KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/631e85e651dd1a2cd7303ae6/investigasi-ringan-kasus-mutilasi-setiabudi-13-ala-marywiguna13--seninmisteri

Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Quote:


Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri


Pada tanggal 23 November 1981, dua orang securityyang bertugas di PT Garuda Mataram Motor yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, menemukan dua buah kotak berbahan kardus yang diletakkan di trotoar seberang gedung Arthaloka. Kedua security tersebut sempat memperhatikan bahwa kedua kotak kardus yang mereka temukan dikerubungi lalat dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Mereka berdua sempat melaporkan hal tersebut pada seorang petugas polisi yang sedang mengatur lalu lintas. Namun, kesibukan petugas polisi tersebut membuat keberadaan kedua kotak kardus tersebut sempat terlupakan.

Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Dari sumber yang didapat tidak dikatakan dalam waktu berapa lama, tapi kemudian giliran dua orang gelandangan menemukan kedua kotak kardus tersebut. Karena merasa penasaran, mereka berdua membukanya. Ternyata, kotak kardus pertama berisi 13 potongan tulang dan sebuah kepala manusia, dan kotak kardus kedua berisi 180 potongan daging tubuh manusia, termasuk bagian organ tubuh lainnya.

Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Seluruh potongan tubuh beserta tulang manusia tersebut kemudian dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk dilakukan proses otopsi, dan untuk dilakukan penyusunan agar tubuhnya bisa terlihat secara keseluruhan. Dari kedua proses tersebut didapatkan informasi bahwa korban berjenis kelamin laki-laki, berumur 18-21 tahun, memiliki postur tubuh yang tegak dan gemuk, memiliki tinggi 165 cm, dan memiliki kondisi medis Fimosis, dimana lubang saluran urine yang terdapat di ujung kemaluan korban yang tidak disunat cenderung sempit. Dan setelah dilakukan penyusunan, diketahui bahwa bagian anus, kandung kemih, dan pankreas tidak ditemukan.

Pihak kepolisian kemudian menyebarluaskan perihal penemuan mayat termutilasi tersebut. Namun, ratusan orang yang mengaku kehilangan anggota keluarga mereka, mendatangi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk mencoba mengidentifikasi apakah korban memang benar anggota keluarga mereka atau bukan. Dan hasilnya, tidak ada satu orang pun dari mereka yang menemukan kecocokan antara korban dengan anggota keluarga yang mereka cari. Pihak kepolisian juga berusaha untuk mencocokkan korban dengan database yang mereka miliki, dan hasilnya pun nihil.

Dengan munculnya kesulitan dalam mencari informasi tentang korban, empat hari kemudian yaitu pada tanggal 27 November 1981, korban dimakamkan di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Menurut dokter ahli forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang bernama dr Mun'im Idris, pelaku memotong-motong tubuh korban secara sistematis dan menyayat daging tubuh korban dari tulangnya dengan bersih. Dari hal ini bisa ditarik kesimpulan bahwa pelaku bukan orang biasa. Pelaku memiliki latar belakang medis, dan memiliki kemampuan dalam hal pembedahan tubuh. Dan pelaku diduga membunuh dan memutilasi korban 1-2 hari sebelum korban ditemukan.

Jika kedua proses membunuh dan memutilasi dilakukan oleh satu orang, maka akan membutuhkan waktu selama berjam-jam karena terutama untuk memisahkan daging tubuh korban dari tulangnya merupakan proses yang tidak mudah untuk dilakukan. Dr Mun'im Idris menduga proses tersebut dilakukan oleh pelaku hanya selama 3-4 jam saja. Itu berarti, pelaku ada kemungkinan berjumlah lebih dari dua orang.

