KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62fd925c8a52d54b9173cfb0/tetangga-tutup-jalan-dengan-tembok-hikmah-kalau-hidup-bertetangga-harus-baik

Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!



Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!

Apa yang terjadi bila kita hidup bertetangga tapi sering nyinyir, hingga menyinggung pihak tetangga.

Bahkan terlibat konflik kecil dengan tetangga itu malah menjadi masalah untuk hidup di kemudian hari, jangan sampai ada cerita seperti yang ada di Pulogadung Jakarta Timur.

Dimana ada konflik diantara keluarga Anisa dan Widya, hingga akhirnya Widya membangun tembok di pekarangan rumahnya yang menutup akses jalan dari tetangganya itu.

Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!

Karena konflik dengan tetangga akhirnya jadi repot sendiri, walau sudah minta maaf tapi tembok tetap berdiri, bahkan sampai masuk media berita, bahkan RT dan RW hingga Camat turun tangan dan melakukan mediasi.

Walau akhirnya diberikan akses jalan 50 cm, cukup untuk lalu lalang orang saja. Namun biaya pembongkaran dilakukan pihak yang meminta akses, kalau punya kendaraan motor dan sebagainya tentu akan sulit untuk masuk.

Mediasi yang berlarut akhirnya membuat rumah keluarga yang tertutup akses jalannya memutuskan ingin pindah rumah, inilah salah satu kasus dari konflik ketika hidup bertetangga. Walau masih banyak kasus-kasus serupa tentang membangun tembok di atas tanah sendiri menjadi masalah. Kronologinya bisa lihat video dibawah ini,



Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!

Namun ada yang perlu di ingat, ketika membangun rumah terkadang di kota-kota besar daerah perkampungannya tidak memikirkan tata kota. Main asal bangun rumah, padahal tanah di depan punya orang bukan akses jalan dari tanah yang ia punya.

Harusnya kalau mau bangun rumah itu yang utama adalah berikan sedikit lahan untuk akses jalan dari tanah yang ia miliki, bukan dibangun habis lalu untuk akses jalan minta sama tanah tetangga, lah ini kan kurang ajar namanya.

Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!

Pertimbangan-pertimbangan di masyarakat ketika mau membangun rumah, tapi tidak memikirkan akses jalan ini bisa menjadi polemik dimasa depan.

Namun satu yang paling penting, berbuat baiklah sama tetangga. Sebab kalau kita ada musibah, baik itu kematian, atau kita ada kegembiraan seperti hajatan yang diminta tolong pertama kali adalah tetangga.

Itulah hidup bertetangga walau tidak saling kenal awalnya bisa seperti lebih dari saudara. Walau saat ini individualistis di kota besar sangat tajam, antara tetangga terkadang tidak saling mengenal.

Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!

Tak heran TS pernah datang ketika menjenguk kematian di pusat kota, namun tak ada tetangga yang datang! Itu karena semasa hidupnya, memang yang meninggal kurang bersosialisasi dengan tetangga.

Apalagi anak kos kadang meninggal saja tidak ada yang tahu, kalau sudah bau busuk baru deh penghuni kos lain kasak kusuk.

Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!

Hayo siapa disini dari juragan yang hidupnya jarang kenal sama tetangga?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"

Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!
Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!

Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 52 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 8
Tetangga Tutup Jalan Dengan Tembok, Hikmah Kalau Hidup Bertetangga Harus Baik!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rif0117 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 4 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faisalactive dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Saiyah nolep antisosial gan emoticon-Malu (S)

Jarang gaul Ama tetangga, tapi kalo diondang hajatan, sukuran, gw paksain datang, kalo ada yang meninggoy gw ikut bantu nguburin. Yang penting absen muka doang emoticon-Malu (S)
Abis itu nolep lagi.

Kejadian diatas agak mirip kejadian di kampung gw, btw dua-duanya tipe yang rajin bersosialisasi, dan punya pengaruh di lingkungan RT. Uniknya orang-orang kek gw yang biarpun susah bersosialisasi, tapi cenderung aman dari masalah kek begitu.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 28 balasan
gimana cara lewatnya tuh, pas beli tanah ga liat site plan nya apa ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
romeo.jakarta dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tetangga gw lebih konyol..
Mulai dari jemur baju di halaman belakang gw malah sampe ke depan pintu dapur segala..
Padahal Ada lahan kosong depan rumah punya dia juga sampe berantakan gk di urus rumput liar ampe tinggi gw juga yg babad..

Gw cuma bisa sabar ajh lah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
Jujur aja ane kenal tetangga tp gak kenal namanya sapa, pokoknya tau mukanya doank, pernah tuh kmrn ane barubpulang dari kanotr liat ada satu paketan taruh di depan pintu ane, ane liat namanya "Nir sapa nie?? Gak kenal sama sekali". Bokap ane langsung ngomong itu yg paket buat yg do serbang. Ane "Ohhh", bokap ane ngomong lagi, "Masa gak kenal" Dalem ati njir malu ane emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mending secukup & seperlunya aja,gan. 😅

Kemaren sempet kepikiran juga mau nutup jalan, dikasih jalan malah merugikan yg punya tanah, buang sampah sembarangan, main gaple sampe subuh ributnya ga kira2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bimapambudhi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
tetangga baik itu wajib dibantu tapi kalo tetangga ngehe mah sikat aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bimapambudhi dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
untuk itulah perlu adanya ring tinju di holiwings untuk menyelesaikan hal hal seperti ini

emoticon-Wakaka emoticon-Bingung emoticon-Matabelo ____ emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
enakan di kampung gan..
depan rumah masih ada halaman, depannya lg langsung jalan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Males lah urusan sama tetangga
Di lingkungan gw banyakan kelakuan kek setan, malam malam berisik, bakar sampah
Anjenk
Ada yang mati gw pura pura ga tau aja

Malah kalo ada duit mah mau apartemen aja, enak berasa ga punya tetangga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Ini bukanya emang sempet ada masalah ya, jadi ditutup jalan nya.. kalo ga salah pernah ada klaripikasinya.. atau beda cerita lagi bre? emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
69banditos dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
tetangganya merasa lebih "Senior" tinggal lebih lama kali disitu makanya kelakuannya kek senior2 TNI, POLRI, MAHASISWA, dengan teori senior selalu benar, kalau salah senior tetep benar emoticon-Big Grin
hajar aja orang2 kek gitu emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tetangga nya udh gondok se gondok2nya kayaknya

Segala cara sudah dilakukan mengingatkan tetangganya

profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
kalau mau beli rumah di kampung
harus beli sama jalan2nga kalau kagak mau kejadian emoticon-Ngakak

ini masalah lama kok kalau tinggal di kampung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sugarkills dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
menjadi pembelajaran bagi kita semua....hidup bertetangga denganbaik akan sangat menguntungkan bagi keduanya.
profile-picture
profile-picture
faisalactive dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Drama dilingkungan padat penduduk gan emoticon-Wakaka

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iisskywalker dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lah tetangga ane beda lagi, halaman rumah ane dijadiin jalan umum sama mereka, pernah di suatu malem jam 11an pintu pager ane ada yg buka ternyata tetangga ane dgn santainya lewat tanpa permisi,sekarang ane pelihara anjing makanya udah gak pernah ada yg berani lewat 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faisalactive dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buronan.pera1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
gedor ae iganye bray

ah elah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faisalactive dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 8


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di