KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62fce46f126837637365dada/sutejo-ungkap-alasan-tak-beragama-dan-usul-penghapusan-kolom-agama-di-ktp

Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP

Sutejo Blak-blakan Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP

Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP

Sutejo blak-blakan alasan memilih tak beragama. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com – Sutejo (42), warga Jalan Rembang-Blora, pemilik warung sosial (warsos), yang kemarin menggelar demonstrasi tunggal menolak kolom agama di KTP, menegaskan lebih memilih tidak beragama.

Ia secara blak-blakan mengungkapkan alasan mengapa memilih tidak beragama, meski sebelumnya adalah pemeluk Islam.

Kepada suaramerdeka-muria.com, Selasa 9 Agustus 2022 kemarin, Sutejo menyebut, meski sudah menyatakan tidak beragama, namun di kolom KTP miliknya masih tertulis Islam.
Di KTP miliknya masih tertulis kolom agama lantaran untuk menghapus ke Dindukcapil belum bisa.

Meski ia menyatakan tidak beragama, Sutejo mengaku istri dan keluarga intinya masih tetap meyakini Islam.
“Kalau saya menganggap bahwa agama harusnya di bawah Pancasila. Agama adalah salah satu ketuhanan yang Maha Esa,” ujarnya.

Sutejo merasa, selama ini mendapatkan dogma (ajaran diterima) yang sebetulnya malah tidak pancasilais.

“Artinya, dogma-dogma yang dibawa oleh pembawa agama-agama menjauhkan saya dari kepancasilaan. Akhirnya menjadi orang lain, tidak menjadi jati diri saya sendiri. Dogma yang ada melarang banyak budaya. Jati diri dikikis oleh dogma yang ada,” kata dia.

Ia mencontohkan, berjilbab bukan budaya orang Indonesia dan bukan budaya dari Islam.

Menurutnya, itu adalah budaya Arab.
“Saya merasa dikibuli oleh dogma, dan berpandangan dogma tidak menjadikan Indonesia berpancasila, akhirnya terorong oleh dogma itu,” paparnya.

Atas hal yang dirasakannya itu, Sutejo memutuskan tidak beragama.
Tetapi Sutejo mengaku bertuhan.

“Pancasila kan harusnya begitu, Ketuhanan yang Maha Esa. Agama artinya bagian dari Ketuhanan yang Maha Esa. Agama A, B C bagian dari ketuhanan,” tandasnya.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Rembang, Suparmin mengaku, sampai saat ini belum pernah menerima pengajuan penghapusan kolom agama di KTP.

"Silakan mendaftar lagi kalau memang syarat-syaratnya terpenuhi. Kalau Juli kemarin ada yang agama dari Budha ke Katolik," jelas Suparmin.

https://muria.suaramerdeka.com/muria...-di-ktp?page=2

Salut , sudah mulai sadar , sudah nggak mau lagi jadi pangsa pasar pengembangan Ideologi radikalisme agama




profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
cebby pasti seneng nihemoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Semua agama mengaku Tuhannya yang paling benar, tapi ketika diminta bukti, bukan bukti yang disampaikan tetapi dijawab dengan banyak alasan

Kenapa ?emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
kebebasan beragama itu artinya bebas punya agama atau tidak punya agama. kolom agama nggak perlu dihapus tapi boleh diisi apa aja, termasuk kosong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coxoncoumo dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gw setuju. Apus aja tuh
alhamdulillah sutejo murtad emoticon-Maaf Agan
profile-picture
lizarazil memberi reputasi
Tejo remaja anak baru gede.....

emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
corobikang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
mending hapus aja kolom agama di ganti kolom suku

kayak di singapur gitu loh

aelah bre emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Duh Surti...bojomu yokpo iki?🙄
Gini ya bre
Kalau lu gak pegang salah satu agama
Nanti kalau mati lu itu mau di makamkan seperti apa?
Itu aja sih pikiran ane yang simple, kalau ada yang bisa jelasin atheis itu akan dimakamkan gimana bolehlah buat tambahan pengetahuan ane, apa di kubur di kremasi di pocong dipeti dibuang kelaut atau gimana? emoticon-Bingung
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kirain sutejo djiwo 😂
Udah siap bangkek nya ditolak tanah wakaf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lizarazil dan 2 lainnya memberi reputasi
Sampai kapanpun mungkin tidak akan pernah dihapus itu Kolom agama selama Indonesia masih mayoritas Islam emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Astaghfirullah. emoticon-Kagets

Ini pasti bagian dari konstipasi wahyudi, mamarika, tanterika, kuminis, salibis, remason, geliga, balpirik. emoticon-Mad

Faktanya tu kan gini...............



Sutejo Ungkap Alasan Tak Beragama dan Usul Penghapusan Kolom Agama di KTP

emoticon-Imlek emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dxbike dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh qavir
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Quote:


Pengen nyanggah tapi kok ya pernyataannya bener emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
qavir dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Gw akuin nyalinya gede


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Harus ada peran nyata dari wakil rakyat yang enak enak duduk di kursi empuk buat doi yang merasa sedang berjuang sendiri demi Pancasila

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
agama urusan individu dengan Tuhannya, yg lain kok mau tau aja
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Kalau semuanya 'menurut saya', sekalian aja gantu kebebasan agama seperti di amrik, semua berhak buat agama sendiri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di