Tubuh korban yang ditemukan dalam kondisi sudah dimutilasi, memberi arti bahwa pelaku membunuh korban dan memutilasinya di tempat lain. Untuk proses membunuh korban mungkin bisa dilakukan dimana saja. Namun, untuk melakukan proses mutilasi dan penyayatan daging dan tulang pada tubuh korban, perlu dilakukan di tempat yang memang memiliki tingkat pencahayaan yang baik dan bagus. Apalagi jika terdapat proses pengambilan organ tubuh korban untuk upaya organ trafficking, maka akan diperlukan tempat yang bersih dan steril.

Selain informasi yang dipaparkan oleh dokter ahli forensik, akan muncul dua kemungkinan.

Quote:

Quote:
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Pelaku memiliki keterlibatan dalam upaya penjualan organ tubuh manusia, atau pelaku merupakan anggota sindikat penjualan organ tubuh manusia itu sendiri. Terbukti dengan hilangnya bagian tubuh korban seperti anus, kandung kemih, dan pankreas.

Diketahui bahwa pankreas merupakan salah satu organ tubuh manusia yang bisa didonorkan. Jika diperjualbelikan secara legal, harganya sangat fantastis. Dan jika diperjualbelikan secara ilegal, maka harganya akan sangat menggiurkan. Kandung kemih, walaupun bukan merupakan organ tubuh manusia yang secara umum bisa didonorkan, namun kandung kemih tetap bisa digunakan untuk menggantikan kandung kemih lain yang memiliki kerusakan. Dan anus yang merupakan sistem pembuangan akhir, tampaknya memang tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam urusan penjualan organ tubuh manusia. Kemungkinan pelaku mengambil kandung kemih korban dengan membedah bagian anusnya, walaupun mungkin sebenarnya bisa dilakukan dengan membedah bagian perutnya.

Namun, kemunculan teori ini akan dengan sangat mudah untuk dibantah. Karena jika pelaku memiliki keterkaitan dengan sindikat penjualan organ tubuh manusia, lantas mengapa organ tubuh korban yang lainnya yang juga bisa diperjualbelikan secara legal maupun ilegal, tidak diambil oleh pelaku secara keseluruhan?
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Pelaku memang membutuhkan organ tubuh korban bagian tertentu, hanya untuk kepentingan medis saja. Pelaku memang hanya membutuhkan organ pankreas dan kandung kemih dari tubuh korban, untuk bisa ditransplantasikan ke tubuh orang lain.

Dalam hal ini muncul sebuah kemungkinan. Pelaku ataupun rekan dari pelaku memiliki 1-2 orang pasien yang membutuhkan transplantasi pankreas dan/atau kandung kemih. Namun, karena persoalan biaya transplantasi yang tidak murah, karena persoalan ketentuan yang rumit dari pihak rumah sakit, karena persoalan tidak adanya pendonor, ataupun karena secara kebetulan tubuh dari 1-2 orang pasien tersebut memiliki kecocokan dengan organ pankreas dan kandung kemih yang dimiliki oleh korban. Maka pelaku mengambil tindakan dengan mencuri korban dari kamar mayat yang juga secara kebetulan baru meninggal.

Jika memang untuk kepentingan medis saja, lantas mengapa pelaku harus memutilasi tubuh korban dan membuang potongan tubuhnya di trotoar? Hal tersebut mungkin dilakukan oleh pelaku agar bentuk pencurian yang dilakukannya tidak diketahui oleh pihak rumah sakit tempat dia bekerja dan tidak beresiko terhadap profesinya.

Dan apakah menyayat daging tubuh korban dari tulangnya perlu untuk dilakukan? Entahlah.. Mungkin saat itu pelaku sedang boring.
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Pelaku dan korban memang saling mengenal. Dan diantara mereka terdapat sebuah urusan yang membuat pelaku membunuh korban dan memutilasi tubuhnya, misalnya urusan asmara ataupun hutang piutang. Atau pelaku merasa sakit hati dan menyimpan dendam terhadap korban. Dalam hal ini muncul dua kemungkinan.

Quote:

Quote:
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri

Korban merupakan sesosok mayat yang kondisinya memang baru meninggal dan disimpan di kamar mayat di rumah sakit tempat pelaku bekerja. Korban dicuri dan digunakan sebagai media untuk melakukan eksperimen ataupun untuk latihan bedah oleh pelaku, atau pelaku bermaksud untuk mengajari para juniornya.

