnya pas zaman Mbah.

Zaman itu orang-orang mana berani sembarangan tatoan? Bisa tiba-tiba diciduk. Karena identik dengan kriminal. Sekarang mah semuka-muka ditato semua emoticon-Ngakak (S)

Zaman Mbah banyak korupsi? Hellawwww... Yang paling keras menyalak bilang Mbah korupsi sekarang jadi garong nomor satu se Indonesia.

Apa kabar partai wong licik?

emoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukhoipakfa dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Jaman masih kecil banyakan lupa nyaemoticon-No Hope
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Masalah diskriminasi terhadap ras Tionghoa, ane nilainya lebih ke masalah hankam dan politik. Lebih rumit dari sekedar SARA.

Mbah cuma mau melindungi hak-hak warga pribumi. Itu sih yg ane tangkap dan pernah ane simak dari omongan seorang pakar.

Cuma ya kan namanya manusia banyak bapernya. Padahal kalau mau jujur dari mereka sendiri juga sering diskriminasi ke pihak lain.

Terus kebaperan itu didukung sama mereka-mereka yang nggak coba melihat jauh ke depan. Ya semoga yang ane khawatirkan nggak jadi kenyataan.

Belajar dari nasib suku Aborigin dan Indian di Amerika. Perang nggak harus perang fisik dengan senjata.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Razhad dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh om2julid
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
itu kalo yg tinggal di jawa bre, kalo yg tinggal diluar jawa pegimane bre tanggapannya? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
here we go again ... propaganda...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 7


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di