KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/630c226f93d410275665a597/korban-pembunuhan-itu-bernama-andriana-yubelia-noven-cahya-seninmisteri

Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

Quote:


Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri


Pada tanggal 8 Januari 2019 jam 4 sore, seorang remaja yang merupakan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditemukan tergeletak bersimbah darah disebuah gang yang terletak di daerah Baranangsiang, Bogor.

Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

Korban diketahui bernama Andriana Yubelia Noven Cahya, berumur 18 tahun, dan merupakan anak dari pasangan Yohanes Bosco Wijanarko serta Cornelia Lucia Sasta Rianti. Ketika mengalami penusukan, dia sedang berjalan menuju ke kosannya karena dia baru kembali dari sekolahnya, terbukti dari seragam sekolah yang saat itu masih dikenakannya. Hal tersebut terlihat dari rekaman CCTV yang dipasang tidak jauh dari tempat kejadian dimana korban mengalami penusukan.



Sebelumnya, dari rekaman CCTV yang sama sempat terlihat seorang pria yang mengenakan kaos jersey berwarna biru dan celana panjang berwarna hitam, yang diperkirakan berumur 18-25 tahun, berjalan mondar-mandir seakan-akan memang sedang menunggu korban. Begitu korban muncul, pria tersebut mendekati korban, menusuknya di bagian dada sebelah kiri, kemudian melarikan diri ke arah atas tangga. Warga sekitar yang menemukan korban tentu saja langsung menghubungi pihak kepolisian dan memanggil ambulan. Sayangnya, korban meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri
Pihak kepolisian kemudian mulai bergerak. Dalam sebuah konferensi pers, mereka mengaku bahwa mereka sudah melakukan penyelidikan terhadap 34 orang saksi dan mengamankan hampir 22 buah barang bukti. Kita sebagai orang yang awam hanya bisa menerka-nerka apa saja yang menjadi ke-22 buah barang bukti tersebut karena pihak kepolisian tidak mungkin akan mempublikasikannya ke media secara transparan. Namun, kita akan sedikit ulas beberapa diantaranya.

Quote:


Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteriRekaman CCTV acara Mata Najwa (kiri), Rekaman CCTV pihak Kepolisian (kanan)

Pihak kepolisian mengaku bahwa rekaman CCTV yang mereka terima cenderung berkualitas buruk, sedangkan pihak tim acara Mata Najwa justru menerima rekaman CCTV dengan kualitas yang jauh lebih baik. Padahal rekaman CCTV yang diberikan pada keduanya bisa dipastikan berasal dari sumber yang sama. Namun, mengapa hal seperti ini bisa terjadi?

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Gambar Sensitif
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

Korban meninggal ketika akan mendapatkan perawatan di rumah sakit terdekat. Korban mendapatkan luka tusukan pisau sedalam 22 cm dan selebar 3 cm, yang menembus langsung ke bagian jantungnya. Dari hal ini kita bisa mengetahui bahwa pelaku memang berniat untuk membunuh korban, bukan hanya sekedar melukai. Karena jika hanya sekedar melukai, maka pisau yang digunakan oleh pelaku akan diarahkan ke tubuh korban secara acak, dan korban masih memiliki kemungkinan untuk selamat dari peristiwa yang menimpanya.

Polisi tidak menemukan sidik jari pelaku pada pisau yang digunakan untuk menusuk korban, yang masih menempel di tubuhnya ketika korban ditemukan. Namun, polisi mengaku sempat menemukan sarung dari pisau tersebut yang dibuang oleh pelaku di semak-semak. Kita tidak tahu apakah pada sarung pisau tersebut terdapat sidik jari pelaku atau tidak. Jika iya, petunjuk untuk mengungkap kasus ini semakin bertambah. Jika tidak, maka kemungkinan besar pelaku memakai sarung tangan ketika melepas sarung pisau dan menusukkannya pada tubuh korban.

Quote:


Anak remaja seumuran korban pastinya memiliki social circle yang luas. Selain teman-teman di sekolahnya, korban juga pasti memiliki teman-teman yang berasal dari dunia maya yang dikenalnya melalui berbagai aplikasi yang digunakannya. Ketika melakukan penyelidikan, pihak kepolisian bisa menjadikan hape yang dimiliki oleh korban sebagai barang bukti dan sebagai sumber informasi dimana social circle yang korban miliki akan diketahui secara menyeluruh, termasuk pelaku penusukan terhadap korban. Karena antara pelaku dan korban, keduanya memiliki kemungkinan untuk selalu terhubung melalui media sosial atau media komunikasi.