Karena korban tidak mungkin dikembalikan ke kamar mayat dalam keadaan tubuhnya sudah dipotong-potong, maka pelaku membuangnya di luar rumah sakit agar pencurian mayat tersebut tidak menimbulkan masalah bagi orang-orang yang ikutserta dalam melakukan pencurian dan menggunakannya. Untuk bagian tubuh korban yang hilang seperti bagian anus, kandung kemih, dan pankreas, bisa saja ketiga bagian tubuh tersebut tertinggal ketika akan dibuang.
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
Adalah hal yang akan dimaklumi jika pihak kepolisian mengalami kesulitan dalam mengungkap kasus mutilasi pertama di Indonesia yang sudah berumur lebih dari 40 tahun tersebut. Dalam kasus ini, pihak kepolisian tidak akan bisa menetapkan seseorang sebagai terduga pelaku. Karena bahkan dari sisi korban sendiri pun, tidak ada sedikitpun celah untuk bisa mendapatkan informasi tentang latar belakang kehidupan sosial dan keluarga yang korban miliki. Persoalan sidik jari pada tubuh korban, juga tidak bisa memberikan petunjuk. Selain itu pada tahun 1980an, teknologi masih belum maju seperti disaat sekarang ini.

Namun, tampaknya kemajuan teknologi belum tentu menjadi sebuah jaminan bahwa kasus-kasus pembunuhan seperti kasus Setiabudi 13 yang dibahas di atas, akan bisa mengungkap identitas pelaku dan korbannya. Karena untuk saat ini saja, kita masih memiliki banyak kasus pembunuhan dimana pelakunya masih belum diketahui. Dan kita tidak akan tahu, kapan pelakunya akan terungkap, ditangkap, dan dikenai hukuman. Jadi, untuk sementara, sepertinya kasus Setiabudi 13 ini masih belum bisa terpecahkan.

Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
Investigasi Ringan Kasus Mutilasi Setiabudi 13 ala marywiguna13 #SeninMisteri
Sekian, dan terimakasih.

*
*
*
*
*

sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Quote:
profile-picture
profile-picture
blezzernet dan rizkyarif23 memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Setiabudi 13, marywiguna13. Penuh angka 13 ya.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blezzernet dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Iya.. Iyaa.. Teorinya gw sendiri yang mikir. Masa reader cuma disuguhi kronologi penemuannya doang sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blezzernet dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
serem banget emoticon-Gila
bagi masyarakat itu horor
bagi sutradara film ini bisa jd bisnis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B | Y | O | N dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mikirnya sepertinya kejauhan sampe penjualan organ tubuh manusia. Apalagi tahun segitu teknologi tranplantasi, RS, dan dokter masih terbatas harusnya gampang liat catatan pasien di RS. terlalu ribet juga sampai mutilasi karena pelaku penjualan organ lebih peduli sama kecepatan organ sampe ke pembeli, mau mutilasi dulu bakan habisin banyak waktu.

Kenapa munim ngarahin pelaku dokter ya? dimana-mana yg jago bersihin daging sampe tulang itu tukang daging.

Tahun 80an kadang-kadang yang disuguhkan ke publik sengaja dibuat ngeri biar rakyat hidup dalam teror terus menerus emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sart86 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
hmmm kalo penjualan organ, terlalu sedikit organ yg diambil. ada kemungkinan besar si korban adalah gelandangan/terlantar, diimingin si pelaku yg kemungkinan besar dokter bedah/dokter spesialis, lalu di bunuh untuk dipelajarin anatomi.

