KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Games / Games /
Sekali Sentuh Auto Kalah: Ini dia Derita Pemain Game Jaman Dulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6319bb60c9546702bb24cea3/sekali-sentuh-auto-kalah-ini-dia-derita-pemain-game-jaman-dulu

Sekali Sentuh Auto Kalah: Ini dia Derita Pemain Game Jaman Dulu

Sekali Sentuh Auto Kalah: Ini dia Derita Pemain Game Jaman Dulu
199

Apakah gansis pemain game jadul kayak TS, atau masih player dari zaman PS 1. Tentu konsolnya mungkin beda, tapi TS mulai bermain game dari konsol NES alias Nintendo Entertainment Sistem, lalu ke Sega Genesis. Tidak seperti konsol PS yang punya banyak kelebihan, bermain game di konsol-konsol jadul ini memiliki banyak penderitaan bagi para playernya dulu. Tentu dulu kita have fun memainkannya, tapi mari fokus ke deritanya dulu.

Tidak ada Continue/Continue yang terbatas
Sekali Sentuh Auto Kalah: Ini dia Derita Pemain Game Jaman Dulu
Semenjak ada sistem Save and Load yang ada di konsol modern, gansis bisa dengan mudah menyimpan progress bermain gansis sekalian dan melanjutkannya lain hari, atau kalau kalah gansis sekalian bisa lanjut dari the last save gansis alias continue. Tapi di konsol Jadul continuenya terbatas bahkan kadang tidak ada sama sekali yang menyediakan gansis cuma dikasih nyawa dua biji dan kalo kalah di kasih kesempatan dua kali continue, kalo kalah lagi, seperti kata pegawai SPBU mulai dari nol ya. Entah apa yang dipikirkan developer jaman dulu mempersulit playernya untuk mencapai garis finish.

Banyak-banyak Tulis Password
Sekali Sentuh Auto Kalah: Ini dia Derita Pemain Game Jaman Dulu
Karena tidak ada continue, maka yang dilakukan adalah dengan memberikan password untuk setiap stage yang dicapai. Untuk itu TS harus nyiapin buku dan bulpen ketika mainin game. buku password menjadi harta karun TS waktu itu karena berisi data-data berharga game yang TS mainin. Tidak dalam memory card atau data macam sekarang yang otomatis. Semuanya manual.

Gampang banget kalahnya
Sekali Sentuh Auto Kalah: Ini dia Derita Pemain Game Jaman Dulu
Di game sekarang pasti gansis sudah memiliki yang namanya health bar atau bar darah yang menunjukkan daya tahan karakter yang gansis mainkan. Tapi zaman TS dulu adanya dua yaitu life dan continue. life permulaan cuma dikasih dua (biasanya) sama continue (2). Kalau main harus ekstra hati-hati, musuh senggol dikit aja bisa langsung mati/kalah.

Susah sekali Tamatin satu Game
Sekali Sentuh Auto Kalah: Ini dia Derita Pemain Game Jaman Dulu
TS dulu suka banget main adventure island 2, tapi dulu sangat tidak mengenakkan karena TS kalah terus ketika mencapai boss terakhir atau stage terakhir, al hasil TS harus mulai lagi dari awal (gak bisa save, gak ada password, continue habis duluan dipake di stage sebelumnya). Enak nya zaman sekarang yah gitu tinggal auto save, masalah kelar

Penutup
Gimana apa ada penderitaan yang harus dialami game jadul selain di atas, silahkan tambahin yah gansis sekalian

profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 2 lainnya memberi reputasi
TS kayaknya masih nyimpen catatan password TS, xixixi
>Tamat
Entah kenapa gw benci kata ini untuk konteks "arcade styled" game atau apalah namanya (Karena apa? untuk dianggap menang seenggaknya ya kita harus kalahin gamenya tanpa continue atau 1cc belum lagi kalau gamenya ada infinite loop lah terus tamatnya kapan?)

Juga ngga cuma millenial & boomer doang beberapa zoomer juga main game game begituan juga, toh masih ada yang dev yang bikin game begituan atau seengaknya ngeport ke PC, PS4 (game NES, Genesis juga banyak hasil port Ding dong kalau ngga salah)
Diubah oleh argekandhis
Gw malah main dari jaman game&watch. Bukan konsol. Game berbentuk batangan yang ada layar dan tombol. Layar masih monokrom. Yang paling memorable game Westren Bar, Popeye, Donkey Kong, dsb.
Super Mario Bros. The Lost Levels/SMB2J ada Continue.
Untuk SMB1, Tahan Tombol A dan Tombol Start selama Title Screen setelah Game Over.
oh my god......game gua semua ini pas jaman nintendo...ninja kok gak ada ya...
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ane save princess di super mario bross pas jaman kuliah padahal maen nintendo dari kelas 2 sd
1 lagi gan...game nya ada timer nya...begitu start..ada countdown timer dr 300 detik misalnya...gila aja...
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
gamers jaman dulu pro2 semua pasti emoticon-Wow:
Kangen banget sama super mario 🥺
jangan lupakan cartridge bajakan 999999 in 1 yang isinya sebenernya beberapa game doang tapi startnya beda2, misal mario bros ga dari level 1-1 tapi dari level 1-3 atau 4-2.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di