Menggali informasi dari hape yang dimiliki oleh korban memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Sebagai langkah awal, pihak kepolisian bisa melakukan penyortiran terhadap orang-orang yang terhubung dengan korban selama 30 hari terakhir dari berbagai aplikasi yang digunakan oleh korban. Langkah selanjutnya, penyortiran dilakukan terhadap orang-orang yang terhubung dengan korban selama 25 hari terakhir. Hal tersebut bisa terus dilakukan sampai ke tahap penyortiran terhadap orang-orang yang terhubung dengan korban selama 5 hari terakhir.
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

Kita tidak akan tahu apa motif yang disinyalir mendasari pelaku untuk melakukan penusukan terhadap korban. Namun, berikut beberapa hal yang bisa menjadi sumber masalah yang bisa memunculkan motif bagi pelaku.

Quote:

Quote:

Quote:
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

Pria yang terlihat di dalam rekaman CCTV, sudah bisa dipastikan merupakan pelaku penusukan terhadap korban. Berdasarkan pengakuan anak penjaga kosan tempat korban menetap, seorang pria yang memiliki kemiripan dengan pelaku, diduga pernah terlihat beberapa kali melakukan pengintaian disekitar kosan sehari sebelum penusukan terjadi. Bahkan, anak penjaga kosan juga mengaku bahwa dia melihat pria tersebut terakhir kali dengan mengenakan pakaian yang sama seperti dalam rekaman CCTV. Dan selain itu, dia juga merasa tidak mengenal pria tersebut.

Namun, berdasarkan berita yang beredar luas dimasyarakat, beberapa orang pria sempat disebutkan sebagai terduga pelaku.

Quote:

Quote:
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri
Korban merupakan warga Cimenyan, Bandung, yang karena alasan tertentu memutuskan untuk menyelesaikan sekolahnya di Bogor. Sehari setelah peristiwa penusukan yaitu pada tanggal 9 Januari 2019, jenazah korban sempat disemayamkan di Gedung Santo Yosep, Kabupaten Cianjur. Dan selanjutnya, korban dibawa kembali ke kampungnya di Cimenyan, Bandung, untuk dimakamkan.

Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

Pihak kepolisian mengklaim bahwa mereka akan meminta bantuan pihak FBI untuk memperjelas kualitas rekaman CCTV yang mereka terima. Yang menjadi pertanyaan, apakah permintaan bantuan tersebut sudah disampaikan kepada FBI? Apakah FBI bersedia membantu? Jika FBI bersedia membantu dan sudah memberikan bantuan, mengapa tidak muncul berita tentang perkembangan kasus penusukan terhadap korban, padahal kasusnya sudah berumur lebih dari 3,5 tahun? Atau, permintaan bantuan kepada FBI tidak jadi dilakukan karena memerlukan dana penyelidikan khusus yang jumlahnya tidak sedikit? Apakah di Indonesia atau di instansi kepolisian Republik Indonesia khususnya, tidak ada satu orang pun yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki kualitas rekaman CCTV setara dengan kemampuan yang dimiliki oleh FBI? Jika memang tidak ada, lantas mengapa pihak tim acara Mata Najwa bisa memperbaiki kualitas rekaman CCTV yang mereka terima menjadi lebih baik?

Pihak kepolisian juga mengklaim bahwa mereka sudah menyebarkan sketsa pelaku penusukan terhadap korban. Yang menjadi pertanyaan, mengapa ketika disearching melalui Google, sketsa tersebut tidak muncul? Apakah sketsa tersebut hanya disebarkan di kota Bogor? Mengapa tidak disebarkan melalui semua media cetak dan elektronik, serta ke seluruh Indonesia mengingat pelaku bisa melarikan diri dan bersembunyi dimanapun? Atau, apakah pelaku sudah merubah penampilannya sehingga tidak akan dikenali oleh orang lain sebagai pelaku penusukan terhadap Andriana Yubelia Noven Cahya?

Hingga saat ini belum ada berita yang menyebutkan bahwa pelaku penusukan terhadap korban sudah ditangkap, atau setidaknya berita tentang perkembangan tentang penyelidikan kasus tersebut. Kita tidak akan tahu apa yang sebenarnya terjadi, apakah pelaku memang sulit untuk ditemukan, atau pihak kepolisian memang sudah menyatakan bahwa mereka menyerah. Namun yang pasti, kasus ini tidak akan terpecahkan.

Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri
Sekian, dan terimakasih.

*
*
*
*
*

sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5

Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

UPDATE!!
------------------------------

BAGI KALIAN YANG MASIH BELUM PERCAYA BAHWA PELAKU PENUSUKAN TERHADAP KORBAN DALAM KASUS INI BELUM DITANGKAP, GW SERTAKAN BUKTINYA. KALIAN CUKUP PERHATIKAN BAGIAN YANG GW LINGKARI.

Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri


profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Halaman 1 dari 6
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ardian76 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bdgkotakembang dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Akhirnya beres juga.