tapi menurut ane ini di lakuin di tempat profesional kaya klinik/ruang bedah. gamungkin dibawa kerumah trus dibedah dirumah. secara dokter itu pasti punya keluarga/pembantu. terlalu riskan kalo sampe bocor

dan kemungkinan terakhir adalah korban meninggal di RS, si dokter dapet ide dia mau coba anatomi jadinya di bedah untuk belajar. tapi semua yg terlibat enggak tau kalo itu adalah mayat tanpa nama. mungkin aja data si korban di palsukan jadi keliatan kaya salah satu mayat di lemari pendingin
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gak ada pidionya ya? Saiyah kan ndak bisa baca tulis emoticon-Malu
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
hmmm, ni agak berat,, kira2 motifnya apa yak..

dan kenapa harus dibalikin kedalam kardus, kenapa ga dikubur atau dihanyutin disungai ngilangin jejak?

entah lah.. mungkin ada jawabannya pada hari jumat tgl 13..
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
teori yg membagongkan ...ngeri banget ini pembunuh
Bisa jadi pelakunya itu tenaga medis yang cuma butuh organ tertentu aja. Soal trafficking meragukan sih. TKP-nya juga kemungkinan di tempat kerja pelakunya. Semisal di rumah, nggak memadai buat lihat-lihat organ dalam.emoticon-Matabelo
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Semoga bisa 1 thread lagi, 2 thread lagi, 4 thread lagi...
profile-picture
profile-picture
cungkringoke dan blezzernet memberi reputasi
Gua dulu pernah visum bareng Alm Dr. Munim Idris bor, doi ilmunye manteb bor, thanks Dr, pokoknye Pak Munim dabest ilmu visumnye
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
The butcher of Jakarta ?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pernah baca nih case, jaman itu belum canggih sih database sidik jari dll belum lengkap, kalo sekarang mungkin bisa ketauan korbannya ya. Anyway ga kebayang dokter forensik pas nyusun body partsnya. Jadi inget serial Dexter...
Diubah oleh Kondisisusu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hm,,,kasus yg udah lama gw denger sih ini..
Memang membingungkan motifnya seperti apa, dan bagaimana cara pencarian dan penyelidikannya di tahun 1981...secara zaman itu gak ada cctv, jalanan juga masih sepi..internet bahkan belum ada kali ya di Jakarta..

Apakah pak presiden Soeharto juga mengecam peristiwa ini? Atau cukup bawahannya aja yg turun tangan,.walaupun tetep unsolved juga..

Setelah tahun ini baru diberlakukan petrus itu kan ya? Atau udah ada juga di tahun 1981?

Kalau pelakunya masih hidup, mungkin sekrang udah berumur 70-80an lah ya..
Dengan asumsi dia melakukan mutilasi ini di usia 30-40 tahunan...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
minimalis informasi ya.... udah kayak kasus munir aja... eh emoticon-Bingung munir malah banyak info banyak clue tapi gak kelar kelar ya emoticon-Smilie

1. tidak mungkin human tarfiking... kalo gue jadi human tarfikingg gw bakalan pergi ke penggilingan daging... selesai... karena pasti kalo human tarfiking itu skala besar... kalo skala 1 orang ya....
2. potongan mayit nya bak the butcher yang udah puluhan tahun kerja?? fix ini berarti dilakukan oleh orang ahli...
3. minim info berarti orang ini "pede" karena tau CCTV itu belum ada, ini feeling gw pembunuhan... kalo emang dibuang gitu aja ini kayaknya kerja 1x atau kerja sekali jadi urusan beres kita putus hubungan....
4. kornologi versi gw adalah:
pemuda suka sama wanita kaya yang tidak direstui dan di sukai orang tua wanita kaya sehingga papamamajahat langsung menyewa skillfull killer... mungkin wanita tersebut sudah terlalu jauh mungkin suda bunting oleh pria tersebut...

~kes clos emoticon-Cool
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Begitu rupanya emoticon-Bata (S)

#BAGIbata
profile-picture
namra21 memberi reputasi
Rupanya begitu

#bagiCendol emoticon-Cendol (S)
Pejwan harus segera dihabiskan !!!
Lebih digembok dengan Segera !!!
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Halaman 1 dari 3


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di