KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Dibalik Duka Cita Tinggal Serumah dengan Mertua, Adakah Pelajaran Baiknya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/631940ac9e6f2255f6661c98/dibalik-duka-cita-tinggal-serumah-dengan-mertua-adakah-pelajaran-baiknya

Dibalik Duka Cita Tinggal Serumah dengan Mertua, Adakah Pelajaran Baiknya?

Dibalik Duka Cita Tinggal Serumah dengan Mertua, Adakah Pelajaran Baiknya?
Banyak cerita duka cita tinggal serumah dengan mertua, apakah ada pelajaran hidup yang dapat diambil?


Di media sosial beredar banyak cerita pasangan suami istri yang baru menjalin rumah tangga atau telah lama berumah tangga dan mereka terpaksa harus tinggal satu rumah dengan mertua karena satu dan banyak alasan yang memaksa mereka untuk tinggal bersama mertua.

Dari banyaknya suami istri yang tinggal bersama dengan mertua mayoritas cerita-cerita yang dibagikan adalah cerita kurang menyenangkan atau cerita rumah tangga yang penuh keruwetan.

Masalah-masalah suami istri yang tinggal serumah dengan mertua tidak jauh dari masalah orang tua atau mertua yang ikut campur dengan urusan rumah tangga anaknya, mertua yang sulit untuk diurus, mertua yang mudah menyalahkan menantunya, atau bahkan juga masalah cara mengasuh anak.

Permasalahan-permasalahan inilah yang kemudian membuat banyak orang yang memiliki keputusan lebih baik hidup ngontrak dibandingkan harus tinggal dengan mertua.

Apakah sebenarnya tinggal dengan mertua itu selalu buruk dan ceritanya hanya ada cerita tidak baik?
Tentu saja tidak GanSis, tidak sedikit pasangan suami istri yang merasa nyaman tinggal dengan mertuanya bahkan mereka tidak bisa meninggalkan mertuanya terlalu lama karena saling tulus dalam menghadapi kehidupan bersama.

Lalu apa sih yang bisa diambil sebagai pelajaran hidup tinggal bersama mertua yang ceritanya selalu buruk?
Berikut ini beberapa diantaranya GanSis.


Dibalik Duka Cita Tinggal Serumah dengan Mertua, Adakah Pelajaran Baiknya?


1. Belajar Sabar

Pelajaran hidup pertama dari tinggal bersama mertua adalah belajar sabar GanSis.
Jika mertua kalian sulit untuk dimengerti, mudah menyalahkan, dan tidak terima saat diurus, tentu Agan Sista harus benar-benar melatih kesabaran kareba jika tidak maka setiap hari akan selalu ada percekcokan.

Bersikap acuh tak acuh dan mengerjakan apa yang bisa dikerjakan cukup menjadi solusi saat GanSis serba salah dimata mertua, karena memang semaksimal apapun kalian melakukan sesuatu pasti akan tetap ada yang dianggap salah atau kurang tepat.

2. Belajar Menjadi Orang Tua

Saat ini mungkin status Agan dan Sista masih menjadi anak atau menantu, tapi suatu saat kalian juga akan mengalami menjadi orang tua dan mertua.
Dari hidup dan tinggal bersama mertua maka kalian bisa belajar menjadi orang tua dan mertua yang baik agar kedepannya ketika status tersebut telah kalian sandang maka menantu kalian tidak merasa tertekan karena tinggal bersama dengan mertua yang sulit dimengerti dan maunya menang sendiri.

3. Tanda Bakti

Meskipun anak tidak meminta untuk dilahirkan dan anak juga bukan investasi masa depan, tapi berbakti kepada orang tua itu menjadi kewajiban yang tidak tertulis tapi harus dilakukan GanSis.
Tinggal bersama mertua menjadi tanda bakti kalian kepada orang tua, paling tidak meskipun kalian belum bisa membayar semua jasanya tapi sudah ada sedikit kebaikan yang diberikan sebagai balasan.

Dibalik Duka Cita Tinggal Serumah dengan Mertua, Adakah Pelajaran Baiknya?


Itulah GanSis beberapa pelajaran hidup yang bisa diambil dari cerita-cerita pasangan suami istri yang tinggal bersama dengan mertua.

Di balik kisah-kisah buruk atau tidak baiknya mertua pasti ada sisi baik yang bisa diambil sebagai pelajaran hidup, pastinya agar kedepannya saat Agan Sista menjadi mertua kalian tidak melakukan kesalahan atau keburukan yang serupa.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.


Dibalik Duka Cita Tinggal Serumah dengan Mertua, Adakah Pelajaran Baiknya?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
emoticon-Matabelo buat yang tinggal dengan mertua yuk bagi cerita
profile-picture
profile-picture
awims dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Ngakak ada yang dapat mertua super baik, ada yang dapat mertua super egois
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
emoticon-Cape d... semoga nantinya dapat mertua yang baik
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
tips: biar ga dapet mertua, cari yang yatim piatu aja dah bre

emoticon-Request emoticon-Cool emoticon-Bingung emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awims dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
ane belum ada minat buat menikah gan... menuhin kebutuhan sehari2 aja masih susah haha
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bantu bantu dan nemani orang tua, biar ada teman dirumah
profile-picture
profile-picture
red.nose dan masnukho memberi reputasi
Sebelum nikah harus dipikirkan dlu gan kalo mau di pondok mertua indah emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak ada yg bs diambil pelajaran hidup klo tinggal serumah mertua...

Tdk mungkin ada 2 kepala keluarga di satu atap... Ketika menikah maka cari sarang sendiri...

Lebih banyak buruknya drpd baik nya tinggal serumah dg ortu/mertua bila sudah menikah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Matabeloiya gan

Quote:
emoticon-Ngakakyang katanya indah

Quote:
emoticon-Matabelosebisa mungkin diusahakan tahan
Di tmpt gw pernah ada menantu yg super nggak tau diri.
Mertuannya saking nggak pernah ngomong dan baik, akhirnya mengalah bikin rumah lagi dan pindah emoticon-Ngakak

Tp emg dasar ndableg nggak tau diri sampe" bininya muak dan cerai.

Jd liat 2 sisi aja, nggak semua mertua itu jelek, menantu yg nggak tau diri juga ada emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awanitugue dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Quote:

kalo anaknya mau berbakti, kaga apa2 gan, tp bkn kewajiban, entah tertulis maupun kaga tertulis...
profile-picture
profile-picture
bojin dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
ane belum pernah tinggal sama mertuaemoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Wik wik sm mertuaemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awims dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Gua mah cuek. Mertua gua santai. Ngomong kotor aja gak masalah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabelobetul banget itu gan

Quote:
emoticon-Matabelojadi bukan kewajiban ya gan?

Quote:
emoticon-Ngakaksama
Quote:
emoticon-Cape d...kebawa film

Quote:
emoticon-Ngakakbuset dah
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Leh Uga
Emang lu ud kawin gan?
Perum Pondok Mertua Indah bor
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
ilustrasi nya kurang gan
gk hanya wanita saja yang gk cocok sama mertua
laki2 juga banyak yg gk cocok sama mertua
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan ke trigger sama apapun, jalanin sendiri aja
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di