RTS adalah singkatan dari Real Time Strategy. Permainan ini membuat pemain dapat melakukan pertimbangan dengan cerdas dan cermat. Cerita yang disajikan di game RTS tidak jauh dari perang dan perlombaan senjata. Tema yang disajikan juga pasti berkaitan masa lalu sampai masa depan. Cerita pun dapat diangkat dari pelajaran sejarah, legenda, rekaan, fiksi ilmiah, dan cerita dongeng.
Hal-hal apa saja yang selalu ada di game RTS?
Mari kita bahas...
Spoiler for Peta:
Peta sudah menjadi sesuatu yang teramat sangat penting bagi semua orang, terlebih lagi bagi tentara. Peta yang dibicarakan bisa peta dunia maupun peta di medan perang. Kita dapat mendapatkan pengetahuan dari peta. Dimanakah letak sumber daya alam, jalur perdagangan, dan jalan untuk bertahan atau menyerang.
Begitu pentingnya keberadaan peta, sehingga peta tidak boleh sampai jatuh ke tangan musuh. Peta adalah petunjuk yang sangat penting.
Spoiler for Pembangunan:
Pembangunan selalu ada di hampir semua game RTS. Banyak RTS yang dimulai dengan membangun kampung kecil sambil mengumpulkan biaya. Misalnya mencari makanan, kayu, emas, batu, besi, minyak, dan lain-lain. Semua bermula dari sebuah bangunan yang dianggap sebagai pusat pemerintahan.
Pembangunan dimulai oleh warga biasa yang bekerja sebagai petani, pemburu, penebang kayu, penambang, nelayan, dan lain-lain. Pemain diharuskan untuk membangun kampung atau pangkalan lengkap dengan tangsi, kandang kuda, pandai besi, kilang, dan lain-lain.
Spoiler for Halimun:
Halimun di game RTS merujuk kepada kabut yang menyelubungi peta. Kabut ini pun menyelubungi medan, sehingga membatasi pandangan pemain. Untuk membukanya, pemain harus mengirim orang agar berada disana. Selama ada orang disana, maka pemain dapat melihat keadaan disana. Contohnya ketika pemain mengutus mata-mata.
Halimun ini memang membatasi jarak pandang pemain, sekaligus menyembunyikan bangunan dan orang dari pandangan pemain lain. Apabila pemain bersekutu, maka sesama sekutu dapat saling melihat dengan jelas. Istilahnya ini berbagi peta.
Spoiler for Mainan:
Ada sebuah bait yang mengatakan...
"Perang memperanakkan mainan,
Mainan membawa lebih banyak perang,
Inilah lingkaran tanpa ujung"
Cara memainkan RTS sesuai dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata. Di masa purba, manusia membuat mainan untuk berburu, kemudian mainan itu dipakai untuk berperang melawan suku lain. Di masa selanjutnya, mainan-mainan baru terus diciptakan untuk berperang melawan kerajaan lain. Dan begitu seterusnya...
Dalam video game RTS, pemain akan terlibat dalam perlombaan senjata. Perang akan memaksa pemain untuk menciptakan mainan baru, sedangkan mainan-mainan itu pun menimbulkan perang baru lagi. Seperti inilah perlombaan senjata yang dirasakan orang-orang ketika sedang main RTS.
Spoiler for Perundingan:
Hampir semua RTS menceritakan adanya perundingan. Sebagian besar perundingan ini diceritakan di campaign mode. Ada pula yang ditampilkan ketika pemain sudah main sampai tahap tertentu. Perundingan berdampak besar, bergantung dengan apa yang diinginkan oleh pemimpin masing-masing.
Adapula perundingan yang berat sebelah sehingga ada yang merasa dirugikan. Perundingan seperti ini akan menyulut perang baru di kemudian hari. Dan hasil perundingan juga menentukan cerita selanjutnya...
Seperti inilah pakem yang selalu ada di setiap video game bergolongan RTS. Karena video game seperti ini tidak jauh dari membangun kerajaan, perang, dan perebutan kekuasaan, sampai perjuangan untuk menaklukkan dunia.
Game RTS seperti apa sajakah yang pernah dimainkan oleh para pemain game PC?
Apakah judul-judul game RTS terbaik menurut para pembaca?