Kasus kedua dimana gw banyak mikir tentang kemungkinan dan motifnya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bdgkotakembang dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pernah denger diberita, nyampe mau minta bantuan amerika buat mengidentifikasi pelaku pake teknologinya. Gatau bener atau kagak?!
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Motif no. 3 paling masuk akal. Tentang jalan, mungkin si pelaku pernah diajak sama si korban ke situemoticon-cystg
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
ah iya kasus ini..
kebeneran gw d bogor juga..
blon ketangkep yah pelakunya..
damn..
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
emoticon-Betty
Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri
emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bubadibako. dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
lah iya ini kasus dah lama bgt nguap gitu aja, asmara yah motifnya emoticon-cystg
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
kayanya pelakunya lebih ke secret admirer, diliat dari cara berpakaiannya yang jelas beda sama si pacarnya,, si pacarnya kagak mungkin kayanya keluar cuma pake kaos oblongan murahan kek gt..

btw mirip kasus mahasiswa UI yang mati tenggelam di danau,, sampe skrg juga kasusnya belum terpecahkan
profile-picture
bdgkotakembang memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kemungkinan PERTAMA
Kecil kemungkinan, apalagi pihak pemilik rekaman siapa, juga belum diinfokan, masa iya sekonyong2 menuduh mereka berat sebelah dan kontra sama Polkis? emoticon-Malu (S)

Kemungkinan KEDUA
Gw belum pernah lihat dengan kepala mata sendiri ada yang bisa jernihin hasil rekaman cctv (kecuali dalam film emoticon-Big Grin ) apalagi ini kasus "receh" yang tidak ada bumbu2 politik atau kekuasaan, sepertinya kecil kemungkinan

Kemungkinan KETIGA
Apalagi ini, masa iya sampe mau minta bantuan FBI, kasus yang lebih menyita perhatian public macem kopi sianida aja ga sampe begitu setahu gw, apalagi menuduh polkis menurukan kualitas, wth emoticon-Ngakak (S)

Korban Pembunuhan itu Bernama, Andriana Yubelia Noven Cahya #SeninMisteri

yang ane lihat dari gambar ini, sesimple, pihak mata najwa dapat rekaman langsung dari DVR berupa sof file, sedangkan pihak polkis dapat dari rekaman HP (seperti terlihat di youtube itu) dan ini sering dilakukan karena orang mau instand dapat video CCTVnya, jadi langsung rekaman dari HP, tapi efeknya kualitas jadi ga sebagus kalau ambil dari DVR nya (IMHO)
profile-picture
ridonculous memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Main Detektif-Detektifan ye ?
Seru juga..
emoticon-Leh Uga

mengomentari foto Kiri, Itu Foto yang sudah di Enhance.

Foto kanan, itu Foto yang diambil dari gambar yang tampil di monitor PC kepolisian. Pantas lebih buram karena bukan gambar asli, tapi monitor yang di foto.

Tapi itu adalah Gambar yang sama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masboy.design
Lihat 45 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 45 balasan
Geram rupanya blm ketangkep emoticon-Mademoticon-Mademoticon-Mad
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
misteri ato sengaja dijadikan sebuah misteri ??
emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pelakunya kecewa atau sakit hati, gara2 ditolak, di abaikan atau kalau pacarnya mungkin putus, esmosi lgsg ilang akal sehat, kalau cewe sih gk mungkin, plg dilabrak kalau ada cewe yg iri sama dia sih, tp gila sih... gara2 gitu doang sampe di bunuh.
profile-picture
namra21 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gue heran mata najwa punya rekaman kenapa jauh lebih bagus ya emoticon-Big Grin aduh jangan sampe kaya india deh, tiap ada laporan pembunuhan sama penemuan mayat gak digubris emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lindahdsite759 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
goblog bat tu nyang bunuh bor
profile-picture
blezzernet memberi reputasi
Cinca itu butaa cobak dikasi obat tetes mata dlu emoticon-Betty ehihi ehihi emoticon-Betty
emoticon-Turut Berduka RIP buat korban.. Tidak jauh dr masalah selangka...
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengutip kata2 yg sering muncul di novel detektif, si pelaku, jika dia adalah org dekat, pasti akan selalu ada di sekitar keluarga korban
Ane mikirnya ini si pelaku punya bekingan kuat
Lucu sey emg polisi wakanda
Nangkep pelaku onlyfans cepet, nankep pelaku pembunuhan mendadak dongok emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwik46 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Yang jaman CCTV pun bahkan gak bisa mecahin nih kasus.

Padahal klo nonton drama western Crime Scene Investigation, CCTV itu buat penguat. Mereka bisa memuluskan resolusi 340 ke 1080px.

Semoga mendiang benar-benar beristirahat dan ditemani cahaya tuhan.
profile-picture
profile-picture
fazaaacakep dan servesiwi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ah gua ingat kasus ini. Ternyata belum ketangkap ya. ckckck
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di