Kaskus

Regional

pondoksalamAvatar border
TS
pondoksalam
√ Pengertian Six Sigma, 2 Metode, 8 Teknik, 5 Langkah, 5 Prinsip & Aspek
Sumber : https://pondoksalam.co.id/

Pengertian Six Sigma adalah strategi bisnis dengan konsep analisis statistik dengan cara peningkatan kualitas menuju target 3,4 kegagalan di dalam persejuta kesempatan untuk tiap-tiap transaksi produk (barang atau jasa).
√ Pengertian Six Sigma, 2 Metode, 8 Teknik, 5 Langkah, 5 Prinsip & Aspek
Six sigma ini dibuat untuk menghilangkan pemborosan, mengurangi biaya disebabkan karna kualitas yang buruk serta memperbaiki efektivitas seluruh aktivitas atau kegiatan operasi dengan target kesempurnaan.

Six Sigma adalah suatu metode pengendalian serta peningkatan kualitas yang telah diterapkan oleh perusahaan Motorola dari tahun 1987.  Metode tersebut dikembangkan oleh William B. Smith JR serta Mikel J. Harry pada tahun 1981.

Six sigma ini  terdiri dari dua kata yaitu Six yang berarti enam serta juga sigma yang berarti sebuah simbol atau lambang standar deviasi di dalam statistik yang melambangkan kemampuan suatu proses serta juga ukuran suatu nilai sigma.

Prinsip dasar Six Sigma ini ialah perbaikan produk dengan melakukan perbaikan pada proses sehingga proses itu kemudian menghasilkan produk yang sempurna.
Pendekatan Six Sigma tersebut dipakai untuk mengidentifikasikan hal-hal yang berhubungan dengan penanganan error serta pengerjaan ulang produk ini akan menghabiskan biaya, waktu, mengurangi peluang mendapatkan pendapatan, mengurangi peluang mendapatkan pendapatan serta juga mengurangi kepercayaan pelanggan.


Aspek Dasar Six Sigma

Six Sigma ini adalah metode pemecahan masalah dari akibat cacat serta tingginya biaya yang disebabkan oleh rendahnya kualitas produk ataupun juga proses. Six Sigma tersebut bisa atau dapat menjadi filosofi manajemen yang memiliki tujuan mencapai kualitas yang lebih baik dengan melalui peningkatan kualitas terus menerus (countinous improvement).

Menurut Pande dkk (2002), Terdapat 6 aspek utama yang perlu untuk diperhatikan oleh manajemen yang ingin menerapkan tentang konsep six sigma, diantaranya ialah :

1. Benar-benar berfokus pada pelanggan: seperti kita sadari bersama, pelanggan ini bukan hanya berarti pembeli, namun juga bisa berarti rekan kerja kita, team yang kemudian menerima hasil kerja kita, pemerintah, masyarakat umum pengguna jasa, dll.

2. Manajemen yang dengan berdasarkan data serta fakta: bukan hanya dengan berdasarkan opini, atau juga pendapat tanpa dasar.

3. Fokus pada proses, manajemen serta juga perbaikan: Six Sigma ini sangat tergantung pada kemampuan kita di dalam mengerti proses yang dipadu dengan manajemen yang bagus guna melakukan perbaikan.

4. Manajemen yang proaktif: peran pemimpin serta juga manajer disini sangat penting guna mengarahkan keberhasilan di dalam melakukan perubahan.

5. Kolaborasi baik dan tanpa batas: kerja bersama antar tim yang harus mulus.

6. Selalu mengejar yang namanya kesempurnaan.

Baca Selengkapnya di : Six Sigma
0
299
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan